Ingin Liburan Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Menarik di Lumajang, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Populer dan Paling Hits yang Layak Dijelajahi Saat Liburan.

Berlibur telah menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan tentunya mampu membantu Anda untuk melepaskan beban penat dan lelah. Bagi Anda yang berada di Jawa Timur atau bahkan orang luar provinsi yang sedang mencari tempat berlibur. Maka tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Lumajang, yang mana sudah terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya. Berikut deretan tempat wisata di Lumajang terbaru yang menarik untuk dieksplor.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Google Maps (khaled Al-Naqeeb)

Kawasan wisata pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Lumajang adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Seperti yang telah diketahui bahwa di Indonesia terkenal dengan banyaknya niagara. Salah satunya adalah destinasi wisata di Lumajang, yang mana menghadirkan sebuah pemandangan air terjun yang sangat indah. Bahkan keindahannya tak kalah bila dibandingkan dengan air terjun di luar negeri.

Untuk aliran airnya sendiri melingkar, berasal dari dinding tebing dan membentuk sebuah efek layaknya tirai. Hal ini yang menjadikan keunikan tersendiri bagi air terjun. Jika tertarik untuk melihat pemandangan yang jauh lebih indah, Anda dapat turun di lembahnya. Sehingga dapat menyaksikan secara langsung air terjun dari bawah. Terlebih lagi hawa udara sangat segar dan pemandangan yang mengesankan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

2. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru
Image Credit: Google Maps (wong mbhambhong)

Tertarik untuk mengunjungi wisata yang anti mainstream di daerah ini? Maka Anda wajib untuk mendatangi Air Terjun Kapas Biru, lokasinya yang tersembunyi. Yang mana berada di tengah rimbunnya pepohonan hijau dan tebing tebing yang menjulang tinggi. Untuk namanya sendiri memiliki arti tersendiri, yakni aliran air terjun deras diibaratkan sebagai kapas dan biru diambil dari kesan warna airnya.

Dengan tebing yang berwarna gelap ditambah warna hijau dari pepohonan yang rimbun dan hembusan udara serta dinginnya udara air terjun. Menjadi sebuah perpaduan alam yang sangat indah dan pas. Terlebih lagi nuansa yang dihadirkan sangatlah sejuk dan mampu menawarkan sebuah sensasi tersendiri, yang sulit untuk Anda dapatkan dan temui di tempat lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pronojiwo, Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi
Image Credit: Google Maps (Aris Meneng)

Dalam menikmati keindahan alam di Lumajang, Anda dapat menjadikan Air Terjun Kabut Pelangi ini menjadi sebuah destinasi wisata jujukan. Wisata alam satu ini menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang sangat indah dan mempesona. Terlebih lagi, kawasan wisata satu ini kerap diselimuti oleh kabut. Yang mana hal inilah menjadi sebuah ciri khas atau keunikan tersendiri bagi tempat wisata ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

4. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis
Image Credit: Facebook.com @safii.ahmad.547

Masih seputar wisata alam berupa air terjun, di daerah Lumajang ini menyimpan dan menawarkan berbagai kawasan wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah AIr Terjun Watu Lapis, lokasi wisata satu ini menjadi tempat yang paling disukai oleh warga sekitar atau bahkan wisatawan dari daerah lain. Keindahan yang disuguhkan oleh tempat ini, membuat para wisatawan yang datang merasa tenang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, maka harus menyiapkan tenaga terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lokasinya yang masih tersembunyi, sehingga untuk dapat tiba dan menyaksikan keindahan air terjunnya Anda harus berjalan terlebih dahulu. Dengan usaha yang telah Anda keluarkan, nantinya akan terbayar dengan keindahan air terjun yang disuguhkannya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tawonsongo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

5. Antrukan Pawon

Antrukan Pawon
Image Credit: Google Maps (catatan.aesthetics)

Ingin menyaksikan sebuah air terjun, namun berada di dalam goa? Antrukan Pawon adalah salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan yang berkunjung di Lumajang. Air terjun yang mengalir ini, menuju sebuah lubang bumi atau goa. Adanya suatu pemandangan yang berbeda dan unik ini, mampu menciptakan sebuah kesan tersendiri. Tak heran, apabila pemandangan yang ditawarkan sangat eksotis nan indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucangalit, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

6. Goa Tetes

Goa Tetes
Image Credit: Google Maps (Panachai Korsawatworakun)

Penasaran dengan sebuah goa yang bersembunyi atau berada di balik sebuah air terjun? Goa Tetes dapat menjawab kebingungan Anda, tempat wisata ini merupakan goa karst yang terkenal dengan bentuknya yang unik. Sebenarnya area ini terbentuk dikarenakan adanya sebuah proses alami, yakni erosi air yang terus menerus hingga membentuk lanskap yang sangat unik dan indah. Tertarik untuk berkunjung di sini?

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

7. Goa Bima

Goa Bima
Image Credit: Facebook.com @rayyan.geraifatih

Bagi Anda penyuka wisata alam yang menantang, maka tempat wisata satu ini wajib untuk Anda datangi yakni Goa Bima. Kawasan wisata alam satu ini termasuk salah satu destinasi wisata yang masih jarang terjamah oleh manusia. Untuk lokasinya sendiri bisa dibilang agak tersembunyi, sehingga tak heran jika belum ramai pengunjungnya. Meskipun begitu, pemandangan stalaktit dan stalakmit mampu memberikan kesan unik dan indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dampar, Bades, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

8. Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg
Image Credit: Facebook.com @anwar.subari.5

Saat berada di Lumajang, Anda ingin berkunjung di kawasan pantai? Rekomendasi destinasi wisata satu ini wajib untuk dikunjungi, yakni Pantai Watu Godeg. Untuk lokasinya sendiri terbilang jauh dari kawasan tengah kota. Meskipun begitu, kawasan wisata ini mampu menyuguhkan panorama alam di pantai yang membuat Anda terpesona. Yang mana hal tersebut berasal dari sebuah perpaduan air laut yang bersih dan pasir pantai putih.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

9. Pantai Wotgalih

Pantai Wotgalih
Image Credit: Google Maps (Guntur Kezzy)

Objek wisata selanjutnya adalah Pantai Wotgalih, yang mana sangat identik dengan keindahan pemandangan alamnya yang sangat indah dan cantik untuk dinikmati. Kawasan pantainya sangat terjaga kebersihannya. Tak hanya itu, pasir pantainya memiliki warna hitam. Yang mengandung sebuah mineral tambang dengan mutu yang tinggi. Selain itu, ombaknya yang tenang mampu membuat Anda merasa nyaman di sini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Gresik yang Murah & Enak
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wotgalih, Kec. Yosowilangun, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

10. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Image Credit: Facebook.com @dani.alengleng

Destinasi wisata satu ini telah menjadi sebuah tempat favorit bagi penikmat alam, yakni Ranu Kumbolo. Kawasan ini tak hanya terkenal di area Jawa Timur saja melainkan telah menyebar ke seluruh Indonesia. Danau alam ini berada di Gunung Semeru, yang mana memang gunung satu ini juga menjadi tempat yang banyak digemari oleh wisatawan dikarenakan pemandangannya.

Ranu Kumbolo ini menawarkan sebuah pemandangan air danau yang membentang sangat luas dan berwarna biru. Bahkan di sekitarnya terdapat banyak pepohonan yang rimbun dan asri. Perpaduan alami yang ada ini mampu menciptakan kesan atau nuansa kenyamanan dan keindahan tersendiri. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk mendatangi danau alam satu ini.

Harga Tiket: Rp 19.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tulungrejo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

11. Ranu Pane

Ranu Pane
Image Credit: Instagram.com @enungsrioktaviani

Masih seputar danau alami, tempat selanjutnya yang wajib Anda datangi adalah Ranu Pane. Tempat ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan lokasi berlibur, bahkan kawasan ini sudah sangat terkenal karena keunggulan dari panorama alam yang ditawarkannya. Saat tba di kawasan ini, nantinya Anda akan disambut dengan pemandangan kaldea yang terbentang sangat luas, yang mana menjadi ikonik.

Harga Tiket: Rp 19.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ranupane Satu, Ranupani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

12. Tubing Adventure Kali Betoto

Tubing Adventure Kali Betoto
Image Credit: Facebook.com @tempoerantubing

Tertarik untuk melakukan suatu kegiatan yang seru? Kabupaten Lumajang ini tentunya juga menawarkan kawasan untuk bermain hal seru yang pastinya menantang. Tubing Adventure Kali Betoto adalah sebuah daerah wisata untuk berolahraga air. Tubing atau body rafting di sini memiliki keunikannya tersendiri, yakni menggunakan ban dalam truk dan tidak menggunakan perahu layaknya arum jeram.

Harga Tiket: Rp 48.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Tempoeran, Desa Senduro, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

13. Situs Biting

Situs Biting
Image Credit: Instagram.com @mitcha_dewi

Tak hanya berbagai destinasi wisata alamnya yang sangat menarik, Lumajang juga menawarkan berbagai wisata sejarah. Yang mana saat berlibur Anda juga dapat menambah wawasan, yakni Situs Biting. Tempat ini merupakan situs arkeologi yang dianggap peninggalan dari kerajaan Lumajang. Situs ini memiliki kawasan yang sangat luas sekitar 135 hektar, yang mana didalamnya berisi berbagai barang peninggalan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kutorenon, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

14. Pura Mandara Giri

Pura Mandara Giri
Image Credit: Google Maps (Atang Triastama)

Bagi Anda yang senang berwisata religi, maka wajib untuk menyempatkan waktu datang di Pura Mandara Giri. Kawasan satu ini menawarkan berbagai hal yang menyangkut seputar agama hindu. Pura satu ini sudah ada sejak 1991, selain itu kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang masih sangat alami dan eksotis. Dengan begitu, mampu membuat Anda merasa betah berada di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Serma Dohir, Sumberagung, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

15. Kebun Teh Kertowono Gucialit

Kebun Teh Kertowono Gucialit
Image Credit: Facebook.com (Ade Darmawan)

Perkebunan Teh Kertowono Gucialit adalah salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi berbagai wisatawan. Kawasan ini menawarkan sebuah pemandangan kebun teh yang sangat luas dengan nuansa yang sangat sejuk dan asri. Menyuguhkan panorama yang hijau tak heran jika saat berada di sini Anda akan merasakan ketenangan. Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan rasa penat.

BACA:  33 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Poli, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

16. Puncak B 29

Puncak B 29
Image Credit: Google Maps (Nicholas Wong)

Bagi Anda yang senang dan memiliki hobi mendaki, maka wajib untuk mencoba datang di Puncak B 29. Para wisatawan yang datang nantinya dapat menikmati sebuah keindahan alam dari atas ketinggian. Tak hanya itu, dari atas ini Anda bisa melihat Gunung Bromo dan kawasan perbukitan yang ada di sekitarnya. Tak heran, apabila lokasi ini menjadi sangat favorit dikarenakan panoramanya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Kec. Sukapura, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

17. Wisata Hutan Bambu

Hutan Bambu Lumajang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ishaq)

Wisata Hutan Bambu di Lumajang adalah salah satu destinasi wisata yang mempunyai kawasan sangat luas yakni sekitar 14 hektar. Tempat wisata yang memiliki banyak sekali kumpulan pohon bambu ini, mampu menciptakan kesan yang sangat rindang dan asri. Panorama yang ditawarkannya sangatlah elok. Bahkan lokasi ini kerap dijadikan sebagai tempat menyalurkan bakat fotografi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

18. Agrowisata Bunga

Agrowisata Bunga
Image Credit: Ihategreenjello.com

Ingin melihat berbagai keindahan bunga yang sangat beragam dalam satu kawasan wisata? Anda dapat berkunjung di Agrowisata Bunga, yang mana memiliki sebuah panorama pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan. Selama berada di sini, Anda dapat berswafoto bahkan membeli berbagai bibit bunga. Dengan suasana yang menenangkan dijamin Anda akan betah berada di sini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rambaan, Sukorejo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

19. Pemandian Selo Kambang

Pemandian Selo Kambang
Image Credit: Google Maps (Visit Lumajang)

Kabupaten Lumajang, tak hanya memiliki destinasi wisata alam yang sangat beragam. Melainkan ada beberapa wisata lain seperti pemandian. Salah satunya adalah Pemandian Selo Kambang. Bermain dan berendam air di sini, nantinya Anda akan merasakan sebuah sensasi air yang berasal langsung dari pegunungan. Tak hanya itu, di sini juga ada beberapa wahana permainan lain yang tak kalah seru.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purworejo, Senduro, Pancen, Purworejo, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

20. Kawasan Wonorejo Terpadu

Kawasan Wonorejo Terpadu
Image Credit: Twitter.com @TourismLumajang

Objek wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi saat berada di Lumajang adalah Kawasan Wonorejo Terpadu atau KWT. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang family friendly. Kawasan wisata satu ini menawarkan berbagai fasilitas dan hal menarik. Mulai dari area taman bermain bahkan hingga wahana air yang sangat beragam.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Lamongan, yang wajib Anda kunjungi selama berada di daerah ini. Salah satu daerah kabupaten di Jawa Timur ini telah terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya. Mulai dari wisata alam dengan sejuta panorama keindahannya bahkan hingga tempat wisata buatan yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Jadi, sudah tertarik untuk berkunjung dan berlibur dimana?