Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Muara Enim, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits yang Patut Dikunjungi Saat Liburan.

Saat Anda berada di Sumatera Selatan, Muara Enim menjadi salah satu lokasi terbaik yang bisa Anda jadikan berlibur. Di kabupaten ini Anda bisa menemukan banyak sekali tempat wisata dengan nuansa pemandangan yang apik. Tentunya akan cocok sebagai tempat untuk melepas lelah.

Ditambah lagi dengan akses ke lokasi wisata yang masih mudah dijangkau membuat tak ada lagi alasan untuk tidak singgah ke kota ini. Bagi Anda yang masih bingung menentukan tempat terbaik, berikut rekomendasi tempat wisata hits di Muara Enim yang bisa Anda pilih.

1. Desa Wisata Muara Tenang

Desa Wisata Muara Tenang
Image Credit: Google Maps (rizki handika)

Saat menginjakkan kaki ke daerah ini, Anda bisa mengunjungi Desa Wisata Muara Tenang. Lokasi satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok bagi Anda penyuka etnis dan budaya. Sebab berada disini, Anda akan mampu mengenal lebih dekat dengan kearifan lokal yang ada di wisata ini.

Memiliki suasana yang tenang dan asri menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, pesona alam yang indah khas pedesaan akan mampu memanjakan mata Anda. Disini, Anda juga bisa menemukan adat dan budaya yang masih kental dan dilestarikan hingga sekarang.

Pasalnya, saat menginjakkan kaki ke lokasi satu ini Anda pun akan bisa melihat banyaknya rumah adat yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Padahal rumah tersebut telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk panorama alamnya sendiri tak perlu ditanya, tentunya sangat apik dan mampu menjadi salah satu tempat untuk melepas penat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Tenang, Kec. Semendo Darat Tengah, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

2. Lubuk Putih

Lubuk Putih
Image Credit: Instagram.com @pesonasriwijaya

Saat berada di Muara Enim, maka Anda wajib untuk singgah menikmati indahnya Lubuk Putih. Wisata satu ini memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Sebab ketika Anda berada di lokasi tersebut, Anda akan bisa menemukan sebuah sungai yang pada kanan dan juga kirinya dilengkapi dengan tebing tinggi yang menjulang indah.

Tak mengherankan jika destinasi satu ini menjadi tempat wisata yang diminati oleh pelancong. Suasana yang masih alami dan juga kesejukan udara yang ada disini menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur ke lokasi satu ini. selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan spot yang instagenic saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seleman, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

3. Danau Deduhuk

Danau Deduhuk
Image Credit: Google Maps (Justami 200)

Apabila Anda ingin melihat indahnya danau lengkap dengan pemandangan deretan bukit dan pegunungan, maka Danau Deduhuk dapat menjadi lokasi yang pas untuk Anda kunjungi. Danau yang memiliki luas hingga mencapai 12 hektar ini menjadi salah satu tujuan wisata yang indah dan wajib untuk Anda singgahi saat berada di Muara Enim.

Dikelilingi perbukitan yang hijau menjadi panorama alam yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi ini. meskipun jalannya tergolong susah dijangkau, namun rasa lelah tersebut akan terbayar ketika Anda sampai di lokasi wisata. Hal ini tentunya akan menjadi bentuk keistimewaan tersendiri.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan danau jernih yang berwarna kebiruan. Air yang jernih tersebut akan membuat siapa saja menjadi lebih tenang. Bagi Anda yang doyan memancing, maka lokasi satu ini pun dapat menjadi wisata yang pas. Selain itu, Anda juga bisa untuk berkeliling dengan rakit ataupun sekedar bersantai dan menikmati indahnya pemandangan alam yang sangat mempesona.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Segamit, Kec. Semendo Darat Ulu, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

4. Arung Jeram Sungai Enim

Arung Jeram Sungai Enim
Image Credit: Facebook.com @kabmuaraenim

Penggemar olahraga yang memicu adrenalin pastinya akan senang menghabiskan waktu di tempat ini. sebab di Muara Enim, Anda juga bisa untuk menemukan sungai yang cocok untuk dijadikan lokasi arung jeram. Destinasi satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga satu ini.

Sebab, Sungai Enim merupakan salah satu sungai yang memiliki arus yang deras. Banyaknya rintangan di sungai ini menjadi salah satu keseruan tersendiri untuk Anda rasakan. Selama arung jeram, Anda juga akan disuguhkan dengan jajaran tebing Bukit Barisan yang luar biasa indahnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

5. Danau Cinta

Danau Cinta
Image Credit: Instagram.com @kemas_d

Bagi Anda yang belum puas menjelajahi Danau Deduhuk, ketika berada di Muara Enim Anda juga bisa mampir ke Danau Cinta. Dinamakan Danau Cinta karena apabila Anda melihatnya dari atas, maka danau ini membentuk simbol yang mirip dengan bentuk love. Sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan Danau Cinta

Danau satu ini terbentuk akibat bekas galian tambang yang kemudian dijadikan sebagai objek pariwisata. Berada di area pertambangan batu bara, Anda pun akan disuguhkan dengan spot yang sangat mempesona saat menghabiskan waktu di sini. Untuk Anda yang suka berswafoto maka destinasi satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

6. Bukit Kendi

Bukit Kendi
Image Credit: Google Maps (Eko Fery)

Melihat indahnya panorama Muara Enim dari ketinggian, tentunya Anda wajib untuk mampir ke Bukit Kendi. Memiliki lokasi yang dekat dengan Danau Cinta, maka dari ketinggian Anda pun akan bisa melihat indahnya danau yang berbentuk love tersebut. Tentunya menjadi lokasi yang pas apabila Anda ingin mengunjungi dua tempat sekaligus.

BACA:  14 Wisata Kuliner di Palembang yang Murah & Enak

Saat berada disini, Anda akan disuguhkan dengan pesona alam yang sangat indah. Terutama ketika Anda sampai di puncak, maka Anda pun bisa melihat indah nya pemandangan alam yang ada di sekitar. Selain itu, bagi Anda yang menyukai fotografi, lokasi ini kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

7. Air Terjun Napal Lintang

Air Terjun Napal Lintang
Image Credit: Destinasipariwisata.com

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Muara Enim adalah Air Terjun Napal Lintang. Wisata yang masih cukup baru ini tentu saja dapat menjadi rekomendasi untuk berlibur Anda. Banyak wisatawan yang datang kesini dibuat terpesona akan pemandangannya yang masih sangat asri.

Disini, Anda pun akan bisa menemukan banyak pepohonan liar yang menjulang tinggi. Uniknya lagi, air terjun yang memiliki beberapa tingkatan tersebut akan terlihat sangat apik dalam bidikan kamera. Sehingga, Anda pun bisa mengambil foto dengan jarak yang cukup dekat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Nipis, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

8. Air Terjun Selingsing

Air Terjun Selingsing
Image Credit: Google Maps (EF PHOTOGRAPHY)

Belum puas bermain air di Air Terjun Napal Lintang, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Air Terjun Selingsing. Curug satu ini kerap kali dijuluki Niagara Kecil lantaran disini Anda akan bisa menemukan sungai yang sangat lebar. Untuk ketinggiannya sendiri sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1o meter saja.

Untuk itu, Anda pun akan banyak menemukan wisatawan yang terjun menuju ke kolam yang ada disini. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, lokasi Air Terjun Selingsing tidaklah sulit. Sehingga banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan air terjun tersebut. Anda pun bisa mengunjungi ketika weekend atau di kala penat melanda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Talang Abik No.Desa, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

9. Air Terjun Napal Carik

Air Terjun Napal Carik
Image Credit: Instagram.com @atung_bungsu

Saat berada di Muara Enim, Anda juga bisa untuk mengunjungi air terjun lain yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter saja. Meskipun memiliki ketinggian yang cukup rendah, saat berada disini Anda akan disuguhkan dengan banyaknya pepohonan rindang yang akan membuat Anda semakin betah untuk menghabiskan waktu disini.

Ditambah lagi, disini Anda juga bisa menemukan bebatuan yang menjadi pancuran bagi para wisatawan. Air terjun yang mengalir cukup jernih ditambah dengan sejuknya udara menjadi kelebihan tersendiri yang bisa Anda dapatkan saat berlibur ke lokasi satu ini. untuk itu, Air Terjun Napal Carik menjadi destinasi yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Paling Populer
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Emil, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

10. Air Panas Gemuhak

Air Panas Gemuhak
Image Credit: Muaraenimkab.go.id

Ketika Anda bosan berwisata ke tempat air terjun, maka Air Panas Gemuhak yang ada di Muara Enim ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Air panas yang ada disini memiliki suhu hingga menjadi 100 derajat celcius. Untuk mencapai lokasi ini memang dibutuhkan usaha dan tenaga yang ekstra. Namun hal tersebut sebanding dengan panorama alam yang Anda dapatkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penindaian, Kec. Semendo Darat Laut, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

11. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung
Image Credit: Facebook.com (Gusti Agung Putra)

Apabila Anda ingin melihat air terjun dengan ketinggian sekitar 99 meter, tentunya Anda wajib singgah di Air Terjun Bedegung. Lokasi satu ini memiliki jarak yang lumayan jauh dari pusat kota. Akan tetapi, karena aksesnya yang mudah dijangkau membuat wisata satu ini kerap diminati oleh wisatawan.

Pemandangan yang eksotis tentu bisa Anda dapatkan di lokasi satu ini. pasalnya, air terjun tersebut diapit oleh dua tebing yang memiliki ukuran sangat tinggi. Ditambah lagi dengan pepohonan yang hijau menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda yang mengunjungi destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Air Terjun Curup Tenang, Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

12. Air Terjun Jernihan

Air Terjun Jernihan
Image Credit: Bukitasamfm.wordpress.com

Bagi Anda yang berjiwa petualang, maka Air Terjun Jernihan dapat menjadi lokasi yang pas untuk berlibur. Hal ini dikarenakan untuk bisa sampai disini, Anda harus melewati kebun, jalan setapak hingga hutan dan menyusuri sungai dengan air jernih. Tentunya wisata tersebut menjadi salah satu tempat yang cukup membuat Anda tertantang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Talang Abik No.Desa, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

13. Air Terjun Lemutu

Air Terjun Lemutu
Image Credit: Google Maps (muhammad mubarak)

Air terjun lain yang bisa Anda kunjungi disini adalah Air Terjun Lemutu yang dikenal dengan tiga tingkatannya tersebut. Untuk bisa kesini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua karena aksesnya masih belum bisa dijangkau oleh mobil. Meskipun perjalanan cukup berat, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagar Dewa, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

Itulah beberapa destinasi wisata yang menarik Anda kunjungi selama berada di Muara Enim. Bagi Anda yang menyukai wisata air terjun, Muara Enim menjadi salah satu daerah yang wajib Anda kunjungi. Lantaran, Anda akan menemukan banyak sekali curug dengan keindahannya masing masing.