Kota Manado memang dikenal dengan tempat wisata baharinya. Anda bisa mengunjungi berbagai wisata pantai yang memiliki pemandangan memukau menjadikan liburan Anda lebih berkesan.

Tak hanya terkenal dengan kuliner pedasnya, Kota Manado juga menyimpan sejuta pesona pada wisatanya. Banyak destinasi wisata menarik yang belum terjamah oleh manusia. Bagi Anda yang masih bingung mencari destinasi menarik di kota satu ini, kali ini akan dibahas berbagai macam destinasi yang bisa untuk Anda kunjungi.

Berikut deretan tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi untuk memanjakan mata Anda dengan keindahan yang memesona.

1. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang
Image Credit: Limakaki.com

Pantai merupakan salah satu wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Manado. Untuk itu, Anda pun bisa menyempatkan untuk mampir ke Pantai Malayang yang masih terjaga keindahannya.

Tak jauh dari pusat kota, Anda bisa mampir ke tempat satu ini hanya dalam waktu 10 menit saja. Ada berbagai macam kegiatan seru yang bisa untuk Anda nikmati, mulai  dari spot untuk diving hingga bermain di pinggiran pantai.

Lokasi: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

2. Mercusuar Kota Manado

Mercusuar Kota Manado
Image Credit: Wisatalengkap.com

Bagi Anda yang sedang mencari liburan yang berbeda di kota satu ini, maka Anda pun bisa datang ke Mercusuar kota Manado. Berada di daerah Pinaesaan yang tak jauh dari pusat kota, maka Anda pun akan bisa melihat pemandangan kota Manado dari ketinggian.

Tak hanya itu saja, Anda pun juga bisa untuk menikmati angin sepoi sepoi sehingga akan membuat Anda tenang ketika berada di tempat ini.

Lokasi: Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

3. Air Terjun Tumimperas

Air Terjun Tumimperas
Image Credit: Kabarmanado.com

Memiliki ketinggian kurang dari 70 meter dan debit air yang tidak terlalu tinggi, maka akan membuat air yang jatuh bisa menghasilkan suara yang lembut. Itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari Air Terjun Tumimperas ini.

Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang masih terjaga kelestariannya. Hal ini dikarenakan airnya yang masih jernih dan juga pepohonannya yang masih rindang.

Lokasi: Pinaras, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

4. Pantai Canada

Pantai Canada
Image Credit: Pinterest.ch @Marinnyalvionit

Memiliki nama Pantai Canada bukan berarti bahwa lokasinya terletak di negara Kanada. Untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata alam, maka Pantai Canada adalah lokasi yang tepat. Pantai satu ini memiliki gerbang alam alami yang terbuat dari bongkahan bebatuan. Sehingga akan menjadi lokasi yang instagenic. Batu batu yang berserakan di pasir pun akan memiliki pemandangan yang berbeda dan memukau.

Dinamakan Pantai Canada, hal ini karena tempat satu ini pernah dikelola dan dijaga oleh warga dengan kebangsaan Canada. Pantai satu ini memiliki panorama yang cukup indah. Ditambah dengan hamparan pasir yang putih dan jernihnya air akan membuat Anda bisa menikmati liburan dengan suasana yang menyenangkan. Sehingga, destinasi satu ini akan sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Lokasi: Pinenek, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

5. Air Terjun Pontak

Air Terjun Pontak
Image Credit: Okezone.com

Air terjun lainnya yang ada di sekitar kota Manado adalah Air Terjun Pontak. Destinasi wisata satu ini memiliki keunikan yakni hanya memiliki ketinggian yakni sekitar 7 meter dari permukaan tanah. Akan tetapi, untuk urusan keindahan Anda pun tak perlu ragu. Pasalnya Anda pun akan dimanjakan dengan panorama yang sangat memukau. Ditambah lagi dengan kolam alami yang terdapat di sekitar air terjun yang akan menambah keindahan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Paling Populer

Dengan memiliki kondisi udara yang masih segar, maka Anda pun bisa bermain air sepuasnya di tempat satu ini. tentu saja, lokasi air terjun ini sangat pas bagi Anda yang sedang ingin melepas penat. Segarnya air yang ada di Air Terjun Pontak akan cocok sekali digunakan untuk berendam. Untuk Anda yang penasaran, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado.

6. Rumah Alam Adventure Park

Rumah Alam Adventure Park
Image Credit: Tripadvisor.com

Ingin berlibur dengan suasana layaknya berpetualang di alam bebas? Maka Anda pun bisa mengajak keluarga untuk berkunjung ke Rumah Alam Adventure Park. Di tempat satu ini Anda akan menemui lembah, dan juga lereng perbukitan yang bisa Anda jelajahi.

Tempat ini pun juga cukup aman sehingga Anda bisa mengajak si kecil untuk seru seruan dengan beragam wahana yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Kec. Mapanget, Kota Manado.

7. Patokan Beach Jiko

Patokan Beach Jiko
Image Credit: Indonesia-az.com

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang indah ini menjadi salah satu lokasi yang wajib untuk Anda kunjungi. Dengan kondisi lingkungan pantai yang masih indah dan terawat, membuat Patokan Beach Jiko akan menawarkan pemandangan alam yang masih alami.

Mengingat tempat ini masih tersembunyi dan dikelilingi oleh tebing. Pastinya tempat satu ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari destinasi wisata dengan suasana yang tenang.

Lokasi: Nuangan, Kec. Nuangan, Kab. Bolaang Mongondow Timur.

8. Pura Jagadhita Taas Manado

Pura Jagadhita Taas Manado
Image Credit: Hindumenulis.com

Di kota Manado, Anda tak hanya bisa untuk berwisata alam saja. melainkan Anda juga bisa untuk mengunjungi wisata religi, salah satunya adalah Pura Jagadhita Taas. Meskipun memiliki lokasi di perbukitan, pura satu ini masih termasuk di dalam kota Manado.

Didirikan pada tahun 1983, pura ini memiliki bangunan yang sangat unik, ditambah dengan proses pemugaran selama beberapa kali membuat bangunan ini masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Taas, Kec. Tikala, Kota Manado.

9. Museum Perjuangan Rakyat Sulut

Museum Perjuangan Rakyat Sulut
Image Credit: Detik.com

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata sejarah, maka Anda bisa singgah sejenak ke Museum Perjuangan Rakyat Sulut. Museum satu ini menyimpan berbagai macam benda dan juga ilmu terkait bidang sejarah.

Dalam museum satu ini tersimpan banyak benda maupun catatan bersejarah. Mulai dari buku buku, foto kisah sejarah hingga foto para pahlawan kemerdekaan tertata rapi di dalam museum satu ini.

Lokasi: Jl. Sam Ratulangi No.27, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

10. Tugu Boboca

Tugu Boboca
Image Credit: Flickr.com @Ronny Adolof Buol

Memiliki tempat yang instagramable, menjadikan Tugu Boboca salah satu wisata yang bisa Anda datangi untuk bersantai. Berada tak jauh dari Pantai Malayang, maka Anda pun bisa sekaligus mampir ke destinasi satu ini.

Di tugu ini, maka wisatawan akan bisa untuk menikmati angin yang sepoi sepoi dan juga mata pun akan dimanjakan dengan suasananya yang apik. Tugu yang telah mengalami renovasi tersebut, memiliki fasilitas yang lengkap sehingga akan membuat pengunjung menjadi betah.

Lokasi: Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

11. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu
Image Credit: Kompasiana.com

Salah satu wisata alam menarik lainnya yang berada di sekitar kota Manado adalah Air Terjun Ratahan Telu. Tempat satu ini memiliki tiga tahapan air, sehingga air terjun ini pun dinamakan sedemikian rupa. Untuk Anda yang ingin mampir kesini, maka hanya tahapan tiganya saja yang bisa untuk Anda kunjungi. Akan tetapi, hal tersebut telah bisa memanjakan mata anda.

Untuk Anda yang ingin menuju destinasi wisata satu ini, maka Anda bisa sampai kesini hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum. Sesampainya disana, maka Anda pun bisa berjalan kaki selama beberapa menit sebelum sampai ke lokasi. Perjalanan panjang tersebut, nantinya akan membuahkan hasil. Pasalnya, Anda akan disuguhkan pemandangan yang hijau dan juga segar.

Lokasi: Desa Kali, Kec. Pineleng, Kota Manado.

12. Pantai Tangonggor

Pantai Tangonggor
Image Credit: IG: (@ Takshuu)

Didominasi dengan wisata pantai, maka ketika berada di kota Manado Anda pun juga harus singgah sejenak di Pantai Tangonggor. Tempat satu ini berada di dataran rendah sehingga memiliki ciri khasnya sendiri. Keindahan pantai ini pun masih sangat terjaga, untuk itu bagi Anda yang ingin kesini haruslah menjadi kebersihan pantai. Dikelilingi dengan tebing yang indah, membuat pantai ini akan memiliki bentang alam yang menarik.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Manado yang Paling Populer

Lokasi: Tangonggor, Tulap, Kec. Kombi, Kab. Minahasa.

13. Danau Cinta

Danau Cinta
Image Credit: Tribunnews.com

Sedang berlibur bersama pasangan di Manado? Maka Anda pun bisa datang untuk mengunjungi danau satu ini. berada di Pulau Makelehi, Anda nantinya akan bisa melihat indahnya danau alami yang terbentuk seperti gambar hati tersebut. Sehingga, tak heran bila danau satu ini diberi nama dengan sebutan danau cinta. Bentuk tersebut mungkin tidak akan terlihat secara langsung.

Namun apabila Anda menyaksikannya dari ketinggian, maka Anda pun akan bisa melihat bentuk hati yang sangat cantik. Selain itu, bagi Anda yang menikmati keindahannya dari bawah, maka Anda pun akan bisa melihat hamparan pasir putih terhampar di tempat satu ini. ditambah dengan pepohonan yang mengelilingi danau membuat lokasi wisata ini pun tampak asri dan menenangkan.

Lokasi: Makalehi, Kec. Siau Barat, Kab. Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

14. Gunung Payung

Gunung Payung
Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki, tak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan gunung payung. Ketika Anda bisa mencapai puncak dari gunung satu ini, maka Anda pun akan disajikan pemandangan yang sangat memukau. Dikelilingi dengan awan membuat Anda berada sedang berada di negeri atas awan.

Namun, tempat ini dikenal memiliki medan yang cukup berat karena ketika mendaki Anda pun akan menemukan kemiringan hingga mencapai 45 derajat.

Lokasi: Desa Poopo, Kec. Ranoyapo, Kab. Minahasa Selatan.

15. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Image Credit: Deadyblog.com

Tak hanya ada di Bromo saja, ternyata bukit Teletubbies pun juga bisa dengan mudah untuk Anda temukan di Manado. Tempat yang dijuluki bukit Teletubbies ini memiliki pemandangan yang sangat hijau. Sehingga sejauh mata memandang, Anda pun akan dimanjakan dengan hamparan hijau yang akan memanjakan mata anda.

Terdapat pula ilalang subur yang tumbuh di bukit Teletubbies ini. Tentunya akan menjadi pemandangan cantik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Lokasi: Desa Kalinaun, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

16. Hutan Lahendong

Hutan Lahendong
Image Credit: Amazingtomohon.com

Jika Anda mencari tempat romantis di kota Manado, maka Anda pun bisa mengunjungi Hutan Lahendong. Hutan satu ini memiliki deretan pohon pinus rimbun yang akan memanjakan mata anda.

Ditambah lagi dengan angin semilir dan udara yang sejuk membuat Anda enggan untuk meninggalkan tempat satu ini. Di tempat ini Anda bisa memesan berbagai macam kuliner yang telah disediakan sehingga akan menjadi pelengkap liburan anda.

Lokasi: Jl. Lahendong, Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

17. Tugu Zero Point

Tugu Zero Point
Image Credit: Mapio.net

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Manado, tapi belum mampir ke Tugu Zero Point. Tempat satu ini, menjadi salah satu titik awal kemana pengunjung nantinya akan melangkah di Kota Manado.

Selain itu, disini Anda akan bisa melihat dan juga mengamati bentuk tugu yang indah ini. Sehingga, nantinya Anda pun akan menjadi lebih jelas di dalam melangkah dan mengambil arah tujuan yang akan diambil.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

18. GPI Waterpark

GPI Waterpark
Image Credit: Trapedia.com

Liburan akhir pekan, sepertinya akan tambah seru ketika Anda dan keluarga menghabiskannya untuk mengunjungi tempat satu ini. untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk bermain air, sebaiknya Anda bisa singgah ke GPI Waterpark.

Dengan memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, maka Anda pun akan bisa bermain air sepuasnya dengan berbagai macam wahana yang mengasyikkan.

Lokasi: Jl. Akasia, Paniki Bawah, Kec. Mapanget, Kota Manado.

19. Citraland Waterpark Manado

Image Credit: Befreetour.com

Selain GPI Waterpark, maka wahana lain yang pas untuk bermain air di kota Manado adalah Citraland Waterpark. Berada di Jalan Royal Utama Mansion Citraland, Anda pun akan bisa dengan mudah untuk menemukan lokasi satu ini.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Gorontalo yang Murah & Enak

Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap ditambah dengan beragam pilihan kolam renang yang membuat Anda bisa berlibur cukup menyenangkan di satu lokasi wisata saja.

Lokasi: Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado.

20. Taman Kesatuan Bangsa

Taman Kesatuan Bangsa
Image Credit: Wisatasyarta.blogspot.com

Untuk Anda yang bingung menghabiskan waktu untuk bersantai di sore hari, maka Taman Kesatuan Bangsa menjadi salah satu lokasi yang bisa untuk Anda kunjungi. Ada berbagai macam kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan di tempat satu ini.

Hal tersebut didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap sehingga pengunjung pun menjadi lebih nyaman. Mulai dari taman bermain, teater terbuka hingga monumen dapat Anda nikmati di tempat ini.

Lokasi:  Jl. Dotulolong Lasut, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

21. Puncak Tetetana Kumelembuai

Puncak Tetetana Kumelembuai
Image Credit: Kompasiana.com

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata dengan konsep dataran tinggi, maka Anda pun bisa mengunjungi Puncak Tetetana Kumelembuai. Terutama bagi Anda yang memiliki hobi mendaki, maka lokasi satu ini pun akan menjadi destinasi yang tepat. ketika berada di puncak, nantinya Anda akan disuguhkan pemandangan kota Manado yang cantik dari ketinggian.

Selain itu, Anda pun juga bisa untuk melihat kota lain yang ada di wilayah Sulawesi Utara. Tempat yang selalu ramai dipadati oleh pengunjung ini  akan sangat bagus apabila Anda mengunjunginya ketika matahari sedang terbit ataupun tenggelam. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengunjunginya waktu yang tepat adalah ketika pagi hari dan menuju sore hari.

Lokasi: Suluan, Kec. Tombulu, Kab. Minahasa.

22. Keletambal Bojoh Hill

Keletambal Bojoh Hill
Image Credit: IG: (@Irh.1996)

Mencari lokasi wisata yang hits ketika berada di Manado? Maka Anda pun bisa mampir ke Kaletambal Bojoh Hill. Dengan memiliki pemandangan yang indah, maka Anda pun juga akan bisa melihat keindahan pegunungan dari atas.

Tempat yang dikelilingi oleh pemandangan Gunung Manimporok dan juga Gunung Soputan akan membuat Anda bisa betah untuk berlama lama di tempat satu ini. Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati, mulai dari ayunan, gubuk dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Tombatu, Kec. Tombatu, Kab. Minahasa Tenggara.

23. Gardenia Country Inn

Gardenia Country Inn
Image Credit: Manadosafaris.com

Wisata satu ini akan menyuguhkan pemandangan berupa taman yang luas dan juga aneka bunga dengan beragam jenis. Tentu saja, tempat ini pun sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi.

Ketika berada disini, Anda pun juga akan bisa untuk menikmati pemandangan berupa pegunungan yang sangat indah. Sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat.

Lokasi: Jl. Kawiley, Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

24. Danau Linow

Danau Linow
Image Credit: Indonesiakaya.com

Salah satu wisata dengan pemandangan alam yang indah ini wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Manado. Keunikan Danau Linaw ini adalah memiliki air yang bisa berganti ganti sesuai dengan kondisi. Mulai dari warna biru, hijau dan juga coklat.

Hal ini dikarenakan warna dasar dari danau tersebut adalah coklat. Selain itu, di gunung dekat danau ini pun masih terdapat aktivitas vulkanik yang aktif.

Lokasi: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

25. Modoinding

Modoinding
Image Credit: Sulutpos.com

Ketika berada di tempat ini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan berupa hamparan lahan pertanian yang sangat subur. Tentu saja panorama yang hijau tersebut akan bisa menjadi salah satu penyejuk mata.

Modoinding sendiri merupakan daerah yang memiliki potensi sebagai aerowisata. Dimana terdiri dari 10 desa yang memiliki letak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Lokasi: Pinasungkulan Utara, Kec. Modoinding, Kab. Minahasa Selatan.

Itulah beberapa tempat wisata terhits yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Manado. Daerah satu ini memiliki keindahan alam yang masih sangat terjaga. Sehingga Anda pun akan bisa mengunjungi berbagai wisata alam yang masih asri dan masih terjaga. Untuk itu, Anda pun tak perlu ragu lagi untuk mengunjungi wisata tersebut ketika sedang berada di Manado.