Ingin Liburan Seru? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Kuningan, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Ketika Anda berlibur di Kuningan, yang mana terkenal dengan keramahan dan kehangatan warganya dengan budaya Sunda yang masih sangat kental. Selain itu, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang sangat beragam dan tak kalah indah. Tempat wisata yang ada dapat menjadi kawasan atau area yang sangat cocok untuk melepaskan penat, stres, dan lelah. Mulai dari situs budaya, bersejarah, atau bahkan menikmati keindahan alamnya.

Bila Anda berkunjung ke Kuningan, berikut beberapa tempat wisata yang populer dan wajib Anda kunjungi untuk liburan seru dan menyenangkan.

1. Telaga Nilam

Telaga Nilam
Image Credit: Instagram.com @panoramacirebon

Tempat wisata di Kuningan yang pertama adalah Telaga Nilam. Telaga dengan nama lain Telaga Nilem ini berasal dari mata air alami dengan kolam yang jernih dan bening. Telaga ini berada di dekat persawahan Kuningan, sehingga tidak heran jika pemandangan yang ditawarkan di tempat ini sangat menarik, asri dan alami.

Danau alami ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai sehingga banyak orang yang mendaki di Gunung Ciremai menyempatkan untuk mampir berkunjung ke Telaga ini. Di dasar telaga yang bening ini Anda bisa menjumpai banyak ganggang, lumut, bebatuan dan ikan air tawar.

Lokasi: Desa Kadeula, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

2. Telaga Remis

Telaga Remis Kuningan
Image Credit: Google Maps (Agustinus Leonardo Lie)

Telaga yang satu ini terletak di perbatasan Kuningan dan Cirebon. Di sekitar telaga ini banyak ditanami pohon pinus yang menyuguhkan kesan asri dan sejuk. Di sini terdapat wahana sepeda air mirip perahu yang bisa Anda naiki ketika berkunjung kesini. Atau bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa mencoba menangkap ikan yang ada di dalam telaga.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

3. Telaga Biru

Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Hilman Hilman)

Telaga di Kuningan yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Telaga Biru, juga biasa disebut dengan Situ Cicerem. Telaga ini memiliki warna air kebiruan alami yang jernih, lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai yang memiliki hawa khas pegunungan yang sejuk dan udaranya segar.

Di Telaga Biru ini, Anda bisa melihat berbagai macam jenis ikan air tawar dari pinggiran kolam dan hilangkan penat.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

4. Curug Landung

Curug Landung
Image Credit: Facebook.com (Moza Moza)

Curug Landung merupakan air terjun tertinggi dengan memadukan keindahan spot-spot foto yang tersedia. Objek wisata yang satu ini menyedot banyak wisatawan dari Kuningan maupun luar kota. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan di sekitar air terjun sambil mengambil selfie.

Lokasi: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

5. Curug Sidomba

Curug Sidomba
Image Credit: Google Maps (Ujang Joseph)

Tidak seperti air terjun lainnya yang merupakan air terjun alami, curug yang satu ini merupakan air terjun buatan. Curug Sidomba ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan memiliki keindahan yang tidak kalah cantik dari air terjun alami. Di sekeliling curug ini banyak ditanami pohon pinus yang membuat suasana layaknya di hutan pinus.

Lokasi: Jalaksana, Peusing, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

6. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps (Ydstr Channel)

Curug yang satu ini adalah salah satu tempat wisata andalan di Kuningan, bahkan di Jawa Barat. Hampir di setiap pelosok daerah memiliki curug yang khas, tidak terkecuali di Kuningan. Curug ini berada di jalur pendakian Gunung Ciremai, sehingga banyak pendaki yang mampir untuk menikmati keindahan dan suasana di tempat ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Subang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

7. Curug Bangkong

Curug Bangkong
Image Credit: Google Maps (Rendra Dwiariguna)

Air terjun yang satu ini terletak di Nusaherang, Kuningan. Akses menuju ke curug ini sangat menarik, karena Anda akan melewati beberapa spot seperti persawahan dan perkebunan milik warga sekitar. Ada sebuah lubang yang tidak terlalu besar di sebelah kirinya, lubang ini terhubung dengan Gunung Embun. Tertarik menelusurinya?

Curug Bangkong yang mempunyai tinggi sekitar 23 meter dan lebar 3 meter ini memang terlihat rimbun. Pengelolaan tempat wisata ini memang kurang begitu baik, padahal sebenarnya begitu indah. Di tempat ini juga terdapat kolam yang cukup dalam, sehingga pengunjung diperbolehkan berenang namun tidak untuk terlalu jauh ke arah air terjun.

Lokasi: Kertawirama, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan.

8. Curug Gongseng

Curug Gongseng
Image Credit: Instagram.com @jhafar_jheff

Curug ini selain menyita perhatian wisatawan karena keindahannya, ternyata di kawasan curug ini ada peninggalan bersejarah zaman megalitikum. Yang menjadi ciri khas tempat ini adalah suguhan pemandangan hijaunya yang asri serta bebatuan yang terdapat di Curug Gongseng membuatnya berbeda dengan curug lainnya.

Keindahan ini juga merupakan campur tangan warga sekitar yang senantiasa selalu merawat, agar para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan tidak kecewa. Meski fasilitas di Curug Gongseng ini bisa dibilang masih minim, namun keindahannya tidak bisa didapat di curug lain, menjadikannya menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Wisata Cibuntu, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

9. Curug Ki Maung

Curug Ki Maung
Image Credit: Detik.com

Curug ini dulunya sering digunakan mencuci oleh warga sekitar karena saat musim kemarau airnya tidak pernah kering. Keindahan di curug ini sangat luar biasa dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Di sini Anda akan disuguhkan air terjun dengan suasana yang asri dan mistis karena banyaknya batuan besar yang dijatuhi air terjun.

Lokasi: Kec. Maleber, Kab. Kuningan.

10. Situ Wulukut

Situ Wulukut
Image Credit: Google Maps (o ta)

Salah satu tempat wisata hits lainnya di Kuningan adalah Situ Wulukut. Tempat ini adalah danau alami yang memiliki pemandangan asri dan cantik. Danau di Situ Wulukut ini digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo di Lumajang. Tempat wisata ini bisa dibilang cukup baru karena baru dibuka pada tahun 2018.

Lokasi: Kertayuga, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan.

11. Waduk Darma

Waduk Darma
Image Credit: Instagram.com @dhyanseptiani

Waduk Darma adalah danau buatan yang dibangun pada saat Belanda masih menjajah Indonesia. Konon katanya 9 desa harus ditenggelamkan saat membuat waduk dengan luas hampir 450 hektar ini. Waduk ini sekarang banyak dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya tempat wisata, di sini banyak juga nelayan yang beternak ikan air tawar. Para nelayan juga menyewakan perahunya untuk mengelilingi waduk. Hal yang unik di sini adalah, saat musim kemarau tiba akan terlihat perumahan warga yang dulu dan rel kereta api yang ada di dasar waduk.

Lokasi: Desa Jagara, Kec. Darma, Kab. Kuningan.

12. Kolam Terapi Ikan Cigugur

Kolam Terapi Ikan Cigugur
Image Credit: Google Maps (Andreas Darjan)

Tempat yang satu ini dianggap keramat karena memiliki Ikan Mangut yang didewakan. Pengunjung bisa menceburkan kakinya ke dalam air dan kemudian akan dikerubuti oleh ikan-ikan kecil ini. Tidak perlu khawatir, karena ikan yang ada di sini tidak akan melukai manusia. Ikan yang ada di sini hanya akan mengerubuti dan memakan sel-sel kulit mati pada kaki pengunjung.

Hal ini bisa menjadi terapi dan relaksasi bagi otot kaki, juga merangsang titik syaraf pada bagian kaki. Mungkin rasanya akan menggelikan bukan? Namun hal ini menarik dan juga bermanfaat. Ketika akhir pekan, tempat satu ini tidak pernah sepi dan didominasi oleh keluarga yang sedang habiskan waktu akhir pekan.

Lokasi: Jl. Raya Cigugur, Sukamulya, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

13. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan
Image Credit: Google Maps (firman hadi)

Sama halnya dengan Kolam Terapi Ikan Cigugur, kolam renang pemandian bersama ikan disini juga dianggap memiliki kekuatan gaib. Air yang ada di kolam ini sangat jernih, bersih, dan menyegarkan. Di dalamnya terdapat ikan kancra bodas yang dilarang ditangkap dan dikonsumsi oleh siapapun.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purwakarta yang Paling Populer

Kolam pemandian di sini tersedia dalam bermacam ukuran, terdapat 3 jenis kolam yang masing-masing mempunyai kedalaman berbeda, yaitu 60 centimeter, 120 centimeter, dan 2 meter. Berdasarkan mitos, ikan yang ada di sini adalah jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi sehingga tidak diperbolehkan untuk ditangkap.

Lokasi: Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

14. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip
Image Credit: Google Maps (Yudhie Tar)

Pemandian di sini menyediakan pemandian air panas maupun air dingin, salah satunya yaitu kolam air naga. Kolam ini dikhususkan untuk bermain anak-anak dan berisi air dingin yang dilengkapi dengan seluncuran berbentuk kepala naga. Sedang untuk pemandian air panasnya memiliki kadar mineral dan yodium yang tinggi dengan suhu sekitar 36-42 derajat celcius.

Lokasi: Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kab. Kuningan.

15. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana
Image Credit: Google Maps (donny G Wibisono)

Balong Dalem adalah sebuah waterpark dengan kolam renang yang diisi air murni alami yang berasal dari mata air. Tempat ini lokasinya berdekatan dengan bumi perkemahan Balong Dalem yang memang diperuntukkan untuk camping atau berkemah oleh para wisatawan. Banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan di waterpark ini, diantaranya adalah kolam renang , flying fox, jalur hiking, hingga trekking.

Lokasi: Jl. Babakan Mulya, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

16. Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park
Image Credit: Facebook.com @marjani.kamal.3

Wisata ini menjadi wisata air buatan selanjutnya yang sedang hits di Kuningan. Disini Anda bisa berenang sambil menikmati indahnya pemandangan gunung di belakang. Wahana yang paling populer di tempat ini adalah kolam ombak dengan seluncuran, tumpahan air terjun buatan, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Raya Bandorasa No.KM. 12, Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

17. Wisata Alam Linggarjati

Wisata Alam Linggarjati
Image Credit: Google Maps (Chamars 2000)

Kaki Gunung Ciremai memang banyak mempunyai tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Wisata Alam Linggarjati. Wisata alam ini merupakan titik awal pendakian untuk mendaki menuju puncak Gunung Ciremai. Tak heran jika pengunjung yang berkunjung biasanya dari kalangan pendaki.

Di Taman Wisata Alam ini terdapat bermacam-macam koleksi tumbuhan seperti pohon pasang, pohon jamuju, pohon lemo, dan pohon bungur. Selain itu, terdapat juga koleksi fauna seperti burung pipit dan burung kepodang. Terdapat fasilitas seperti gazebo dan saung untuk beristirahat, tempat makan, dan juga penginapan.

Lokasi: Linggasana, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

18. Sukageuri View

Sukageuri View
Image Credit: Google Maps (ervan vialia)

Ketika berkunjung ke Kuningan, rasanya Anda wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sukageuri View ini adalah bukit dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan untuk Anda nikmati. Anda bisa menghilangkan stres dari banyak aktivitas dengan menikmati keindahan di tempat ini.

Bisa dibilang tempat ini adalah tempat yang sangat cocok untuk menghilangkan penat hiruk pikuk kota dan semua kepenatan aktivitas Anda. Di sini Anda juga bisa hunting foto dengan pemandangan yang berkualitas. Tidak ada ruginya jika Anda memilih tempat ini untuk tujuan liburan Anda!

Lokasi: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

19. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Google Maps (Rifal Mushafa Dzikri)

Anda bisa mengunjungi tempat ini jika sedang menginginkan suasana yang tenang dan nyaman. Kebun Raya Kuningan memiliki suasana yang nyaman dan pastinya keasriannya masih terjaga. Akhirnya, tempat ini sekarang sudah dibuka kembali setelah ditutup beberapa saat karena dilakukannya perbaikan.

Banyak fasilitas dan tempat bermain yang sudah diperbarui untuk bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke tempat ini. Suasananya yang alami seperti hutan bisa Anda nikmati dan jelajahi bebas bersama keluarga atau sahabat. Di sini juga terdapat koleksi berbagai macam tumbuhan.

Lokasi: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

20. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang
Image Credit: Google Maps (Alvin Aditya)

Tempat ini berada di punggung gunung yang menjadikan Anda wajib mengunjunginya ketika berada di Kuningan. Di sini Anda bisa berpetualang dan menikmati suasana sekitar yang asri. Lembah Cilengkrang juga sangat cocok untuk Anda yang hobi mendaki. Dan juga terdapat pemandian air panas yang bisa Anda nikmati setelah penat mendaki.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Purwakarta yang Murah & Enak

Lokasi: Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

21. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai
Image Credit: Google Maps (Haggai Be’er)

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Ciremai. Area wisata ini telah menjadi sebuah kawasan perkemahan dan sekaligus menjadi tempat konservasi di Jawa Barat. Di kawasan wisata ini memiliki tiga zona yang berbeda. Mulai dari zona topik yang paling rendah lokasinya. Kemudian zona pegunungan atau montana yakni daerah yang berada di pertengahan.

Untuk zona yang terakhir adalah zona subalpin, yang mana terkenal sebagai daerah puncaknya. Selain itu, di sini juga ada Situ Sangiang yang merupakan sebuah kawasan wisata danau alami dengan pemandangan yang tak indahnya. Tak heran apabila banyak orang yang berkunjung ke destinasi wisata satu ini.

Lokasi: Desa Babakanmulya, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

22. Ipukan

Ipukan
Image Credit: Google Maps (Barna Sukarna)

Bagi Anda yang menyukai berwisata di alam atau bahkan mendaki gunung, maka tempat wisata ini sangat direkomendasikan. Ipukan merupakan sebuah tempat yang menawarkan pemandangan indah sebuah gunung. Dikarenakan letaknya yang berada persis di bawah kaki Gunung Ciremai, tak heran apabila lokasi ini sering dikunjungi dan didatangi sebagai tempat ngecamp.

Obyek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai atau TNGC, dengan luasnya sekitar 2 hektar dan ketinggiannya yang mencapai 200 di atas permukaan laut. Tak heran, apabila ketika Anda berada di sini maka membutuhkan sebuah mantel hangat. Karena cuaca dan udaranya yang sangat dingin serta sering diselimuti oleh kabut putih.

Lokasi: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

23. Paseban Tri Panca Tunggal

Paseban Tri Panca Tunggal
Image Credit: Google Maps (Shan Tian)

Tempat wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Paseban Tri Panca Tunggal. Destinasi wisata satu ini, merupakan salah satu cagar budaya dengan padepokan yang berguna untuk menuntun sebuah ilmu kebatinan atau seni budaya. Di area bangunan ini sebelah kiri terdapat sebuah pendopo dengan payung unik, yang memberikan kesan keindahan tersendiri.

Lokasi: Jl. Cigugur Sukamulya, Cigugur, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

24. Hutan Kota Mayasih

Hutan Kota Mayasih
Image Credit: Google Maps (Hangga Pribadi)

Pemerintah Kota Jawa Barat telah menghadirkan berbagai taman, yang mana berguna sebagai salah satu upaya untuk menghadirkan tata ruang hijau. Salah satunya adalah Hutan Kota Mayasih, selain memiliki fungsi penting bagi kota tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada di kawasan Gunung Batu, tak heran bila suasananya sangat sejuk dan nyaman.

Di kawasan wisata ini, juga telah disediakan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Mulai dari saung-saung kecil yang disediakan sebagai tempat beristirahat para pengunjungnya. Selain itu, ada juga kolam ikan yang dapat menjadi tampilan atau hiasan menarik di kawasan wisata satu ini.

Lokasi: Jl. Mayasih, Cigugur, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

25. Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery Kuningan
Image Credit: Google Maps (noer marya ulfva)

Destinasi wisata terakhir yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Open Space Gallery Kuningan. Tempat wisata ini lebih akrab disebut sebagai OSG Kuningan. Area wisata ini hanya dibuka atau dioperasikan setiap hari Minggu saja. Dalam acaranya, ada fasilitas budaya terbuka yang multifungsi. Dapat digunakan sebagai tempat aktivitas warga setempat bahkan wisatawan.

Saat pagi hari tiba maka kegiatan akan dimulai dengan senam dan kegiatan selanjutnya adalah pameran benda-benda bersejarah. Namun, ketika sore maka masyarakat atau wisatawan akan menikmati relaksasi di kolam ikan nila. Dengan menceburkan kaki ke dalam kolam maka kotoran yang ada akan dibersihkan oleh ikan-ikan yang ada.

Lokasi: Linggasana, Kec.  Cilimus, Kab. Kuningan.

Itulah beberapa tempat wisata di Kuningan yang menarik dan paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Bila Anda berkesempatan untuk singgah dan bermain di salah satu kabupaten di Jawa Barat ini, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisatanya. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan selama berlibur.