Ingin Liburan di Maros? Inilah Pilihan Tempat Wisata Populer di Maros, Sulawesi Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Paling Hits yang Wajib Anda Eksplor Saat Musim Liburan.

Jika Anda yang tinggal di daerah Sulawesi Selatan maupun dari luar kota sedang mencari tempat untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kabupaten Maros. Di kabupaten ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata air terjun hingga tempat prasejarah yang menarik dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Maros yang bisa Anda pilih.

1. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Instagram.com @kabarmaros

Air Terjun Bantimurung menjadi salah satu tujuan wisata paling favorite di Maros. Terletak di taman nasional Bantimurung, wisatawan akan dimanjakan dengan kesejukan yang berasal dari gunung Bulusaraung yang akan membuat liburan Anda menjadi menyenangkan. Suasana yang asri dengan aliran air yang jernih cocok untuk berlibur sekaligus melepas penat.

Ketika berkunjung kesini Anda akan disambut dengan monument kera sakti di pintu masuknya. Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam, selain itu Anda juga dapat membeli cinderamata khas Bantimurung berupa kupu-kupu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Air terterjun ini terletak di taman wisata bantimurung, Bantimurung, Maros.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

2. Taman Leang-Leang

Taman Leang-Leang
Image Credit: Google Maps (Anda DareTM)

Tempat wisata Taman Leang-Leang merupakan salah satu cagar budaya yang terletak di wilayah taman nasional Bantimurung. Terletak sekitar 11 km dari pusat kota taman ini dikelilingi oleh batuan kartz curam yang menambah keindahannya. Di taman ini Anda akan menemukan lukisan seperti kehidupan prasejarah di dinding gua nya, cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal tentang peradaban manusia.

Selain lukisan, Anda juga akan menemukan berbagai artefak berupa bilah, kulit kerang dan serpih yang terdeposit di bagian pintu masuk goa. Para wisatawan dapat menelusuri area gua dengan mendaki melalui anak tangga yang telah disediakan. Di lokasi Taman Leang-Leang juga dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet dan jalur tracking untuk memudahkan para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

3. Air Terjun Pung Bunga Bontosomba

Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Image Credit: Google Maps (Kurnia Nusantara)

Keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Pung Bunga Bontosomba akan membuat orang terpesona, sehingga tidak heran jika memasuki musim liburan air terjun ini akan banyak didatangi para wisatawan. Terletak 35 km dari maros, perpaduan dari keindahan air terjun, suara gemuruh air dan suasana asri akan membuat penat para pengunjung hilang seketika.

Terdiri dari dua tingkat air terjun dengan ketinggian 20 m dan kolam tampungan alami dibawahnya membuat para pengunjung dapat menikmati air kolam dengan berenang atau hanya bermain air. Hal lain yang unik tentang air terjun ini adalah debit airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun, namun akan menurun pada puncak musim kemarau.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Bontomanurung, Bonto Somba, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

4. Air Terjun Jami

Air Terjun Jami
Image Credit: Instagram.com @muhyasserparawansa

Masih dari wisata alam, air terjun jami terletak di kecamatan Tompobulu, Maros. Keindahan jernihnya air yang disuguhkan oleh air terjun ini membuat para pengunjung bahkan dapat melihat dasar kolamnya. Jalur menuju ke air terjun dipenuhi dengan rindangnya pepohonan yang memberikan kesan asri sehingga akan memanjakan mata para pengunjung.

Selain itu cahaya matahari yang menerobos melalui celah dedaunan dan terpantul di bebatuan besar menghasilkan efek pencahayaan yang eksotis dan indah untuk diabadikan dengan kamera ponsel Anda. Hanya saja belum terdapat cukup fasilitas disini, oleh karena itu jika Anda berencana untuk berlibur kesini pastikan membawa perlengkapan yang memadai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bonto Somba, Kec. Tompu Bulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

5. Air Terjun Taipa

Air Terjun Taipa
Image Credit: Twitter.com @Aditiyahd

Air terjun Taipa menjadi salah satu wisata alam tersembunyi di daerah Maros, karena terletak 30 km dari pusat kota Maros dengan medan tempuh yang sulit. Tapi percayalah, lelah yang Anda alami selama perjalanan akan hilang seketika sesaat Anda tiba di lokasi yang akan menawarkan keindahan air terjun dengan tujuh tingkatan ini.

Tujuh tingkatan air terjun ini semakin ke atas semakin terjal, sehingga bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan air terjun dari atas wajib mempersiapkan kondisi fisik Anda sebaik mungkin. Di daerah sekitar air terjun ini juga terdapat penginapan bagi Anda yang merasa lelah setelah perjalanan dan berpetualang. Anda juga akan menemukan fasilitas penunjang lain berupa parkiran dan toilet.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tompobulu, Kec. Tompu Bulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

6. Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge
Image Credit: Google Maps (Aganto Seno)

Selain terkenal dengan koleksi kupu-kupunya, taman nasional Bantimurung kini juga menyajikan salah satu spot berfoto yaitu Helena Sky Bridge. Helena Sky Bridge merupakan jembatan tertinggi yang dihubungkan dua tower raksasa di taman nasional Bantimurung sehingga Anda yang berkunjung kesini akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Para pengunjung akan berjalan melewati jembatan kayu sejauh kurang lebih 50 m yang berada 100 m di atas permukaan laut. Pemandangan yang indah dari atas jembatan sangat cocok untuk diabadikan menggunakan kamera ponsel Anda. Anda juga akan menemui penangkaran kupu-kupu yang berbeda dari biasanya, dimana kupu-kupu ditangkarkan di dalam kubah raksasa.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

7. Pemandian Reatoa

Pemandian Reatoa
Image Credit: Celebes.co

Tempat wisata Pemandian Reatoa ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah namun juga suasana berendam di kolam air hangat. Tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi oleh wisatawan tiap akhir pekan. Di area ini terdapat dua air terjun yang merupakan air terjun panas alami dan air terjun dingin.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda tinggal memilih untuk berendam di kolam air panasnya atau kolam air dinginnya. Terdapat dua kolam besar dan kecil sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya. Selain itu sensasi berendam di kolam air panas memiliki manfaat yang bagus dalam meredakan sakit kepala dan membuat tubuh kembali fresh.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Samaenre, Kec. Mallawa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

8. Maros Waterpark

Maros Waterpark
Image Credit: Google Maps (Rahmat Mardin)

Salah satu tempat yang digemari masyarakat Maros adalah Maros Waterpark. Anda bisa berkunjung ke tempat ini bersama keluarga dan anak-anak. Taman air yang terdapat di Kecamatan simbang ini memiliki sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati orang dari berbagai usia mulai dari kolam renang anak hingga kolam renang dewasa.

Selain itu, di Maros Waterpark juga terdapat fasilitas lain berupa waterbom, arung jeram hingga kegiatan outbound. Beberapa wahana yang aman dinikmati oleh anak-anak berupa perosotan dan wahana ember tumpah. Suasana sekitar taman air yang masih hijau dan asri membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Maros – Soppeng, Samangki, Simbang, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

9. Taman Purbakala Sumpang Bita

Taman Purbakala Sumpang Bita
Image Credit: Google Maps (Maulidia Octarini)

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan tema edukasi pra sejarah taman purbakala Sumpang Bita bisa menjadi pilihan. Di taman ini terdapat dua gua prasejarah, yaitu gua Sumpang Bita dan Bulu Sumi. Peninggalan arkeolog yang terdapat di gua ini berupa lukisan, artefak fragmen gerabah tulang dan gigi serta cangkang mollusca.

Lukisan yang berada di dinding berupa cap tangan, lukisan hewan seperti babi dan rusa serta lukisan kaki anak-anak. Taman Purbakala Sumpang Bita ini terletak di daerah kecamatan Balocci, Maros. Untuk akses ke gua nya sendiri terbilang mudah karena sudah disediakan tangga setapak dari semen dari dasar bukit hingga ke pintu gua.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Balocci Baru, Balocci, Kab. Pangkajene, Sulawesi Selatan.

10. Kampung Rammang-Rammang

Kampung Rammang-Rammang
Image Credit: Google Maps (Feliciana Xie)

Kampung Rammang-Rammang merupakan kampung wisata yang dikelilingi oleh gugusan batuan karst. Ditambah dengan adanya aliran sungai alami dan hamparan sawah yang luas membuat pemandangan di desa ini menjadi lebih indah. Batuan karst disini adalah yang terluas di Indonesia dan terluas ke 3 setelah Vietnam dan Thailand.

Disini Anda bisa mengelilingi sungai sambil menikmati pemandangan batuan karst dan sawah yang indah dengan menyewa perahu. Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan Taman Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka dan Gua Tapak Tangan dimana Anda bisa menemukan cap tangan manusia purba. Lokasinya terletak tidak jauh dari kampung Rammang-Rammang.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Salenrang, Bontonlempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

11. Grand Mall Maros

Grand Mall Maros
Image Credit: Google Maps (Ida Johan)

Grand Mall Maros bukan merupakan tempat wisata alam seperti sebelum-sebelumnya. Anda bisa menjadikan Grand Mall Maros sebagai pilihan untuk berlibur jika enggan terkena sinar matahari atau medan yang susah. Grand Mall Maros merupakan tempat perbelanjaan bernuansa Eropa, sehingga sering dijadikan untuk spot foto oleh remaja.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Paling Populer

Meskipun tidak dijadikan tujuan tempat wisata, ornament bernuansa eropa dan Yunani kuno serta lukisan-lukisan yang ada selalu popular dijadikan latar belakang untuk berfoto. Untuk ke Grand Mall Maros Anda tidak dikenai biaya masuk seperti mall pada umumnya, Anda hanya akan dikenai biaya untuk parkir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Makassar – Maros, Kec. Mandai, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

12. Pantai Kuri Maros

Pantai Kuri Maros
Image Credit: Google Maps (Arifin Wongso)

Pantai Kuri Maros memiliki keindahan pada bibir pantainya dengan lempengan batu yang terbentang di atasnya. Selain menikmati keindahan pantai Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan mangrove yang terbentang luas. Ekosistem di Pantai Kuri Maros terbilang cukup terjaga, dimana Anda tidak akan menemukan sampah berserakan dan suasananya yang masih alami.

Pantai Kuri Maros terletak tidak jauh dari pusat kota Maros, dan berada di antara kota Maros dan kota Makassar. Anda bisa menyewa perahu di siang hari untuk mengelilingi keindahan hutan mangrove, dan menikmati keindahan matahari terbenam pada sore hari dan ketika malam tiba Anda akan disuguhi keindahan gemerlap lampu kota Makassar dari kejauhan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuri Pattene, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

13. Puncak Makkaroewa

Puncak Makkaroewa
Image Credit: Instagram.com @wahyou_at

Dari atas puncak Makkaroewa ini Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona seperti pepohonan hijau rindang dan suasana yang sejuk. Waktu yang tepat untuk Anda berkunjung adalah siang hari karena Anda akan disuguhkan oleh perpaduan biru langit dan hijau pepohonan yang indah. selain itu Anda juga dapat menikmati beberapa spot foto yang telah disediakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Labuaja, Kec. Cenran, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

14. Gunung Bulu Saukang

Gunung Bulu Saukang
Image Credit: Daisyjulia.com

Jika Anda suka berpetualang ke alam Anda bisa mencoba berlibur ke Gunung Bulu Saukang. Dari atas puncak Gunung Bulu Saukang para pengunjung bisa menyaksikan keindahan gunung lain seperti gunung Lompobattang dan gunung Bulusaraung. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan landscape beberapa kota yang indah seperti kota Makassar dengan hamparan biru lautan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Gajah, Kec. Tompu Bulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

15. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Taman Kupu-Kupu Bantimurung
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Seperti namanya, di taman ini selain menikmati pemandangan asri pepohonan Anda juga akan menikmati berbagai potret keindahan dari banyak jenis kupu-kupu yang bisa Anda temukan. Anda juga bisa membeli cinderamata berupa kupu-kupu yang telah diawetkan sebagai oleh-oleh. Selain menikmati keindahan kupu-kupu Anda juga bisa menikmati banyak spot foto yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Maros – Bone KM 12, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa tempat wisata menarik dan terbaik di kabupaten Maros. Jika Anda sedang berencana berlibur ke Sulawesi Selatan tepatnya Maros, Anda bisa menjadikan salah satu dari daftar di atas sebagai tujuan. Selain objek wisata, di kabupaten ini juga terdapat banyak kuliner khas yang akan melengkapi liburan Anda bersama keluarga.