Diberi julukan sebagai kota seribu bunga, Magelang memang memiliki banyak pesona. Meskipun kota ini terkenal dengan Candi Borobudurnya, namun ternyata masih banyak wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mungkin, para traveller belum banyak yang mengenal wisata di Magelang selain candi kebanggaan ini.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin berlibur ke Magelang, beberapa tempat wisata menarik berikut bisa Anda kunjungi

1. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur
Image Credit: Coretandjawani.blogspot.com

Melihat pemandangan dari ketinggian memang menjadi kegiatan liburan yang banyak digemari. Dan di Magelang Anda bisa mengunjungi Gardu Pandang Silancur yang akan menawarkan keindahan yang memukau.

Belum lagi di tempat satu ini juga banyak spot foto yang kece dengan panorama Magelang yang seakan ada di balik awan. Selain bisa menikmati keindahannya, Anda juga bisa mampir ke kebun bunga yang ada di dekat loket masuk.

Lokasi: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang.

2. Bukit Rhema

Bukit Rhema
Image Credit: Trivindo.com

Bukit satu ini semakin terkenal dan hits, pasca gerejanya masuk ke dalam salah satu adegan film AADC. Di Bukit Rhema memang terdapat gereja tua yang sangat ikonik dengan bangunan berbentuk ayam. Hingga kini bangunannya masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu destinasi wisata yang hits.

Spot yang paling diburu adalah puncaknya, dengan Mahkota ayam yang sangat cocok dijadikan sebagai spot foto. Pemandangan dari atas ini juga sangat menawan.

Lokasi: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Image Credit: Liputan6.com

Detinasi satu ini bisa dikatakan sudah ada sejak lama, namun tetap hits di kalangan wisatawan. Lokasinya tidak jauh dari candi Borubutur, dan merupakan lokasi untuk berburu golden sunrise. Punthuk Setumbu sendiri merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl.

Tak heran jika banyak yang berbondong bondong untuk mengunjungi tempat satu ini saat matahari belum juga bangun. Karena memang keindahannya tak akan bisa Anda elak.

Lokasi: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

4. Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan
Image Credit: Ardiankusuma.com

Wisata ini telah diresmikan di tahun 2015 lalu, namun baru hits belakangan ini. Karena adanya peningkatan fasilitas yang diberikan oleh pengelolanya. Mengingat saat ini tempat wisata dengan spot foto menawan begitu digandrungi.

Dan di top Selfie Pinus Kragilan Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang instagenic. Berada di hutan pinus, pemandangan sekitarnya juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Sangat cocok untuk menghilangkan penat anda.

Lokasi: Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang.

5. Ketep Pass Magelang

Ketep Pass Magelang
Image Credit: Travelspromo.com

Ketep Pass jika dilihat dari demografisnya ada di bukit Sawangan yang dalam bahasa Jawa, Sawangan artinya melihat. Bukit yang berada di tengah tengah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu ini, terdapat gardu pandang yang memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas. Jajaran pepohonan hijau dengan pegunungan yang kokoh akan menjadi pemandangan yang bisa Anda nikmati. Dijamin akan menyejukkan mata siapapun yang melihatnya.

Tak heran jika Ketep Pass termasuk destinasi wisata yang banyak dikunjungi dan tetap hits. Bagi Anda yang menyukai kegiatan fotografi juga bisa sekalian berburu foto landskap yang menawan. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mengunjungi Ketep Volcano Theater. Dimana di teater ini Anda bisa melihat film tentang Gunung Merapi. Tidak hanya itu museum vulkanologi juga sangat menarik untuk dikunjungi.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang.

6. Rafting di Sungai Elo

Rafting di Sungai Elo
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk Anda yang menyukai olahraga atau liburan yang menantang adrenalin, Anda harus menjajal rafting di Sungai Ello. Derasnya arus sungai dengan bebatuannya membuat Anda bisa menantang adrenalin. Untuk tingkat kesulitan arum jeram dari Sungai Ello berada di grade 2 dan grade 3.

Menikmati rafting bersama dengan teman tentunya akan jadi keseruan tersendiri. Apalagi Anda harus menaklukkan rute sepanjang 9km yang akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Kec. Mungkid, Kab. Magelang.

7. Grojogan Kedung Kayak

Grojogan Kedung Kayak
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun, Anda bisa mengunjungi Grojokan Kedung Kayak ini. Lokasinya berada di lereng gunung Merapi dengan keindahan air terjun yang akan membuat Anda terkesima. Meskipun bukanlah wisata yang baru, namun keindahan dari tempat satu hangat diperbincangkan.

Terutama bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam yang masih asri. Udaranya yang sejuk membuat Anda betah untuk berlama lama.

Lokasi: Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab.  Magelang.

8. Sendang Mudal

Sendang Mudal
Image Credit: Edisas.wordpress.com

Sendang Mundal merupakan salah satu sendang dengan air yang sangat berning. Bahkan karena jernih airnya, Anda bisa melihat dasar dari sendangnya yang berpasir. Tak heran jika Sendang Mundal sedang hits, terutama di kalangan pecinta selfie di bawah air.

Meskipun terlihat tenang, sebenarnya sendang ini memiliki air yang terus mengalir. Sehingga kebersihannya akan tetap terjaga, tertarik untuk berenang di Sendang yang cantik satu ini?

Lokasi: Semaren, Kec. Sawangan, Kab. Magelang

9. Bukit Grenden

Bukit Grenden
Image Credit: Borobudurnews.com

Bagi Anda yang akan mendaki ke Gunung Merbabu, maka Anda bisa mengunjungi bukit yang masuk jalur pendakian ini. Di bukit ini, Anda akan disuguhkan hutan pinus yang rimbun dan juga berselimut kabut. Tempat wisata satu ini akan menghempaskan seluruh penat anda.

Bukit Grenden juga memiliki spot foto unik yang pastinya instagramable. Anda bahkan bisa berburu sunset maupun sunrise di Bukit Grenden yang sudah terbukti keindahannya ini.

Lokasi: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang.

10. Gunung Andong

Gunung Andong
Image Credit: Datawisata.com

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaklukkan gunung? Jika iya, maka Anda harus mendaki Gunung Andong yang ada di Magelang ini. Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl, terbilang tak tinggi jika dibandingkan gunung yang ada di sekitarnya. Namun gunung Andong tak pernah sepi pendaki bahkan menjadi salah satu tujuan wisata naik gunung yang begitu unik. Terutama untuk pendaki yang masih belajar untuk naik gunung.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Puncak Gunung Andong. Meskipun tak tinggi, namun pesonanya tak bisa diremehkan begitu saja. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan ladang bambu, hutan pinus serta sejuknya udara sekitarnya. Belum lagi kicauan burung yang ikut menemani Anda untuk tiba di puncak. Selama pendakian, Anda juga harus selalu hati hati karena Gunung Andong memiliki jalur yang menantang.

Lokasi: Girirejo, Kec. Ngablak, Kab.Magelang.

11. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
Image Credit: Tuguwisata.com

Apakah Anda menyukai Candi? Magelang termasuk kota dengan banyak candi. Salah satunya adalah candi Selogriya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk bisa melihat candi satu ini, Anda membutuhkan perjuangan lebih dulu. Sebab Anda harus menaklukkan jalur trekking dengan panjang 2 km.

Namun tak akan membuat lelah, kanan kiri merupakan persawahan serta perbukitan. Belum lagi candinya juga begitu cantik dan unik.

Lokasi: Desa Kembangkuning, Kec. Windusari , Kab. Magelang.

12. Goa Slandak

Goa Slandak
Image Credit: Iwanwidi.blogspot.com

Terletak di kawasan perbukitan, Goa Slandak merupakan tempat wisata dengan banyak hal seru yang bisa dieksplor. Begitu Anda sampai pintu masuk, akan menemukan berbagai jenis patung. Selain itu juga ada gardu pandang untuk melihat pemandangan lebih leluasa atau sekedar berfoto foto.

Goa Slandak juga berdampingan dengan air terjun yang tak kalah menawan untuk dikunjungi. Tak heran jika Goa Slandak begitu diminati oleh wisatawan.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Dusun Grogol, Ngabean, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang.

13. Curug Silawe

Curug Silawe
Image Credit: Youtube.com (Eksapedia)

Pesona curug Silawe mampu membuat wisatawan terkesima sehingga menjadikan tempat ini makin hits. Mungkin memang bukanlah wisata baru, namun tetap harus Anda kunjungi ketika sedang ada di Magelang.

Air terjun cantik ini berada di ketinggian 50 meter dengan air yang begitu jernih. Hanya saja untuk mencapai air terjun ini Anda harus melakukan perjalanan yang lumayan panjang. Namun jalannya mudah untuk ditempuh dan tak lagi licin.

Lokasi: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang.

14. Omah Pring

Omah Pring
Image Credit: Ainonholidays.co.id

Omah Pring atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Bambu. Memiliki desain yang unik menjadikan objek wisata ini begitu banyak diminati. Alaminya yang masih asri lengkap dengan aliraan sungai menambah suasananya makin menyejukkan.

Berbagai hal bisa Anda lakukan di tempat ini, mulai dari berburu spot swafoto hingga berburu kuliner lezat. Bahkan di tempat hits ini Anda bisa menjajal rafting di Kali Progo yang pastinya seru dan menantang.

Lokasi: Jl. Borobudur-Sendangsono Km. 3, Desa Wisata, Margonodadi, Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

15. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Permandian Air Hangat Candi Umbul
Image Credit: Kompas.com

Alam Magelang yang memukau dengan udara yang cenderung dingin, paling nikmat jika berendam air hangat. Anda bisa mampir sebentar ke Candi Umbul untuk berendam air hangat alami ini. Di sekitaran kolam tersebut tentunya memiliki stupa dan batu berukit.

Yang jelas tempat satu ini meskipun bukan wisata baru tetap eksis dan banyak pengunjungnya. Air hangat di tempat ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit maupun tulang.

Lokasi: Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang.

16. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Image Credit: Kompas.com

Salah satu wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sekar Langit. Air terjun ini berada di kaki gunung Andong, sehingga banyak pendaki yang ketika turun sekalian mampir ke air terjun ini. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika air terjun ini begitu hits.

Menariknya lagi air terjun ini konon memiliki keterkaitan dengan cerita Jaka Tarub. Air terjunnya jatuh dari ketinggian 25 meter yang begitu menawan.

Lokasi: Tlogorejo, Desa Tlogore, Kec. Grabag, Kab. Magelang.

17. Rumah Kamera

Rumah Kamera
Image Credit: Akurat.co

Rumah Kamera ini lokasinya dekat dengan candi Borubudur dan termasuk lokasi wisata yang hits. Karena rumah kamera ini sering kali muncul di media sosial. Di sebut rumah kamera karena memang bentuk rumahnya yang serupa dengan kamera DSLR. Meskipun bentuknya seperti kamera dan disebut rumah kamera, nyatanya di dalamnya berisi lukisan tangan yang banyak. Rumah Kamera sangat cocok untuk Anda yang ingin berburu spot foto instagramble.

Lokasi: Karang Bawang, Majaksingi, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

18. Taman Kyai Langgeng Magelang

Taman Kyai Langgeng Magelang
Image Credit: Magelangkota.go.id

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di pusat kota, Taman Kyai Langgeng ini bisa menjadi pilihan. Selain itu tempat wisata keluarga ini juga menjadi favorit dari masyarakat lokal maupun wisatawan.

Di taman bermain ini, Anda bisa menemukan berbagai wahana permainan mulai dari yang menantang hingga yang santai. Anak anak juga bisa sekalian wisata edukasi, karena memang di taman ini terdapat perpustakaan dan wahana menarik lainnya.

Lokasi: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

19. Gending Sukorejo

Gending Sukorejo
Image Credit: Tunjungnugraheni.blogspot.com

Memiliki air super jernih, Anda bisa berenang maupun berendam di pemandian alami satu ini. Kolamnya dibagi menjadi 3 kolam, dimana untuk laki laki dan perempuan di pisahkan. Sementara satu kolam sisanya untuk anak anak.

Begitu Anda menginjakkan kaki di pemandian ini, rasanya ingin cepat cepat merasakan kesegarannya. Karena airnya jernih, Anda bisa mengambil foto underwater untuk diunggah ke media sosial.

Lokasi: Ganjuran, Sukorejo, Kec. Mertoyudan, Kab. Magelang.

20. Bukit Barade

Bukit Barade
Image Credit: Datawisata.com

Apakah Anda menyukai keindahan sunrise? Jika iya Anda harus menyaksikan sendiri indahnya sunrise di Bukit Barade. Bukit yang sedang hits di kota Magelang ini letaknya tak jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan sekitar 30 hingga 40 menit.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Paling Populer

Terdapat gardu pandang yang bisa dijadikan tempat menikmati panorama alam yang eksotis. Mengunjungi bukit satu ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Sendaren 2, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

21. Bukit Tidar Magelang

Bukit Tidar Magelang
Image Credit: Paketwisatajogja75.com

Destinasi wisata yang sedang hits meskipun bukan wisata baru selanjutnya adalah Bukit Tidar. Bukit satu ini berada di lingkungan akademi militer dengan kawasan yang begitu sejak dan membuat hati tentram. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan pemandangan yang begitu menyejukkan mata.

Belum lagi ada beberapa spot foto yang bisa menunjukkan keindahan alam Magelang ini. Pantas saja jika tempat satu ini sangat populer dan banyak dikunjungi.

Lokasi: Gunung Tidar, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang.

22. Punthuk Mongkron

Punthuk Mongkron
Image Credit: Kompas.com

Tempat satu ini mungkin belum terlalu akrab, namun hits setelah banyak foto keindahannya tersebar. Anda memang tak akan kecewa dengan keindahan dari Punthuk Mongkrong ini. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 624 mpl ini tidak kalah cantik dengan Punthuk lainnya.

Anda akan disuguhkan dengan panorama gunung Merapi, Merbabu hingga Borubudur. Ada jembatan dengan bentuk v di bagian puncak yang membuatnya makin mempesona.

Lokasi: Desa Giritengah, Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

23. Balkondes Wringin Putih

Balkondes Wringin Putih
Image Credit: Balkondesborobudur.com

Destinasi satu ini tak jauh dari Candi Borubudur sekitar 2,3 km saja. Di Balkondes Wringin Putih Anda akan disajikan nuansa pedesaan yang masih asri dengan latar bukit Menoreh. Bisa dikatakan jika destinasi satu ini merupakan destinasi unggulan.

Sebelumnya bale ini hanyalah perkebunan bambu liar yang kemudian disulap menjadi taman bambu yang mempesona. Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan tempat Anda mengambil pose.

Lokasi: Jl. Bojong, Bojong, Wringinputih, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

24. Alun Alun Magelang

Alun Alun Magelang
Image Credit: Magelangekspres.com

Rasanya tak lengkap jika melewatkan tempat satu ini. Alun Alun Magelang memang menjadi tempat yang tak lekang oleh waktu dan tetap hits hingga kini. Anda bisa bersantai sembari menikmati kota Magelang. Di Alun Alun, Anda bisa menemukan menara air yang merupakan peninggalan Belanda. Pengunjung juga akan disuguhkan dengan air terjun menari yang menjadi daya tarik tersendiri.

Tanah Lapang yang luas, juga bisa dijadikan lokasi untuk bersepeda atau sekadar berjalan jalan. Masyarakat sering sekali menghabiskan di ikon Kota Magelang ini. Alun Alun Magelang juga tempat yang tepat untuk berburu foto foto yang keren. Sembari mengobrol atau bersantai, Anda juga bisa sembari mengemil. Menikmati sore hari di alun Alun Magelang akan jadikan liburan Anda makin lengkap dan menyenangkan.

Lokasi: Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

25. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Image Credit: Pegipegi.com

Candi satu ini sudah sangat terkenal, bahkan tidak hanya secara nasional namun hingga mancanegara. Kemegahan candi ini memang menjadi daya tariknya yang tak akan bisa dilewatkan siapapun. Mengunjungi kota Magelang tanpa bertandang ke candi Borobudur tentunya terasa tidak lengkap. Selain bisa mempelajari sejarah lebih dekat, Anda juga bisa menjelajah banyak hal di salah satu situs keajaiban dunia ini.

Selain bisa mengagumi bangunannya yang begitu megah, pengunjung juga bisa berburu sunrisenya yang begitu mempesona. Bahkan bisa dikatakan jika banyak yang memburu sunrise dari Candi Borobudur ini. Hanya saja untuk menikmati paket sunrise, Anda harus membayar tiket cukup mahal. Keindahan dari Candi Borobudur memang menjadikan tempat satu ini hits meskipun sudah buka sejak lama.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

Magelang memang tidak melulu soal Candi Borobudur, meskipun tempat wisata satu ini juga harus Anda kunjungi. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda eksplore ketika menginjakkan kaki di Magelang. Sebagian besar wisata yang ada di Magelang merupakan wisata alam yang menonjolkan keindahan alamnya. Meskipun demikian Anda tidak akan pernah menyesal mengunjunginya. Jadi ingin berkunjung ke mana dulu?