Saat berada di daerah Kulon Progo, Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi beberapa tempat wisata yang berada di daerah tersebut. Pasalnya, ada beberapa destinasi menarik yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat.

Apabila Anda masih bingung untuk pergi ke lokasi dan tempat seperti apa, maka Anda pun bisa mencoba beberapa referensi tempat wisata di Kulon Progo berikut ini.

1. Pantai Congot

Pantai Congot
Image Credit: Instagram.com @ahmadlunadri

Untuk Anda yang hobi memancing, maka Anda pun bisa berkunjung ke Pantai Congot saat berada di Kulon Progo. Wisata satu ini akan menjadi lokasi yang pas bagi Anda untuk menyalurkan hobi tersebut. Hal ini dikarenakan Pantai Congot tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai yang lain. Tak hanya itu saja, Anda pun juga bisa untuk melihat penangkatan penyu yang mampir untuk bertelur.

Tentu saja tempat satu ini akan menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang menyukai penyu. Pasalnya, ketika telur penyu tersebut menetas maka Anda pun juga bisa ikut untuk melepas penyu penyu kecil tersebut ke pantai. Lokasi satu ini pun juga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam. Tentunya hal ini akan menjadi liburan yang menyenangkan untuk keluarga Anda.

Lokasi: Dusun Pasir Mendit, Kec. Jetis, Kab. Kulon Progo.

2. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Image Credit: Ksmtour.com

Ketika berkunjung ke Kulon Progo, maka Anda pun bisa mengunjungi Pantai Glagah. Di pantai ini pun Anda tak hanya akan menemukan pantai saja, melainkan Anda pun juga akan disuguhkan dengan kebun bunga matahari. Anda pun bisa datang ketika bunga matahari sedang bermekaran. Saat yang tepat untuk mengunjungi pantai satu ini adalah ketika bunga sedang segar.

Selain itu, Anda pun juga bisa melihat senja yang sangat mempesona. Pasalnya, Pantai Glagah merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menikmati sunset. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Kulon Progo, pastikan untuk mampir ke destinasi wisata satu ini. Terutama bagi Anda yang hobi foto dan sering mendatangi tempat yang instagramable.

Lokasi: Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
Image Credit: Outingjogja.com

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan puncak tanpa perlu mendaki cukup tinggi, Puncak Suroloyo salah satu tempat yang cocok untuk Anda. Bagi Anda yang tertarik, disarankan Anda untuk mengunjunginya pada waktu pagi hari. Hal ini dikarenakan Anda nantinya akan bisa untuk menyaksikan indahnya matahari terbit yang sangat cantik dari ketinggian.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Keceme, Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Kulon Progo.

4. Puncak Widosari

Puncak Widosari
Image Credit: Sobatjogja.com

Mencari tempat yang pas untuk menyaksikan matahari terbit sekaligus matahari terbenam? Puncak Widosari adalah salah satu lokasi yang tepat. Berada di Desa Tritis, Puncak Widosari merupakan salah satu lokasi yang terdapat bongkahan batu raksasa yang tinggi layaknya sebuah menara. Untuk bisa sampai ke tempat satu ini, maka Anda pun bisa melewati deretan anak tangga yang cukup curam.

Namun, ketika Anda telah sampai puncak maka Anda pun akan bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. Mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga pesisir pantai selatan Jogja dapat Anda saksikan melalui puncak ini. Untuk Anda yang lelah selama perjalanan, maka Anda pun bisa beristirahat sejenak di gazebo yang telah disediakan.

Lokasi: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

5. Wisata Kebun Teh di Perbukitan Menoreh

Wisata Kebun Teh di Perbukitan Menoreh
Image Credit: Instagram.com @anafiinn

Tahukah Anda jika Kulon Progo memiliki kebun teh? Jika Anda penasaran, maka Anda pun bisa mengunjungi Perbukitan Menoreh yang memiliki hamparan kebun teh yang segar.

Berada di Desa Wisata Nglinggo ini maka Anda pun bisa melihat kebun teh yang memiliki kontur berundak undak. Sehingga Anda pun nantinya akan bisa untuk tracking di antara batang batang teh tersebut. Menyenangkan bukan?

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo

6. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah
Image Credit: Alodiatour.com

Mencari spot foto yang instagramble saat berada di Kulon Progo? Maka Anda pun bisa mengunjungi tebing gunung gajah yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Dengan memiliki luas sekitar 2 hektar maka wisata satu ini pun akan menawarkan spot foto yang sangat ciamik. Selain berfoto, maka Anda pun juga bisa untuk melakukan aktifitas outbond ketika sedang berada di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

7. Waduk Sermo

Waduk Sermo
Image Credit: Dakatour.com

Untuk Anda yang ingin mencari suasana yang tenang di tepi air, maka Anda pun bisa berkunjung ke salah satu wisata yang ada di Kulon Progo yakni Waduk Sermo. Disini, Anda pun bisa berfoto sekaligus bersantai dengan latar belakang Perbukitan Menoreh yang cantik.

Tentu saja lokasi satu ini akan menjadi lokasi wisata yang pas bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota Jogja yang padat.

Lokasi: Sremo Lor, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

8. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo
Image Credit: Detik.com

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah tak ada salahnya untuk berkunjung ke Gua Kiskendo. Terletak di Desa Jatimulyo, Kulon Progo maka Anda pun bisa melakukan kegiatan susur gua.

Disini, Anda pun bisa melihat indahnya ornamen gua dan mempelajari relief di dalam gua yang menceritakan tentang kisah peperangan yang terjadi antara Subali dan Sugriwo. Tentu saja wisata satu ini wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Kulon Progo.

Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kulon Progo yang Murah & Enak

9. Kedung Pedut

Kedung Pedut
Image Credit: Dakatour.com

Kedung Pedut adalah salah satu lokasi wisata air alami yang berada di Kulon Progo. Di Kedung Pedut sendiri terdapat 3 kedung yang bertingkat tingkat dengan memiliki air yang berwarna tosca yang jernih.

Kedung tersebut, dipisahkan oleh air terjun mini yang akan mengalirkan air dengan cukup deras. Untuk Anda yang memiliki peralatan, maka Anda pun bisa mencoba untuk cannoying di lokasi satu ini.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

10. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya
Image Credit: Ayokejogjablog.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya waduk di ketinggian, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi Embung Banjaroya. Di lokasi wisata satu ini Anda nantinya akan disuguhkan hamparan pedesaan dan pemandangan yang sangat memukau. Dimana Anda bisa melihat megahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara lebih dekat.

Lokasi: Jl. Kalibawang-Sendang Sono, Tonogoro, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo.

11. Bukit Pule Payung

Bukit Wisata Pulepayung
Image Credit: Wisatakaka.com

Ingin mencoba bermain ayunan di ketinggian sekitar 500 mdpl? Maka Anda pun bisa mengunjungi Bukit Pule Payung yang berada di Kulon Progo. Di tempat wisata satu ini, nantinya Anda akan bisa untuk duduk di ayunan yang berada di bibir tebing.

Anda pun tak perlu untuk takut terjatuh, pasalnya Anda telah dilengkapi dengan pengaman yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Lokasi: Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

12. Kalibiru

Kalibiru
Image Credit: Pskl.menlhk.go.id

Salah satu lokasi wisata yang berada di Kulon Progo dan menjadi tempat hits untuk kawula muda adalah Kalibiru. Tempat wisata yang cukup instagramable ini merupakan salah satu tempat yang cukup populer.

Disini, Anda pun bisa berfoto dengan berbagai macam spot foto yang instagramable. Pastinya Anda pun akan memiliki banyak sekali koleksi foto yang ciamik dan kekinian.

Lokasi: Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

13. Goa Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan
Image Credit: Hanahawa.blogspot.com

Untuk Anda yang berada di Kulon Progo, maka Anda pun bisa mengunjungi gua yang memiliki pemandanganyang eksotis ini. Destinasi wisata unik satu ini terbilang unik karena mempunyai pancaran air yang tidak pernah kering pada bagian mulut gua.

Untuk itu, sebagian orang pun menyebut destinasi wisata satu ini adalah Air Terjun Goa Kebun.

Lokasi: Dukuh VII, Krembangan, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo.

14. Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api Api

Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api Api
Image Credit: Edisas.wordpress.com

Saat berada di Kulon Progo, maka Anda pun bisa menikmati indahnya hutan mangrove. Hal ini dikarenakan pada wilayah Kulon Progo bagian selatan banyak sekali pantai yang mempunyai vegetasi mangrove.

Tak hanya memiliki fungsi yang bagus untuk alam, mangrove sendiri pun telah menjadi destinasi wisata yang diminati oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

15. Hutan Pinus Girimulyo

Hutan Pinus Girimulyo
Image Credit: Twitter.com @sartono_mas

Untuk Anda yang ingin berfoto dengan latar belakang hutan pinus, maka Anda pun bisa berkunjung ke Hutan Pinus Girimulyo. Wisata satu ini ternyata masih belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Ketika Anda mencari destinasi wisata hutan pinus yang masih sepi, maka Anda pun bisa berkunjung ke tempat satu ini. Pastinya Anda pun akan bisa menikmati suasana hutan pinus yang indah dan masih asri.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Paling Populer

Lokasi: Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

16. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Pantainesia.com

Tak lengkap rasanya ketika Anda berada di Kulon Progo namun tidak menikmati keindahan pantainya. Salah satu pantai yang bisa untuk Anda kunjungi adalah Pantai Trisik yang memiliki pasir hitam legam yang cukup mengkilap.

Disini, Anda pun juga bisa berfoto dengan area sekitar pantai yang cukup menarik. Pasalnya, terdapat banyak rimbun pepohonan cemara yang akan menyejukkan pikiran Anda.

Lokasi: Desa Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo.

17. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo
Image Credit: Raskita.com

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 75 meter ini merupakan salah satu lokasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Kulon Progo. Letaknya yang tersembunyi membuatnya menjadi salah satu destinasi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Dengan memiliki medan yang cukup menantang, namun Anda pun akan dibuat terpukau dengan pemandangan yang ditawarkan. Untuk itu, panorama yang nantinya akan Anda dapatkan akan sebanding dengan perjuangannya.

Lokasi: Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

18. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Image Credit: Pinterest.com @jamtangan_yk

Bagi Anda yang ingin berenang dengan sejuk di sungai, Taman Sungai Mudal menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Dengan air yang jernih tersebut akan membuat Anda ingin berenang ketika sampai di tempat satu ini. Air jernih dan warna biru yang mempesona, akan membuat Anda merasakan kesejukan yang alami ketika sedang berada di wisata satu ini.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

19. Bendung Kayangan

Bendung Kayangan
Image Credit: Lensanasrul.com

Memiliki arti nama yakni menakjubkan, Bendung Kayangan pun juga merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan yang menakjubkan. Disini, Anda bisa berenang dengan latar pemandangan hijaunya dedaunan.

Selain itu, air yang jernih pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk itu, Anda pun jangan sampai melewatkan destinasi satu ini.

Lokasi: Kepek, Pendoworejo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

20. Gunung Ijo

Gunung Ijo
Image Credit: Dinditpurwoko.blogspot.com

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki maupun naik gunung, maka objek wisata Gunung Ijo menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda singgahi. Berada di ketinggian yakni sekitar 1.000 mdpl maka Anda pun bisa melihat keindahan kota Jogja ketika sedang berada di puncak Gunung Ijo ini. Tertarik untuk mencoba? Maka Anda pun bisa menjajal untuk mendakinya bersama teman dan kerabat.

Lokasi: Tirto, Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang bisa untuk Anda kunjungi ketika liburan. Ada banyak sekali tempat menarik yang menghadirkan keindahan dari alam yang berada di daerah tersebut. Sehingga, untuk Anda yang masih kebingungan maka tak ada salahnya untuk mencoba salah satu destinasi wisata tersebut ketika sedang berada di Kulon Progo.