Kota Madium memiliki kekayaan alam dan pesona wisata yang layak untuk dikunjungi. Kebanyakan wisatanya menyuguhkan tempat yang tenang serta nyaman untuk berlibur. Tidak heran setiap musim liburan, objek wisata dari kota Gadis ini selalu ramai oleh wisatawan.

Anda bisa menelusuri berbagai lokasi wisata dengan panorama yang menakjubkan. Mulai dari wisata air hingga pegunungan hijau yang menenangkan. Berikut ulasan 20 tempat wisata di Madiun yang wajib Anda eksplor saat liburan.

1. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu
Image Credit: Andriantw1964.wordpress.com

Lokasi wisata berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Madiun. Anda bisa menempuhnya kurang lebih 45 menit dengan mengendarai mobil atau motor. Setelah tiba di tempat Anda harus berjalan kaki selama 15 menit. Namun perlu berhati-hati karena medan perjalanan yang dilalui cukup ekstrim.

Rasa lelah akan terbayar saat Anda melihat air terjun setinggi 20 meter di depan mata. Ditambah suasana alamnya sangat asri dan masih terawat dengan baik.

Lokasi: Desa Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun.

2. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru
Image Credit: Mazmuzie.blogspot.com

Dari Dusun Seweru Anda melewati jalan setapak yang sudah tersedia sejauh satu kilometer. Objek wisata ini menyuguhkan ketinggian air terjun sekitar 400 meter diatas permukaan laut. Oleh sebab itu suasana wisatanya sangat sejuk dan menenangkan, cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

Pada bagian bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dan aman digunakan untuk berenang ataupun bermain air bersama keluarga.

Lokasi: Branjang, Kec. Kare, Kab. Madiun.

3. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus
Image Credit: Madiungeographic.blogspot.com

Sejak diresmikan pada tahun 2008, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Awalnya waduk difungsikan sebagai fasilitas irigrasi, lalu mulai dibangun berbagai fasilitas wisata. Disini pengunjung dapat mengunjungi wisata sejarah berupa fosil purbakala, peninggalan kerajaan terdahulu.

Konon katanya waduk Kedungbrubus adalah sebuah sungai purba yang tersambung dengan kota Trinil. Di sekelilingnya ada warung makan hingga tempat untuk bersantai.

Lokasi: Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun.

4. Waduk Notopuro

Waduk Notopuro
Image Credit: IG: (@derryvx)

Pemerintahan Madiun merancang waduk sebagai tempat tadah hujan, lalu mengaliri wilayah sekitar Lereng Gunung Pandan. Anda bisa mengunjungi tempat ini saat pagi hari sambil menyambut terbitnya sang mentari.

Hampir seluruh jalannya sudah beraspal jadi bisa dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga atau bersepeda. Selain itu, pengelola waduk juga menyediakan lokasi pemancingan, sekaligus peralatan memancing yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi: Tulung, Kec. Saradan, Kab. Madiun.

5. Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape
Image Credit: Beritatrends.com

Jaraknya sekitar 15 kilometer dari kota Madiun, dan bisa ditempuh dalam kurun waktu 30 menit. Luas lahan kurang lebih 1,5 hektar dengan fasilitas wisata yang tergolong cukup lengkap. Mulai dari mushola, kamar mandi, hingga warung makan disekeliling air terjun.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Populer

Disini Anda bisa menikmati aktivitas lintas alam, seperti berkemah dan olahraga panjat tebing. Karena suasana wisata sangat bersahabat jadi cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga.

Lokasi: Kuwiran, Kec. Kare, Kab. Madiun.

6. Gunung Kendil

Gunung Kendil
Image Credit: Youtube.com (tyo nugie)

Banyak wisatawan berkata bahwa tempat ini mirip dengan pemandangan di Santa Monica, Los Angeles. Dulunya objek wisata ini merupakan tempat latihan militer, kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Terdapat arena balap mobil dan motor yang kerap digunakan untuk pertandingan balap warga sekitar.

Selain itu, ada kolam pemancingan dan bumi perkemahan, yang khusus disediakan bagi pengunjung yang ingin dekat dengan alam.

Lokasi: Jl. Gn. Kendil, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kab. Madiun.

7. Taman Bantaran Kali Madiun

Taman Bantaran Kali Madiun
Image Credit: Madiunkota.go.id

Pemerintahan Madiun merombak taman tidak terawat menjadi tempat wisata untuk warga sekitar. Di taman terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai saat sore hari. Sambil menikmati angin semilir dan cerahnya langit, Anda bisa menjadikannya sebagai solusi untuk menghilangkan penat. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang disediakan oleh para penjaja makanan.

Lokasi: Jl. A. Yani, Pangongangan, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

8. Brumbun Tubing Adventure

Brumbun Tubing Adventure
Image Credit: Solopos.com

Tempat wisata ini sedang hits di kalangan anak muda Madiun, karena menawarkan beberapa wahana seru. Olahraga arung jeram dipilih pengunjung sebagai aktivitas yang paling menantang dan menyenangkan.

Dengan memanfaatkan derasnya arus sungai dari lereng Gunung Wilis dan kondisi sungai bebatuan, rasanya cukup untuk memacu adrenalin. Saat menyusuri sungai Anda akan disuguhi dengan pemandangan khas alam pedesaan.

Lokasi: Brumbun, Kec. Wungu, Kab. Madiun.

9. Palang Mejayan

Palang Mejayan
Image Credit: Satriotomo-gombal.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah mungkin tepat mengunjungi situs sejarah Palang Mejayan. Tempat ini memiliki koleksi arca dari peninggalan Kerajaan Jawa Kuno, yang masih terjaga dengan baik.

Lokasinya berada di sekitar kawasan Caruban cukup dekat dengan jalan lintas Madiun-Surabaya. Wujud tempat wisatanya hanya sebuah rumah tua yang tidak terlalu besar, tetapi menyimpan banyak pengetahuan baru tentang sejarah Indonesia.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No. 79 A, Mejayan, Kec. Madiun, Kab. Madiun.

10. Masjid Kuno Kuncen

Masjid Kuno Kuncen
Image Credit: Investigasinewmadiun.blogspot.com

Bangunan bersejarah ini sudah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Trenggono. Awalnya tempat ini memiliki nama Masjid Nur Hidayatullah, namun pada tahun 1970 diubah menjadi Masjid Kuncen. Arsitektur masjid sangat kental dengan budaya Hindu, karena didirikan pada era Kerajaan Demak.

Corak budaya Hindu sangat terlihat jelas mulai dari gapura masjid hingga pada bagian belakangnya. Di bagain dalam pun masih terdapat beberapa ornament dengan aksen Hindu.

Lokasi: Kuncen, Kec. Taman, Kota Madiun.

11. Taman Tirtonirmolo

Taman Tirtonirmolo
Image Credit: Tempatwisata.pro

Berada di jalur Ngawi-Madiun tepatnya di daerah Tempuran, tempat ini menyediakan wahana air untuk berlibur. Pengunjung bisa menikmati fasilitas diantaranya kolam seluncur, kolam air mancur, hingga kolam khusus anak-anak. Karena sarat akan wahana bermain objek wisata ini lebih cocok dikunjungi bersama keluarga.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Tidak perlu khawatir soal biaya tiket karena dibanderol cukup murah. Anda bisa menikmati family time sepanjang hari sekaligus bonding emosional dengan anak.

Lokasi: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi.

12. Gunung Wilis

Gunung Wilis
Image Credit: Pendakigunung.top

Jawa Timur memiliki gunung dengan ketinggian 2.169 mdpl, dan membentang di lima daerah. Tidak hanya mempunyai pesona wisata yang menawan, tetapi gunung Wilis juga memiliki carita sejarah tersendiri. Pada tahun 1949 gunung ini dijadikan tempat beristirahat bagi pasukan gerilaya ke Yogyakarta, yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman. Meskipun tergolong gunung berapi yang sedang beristirahat, namun tidak mengurangi volume pengunjung.

Gunung Wilis mempunyai ketiggian sedang, jadi tidak heran bila menjadi gunung favorit para pecinta alam. Pengunjung dapat melihat pemandangan ilalang yang menyelimuti sekitar gunung.  Saat berada di puncak Anda bisa membangun tenda-tenda untuk berkemah beberapa hari. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat melalui jalur pendakian utama, melewati areal perbukitan dan lembah. Disarankan untuk berangkat siang hari agar bisa melihat keelokan sunset.

Lokasi: Tawang, Banaran, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo.

13. Taman Rekreasi Umbul

Taman Rekreasi Umbul
Image Credit: Medioenblog.wordpress.com

Objek wisata ini merupakan taman peninggalan dari masa penjajahan Belanda. Disini terdapat sumber air belerang yang hangat, dan kerap dijadikan sebagai pengobatan alternatif. Taman Umbul menyediakan kebun binatang mini dengan beberapa satwa di dalamnya. Serta dilengkapi dengan waterboom mini dan kincir angina tepat di halaman taman. Di samping kanan dan kiri terdapat jurang yang menambah kesan alamnya semakin kental.

Lokasi: Jl. Ngumbul, Umbul, Glonggong, Kec. Dolopo, Kab. Madiun.

14. Air Terjun Kucur

Air Terjun Kucur
Image Credit: Inakoran.com

Area wisata ini sengaja dibangun untuk mengatasi masalah kekeringan saat musim kemarau. Meskipun hanya air terjun buatan tetapi memiliki pemandangan yang cukup indah. Daya tariknya terdapat pada 4 tingkat air terjun yang memiliki ketiggian berbeda-beda. Pada tingkat pertama tingginya sekitar 15 meter, sedangkan tiga tingkat selanjutnya masing-masing 3 meter. Susana alam disini cukup tenang dengan hawa sejuk khas hutan belantara.

Pengunjung bisa mamacu adrenalin dengan melakukan aktivitas ekstrim berupa sepeda jelajah. Jalanan terjal dengan bebatuan licin membuat jiwa petualangan semakin hidup. Dibawah air terjun terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk bermain air. Tidak perlu khawatir tenggelam karena kedalamannya masih dibawah lutut. Untuk masuk ke tempat ini Anda tidak dipungut biaya sama sekali, dan boleh menjelajahi wisata sampai puas.

Lokasi: Dewi, Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

15. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo
Image Credit: WowKeren.com

Lokasinya tepat berada di kaki Gunung Wilis, masih satu kawasan dengan Dusun Mbonromo. Pengunjung dapat menyaksikan hutan rindang dan sejuk, bisa dibilang cocok sebagai tempat relaksasi.

Saat masuk ke dalam hutan Anda akan meligat dua mata air sungai yang bertemu, diantara sungai Juweh dan sungai Catur. Selain itu terdapat bendungan kuno peninggalan era Belanda, yang dimanfaatkan masyarakat untuk pengairan.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Lokasi: Gligi, Desa Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun.

16. Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban
Image Credit: Makancihuy.blogspot.com

Tempat wisata ini cukup populer di kalangan anak millenial Madiun, karena suasananya cukup asyik. Hasil renovasi dari Pasar Besar Caruban ini menjadi wisata alternatif bagi warga sekitar untuk menghabiskan liburan. Anda bisa berkunjung ke taman saat sore hari sambil nongkrong bersama teman-teman.

Syahdunya angina sore membuat agenda ngobrol sana-sini menjadi lebih bersahabat. Saat perut mulai lapar tinggal berburu jajanan yang tersedia di pinggiran taman.

Lokasi: Jl. Anggur, Lingkungan Dua, Purwosari, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun.

17. Situs Nglambangan

Situs Nglambangan
Image Credit: IndonesiaBagus.co.id

Sesekali Anda perlu berkunjung ke wisata sejarah satu ini, salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Anda bisa melihat berbagai peninggalan sejarah mulai dari lumbung selayur hingga punden.

Kemudian ada bangunan Pura Lembangsari yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Di bagian belakang terdapat sumur dan sendang jambangan, yang dulunya dijadikan tempat pemandian bagi anggota kerajaan.

Lokasi: Brubahan, Nglambangan, Kec. Wungu, Kab. Madiun.

18. Sun City and Theme Park

Image Credit: Explorewisata.com

Menghabiskan waktu liburan tentunya wajib pergi ke tempat wisata yang menyenangkan. Sebagai solusi alternatif Anda bisa mengunjungi salah satu wahana baru dari kota Madiun ini. Konsep wisatanya menggabungkan wahan waterpark dan theme park, kemudian dibaurkan dalam satu lokasi. Disini pengunjung dapat mencoba berbagai permainan mulai dari adventure land, ocean walk, jelly fish, dan anekan permainan seru lainnya.

Lokasi: Jl. S. Parman No.2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

19. Wisata Alam Pesanggrahan

Wisata Alam Pesanggrahan
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Bagi Anda yang menyukai wisata ala instagramable, mungkin Pesanggrahan bisa menjadi solusinya. Wisata alam ini terletak di hutan alami sekitar lereng Gunung Wilis, jadi bisa dikatakan hawanya sangat sejuk.

Anda bisa menikmati keindahan alam Madiun dari ketinggian rumah pohon yang tersedia. Terdapat lima gubuk beratap jerami yang dapat digunakan untuk duduk bersantai. Wisatawan juga disarankan singgah ke Trail Adventure dan bumi perkemahan disini.

Lokasi: Jl. Argo Wilis, Gunung, Segulung, Kec. Dagangan, Kab. Madiun.

20. Monumen Kresek

Monumen Kresek
Image Credit: Pinterest.com @dr_haendras

Namanya mungkin terdengar sedikit nyeleneh di telinga, tetapi tempatnya cukup asyik dijelajahi. Bangunan ini didirikan untuk mengenang pemberontakan PKI pasca kemerdekaan. Disini Anda akan merasakan aura yang emosional saat menyaksikan kisah kekejaman PKI di Madiun.

Setelah terbawa dalam harunya monumen, Anda juga dapat menikmati kerindangan pohon di area taman ini. Beberapa spot tempat ini sengaja ditata apik untuk tempat berfoto.

Lokasi: Sewu, Kresek, Kec. Wungu, Kab. Madiun.

Kota Madiun tidak hanya dikenal dengan pembuatan oleh-oleh brem yang lezat dan manis. Tetapi Madiun juga menawarkan tempat wisata yang mempunyai daya tarik, dan kerap membuat wisatawan terkagum. Kebanyakan objek wisatanya berupa air terjun atau waduk tetapi dikemas dengan panorama alam yang menyenangkan. Pengunjung dibuat tidak pernah bosan untuk berkunjung kesini. Destinasinya cocok untuk mencari ketenangan dan menghilangkan jenuh.