Ingin Liburan di Lamongan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Lamongan, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Petualangan Liburan yang Menyenangkan.

Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur yang mempunyai budaya yang menarik disertai dengan berbagai macam ciri khasnya. Mulai dari makanan khas yang terkenal hingga dengan tempat wisata kekinian yang wajib dikunjungi saat liburan.

Objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam menawan, tempat bersejarah dan destinasi yang mempunyai beragam permainan yang seru dan menantang untuk dicoba. Apa saja tempat wisata tersebut? Berikut daftar destinasi menarik di Lamongan yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Tlogo Sadang Lamongan

Tlogo Sadang Lamongan
Image Credit: Lamongantourism.com

Salah satu tempat wisata yang hit di Lamongan adalah Tlogo Sadang. Tempat yang satu ini memiliki pemandangan yang mengagumkan dari bekas tebing yang merupakan bekas peninggalan kapur. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dari dalam ataupun luar daerah.

Tebing yang terdapat pada tempat ini menjadi tempat favorit bagi para pengunjung yang suka berfoto. Pasalnya latar belakang tebing ini menjadikan foto Anda terlihat keren dan mewah, karena didukung dengan warna air telaga yang jernih dan bersih. Untuk dapat menikmati tempat wisata ini Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau.

Lokasi: Tlogosadang, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

2. Sukodadi Carnival

Sukodadi Carnival
Image Credit: WisatadiIndonesia.com

Sukodadi Carnival merupakan salah satu wisata malam yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Kota Lamongan. Tempat wisata satu ini mempunyai berbagai macam wahana permainan yang dapat Anda coba bersama teman maupun keluarga. Selain wahana para pengunjung akan disuguhkan dengan penampilan budaya dan juga sirkus, dengan begitu Anda pasti tidak akan bosan.

Meskipun tergolong tempat wisata yang baru, namun fasilitas yang ada dapatkan sangat lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir. Selain menyediakan wahana untuk bermain, tempat ini juga akan menjumpai berbagai macam wisata kuliner yang enak khas kota ini yang wajib Anda coba.

Lokasi: Jl. Raya Pantura No.38, Talun, Kec. Sukodadi, Kab.Lamongan.

3. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-Alun Kota Lamongan
Image Credit: Google Maps (Muhammad rizal Abdul annas)

Alun-alun yang menjadi salah satu ikon Kota Lamongan ini terdapat di pusat Kota. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis permainan serta wisata kuliner yang dapat dicoba. Setiap hari libur tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Karena antusias masyarakat yang sangat tinggi maka pemerintah Kota semakin meningkatkan kualitas alun-alun ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Nganjuk yang Murah dan Enak

Lokasi: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

4. Wisata Pohon Trinil

Wisata Pohon Trinil
Image Credit: Google Maps (Afifathun nu’man)

Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang hits dan populer di berbagai kalangan terutama anak muda. Pohon trinil yang memiliki ukuran besar serta bentuk yang unik menjadikannya sebagai tempat foto indah. Jika ingin menikmati tempat yang satu ini Anda hanya diharuskan menjaga kebersihan, karena untuk uang masuk gratis.

Lokasi: Lembor, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

5. Pantai Kutang

Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps (Wahyudi Dwy Purwanto)

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat digemari oleh para pengunjung. Memiliki panorama yang indah dengan udara yang segar membuat siapapun akan nyaman di tempat ini. Ditambah dengan tumbuhan mangrove yang mengelilinginya membuat pantai ini sangat unik dan menarik.

Banyak pengunjung yang berdatangan untuk menghabiskan liburannya di pantai ini. Karena selain suasananya yang nyaman Anda akan disuguhkan dengan pasir putih yang luas sehingga dapat bermain bersama serta piknik bersama keluarga. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini tidak perlu khawatir karena dipastikan Anda tidak akan menyesal.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

6. Museum Seni Islam Indonesia

Museum Seni Islam Indonesia
Image Credit: Google Maps (Doe Je Verhaal)

Seperti beberapa daerah lainnya, Kota Lamongan juga mempunyai tempat wisata seperti Museum. Museum ini menceritakan sejarah Islam yang berkembang di Indonesia. Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang berlibur namun tetap ingin menambah ilmu pengetahuan mengenai sejarah.

Di Museum ini terdapat berbagai foto orang yang telah berjasa dalam mengajarkan ajaran agama Islam. Selain itu tempat ini juga dapat mengenalkan Anda berbagai macam peninggalan sejarah yang unik dan antik. Selain itu pada lokasi tertentu juga terdapat spot foto yang menarik banyak pengunjung sehingga Anda tidak merasa bosan.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

7. Pantai Kodok

Pantai Kodok Lamongan
Image Credit: Traveloka.com

Salah satu tempat yang populer lainnya di Lamongan adalah Pantai Kodok. Pantai yang satu ini memiliki nama yang unik, karena di pantai tersebut terdapat tebing dan bebatuan yang menyerupai kodok. Tebing dan bebatuan tersebut menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke pantai ini.

Pantai ini tidak kalah alami nya dengan pantai-pantai yang lain, karena memiliki air yang jernih serta lingkungan yang terawat dan sangat bersih. Untuk menikmati tempat wisata yang satu ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena harga masuk yang diberlakukan sangat terjangkau dan pas di kantong Anda.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

8. Pantai Brondong

Pantai Brondong
Image Credit: Google Maps (Sofi Nhs)

Tidak hanya Pantai Kodok, Pantai Brondong juga memiliki nama yang unik dan mudah diingat. Pantai yang satu ini mempunyai ombak kecil, garis pantai yang luas, udara yang sejuk dan juga teduh. Sehingga tidak salah jika pantai ini disukai oleh banyak pengunjung baik di dalam maupun luar daerah.

Lokasi: Lohgung, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

9. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan
Image Credit: Instagram.com @raflinurazmi_

Tempat wisata hits dan terbaru selanjutnya adalah Wisata Bahari Lamongan. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena dilengkapi dengan wahana air yang sangat seru seperti kapal bajak laut. Dengan berbagai wahana seru yang disediakan menjadi liburan Anda sangat seru dan menyenangkan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Paling Populer

Tempat ini sangat terkenal dengan ciri khas yang terdapat pada pintu masuknya terdapat kepiting besar yang merupakan ikonnya. Harga masuk untuk tempat wisata yang satu sangat terjangkau, sehingga Anda dapat mengajak seluruh keluarga untuk berlibur bersama. Dijamin Anda dan keluarga tidak akan sadar telah menghabiskan waktu yang lama di tempat ini.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

10. Waduk Gondang

Waduk Gondang
Image Credit:Google Maps (Mashofi Maulana)

Waduk yang satu ini merupakan objek wisata sederhana yang sangat disukai oleh berbagai kalangan terutama anak muda. Tempat yang satu ini tetap ramai dikunjungi baik itu di hari biasa maupun diakhir pekan. Ditempat ini terdapat beberapa wahana yang dapat Anda nikmati sembari merasakan suasana sejuk dan nyamannya suasana yang disuguhkan.

Lokasi: Waduk Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan.

11. Maharani Zoo Lamongan

Maharani Zoo Lamongan
Image Credit: Goole Maps (Indra Maryati)

Tempat wisata yang satu ini merupakan Kebun Binatang yang di dalamnya memiliki berbagai macam jenis hewan. Letak hewan yang tidak terlalu jauh menjadikan kebun binatang ini sangat berbeda dengan yang lainnya karena dapat memudahkan pengunjung berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

12. Gunung Mas Tugu Mantup

Gunung Mas Tugu Mantup
Image Credit: Google Maps (Indra Pratama)

Tempat yang satu ini sudah banyak dikenali oleh para wisatawan lokal maupun asing. Tempat ini menyuguhkan berbagai wahana yang dapat dijadikan properti untuk foto-foto bersama. Tempat ini sangat menarik para pengunjung terutama anak-anak muda yang lebih menyukai foto bersama teman-teman.

Lokasi: Jl. Raya Mantup, Bulu Tugu, Kec. Mantup, Kab. Lamongan.

13. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat
Image Credit: Instagram.com @yunisiswandiati

Terdapat beberapa Museum yang dapat Anda kunjungi di Kota Lamongan, salah satunya Museum ini. Lokasinya yang sangat dekat dengan makam Sunan Drajat menjadikan museum ini banyak dikunjungi. Tempat ini menyimpan banyak buku-buku kuno yang merupakan peninggalan sejarah dari Sunan Drajat.

Lokasi: Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

14. Pantai Klayar Lamongan

Pantai Klayar Lamongan
Image Credit: Instagram.com @rizaldby

Dari banyaknya pantai di Lamongan, pantai yang satu ini dapat menjadi solusi terbaik untuk liburan Anda. Pasalnya pantai ini memiliki pasir yang kecoklatan yang di pinggirnya terdapat tanaman bunga yang indah dan berwarna warni. Suasananya yang nyaman serta anginnya yang sejuk menjadikan pantai ini menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Klayar, Sidokelar, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

15. Gunung Ratu

Gunung Ratu
Image Credit: Instagram.com @ika_setyawan92

Tempat terbaru dan hits selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Gunung Ratu. Untuk mencapai tempat yang satu ini Anda harus mendaki beberapa jalan yang terjal. Namun kesusahan tersebut akan terbayarkan dengan suasana yang disuguhkan oleh gunung ini seperti pohon yang rindang dengan dedaunan yang hijau disertai angin sepoi-sepoi.

Lokasi: Sekidang, Kec. Sambeng, Kab. Lamongan.

16. Goa Maharani

Goa Maharani
Image Credit: Google Maps (Widyoseno Estitoyo)

Tempat wisata selanjutnya adalah Goa Maharani, tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat penyebaran Islam di masa itu. Tempat ini juga dipercaya sebagai tempat singgah dan berkumpulnya para wali songo ketika menyebarkan ajaran agama Islam. Di dalam goa ini Anda akan disuguhkan dengan bentuknya yang unik dan menarik yang dapat memanjakan mata.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

17. Monument Van Der Wijck

Monument Van Der Wijck
Image Credit: Instagram.com @lamongantourism

Salah satu tempat yang hits dan wajib Anda kunjungi ketika berada di Kota Lamongan adalah Monumen Van Der Wijck. Sekilas nama ini tidak asing karena ceritanya sempat di menjadi karya seni film layar lebar, yang sangat menarik perhatian penonton Indonesia. Kisahnya yang menarik dengan kesedihan menambahkan kesan yang mengharukan.

Monumen ini didirikan untuk mengenang beberapa kejadian tersebut yang terjadi pada tahun 1339. Selain merangkum cerita nyata yang sangat mengagumkan, monumen ini juga memiliki desain yang dapat yang unik dan indah, sehingga Anda dapat berfoto-foto menggunakannya sebagai latar belakang.

Lokasi: Brondong, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

18. Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur
Image Credit: Instagram.com @lamongantourism

Selain memiliki pantai yang indah dan menarik, Lamongan juga memiliki banyak tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi. Salah satunya yaitu Makam Sunan Sendang Duwur. Tempat ini merupakan makam Sunan Sendang Duwur yang merupakan salah satu sosok penyebar agama Islam di Indonesia.

Berasal dari kisah masyarakat setempat, konon Sunan Duwur dipercayai dapat memindahkan masjid Sedang nduwur ke dataran tinggi dalam waktu semalam. Cerita tersebut dipercaya turun temurun, oleh karena itu selain refreshing Anda juga dapat berbagai mengetahui mengenai legenda maupun asal usul bangunan yang Anda tuju.

Lokasi: Sendangduwur, Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

19. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung
Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Selain pantai, tempat bersejarah serta taman bermain, di Lamongan Anda juga dapat menemukan pemandian air panas. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandian air panas baik sendiri maupun bersama keluarga. Suasana yang nyaman dan sejuk menambah rasa nyaman Anda ketika berendam disini.

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat Sunan Drajat menyendiri di kala itu. Tempatnya yang unik dan menarik menjadikan tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena selain tempat pemandian Anda juga dapat menjumpai tempat wisata lainnya yang tidak jauh dari lokasi pemandian brumbung.

Lokasi: Sidodadi, Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

20. Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan
Image Credit: Instagram.com @lamongancantik.id

Tempat wisata terakhir yang dapat dikunjungi di Lamongan yaitu Masjid Agung. Masjid ini memiliki desain yang menarik dan sangat memanjakan mata. Terlebih jika Anda mengunjunginya dikala malam hari maka Masjid ini memiliki lampu yang sangat memukau dan elegan. Tidak hanya itu Anda juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang disuguhkan sekitaran masjid ini.

Lokasi: Jl. Kyai H. Hasyim Ashari No.16, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

Itulah beberapa tempat wisata yang hits dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke Kota Lamongan. Beberapa tempat wisata tersebut memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Seperti menyuguhkan berbagai panorama yang indah, tempat bermain yang seru, memiliki nilai sejarah dan lain sebagainya.