Inilah Pilihan Tempat Wisata Favorit di Magetan, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Butuh Liburan yang Lebih Seru.

Pengaruh kondisi geografis suatu wilayah di Indonesia akan mempengaruhi juga mengenai keindahan alamnya. Tak heran apabila Magetan, Jawa Timur juga memiliki pemandangan alam dan destinasi wisatanya yang memikat hati karena berada di bawah kaki Gunung Lawu. Anda bisa menikmati banyak tempat wisata terbaru dan hits disini bersama teman maupun keluarga, mulai dari wisata sejarah, alam hingga tempat-tempat kekinian lainnya. Berikut daftar tempat wisata di Magetan yang bisa Anda pilih.

1. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga adalah air terjun Tirtasari. Objek ini cukup populer dan tak pernah sepi dari para pengunjung. Keindahan suasana pegunungan dengan segarnya air terjun membuat banyak orang memilih tempat ini sebagai destinasi melepaskan penat dari hiruk pikuk kota maupun pekerjaan.

Akan lebih baik apabila Anda mengunjungi tempat wisata air terjun Tirtasari ini bersama dengan teman maupun keluarga. Akses jalannya yang sudah diperbaiki membuat pengunjung dapat dengan mudah menikmati air terjun. Air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu yang tentunya memiliki nuansa sejuk dan segar. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 50 meter.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

2. Taman Genilangit

Taman Genilangit
Image Credit: Twitter.com @magetanbanget

Ingin suasana liburan yang menantang? Taman Genilangit dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berada di wilayah kecamatan Poncol, Anda bisa dengan mudah mengunjungi tempat ini dari pusat kota. Tempat wisata Taman Genilangit ini biasanya penuh pengunjung pada liburan akhir pekan. Ada berbagai permainan seru yang menantang seperti sepeda angkasa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

3. Taman Ria Maospati

Taman Ria Maospati
Image Credit: Facebook.com @indonesiaituasik

Rekomendasi dari tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Taman Ria Maospati. Taman ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap dan cocok untuk tempat berlibur bersama teman maupun keluarga. Tak hanya nuansa taman saja yang akan Anda temui disini, Anda bisa menikmati kuliner di daerah sini. Ada berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini.

Taman Ria Maospati ini memiliki fasilitas dari taman bermain yang lengkap dengan wahana permainan, kolam renang, kursi taman yang cantik dan sebagainya. Anda bisa menikmati kesegaran pepohonan yang berada di taman yang asri ini. Tidak akan pernah merasakan bosan berbincang bincang bersama keluarga dengan nuansa segar seperti alam Taman Ria Maospati ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maospati, Bakung, Kec. Maospati, Kab. Magetan, Jawa Timur.

4. Alun-Alun Magetan

Alun-Alun Magetan
Image Credit: Google Maps (Djarto Mas Tok)

Masih dengan tempat wisata yang direkomendasikan bersama keluarga. Saat ke Magelang ada baiknya Anda mengunjungi destinasi ikonik kota ini. Alun-alun Magetan berada di tengah kota yang membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Magetan. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk menikmati suasana sejuk dari rimbunnya pepohonan sekitar alun-alun.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Kediri yang Murah & Enak
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Magetan, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

5. Tubing di Wonomulyo

Tubing di Wonomulyo
Image Credit: twitter.com @novrianUsala

Kembali dengan destinasi menantang, Magetan memiliki tempat wisata untuk tubing atau arum jeram. Dengan arus sungai di Wonomulyo yang cukup mengalir deras dilengkapi beberapa batuan sekitar, membuat suasana arum jeram menjadi lebih menantang. Anda bisa menikmati keseruan ini bersama keluarga maupun teman. Akan lebih baik mengunjunginya saat cuaca cerah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonomulyo, Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

6. Dam Jejeruk

Dam Jejeruk
Image Credit: facebook.com @rahmabasel

Pecinta foto aesthetic wajib untuk mengunjungi tempat ini. Banyak pemuda pemudi di Magetan yang memilih spot foto dengan background Dam Jejeruk ini untuk dibagikan ke sosial media. Tak heran hal tersebut dikarenakan pesona dari air yang mengalir di Dam ini mirip dengan untain benang halus yang terlihat cantik. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Candirejo.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeruk, Candirejo, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

7. Banyu Biru

Banyu Biru
Image Credit: Google Maps (Uswatun Hasanah)

Tempat wisata Magetan yang selanjutnya adalah Banyu Biru. Tempat wisata pemandian ini dimanakan banyu biru karena memiliki air yang sangat jernih dan segar. Banyu biru merupakan bahasa jawa dari air biru. Dengan air yang jernih dilengkapi keramik berwarna biru membuatnya tampak lebih cantik. Anda bisa bermain air bersama teman di tempat wisata ini.

Berada di Jalan Raya Magetan, pemandangan alam di sekitar pemandian ini membuatnya terasa lebih sejuk. Kawasan pegunungan membuatnya tampak berada di perbukitan hijau yang asri. Selain bermain atau berenang di banyu biru, Anda bisa menikmati fasilitas lainnya yang disediakan disini. Fasilitas tersebut terdiri dari tempat olahraga, pemancingan, taman bermain dan sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Maospati-Magetan, Babatan, Tinap, Kec. Sukomoro, Kab. Magetan, Jawa Timur.

8. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Menjadi destinasi wisata yang populer dan paling hits di Kota Magetan, membuatnya banyak menarik perhatian wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Telaga sarangan ini memiliki pemandangan alam yang memukau dan membuat siapapun yang mengunjungi merasa jatuh cinta dengan tempat ini. Berada di bawah kaki Gunung Lawu, lokasi ini bisa di tempuh 16 km saja dari pusat kota.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngluweng, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

9. Pinus Sarangan

Pinus Sarangan
Image Credit: Facebook.com @dyan.queenly

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Pinus Sarangan. Apabila Anda ingin menikmati suasana alam bersama pasangan maupun teman, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Ada banyak fasilitas dan sarana pendukung seperti ATV, outbound, paintball, flying fox, downhill dan yang lainnya. Pinus Sarangan ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena suasananya yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sarangan, Sarangan I, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

10. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo
Image Credit: Twitter.com @wwimoet

Air terjun Pundak Kiwo ini berada di Desa Ngancar. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter yang tentunya sudah dikelola dengan baik oleh pihak pemerintahan dan warga sekitar air terjun ini. Banyak yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati suasana segar air terjunnya. Fasilitas disini juga sudah terbilang cukup lengkap dan Anda bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawil, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

11. Air Terjun Jarakan

Air Terjun Jarakan
Image Credit: Instagram.com @alpinliebe

Masih dengan pesona air terjun, Magetan juga memiliki air terjun Jarakan. Tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik, sehingga Anda dapat dengan mudah mengunjungi tempat ini. Keindahan alam yang luar biasa dan udaranya yang sejuk membuat banyak orang ingin terus kembali mengunjungi tempat ini. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter dengan kolam kecil yang ada dibawahnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawil, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

12. Telaga Wahyu

Telaga Wahyu
Image Credit: Twitter.com @sundulmagetan

Menikmati senja dengan pemandangan telaga adalah hal yang cukup luar biasa. Sensasi tersebut bisa Anda rasakan di Telaga Wahyu di Magetan. Disini Anda bisa melihat pemandangan alam yang asri dan menenangkan. Pesonanya yang sangat indah terlebih apabila ditambahkan dengan langit senja berwarna jingga. Tempat ini juga banyak dijadikan spot foto kekinian.

Fasilitas lainnya yang bisa Anda rasakan disini adalah adanya pemancingan. Banyak spot memancing yang membuat Anda bisa menikmati hobi tersebut dengan tenang dan suasana yang nyaman. Telaga Wahyu ini memiliki luas sekitar 10 ha dengan kedalaman mencapai 16 meter. Berbincang bersama teman maupun keluarga dengan pemandangan telaga ini patut untuk dicoba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Plaosan III, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

13. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu
Image Credit: Google Maps (Rider Sfu)

Tempat wisata selanjutnya adalah Cemoro Sewu di Magetan. Anda wajib untuk mengunjungi tempat ini saat berada di Magelang. Destinasi ini cukup populer dan banyak disukai oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Suasana yang sejuk dan asri cocok untuk merilekskan diri dari berbagai penat keseharian. Tak hanya itu disini juga disediakan kebun strawberry untuk wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

14. Pemandian Dewi Sri

Pemandian Dewi Sri
Image Credit: Twitter.com @detiksby

Beralih dengan tempat wisata sejarahnya, Magetan memiliki pemandian Dewi Sri atau sering disebut dengan Candi Simbatan. Disini ada banyak arkeologi penemuan dari miniatur rumah Sandung, palung batu, fragmen arca, sumur juno, fragmen yoni, lumbung baru dan fragmen kemuncak. Sehingga bagi Anda yang ingin belajar mengenai sejarah, tempat ini bisa menjadi pilihan Anda.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simbatan Watan, Simbatan, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan, Jawa Timur.

15. Bumi Perkemahan Mojosemi

Bumi Perkemahan Mojosemi
Image Credit: Google Maps (M. Eko Burhanul M.)

Kembali dengan destinasi alamnya, Magetan memiliki tempat wisata Bumi Perkemahan Mojosemi. Disini Anda bisa mendapatkan suasana alam yang indah dan sejuk. Ada banyak juga fasilitas berupa flying fox hingga arena outbound lainnya. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam sekaligus mencoba fasilitasnya, Bumi Perkemahan Mojosemi patut untuk dikunjungi.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sarangan, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

16. Sungai Gandong

Sungai Gandong
Image Credit: Facebook.com @andriani.jelita

Orang Magetan sering menyebut tempat ini dengan kali Gandong. Dimana kali merupakan bahasa jawa dari sungai. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, perlu hati-hati karena harus melewati jalan setapak terlebih dahulu. Air yang ada di sungai ini cukup jernih dan tenang. Bagi Anda yang gemar bermain air di alam terbuka bebas, Sungai Gandong destinasi yang tepat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Magetan, Jawa Timur.

17. Rumah Hobbit Wonomulyo

Rumah Hobbit Wonomulyo
Image Credit: Twitter.com @timesbanyuwangi

Bagi Anda yang menyukai tempat aesthetic untuk dibagikan ke sosial media, maka Rumah Hobbit Wonomulyo wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Magelang. Mengadaptasikan film populer dari luar negeri, suasana disini di desain serupa mungkin dengan rumah Hobbit. Tak heran banyak orang merasa penasaran dengan tempat ini dan ingin mengunjunginya.

Anda bisa pergi ke tempat ini untuk berswafoto bersama teman maupun keluarga. Spot disini cukup keren dan memiliki suasana yang sejuk karena dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih asri. Hamparan hijau di sepanjang kawasan wisata ini membuatnya banyak yang menikmati pesonanya. Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonomulyo, Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

18. Ujung Kulon

Ujung Kulon
Image Credit: Google Maps (Adrian)

Masih dengan spot foto keren, Magetan juga memiliki destinasi wisata yang disebut dengan Ujung Kulon. Sejauh mata memandang terdapat hamparan hijau dan pemandangan alam yang sangat memukau. Anda bisa menikmatinya dengan puas sembari menghirup udara sejuk disini. Anda bisa menenangkan pikiran dengan hanya mengamati suasana alam yang dimilikinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Janggan, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

19. Kedung Ngancar

Kedung Ngancar
Image Credit: Twitter.com @alviyacom

Pesona alam di Magetan memang tak pernah gagal memikat hati para wisatawan. Salah satu destinasi alam yang memukau adalah Kedung Ngancar. Kedung ini memiliki aluran air yang membentuk kolam, dimana air sangat jernih hingga berwarna kehijauan muda. Memang terlihat cukup menantang untuk berenang di tempat ini, oleh sebab itu tetap hati-hati selama mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tapen, Kec. Lembeyan Kab. Magetan, Jawa Timur.

20. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Image Credit: Instagram.com @tegarw31

Destinasi terakhir yang tentunya cukup populer dan hits di Magetan adalah Gunung Lawu. Panorama alam dari Gunung Lawu membuat banyak pendaki Gunung merasa ingin menaklukannya. Terlebih pada puncak gunung ini terdapat Tugu Hargo Dumilah yang cukup terkenal. Tak hanya itu, warung tertinggi di Indonesia juga berada di Gunung Lawu. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pacalan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata hits di Magetan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman. Magetan memang terkenal dengan pesona alamnya yang memikat. Oleh sebab itu, apabila Anda tertarik dengan suasana alam, Kota Magetan adalah hal yang tak salah untuk dicoba. Magetan tidak akan pernah mengecewakan para pengunjungnya.