Inilah List Tempat Wisata Populer di Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan yang Berkesan.

Pulau Sumatera menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Namun, tidak semua daerahnya kondang sebagai tujuan wisata. Padahal jika mau menggalinya Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Salah satu kota di Sumatera tepatnya di Provinsi Aceh adalah Lhokseumawe. Kini kota satu ini juga menjadi incaran wisatawan untuk jadi lokasi liburan. Berikut daftar tempat wisata hits di Lhokseumawe yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Museum Kota Lhokseumawe

Museum Kota Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps (Behind Shadow)

Lhokseumawe memiliki wisata yang beragam, mulai wisata sejarah hingga wisata alam. Dan untuk memulai perjalanan wisata anda, Anda bisa menjadikan museum Kota Lhokseumawe sebagai tujuan pertama. Wisata sejarah ini memiliki bangunan rumah adat yang begitu cantik dan ikonik. Di dalamnya, Anda tentu bisa menemukan barang barang koleksi yang menjadi peninggalannya.

Beberapa koleksi yang bisa Anda temukan antara lain seperti pedang, alat penangkap ikan, Al quran zaman dulu hingga keramik. Bangunan ini termasuk wisata baru, karena baru dibangun di tahun 2014. Lokasinya berdekatan dengan Islamic Center Lhokseumawe yang bisa Anda jangkau dengan mudah. Selain liburan Anda juga akan mendapatkan wawasan baru di tempat satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

2. Islamic Center Lhokseumawe

Islamic Center Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps (Te Basri)

Tempat wisata religi satu ini memang bukanlah destinasi wisata baru yang bisa Anda kunjungi. Tetapi termasuk destinasi hits yang rasanya tidak akan lengkap jika tidak mengunjunginya. Daya tarik utama dari wisata satu inia dalah bangunan Masjid agungnya yang begitu megah dan mengusung konsep Timur Tengah.

Bangunan tempat wisata satu ini memang luar biasa cantik dengan menggunakan kubah kubah yang kokoh dan indah. Menginjakkan kaki di Islamic Center, Anda akan dibawa pada masa kejayaan dari Kerajaan Samudra Pasai. Karena tujuan dibangunnya memang untuk menjadi pusat peradaban. Menjelajah setiap sudut Islamic Center akan memberikan pengalaman tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Empat, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

3. Bukit Goa Jepang

Bukit Goa Jepang
Image Credit: Google Maps (Adib Bukhori)

Untuk menjelajah pesona kota Lhokseumawe, Bukit Goa Jepang bisa Anda jadikan tujuan liburan selanjutnya. Bukit satu ini memang menjadi saksi bisu kekejaman penjajahan Jepang pada saat itu. Berada di ketinggian sekitar 100 mdpl, Anda bisa menikmati panorama dari ketinggian yang cantik. Jangan salah, goa Jepangnya bukan ada di atas bukit melainkan di bawah tanah.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Langsa yang Terkenal Enak

Goa Jepang ini dulunya dibangun atas kerja paksa dan juga dijadikan tempat untuk menahan penduduk yang ingin melawan Jepang. Memiliki pintu masuk dengan ketinggian sekitar 2×3 meter dan juga panjang 60 meteran. Sejak tahun 2015, goa ini baru dibuka menjadi wisata sejarah yang hits. Apalagi panorama sekitarnya juga sangat mempesona.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blang Panyang, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

4. Taman Ngieng Jioh

Taman Ngieng Jioh
Image Credit: Twitter.com @JakSabeeWoeSiat

Jika Anda mencari tempat wisata yang memiliki banyak spot foto cantik, Taman Ngieng Jioh adalah pilihan yang tepat. Destinasi wisata di Lhokseumawe satu ini tak hanya indah, tetapi juga kondang di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada di atas bukit semakin membuat tempat wisata satu ini unik. Pemandangan yang ditawarkan juga akan memanjakan indera penglihatan Anda.

Tempat wisata satu ini memang terlihat sederhana, dimana Anda akan menemukan sebuah tugu yang menunjukkan taman ini. Kemudian ada deretan bangku taman yang langsung menghadap pada pemandangan laut lepas. Kini sudah ditambahkan dengan pepohonan rindang juga bunga warna warni. Mengunjungi taman ini, dipastikan semua penat Anda akan terhempas.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Goa Jepang, Blang Panyang, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

5. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam
Image Credit: Google Maps (Adventure Zero52)

Lhokseumawe juga memiliki air terjun yang menarik untuk Anda kunjungi. Air Terjun Blang Kolam bahkan disebut disebut sebagai air terjun yang keindahannya masih tersembunyi. Lokasinya memang terpencil, tetapi untuk keindahannya Anda tak perlu meragukannya. Walaupun untuk menjangkaunya juga membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Tetapi semua lelah dan penat Anda akan dibayar lunas dengan pesonanya. Air yang mengalir dari ketinggian ini begitu bersih dan segar. Ada kolam kolam yang cukup besar terbentuk di bawah aliran ini. Sekitarnya masih sangat asri dan juga rimbun, dijamin akan membuat Anda betah berlama lama. pastikan Anda juga mengabadikan setiap momen di air terjun satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sido Muliyo, Kec. Nisam Antara, Kab. Aceh Utara, Aceh.

6. Waduk Pusong

Waduk Pusong
Image Credit: Twitter.com @YuliantoYunus

Waduk Pusong juga menjadi salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan Islamic Center. Sehingga kebanyakan pengunjung akan langsung mampir ke waduk ini saat singgah di Islamic Center. Pemandangan yang ditawarkan memang sangat cantik, walaupun tidak besar.

Pengunjung waduk ini akan sangat ramai ketika malam tiba. Lampu lampu yang berkerlap kerlip turut menambah keindahan yang dimilikinya. Menghadirkan suasana yang romantis membuat Anda menemukan pasangan yang sedang bersantai. Bersantai di Waduk Pusong sembari menikmati pemandangan adalah salah satu cara melepas penat yang mujarab.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Langsa yang Paling Populer
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Pusong, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

7. Buket Paloh Batee

Buket Paloh Batee
Image Credit: Google Maps (Ampoen Sulaiman)

Hamparan bukit hijau yang juga tawarkan pesona mengagumkan selanjutnya adalah Buket Paloh Batee. Bukit satu ini bisa Anda daki hingga puncaknya, sehingga panorama yang ditawarkan akan lebih cantik lagi. Pepohonan hijau dengan kelokan bukit dari kejauhan menjadikan Buket Paloh Batee selalu jadi tujuan berburu foto instagramable.

Kawula muda lah yang memang lebih banyak mengunjungi bukit satu ini. Nama bukit ini makin terkenal setelah foto fotonya bertebaran di media sosial. Udaranya yang sejuk dengan angin sepoi, menjadikan bukit ini tepat untuk melepas penat. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai sembari berburu foto foto untuk diunggah di media sosial.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Paloh Bate, Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh.

8. Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat
Image Credit: Twitter.com @TingkahSiKonyol

Waduk Jeulikat termasuk destinasi wisata terbaru di Lhokseumawe yang juga menarik untuk dikunjungi. Waduk satu ini sebenarnya merupakan waduk buatan, tetapi tetap saja memiliki keindahan yang tak kalah. Waduk Jeulikat akan ramai pengunjung saat sore hari dan banyak dikunjungi untuk liburan keluarga. Di pinggir waduk Anda bisa menemukan pondok dan wahana perahu bebek.

Anda bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu bebek warna warni ini. Selain itu juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang menggoyang lidah. Ada banyak penjual yang menawarkan jajanan di kawasan wisata ini. Lokasinya yang strategis dan dekat pusat kota juga menjadi alasan mengapa Waduk Jeulikat tak pernah sepi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeuleukat, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh.

9. Pulau Seumadu

Pulau Seumadu
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Lhokseumawe juga memiliki wisata bahari yang tak kalah cantik dan menarik untuk dikunjungi. Pulau Seumadu misalnya yang terbilang kondang dengan pemandangannya yang mengagumkan. Pulau satu ini sendiri berada di ujung utara kota Lhokseumawe dengan jarak sekitar 12 km dari pusat kota. Dijamin semua lelah Anda akan dihempas setelah tiba nanti.

Begitu menginjakkan kaki di Pulau ini, Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang lembut. Air lautnya biru kehijauan dan juga jernih, rasanya tak sabar untuk segera bermain air. Anda juga bisa menemukan jembatan kayu yang membuatnya makin indah dan jadi spot foto idola. Suasananya yang tenang sangat cocok untuk melepas penat di tengah padatnya aktivitas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Keude Krueng Geukueh, Kec. Dewantara, Kab. Aceh Utara, Aceh.

10. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang
Image Credit: Facebook.com @AstraHondaCare

Pantai Ujong Blang terkenal dengan panorama sunrisenya yang begitu cantik. Sehingga bagi Anda yang suka berburu sunrise terbaik, jangan sampai melewatkan tempat satu ini. Pantai Ujong Blang memang bukanlah destinasi wisata baru, tapi pesonanya hingga kini masih terkenal di kalangan wisatawan. Apalagi pantai ini juga menawarkan banyak kegiatan seru.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Selain bersantai menikmati suara deburan ombak, pengunjung juga bisa mencoba wahana banana boat. Anda juga bisa menyusuri pantai dengan menggunakan perahu nelayan. Berjalan jalan di bibir pantaipun juga bukanlah ide yang buruk. Tak terlalu jauh dari jantung kota Lhokseumawe, Anda akan mudah untuk menjangkau Pantai Ujong Blang ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujong Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

11. Pantai Rancong

Pantai Rancong
Image Credit: Google Maps (Muhammad Dinata)

Masih belum puas menjelajah pantai di Lhokseumawe? Anda bisa menjadikan Pantai Rancong sebagai pilihan. Pantai Rancong berada di sebuah pulau dengan pemandangan yang memukau. Berhiaskan pasir putih kecoklatan dan juga ombak yang sedang. Selain wisata bahari, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya Mie Aceh yang menjadi andalan pantai ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rancong, Industri, kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

12. Pantai Ulee Jalan

Pantai Ulee Jalan
Image Credit: Facebook.com @Banda_Aceh_Tourism

Wisata bahari yang akan membuat liburan Anda makin lengkap selanjutnya adalah Pantai Ulee Jalan. Berbeda dengan pantai lainnya, disini Anda akan menemukan pantai dengan pasir hitam kecoklatan yang lembut. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena ombaknya tak terlalu besar. selain itu juga ada banyak spot foto yang layak untuk diabadikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

13. Sungai Krueng Cunda

Sungai Krueng Cunda
Image Credit: Facebook.com @nurul.qomarisa

Perjalanan Anda menjelajah Lhokseumawe akan makin sempurna jika ditutup dengan mengunjungi Sungai Krueng Cunda. Pesona yang ditawarkan tempat ini tidak hanya pada keindahannya saja, namun juga sangat unik. Sungai ini memiliki air yang asin karena memang berasal dari laut. Sehingga wajar jika tanaman laut juga turut menghiasi sekitarnya.

Selain pemandangan, banyak juga wisatawan yang menghabiskan waktu dengan memancing. Agar lebih mudah, Anda bisa menyewa perahu untuk ke tengah sungai. Anda juga bisa berburu kuliner di tempat satu ini. Ada banyak penjual makanan yang menawarkan kuliner khas nan menggoda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Industri, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Itulah beberapa objek wisata menarik di Lhokseumawe yang bisa Anda jadikan tujuan liburan. Menawarkan wisata alam, sejarah, religi hingga bahari Lhokseumawe layak untuk dipopulerkan sebagai tujuan wisata. apalagi ada beberapa destinasi yang masih terjaga keindahannya dan masih alami.