Inilah Deretan Tempat Wisata Populer di Klaten, Jawa Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian, Favorit dan Terhits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Liburan Seru dan Berkesan.

Melakukan perjalanan dikala liburan tiba tak harus dilakukan di kota besar maupun kota tujuan pariwisata saja. Masih ada beberapa kota kecil atau kabupaten di Indonesia yang menyimpan segudang wisata indah nan menarik. Misalnya saja di Klaten yang terletak di Jawa Tengah. Objek wisata yang ada bukan hanya wisata alam saja, tetapi ada banyak destinasi kekinian yang sudah terkenal.

Bila anda ingin tahu apa saja tempat menarik yang ditawarkan? Berikut rekomendasi tempat wisata di Klaten yang bisa dipilih untuk mewarnai liburan Anda.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok
Image Credit: Instagram.com @yhunithama92

Umbul Ponggok merupakan salah satu destinasi wisata di Klaten yang kini sedang naik daun di semua kalangan. Banyak sekali pengunjung yang berasal dari pemuda pemudi mengabadikan momen berharga di tempat wisata ini kemudian mengunggahnya di sosial media. Tempat wisata ini menyediakan wahana air yang mana pengunjung bisa menyelam bersama ikan cantik di dalamnya.

Ketika menyelam di dalam umbul (semacam waduk), pelancong akan dipotret oleh petugas. Bila Anda tidak bisa menyelam namun ingin menikmati suasana di dalam waduk, jangan khawatir karena disini telah disediakan pemandu yang akan membantu dan menemani selama menyelam. Bahkan di tempat wisata ini pula terdapat peralatan menyelam yang cukup lengkap.

Lokasi: Jl. Delanggu, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

2. Lepen Kencono

Lepen Kencono
Image Credit: facebook.com @Adilin Asrob Sapoetra

Tidak kalah menariknya dengan wisata sebelumnya, Lepen Kencono ini merupakan wahana bermain air yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Tatkala menginjakkan kaki disini, Anda akan menjumpai beberapa kolam air dan permainan seperti papan luncur dan jembatan goyang.

Lokasi: Jl. Desa Jeblogan, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Image Credit: Instagram.com @travelawesone

Siapa yang tidak mengenal Candi Prambanan? Salah satu monumen tersohor nusantara berkat legenda Roro Jonggrang, memang kerap menjadi tujuan wisata favorit pelancong, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Bahkan bisa dibilang ketenarannya tidak kalah dengan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Namun tempat ini merupakan candi peninggalan zaman kerajaan Hindu.

Dikala siang hari, para wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan arsitektur relief kunonya yang menempel di setiap candinya. Sementara ketika malam hari, pelancong akan disuguhkan pertunjukan sendratari Ramayana yang kerap kali digelar. Gala sendratari tersebut kebanyakan didatangi oleh wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Lokasi: Jl. Adminstrasi, Desa Tlogo, Kec. Prambanan,Kab Klaten.

4. Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo

Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo
Image Credit: Facebook.com @Manuwell

Bingung mencari destinasi wisata yang cocok dengan anak anak? Jangan khawatir, cobalah mendatangi objek wisata yang bernama Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo. Jika ditengok dari penampilannya, lokasi ini merupakan sebuah kolam renang besar dan lengkap dengan berbagai wahana serta tempat bermainnya. Jikalau si kecil tak ingin berenang, anda bisa mengajaknya bermain di taman yang tersedia.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Paling Populer

Bahkan jika perlu, ajak mereka untuk menjajal semua sajian kuliner yang disuguhkan di foodcourt-nya. Sebetulnya, kolam renang ini tak hanya diperuntukkan bagi si kecil saja. Melainkan ada pula area kolam renang yang secara khusus untuk orang dewasa dengan wahana yang tak kalah menariknya. Tentunya berlibur semacam ini akan menyenangkan jika dilakukan bersama orang tersayang.

Lokasi: Jl. Manisrenggo No. 1, Pemuktibaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten.

5. Desa Wisata Keprabon

Desa Wisata Keprabon
Image Credit: Facebook.com @Sa7027

Bisa dikatakan, jika Klaten merupakan kota yang terkenal akan kerajinan tangannya. Jadi tak heran jika sebagian besar masyarakatnya melakoni pekerjaan yang berkaitan dengan kerajinan tradisional. Salah satu kerajinan yang paling populer yakni ukiran pada tanduk kerbau. Biasanya ukiran pada tanduk kerbau ini bisa dijumpai di Desa Wisata Keprabon, Klaten.

Disana hampir semua penduduknya, memiliki kemampuan untuk memproduksi kerajinan tanduk kerbau yang unik. Tidak sedikit pula kerajinan tersebut dijadikan sebagai oleh oleh andalan bagi para wisatawan yang bertandang ke Klaten. Ketika berada di desa wisata ini, Anda pun bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kerajinan tanduk kerbau sembari berbelanja disana.

Lokasi: Jl. Desa Keprabon, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

6. Pabrik Gula Gondang Winangoen

Pabrik Gula Gondang Winangoen
Image Credit: Instagram.com @gunawanwidjaja_

Ingin berkunjung ke wisata bersejarah? Pabrik Gula Gondang Winangoen bisa menjadi solusi paling tepat. Hal ini tak lain karena tempat satu ini menjadi salah satu pabrik tertua di Indonesia dan dibangun ketika masa penjajahan Belanda. Ketika masuk ke dalamnya, Anda akan disuguhkan berbagai tampilan dari alat pabrik gula kuno yang dipajang di ruangan khusus layaknya museum.

Lokasi: Jl. Karang Asem, Jomboran, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

7. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler
Image Credit: Instagram.com @fandinotonegoro

Waduk lainnya yang terkenal di Klaten yakni Umbul Kapilaler. Berada di kawasan yang masih asri, sehingga menjadikan Umbul Kapilaler destinasi wisata paling tepat dikala musim liburan tiba. Pasalnya ketika berada disini, Anda akan merasakan ketenangan serta keheningan. Airnya pula sangat jernih dan dingin, jadi akan terasa menyegarkan jika menyelam di dalamnya.

Lokasi: Jl. Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

8. Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung
Image Credit: Facebook.com @sophan.tv

Tidak dapat dipungkiri lagi, jikalau Klaten terkenal dengan wisata airnya yang sangat melimpah salah satunya di Mata Air Cokro Tulung. Memiliki aliran air yang begitu jernih nan menyegarkan, membuat destinasi wisata air ini tak pernah surut akan pengunjung. Bahkan setiap kali pekan tiba, pengunjung akan berdatangan hanya untuk menikmati sensasi menyelam ataupun wahana lainnya.

Lokasi: Jl. Cokro Tulung, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

9. Puncak Clongop

Puncak Clongop
Image Credit: Facebook.com @ari.poniyati

Puncak Clongop merupakan wisata alam di Klaten yang sangat cocok untuk pengunjung yang memiliki jiwa petualangan tinggi. Lantaran untuk bisa mencapai ke puncaknya, dibutuhkan usaha yang begitu keras. Meski begitu tatkala sudah sampai, Anda akan menyaksikan secara langsung pemandangan hamparan pepohonan hijau yang sangat indah dan menyejukkan mata.

BACA:  23 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Desa Watugajah, Kec. Gedangsari, Kab. klaten.

10. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Klaten
Image Credit: Instagram.com @paningaltb

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menyuguhkan berbagai koleksi lampion dengan bentuk yang sangat unik. Keindahan yang ditawarkan dari lampion tersebutlah, Taman Lampion Klaten ini sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto. Untuk bisa mendapatkan latar belakang yang sangat memukau, Anda harus datang dikala malam hari.

Lokasi: Jl. Taman Lampion Klatenidar, Barenglor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten.

11. Kebun Rambutan Desa Tulung

Kebun Rambutan Desa Tulung
Image Credit: Google Maps (Supriadianto Hadi_Prasetyo)

Bukan hanya wisata air semata, Klaten pula memiliki wisata yang berupa perkebunan atau agrowisata buah rambutan. Kebun yang berada di Desa Tulung ini terdapat berhektar hektar tanah yang ditumbuhi deretan pohon rambutan. Ketika memasuki musimnya, pepohonan tersebut akan dipenuhi buah rambutan segar yang siap untuk dipetik dan disantap.

Lokasi: Jl. Menggung, Medong Jetis, Gedongjetis, Kec. Tulung, Kab. Klaten.

12. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Image Credit: Instagram.com @thomas.cakra22

Candi lainnya yang berada di Klaten dan tersohor di kalangan wisatawan yakni Candi Plaosan. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun Candi Plaosan memiliki arsitektur yang cukup unik sehingga dianggap sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai spot foto kekinian untuk diunggah di linimasa.

Sebetulnya, disini pun Anda bisa mempelajari sejarahnya melalui tulisan yang ada di sekitar tempat atau berasal dari pemandu. Selain itu, tempat wisata ini pula dikelilingi oleh hamparan padang rumput yang sangat hijau. Berkat kehadiran padang rumput hijau inilah, banyak pengunjung yang merasa nyaman dan ingin berlama lama disini.

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten.

13. Agrowisata Bonsai

Agrowisata Bonsai
Image Credit: Facebook.com @jualbelibonsaiklaten

Selain kebun rambutan, Klaten pula memiliki agrowisata yang dipenuhi dengan pohon bonsai nan unik. Sebagian besar orang tahu jika bonsai merupakan jenis tanaman kerdil yang biasanya dikoleksi oleh pecinta tanaman hias. Saat mengunjungi Klaten lebih tepatnya di Desa Kebondalem Kidul, Anda akan sering menjumpai bonsai yang tumbuh subur.

Karena keberadaan bonsai yang sangat berlimpah tersebut, tak heran jika masyarakat setempat mengembangkannya menjadi agrowisata yang menarik untuk dikunjungi. Dimana terdapat aneka macam bonsai dalam pot cantik. Tak hanya bisa dibeli dalam bentuk jadi saja, Anda pun bisa membawa pulang bonsai dalam bentuk bibit ataupun cangkokannya.

Lokasi: Jl. menggung, gedong jetis, Kec. Tulung, Kab. Klaten.

14. Hutan Kota Gergunung

Hutan Kota Gergunung
Image Credit: Facebook.com @abyan.hanif.7

Destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi tatkala berada di Klaten yakni Hutan Kota Gergunung. Umumnya, masyarakat sekitar memanfaatkan tempat ini sebagai spot wisata yang paling cocok bagi pecinta hewan terutama burung. Pasalnya, hutan kota ini dipenuhi dengan pepohonan yang menjadi rumah bagi ratusan ekor burung dari berbagai jenis.

Setiap harinya, Anda akan menjumpai beragam burung yang terbang dari pohon ke pohon atau berterbangan dengan bebas di langit. Disarankan mengunjungi tempat ini dikala sore hari menjelang matahari terbenam, lantaran di saat inilah banyak sekali burung yang terbang melintas pulang ke pepohonannya masing masing untuk istirahat.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Purbalingga yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Ki Ageng Gribig, Kwarsa, Gergunung, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten.

15. Riverboarding Kali Pusur

Riverboarding Kali Pusur
Image Credit: Google Maps (Januarico Alif Darmawan)

Salah satu aktivitas outdoor yang dilakukan di air dan banyak diminati oleh kalangan anak muda yakni riverboarding. Seperti namanya, kegiatan yang kerap dilakukan di Kali Pusur, Klaten ini biasanya dilakukan di sungai dengan aliran air yang cukup deras. Nantinya para wisatawan akan menaiki papan khusus kemudian meluncur di aliran sungai yang dibantu oleh pemandu.

Lokasi: Jl.Cokro-Delanggu Jragan, Wangen, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

16. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang
Image Credit: Instagram.com @ahmadfatoni2056

Umbul Sigedang menjadi wisata air terbaik selanjutnya di Klaten yang kini sedang tren di berbagai kalangan. Hal ini lantaran airnya sangat jernih sehingga para pengunjung bisa menengok dasar mata airnya. Bukan hanya jernih saja, dikala berendam di dalamnya, Anda akan merasakan segarnya air. Pepohonan yang berada di sekitarnya pun memberikan kesan asri dan sejuk.

Lokasi: Jl. Umbulsari, Ponggok, Kec, Polanharjo, kab. Klaten.

17. Rawa Jombor

Rawa Jombor
Image Credit: Instagram.com @taufiqalmakmun

Layaknya di Kalimantan, Klaten pula memiliki warung apung yang sedang populer. Dimana warung apung yang berada di Rawa Jombor ini menjajakan beragam olahan makanan khas Klaten. Bila Anda ingin mengunjunginya, harus naik perahu warga setempat terdahulu. Selain itu, pengunjung pun bisa menikmati sensasi memancing sembari menyaksikan momen matahari terbenam.

Lokasi: Jl. Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kec. Bayat Kab. Klaten.

18. Air Terjun Gemulai

Air Terjun Gemulai
Image Credit: Google Maps (Bmgagent Agent)

Air terjun yang berada di dalam semak belukar ini, sempat menjadi wisata yang hits di kalangan wisatawan. Meski kini tak sepopuler dulu, keindahan dari destinasi wisata alam satu ini tak perlu luput. Bahkan tak jarang pula pelancong yang berasal dari luar daerah datang jauh jauh hanya untuk menyaksikan pemandangan yang sangat cantik di Air Terjun Gemulai secara langsung.

Lokasi: Jl. banyusri, Krajan, Kec. Jatinom, Kab. Klaten.

19. Kebun Kamboja

Kebun Kamboja
Image Credit: Google Maps (Sae)

Bisa dibilang jika Kebun Kamboja merupakan destinasi wisata baru yang jarang sekali ditemukan di beberapa daerah lainnya. Kebun yang berada di Desa Gayamprit ini menyuguhkan bunga Kamboja yang menjulang tinggi. Terdapat pula jalan setapak yang dikelilingi oleh puluhan pohon Kamboja. Keunikan semacam inilah, kerap dimanfaatkan wisatawan untuk hunting foto kekinian.

Lokasi: Jl. South Klaten, Kec, Gayamprit, Kab. Klaten.

20. Bukit Patrum

Bukit Patrum
Image Credit: Google Maps (Dedi Damura)

Bukit Patrum menjadi destinasi wisata di Klaten selanjutnya yang awalnya merupakan bekas tambang gamping. Hal unik yang bisa Anda temukan ketika bertandang kesini yakni adanya rumah kosong di puncaknya. Keberadaan rumah tersebut dikenal sebagai omah demit atau rumah hantu oleh warga sekitar. Meski terdengar mistis, Anda masih bisa menikmati keindahan bebatuannya.

Lokasi: Jl. Jimbung  Lor, Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten.

Menikmati liburan bersama orang tersayang ke daerah wisata yang populer memang terasa menyenangkan. Namun apakah Anda pernah mencoba mengunjungi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yakni Klaten, yang mana ternyata menyimpan segudang tempat wisata yang sangat menarik. Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga di dalam hidup Anda.