Inilah rekomendasi tempat wisata terbaik di Makassar yang menawarkan keindahan alam memukau untuk Anda ekplor saat liburan ke Pulau Sulawesi.

Terkenal sebagai wilayah yang dikaruniai keindahan alam luar biasa, menjadikan Makassar sebagai tempat tujuan utama saat hendak berlibur ke Provinsi Sulawesi Selatan. Menyimpan sejuta pesona alam asri serta destinasi wisata buatan yang tidak kalah seru untuk dijelajahi, dijamin tidak akan pernah membuat pengunjungnya merasa bosan.

Jika merasa kesulitan menentukan tempat terbaik yang harus dikunjungi, simak 25 rekomendasi tempat wisata di Makassar yang paling populer pada ulasan berikut.

1. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena
Image Credit: Pegipegi.com

Siapa yang tidak kenal dengan pantai cantik nan menawan bernama Akkarena ? Terkenal sebagai spot terbaik berburu sunset, bahkan di tempat ini pula pengunjung diperbolehkan memancing hingga puas dengan menggunakan perahu.

Agar lebih puas, silahkan telusuri dermaga dengan panjang sekitar 150 meter untuk melihat sunset lebih jelas. Berkat keindahannya, destinasi wisata bahari ini pun dijadikan sebagai salah satu spot pre wedding populer.

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

2. Pantai Kanipang

Pantai Kanipang
Image Credit:Jamkridasulsel.co.id

Pantai Kanipang adalah tempat yang ideal bagi Anda yang sedang mencari suasana pantai syahdu dan membutuhkan ketenangan. Berbeda seperti pantai kebanyakan, pasalnya ombak cenderung tenang dan dengan hembusan angin sepoi sepoi menyebak kulit dengan halusnya.

Cukup duduk santai di bawah kelapa selama beberapa menit saja, sudah berhasil menjernihkan pikiran. Selama berada disana, jangan lupa abadikan momen sunset sebagai tambahannya.

Lokasi: Sabbang Paru, Kec. Lembang, Kab. Pinrang.

3. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang
Image Credit: Kompasiana.com

Terkenal akan tebingnya yang kokoh nan menjulang tinggi, namun siapa sangka jika di baliknya menyimpan pesona alam luar biasa indah. Benar, tebing Apparang menawarkan keindahan lautan lepas berwarna biru jernih dengan pemandangan bawah laut yang dapat memanjakan mata.

Selama berada disana, pengunjung bukan hanya disuguhkan pesona alam luar biasa indah semata. Namun juga diperbolehkan mengabadikannya dengan tetap memperhatikan keamanan.

Mengerti akan tingginya antusias pengunjung untuk melihat kecantikannya secara langsung, bahkan warga sekitar mendirikan sejumlah spot foto bagi mereka yang kecanduan selfie. Dijamin perpaduan tebingnya yang kokoh serta hamparan lautan lepas serta langit yang tampak menyatu di depan mata, bisa menjadi spot terbaik untuk mengabadikan ciptaan Tuhan yang cantik satu ini. Sudahkan Anda mengunjungi destinasi wisata populer satu ini ?

Lokasi: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

4. Pulau Tinabo

Pulau Tinabo
Image Credit: Gomuslim.co.id

Bukan hanya pantai, Makassar juga memiliki beberapa pulau cantik yang siap memanjakan pengunjung dengan pesonanya. Pulau Tinabo contohnya, dimana pengunjung disuguhkan pasir putih serta ombak yang cenderung tenang sebagai daya tariknya. Kondisi alamnya pun terjaga dengan baik, membuat siapapun yang menapakkan kaki disana merasa betah dan tidak ingin pulang lebih cepat.

Termasuk dalam kawasan Taman Laut Nasional Taka Bonerante, yang secara tidak langsung memberitahukan bahwa dunia bawah lautnya cukup indah untuk dieksplor lebih jauh. Dan benar saja, banyak wisatawan yang datang dari jauh hanya karena penasaran dengan keindahan bawah lautnya saja. Sejak mengarungi lautannya yang tampak jernih, panorama koral dan beberapa binatang laut tampak menyapa wisatawan dengan ramah.

Lokasi: Jl. S. Parman No.40, Pulau Tinabo Besar, Kec. Takabonerate, Kepulauan Selayar.

5. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Makassarnews.id

Berkunjung ke kota Makassar, sebaiknya jangan lupa mampir ke Pulau Kodingareng Keke. Disebut sebagai tempat terbaik untuk melepaskan penat, pasalnya pengunjung akan disambut dengan pasir putihnya yang lembut serta air lautnya yang jernih tampak menyegarkan mata.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Paling Populer

Termasuk pulau kecil tidak berpenghuni, namun Anda bisa beristirahat santai di beberapa gazebo yang telah disediakan khusus oleh pihak pengelola.

Lokasi: Pulau Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.

6. Pulau Samalona

Pulau Samalona
Image Credit: NativeIndonesia.com

Ukurannya boleh kecil, namun keindahan alam yang ditawarkan sudah cukup membius wisatawan bahkan dari kejauhan sekalipun. Kecantikannya bukan hanya berasal dari pasirnya yang putih nan bersih semata, namun ombaknya yang cenderung tenang dan jernih berhasil memanjakan mata. Berkat kejernihan air lautnya, bahkan keindahan bawah lautnya tampak jelas meski dilihat dengan mata telanjang.

Selama perjalanan ke Pulau cantik ini, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka macam koral dan karang tampak menyapa hangat. Ditambah lagi dengan lokasinya yang cukup berdekatan dengan Pantai Losari, membuatnya semakin populer dikunjungi. Untuk bisa sampai di seberang, Anda bisa menyewa perahu nelayan sekitar dengan harga tertentu. Besaran dana yang dikeluarkan, masih tidak sebanding ketika melihat kecantikannya dari dekat.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

7. Taman Prasejarah Leang Leang

Taman Prasejarah Leang Leang
Image Credit: Daisyjuliaaa.blogspot.com

Bosan dengan wisata alam biasa ? Taman Prasejarah Leang Leang tampaknya tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Pasalnya tempat wisata alam ini tidak hanya menyuguhkan panorama indah yang terjaga kelestariannya semata, namun disini terdapat berbagai jejak kreatif manusia purba yang dianggap menjadi daya tariknya. Mulai dari sekedar lukisan telapak tangan, aneka macam artefak, hingga lukisan babi rusa di dinding gua menambah keunikannya.

Bahkan sebelum masuk ke dalam gua, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam artistik yang berada tidak jauh dari Taman Wisata Bantimurung. Berkat keunikannya tersebut, destinasi ini tampaknya bisa menjadi tempat berlibur sekaligus edukasi terbaik yang siap memanjakan mata berkat pesona alamnya. Bukan hanya dinikmati semata, pengunjung pun merasa terpanggil untuk mengabadikan momen berliburannya di beberapa spot tertentu.

Lokasi: Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

8. Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung
Image Credit: IndonesiaKaya.com

Meski terkenal dengan wisata baharinya yang cantik nan menawan, Makassar juga memiliki Gunung Bulusaraung sebagai destinasi wisata alternatif bagi mereka yang lebih senang menjelajah daratan tinggi.

Selama berada di puncaknya, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam di setiap mata memandang dengan kabut yang datang menyelimuti sekitarnya. Meski tidak terlalu puncak terlalu tinggi, biasa dimanfaatkan sebagai pelatihan bagi pendaki pemula.

Lokasi: Tompo Bulu, Kec.  Balocci, Kab.  Pangkajene Dan Kepulauan.

9. Taman Batu Balocci

Taman Batu Balocci
Image Credit: Jamkridasulsel.co.id

Taman Batu Balocci bisa menjadi destinasi tepat bagi Anda yang senang berpetualangan di tempat unik. Bagaimana tidak, sejak menapakkan di kawasan wisata mata pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya Karst dan bebatuan tajam tampak berjejer indah nan alami.

Berkat lanskapnya yang unik dan terjaga, dianggap sebagai spot terbaik untuk menghasilkan jepretan ciamik nan kekinian bagi kaum milenial.

Lokasi: Balleanging, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan.

10. Air Terjun Bissappu

Air Terjun Bissappu
Image Credit: Tribunnews.com

Air terjun masih menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak diminati masyarakat. Jika kebetulan berada di Makassar dan ingin menikmati kesejukan air khas dataran tinggi, maka mendatangi Air Terjun Bissappu adalah sebuah keputusan tepat. Seperti yang bisa dibayangkan, disini pengunjung bisa merasakan lebih dekat dengan alam berkat keasrian alamnya yang begitu terjaga.

Perlahan namun pasti, mulai terdengar suara gemericik air cukup deras yang membuat pengunjung ingin bergegas untuk menikmati kesegaran airnya. Dan benar saja, baru saja menapaki kaki di kawasan wisata mata pengunjung sudah disuguhkan pemandangan indah. Hijaunya pepohonan rindang serta bebatuan besar yang tampak mengelilingi air terjunnya, berhasil menarik perhatian. Sesekali terdengar siulan manis dari burung berkicau berhasil menyegarkan pikiran.

Lokasi: Bonto Salluang, Kab. Bissappu, Kec. Bantaeng.

11. Air Terjun Leang Pa’niki

Air Terjun Leang Pa’niki
Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu wisata air yang wajib dikunjungi jatuh kepada Air Terjun Leang Pa’niki. Selama berada disana, penunjung diperbolehkan menikmati kesegaran airnya langsung dari bawah air terjunnya. Ditambah lagi dengan hiasan pepohonan di setiap mata memandang, dijamin membuat siapapun merasa betah berlama. Walaupun diperbolehkan, pastikan tetap waspada mengingat debit air dan arusnya yang cukup deras ditakutkan akan menelan korban.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

Lokasi: Rannaloe, Kec. Bungaya, Kab. Gowa.

12. Air Terjun Tama’lulua

Air Terjun Tama’lulua
Image Credit: Okezone.com

Air Terjun Tama’lulua merupakan satu dari sekian banyak air terjun yang tengah hangat diperbincangkan masyarakat Sulawesi Selatan. Bukan tanpa alasan, pasalnya air terjun dini memiliki debit air cukup deras dan langsung turun dari ketinggian di atas rata rata dianggap sebagai daya tarik paling utama. Hanya dengan mendengarnya saja, Anda pasti bisa membayangkan betapa segarnya air yang turun tersebut bukan ?

Alasan lain mengapa tempat wisata alam ini begitu populer dibicarakan adalah alamnya yang tampak asri dan natural. Bahkan melihat foto yang banyak dibagikan di media sosial saja, sudah bisa dirasakan betapa segarnya nuansa di sekitar kawasan wisatanya. Wajar saja jika air terjun cantik nan unik satu ini, dikatakan sebagai tempat terbaik melepaskan penat ataupun mereka yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi: Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto.

13. Celebes Canyon

Celebes Canyon
Image Credit: Barru.org

Destinasi wisata air lain yang tidak kalah menarik dikunjungi jatuh kepada Celebes Canyon. Tidak seperti wisata air pada umumnya, justru lanskap bebatuannya yang unik justru yang menjadi daya pikat utamanya. Hal ini disebabkan bentuk bebatuan alamnya yang unik seakan menghiasi Sungai Ule dengan sempurna. Tanpa kehadiran bebatuan tersebut, tampaknya Sungai cantik satu ini kurang mendapatkan perhatian.

Lokasi: Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kab Barru.

14. Batu Lappa

Batu Lappa
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Batu Lappa disebut sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan air terjun unik dibandingkan biasanya. Keunikan berasal dari susunan bebatuan yang rapi yang secara alami dialiri air mengalir dari bagian atasnya. Alhasil, timbullah sebuah pemandangan bak air terjun dengan berundak undak yang cukup memanjakan mata. Setiap mata memandang, pengunjung hanya menemukan pepohonan rindang yang terjaga kelestariannya saja.

Lokasi: Batulappa, Desa Tompo Kec. Barru, Kab. Barru.

15. Buttu Macca

Buttu Macca
Image Credit: Eljohnnews.com

Buttu Macca menawarkan panorama eksotik nan unik yang siap memanjakan mata setiap pengunjungnya. Bagaimana tidak, disini Anda bisa menemukan sebuah ayunan langit hingga papan titian untuk menghasilkan jepretan menawan dan ciamik. Masih di tempat yang sama, pengunjung bisa mencoba asyiknya bersepeda santai di ketinggian yang mampu memberikan pengalaman tak terlupa. Wajar jika tempat wisata ini hits dikunjungi anak muda.

Lokasi: Bamba Puang, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

16. Bendungan Kampili

Bendungan Kampili
Image Credit: Triptrus.com

Mencari spot terbaik dengan pemandangan yang tidak biasa, maka Bendungan Kampili adalah jawabannya. Bukan sekedar bendungan biasa, pasalnya pengunjung disuguhkan panorama alam sekitarnya yang cantik dan dihiasi dengan miniatur Grand Canyon di beberapa sudut bendungan. Struktur bebatuannya ini, dianggap sebagai daya tarik utama yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto ataupun sekedar menjelajahinya saja.

Pengunjung pun diperkenankan untuk berenang di dalam sungainya, karena arusnya yang cenderung tenang dibandingkan sungai kebanyakan. Meski dikatakan aman, namun jangan lupa untuk tetap waspada jikalau terjadi perubahan mendadak. Struktur bebatuannya yang cukup licin, akan lebih baik jika Anda berkunjung dengan mengenakan alas kaki anti selip demi keselamatan dan kenyamaan.

Lokasi: Kampili, Bontoramba, Kec. Pallangga, Kab. Gowa.

17. Bendungan Parigi

Bendungan Parigi
Image Credit: Tumblr.com

Bendungan rasanya tidak pernah se indah dan begitu Instagenik seperti yang diduga, namun kenyataannya hal ini terjadi di Makassar atau lebih tepatnya di Bendungan Parigi. Sejak pertama kali menapaki kaki di kawasan bendungan, pengunjung disuguhkan pemandangan cantik berkat kondisi alamnya yang terjaga serta tekstur bangunan bertingkatnya yang unik. Sedangkan ketenangan airnya, seakan berhasil membius pikiran menjadi lebih tenang.

Lokasi: Parigi, Kec.  Tinggimoncong, Kab. Gowa.

18. Rammang Rammang

Rammang Rammang
Image Credit: Yuktravel.com

Dianugrahi keindahan tiada dua, bahkan Rammang Rammang sudah diakui sebagai gugusan pegunungan berupa Karst terbaik yang pernah ada. Dunia saja mengakuinya, maka akan sangat rugi jika Anda berkunjung ke Makassar tanpa pernah mengunjunginya sekalipun. Hebatnya lagi, tempat ini terasa asyik dan tetap cantik meski dilihat dari angle berbeda sekalipun.

Lokasi: Desa Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

19. Helena Sky Bridge Bantimurung

Helena Sky Bridge Bantimurung
Image Credit: Mldspot.com

Taman Nasional Bantimurung merupakan salah satu kawasan wisata alam favorit yang sayang dilewatkan begitu saja. Bukan hanya menyajikan pemandangan alam asri semata, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya jembatan gantung bernama Helena Sky Bridge yang kerap dijadikan sebagai spot foto favorit. Berkat keindahannya, beberapa fotonya bahkan berhasil menjadi isu hangat di kalangan pengguna media sosial.

Mampu memberikan pengalaman baru tak terlupakan, pasalnya jembatan ini menggantung tepat di atas pepohonan rindang di setiap mata memandang. Dan benar saja, jembatan tersebut dibangun di atas ketinggian kurang lebih 100 meter dari permukaan tanah. Oleh karenanya, Anda yang memiliki phobia terhadap ketinggian tampaknya wisata alam satu ini tidak disarankan. Namun jika berhasil melewatinya, Anda bisa melihat Gunung Karst menawan dari kejauhan.

Lokasi: Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

20. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam
Image Credit: Wikipedia.org

Berkunjung ke kota Makassar, dirasa belum afdol jika belum mengunjungi bangunan bersejarah bernama Fort Rotterdam. Bangunan tua namun tetap cantik ini, dipercaya sebagai sisa peninggalan kolonial Belanda dan kini dijadikan sebagai ikon wisata yang populer dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Banyak ditemukan benda peninggalan masa lampau, dijamin bisa memberikan pengalaman sekaligus menambah ilmu baru.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

21. Masjid Terapung Makassar

Masjid Terapung Makassar
Image Credit: Muslimobsession.com

Puas berjalan jalan di Makassar, jangan lupa untuk tetap berdoa dan bersujud kepada yang maha kuasa di Masjid ikonik bernama Masjid Terapung Makassar. Berbeda dengan masjid pada umumnya, pasalnya bangunan ibadah ini dibangun di atas permukaan laut pertama yang ada di Asia Tenggara. Menjelang ibadah sholat Magrib, tempat wisata ini semakin dipadati pengunjung.

Lokasi: Jl. Penghibur No.289, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

22. Chinatown

Chinatown
Image Credit: Idntimes.com

Sejak menapaki kaki di China Town, pengunjung bisa merasakan alkulturasi kebudayaan China tampak menyeruak di setiap mata memandang. Sebab disini pengunjung bisa melihat langsung bangunan tua dengan akses Tiongkok, seperti Klenteng Ibu Agung Bahari hingga Gedung Akademi Perpajakan bisa ditemukan disini. Agar semakin sempurna, jangan lupa mampir ke pasar tradisonalnya sebagai pilihan terbaik mencicipi menjadi warga lokalnya.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar.

23. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park
Image Credit: Travelspromo.com

Gowa Discovery Park disebut sebagai destinasi wisata taman air yang cocok dikunjungi bersama sahabat maupun keluarga tercinta. Tersedia berbagai wahana seru yang dibuat di lahan seluas 7.2 hektar, dijamin pengunjung dapat bersenang senang tanpa merasa bosan. Selain bermain air, masih banyak wahana lain seru lainnya yang sayang dilewatkan. Dikenai tarif tiket masuk bersahabat di kantong, dijamin hari liburmu menjadi lebih menyenangkan.

Lokasi: Jl. Tumanurung Benteng, Barombong, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa.

24. Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu
Image Credit: Larizhotels.com

Juah jauh berlibur ke Makassar, tentunya belum lengkap sebelum membeli buah tangan bagi keluarga maupun kerabat terdekat bukan ? Tidak perlu pusing akan membelinya dimana, karena semuanya tersedia di satu wilayah bernama Jalan Somba Opu. Suasana yang bersahabat bagi pelajan kaki, dijamin mampu memberikan angin segar yang tidak akan terlupa. Dari sekian jenis buah tangan yang ada, aksesoris emas dan perak berkualitas banyak diburu wisatawan.

Lokasi: Jl. Somba Opu, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar .

25. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar
Image Credit: Klikunic1.blogspot.com

Jika Anda sedang mencari taman hiburan keluarga dengan banyak wahana permainan di dalamnya, maka mengunjungi Trans Studio Makassar adalah keputusan tepat. Mulai dari wahana yang mampu memacu adrenalin seperti Magic Thunder Coaster, hingga wahana menegangkan seperti wahana Rumah Hantu Dunia Lain siap memanjakan pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

Makassar dikatakan sebagai surga dunia bagi para hobi traveling maupun petualangan, mengingat banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi selagi berada disana. Mulai dari wisata bahari, air terjun, tempat bersejarah, hingga bangunan modern dengan segudang wahana bisa ditemukan dengan mudah. Berkat kecantikannya tersebut, dirasa mampu menjadi lahan terbaik mengabadikan momen berlibur tak terlupa sepanjang masa.