Myanmar, Negeri Seribu Pagoda dengan keindahan budaya dan alam yang memanjakan mata. Ragam tempat wisata yang populer di Myanmar sangat pas untuk dijadikan destinasi liburan Anda.

Liburan terbukti dapat memberikan efek yang baik pada kesehatan fisik ataupun mental. Beragam sudut pandang dan hal baru hadir saat kita bepergian. Belum lagi belajar kebudayaan baru saat mengunjungi suatu daerah.

Myanmar merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki ragam wisata yang menarik. Negara dengan julukan Negeri Seribu Pagoda memiliki kebudayaan serta keindahan alam yang memikat hati. Tak ayal, banyak yang memasukkan negara ini dalam bucket list liburan mereka.

Beragam pagoda, kuil, sungai, hingga pasar tradisional yang menarik dapat Anda temui disini. Berikut ulasan rekomendasi tempat wisata paling populer di Myanmar yang wajib Anda kunjungi.

1. Pagoda Golden Rock

Pagoda Golden Rock
Image Credit: Wanderersandwarriors.com

Destinasi wisata ini akan membuat Anda terkesima. Bukan karena keindahan dari bangunannya, melainkan stupa di atas batu yang berwarna keemasan. Batu ini berada di tepi jurang dalam keadaan seimbang. Sekilas, tampak seperti melawan gaya gravitasi bumi.

Anda dapat mengunjungi puncak gunung Kyaiktiyo untuk melihat secara langsung situs Budha yang juga dikenal dengan Pagoda Kyaiktiyo ini. Menurut cerita masyarakat, konon pagoda ini berada di atas sehelai rambut Budha.

Lokasi: Burma, Myanmar.

2. Pagoda Mingun

Pagoda Mingun
Image Credit: Wikipedia.org

Jika ingin mengunjungi pagoda terbesar di Myanmar, maka Anda patut mengunjungi pagoda Mingun. Daya tarik tempat ini terdapat pada gigi sang Budha yang tersimpan di dalamnya. Pagoda ini juga memiliki bentuk yang berbeda dengan yang lain.

Pada mulanya pagoda ini ditujukan untuk menjadi pagoda terbesar di dunia oleh Raja pada masa tersebut sebagai penghargaan atas peninggalan gigi sang Budha. Namun, ada ramalan yang mengatakan kerjaan akan runtuh saat pembangunan pagoda terselesaikan.

Lokasi: Min Kun, Myanmar.

3. Pagoda Shwedagon

Pagoda Shwedagon
Image Credit: Shutterstock.com

Myanmar juga memiliki salah satu yang termegah, yaitu Pagoda Shwedagon. Memiliki arti Dewa Emas Agung, pagoda ini memiliki kuil emas besar yang dikelilingi oleh stupa kecil. Kuil ini merupakan pagoda tertinggi di Myanmar dengan ketinggian 114 meter.

BACA:  10 Makanan Khas Myanmar yang Lezat & Wajib Anda Coba

Pagoda Shwedagon menggunakan arsitektur khas Myanmar. Ketika mengunjunginya, pastikan mengelilingi kawasan tempat wisata dengan berjalan berputar searah jarum jam untuk melihat keseluruhan keindahan bangunan.

Lokasi: Shwedagon east gate Yangon, 11201, Myanmar.

4. Candi Ananda

Candi Ananda
Image Credit: Edyraguapo.blogspot.com

Dikenal dengan Negeri Seribu Pagoda, maka kurang rasanya jika tidak mengunjungi salah satu tempat yang dikenal sebagai pagoda paling indah dan terawat, Candi Ananda. Arsitekturnya perpaduan dari gaya Mon serta India, sehingga dijuluki Westminster Abbey dari Burma.

Hal menarik pada candi ini terdapat pada tata letaknya yang berbentuk salib. Selain itu, beberapa teras mengarah pada pagoda kecil yang ditutupi payung (hti). Candi ini juga memiliki stupa dan patung Shin Arahan yang berlapis emas.

Lokasi: Nyaung-U, Myanmar.

5. Taung Kalat

Taung Kalat
Image Credit: Youtube.com (Amazing Places on Our Planet)

Taung Kalat berfungsi sebagai asrama bagi biksu yang mengabdi pada Budha. Masyarakat sekitar menjadikannya sebagai kawasan keagamaan mereka. Terdapat sekitar 37 arwah suci yang disimbolkan dengan patung yang memiliki mimik berbeda.

Berada di atas gunung Popa, Anda harus menaiki 777 anak tangga dan ditemani banyak monyet liar untuk sampai ke atas. Disarankan ke sana pada siang hari untuk melihat kegiatan para biksu di waktu senggang mereka.

Lokasi: Mandalay, Myanmar.

6. Bukit Mandalay

Bukit Mandalay
Image Credit: Wikipedia.org

Myanmar juga menawarkan keindahan kuil di atas bukit. Memiliki ketinggian 230 meter di atas permukaan. Anda akan melihat keindahan keseluruhan kota dengan danau yang ada di bawahnya. Selain itu, suguhan keindahan kompleks Istana MAndalay dapat terlihat dengan jelas dari atas bukit.

Ada banyak kuil yang sangat instagramable pada puncak bukit. Warna kuil yang putih dan ujung emas serta langit yang cantik, membuat para pelancong gemar mengambil foto disini. Anda dapat menyaksikan matahari terbenam jika datang pada pukul 5 sore.

Lokasi: Mandalay, Myanmar.

7. Pantai Ngapali

Pantai Ngapali
Image Credit: Traveltrained.com

Myanmar juga memiliki tempat wisata nan eksotis, yaitu Pantai Ngapali. Dikenal sebagai pantai berpasir putih, laut dengan air biru kehijauan serta ombak yang tenang. Kesan asri dan bersih juga terasa kental saat berada di pantai ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Myanmar yang Paling Terkenal

Ada banyak kegiatan yang ditawarkan pantai ini, seperti berjalan di bibir pantai, atau menaiki perahu kayu. Jika tertarik, nelayan lokal akan memandu Anda ke pulau kecil di Teluk Bengal, di seberang Pantai Ngapali. November – Maret adalah waktu terbaik untuk berkunjung.

Lokasi: Ngapali, Myanmar.

8. Pantai Ngwe Saung

Pantai Ngwe Saung
Image Credit: Wikipedia.org

Wisata selanjutnya masih berupa pantai yang indah, yaitu Ngwe Saung. Pantai berpasir putih dengan air laut berwarna biru keperakan membuat Anda tak akan berhenti berdecak kagum. Kumpulan batu karang pada salah satu sudut pantai, menambah kesempurnaannya.

Jika kesini, jangan lupa untuk mengunjungi pulau Lovers. Anda hanya perlu menyeberang dari bibir pantai ketika air sedang surut. Pulau ini memiliki patung duyung yang dipercaya pernah bersemedi disana. Jika ingin melihat keseluruhan pemandangan, terdapat tangga yang membawa Anda ke atas bukit kecil.

Lokasi: Ngwe Saung 10271, Myanmar.

9. Danau Inle

Danau Inle
Image Credit: Wikipedia.org

Jika tertarik pada wisata air tawar di Myanmar, pas rasanya jika berkunjung ke danau Inle. Di salah satu sisi danau terdapat pagoda putih yang terlihat mengambang pada permukaan air. Pada sisi lain, terdapat pemukiman berbentuk kampung terapung dengan kebun permukaan airnya.

Jika berkunjung di bulan September – Oktober, Anda akan menemui Festival Hpaung Daw U. Festival ini memiliki balapan dayuk kaki dan kapal tongkang emas. Hal paling menghasilkan dari danau ini adalah boat trip. Selain itu Anda dapat melihat kebiasaan masyarakat membuat rokok, kain dari serat lotus, serta cara khas mereka menangkap ikan.

Lokasi: Nyaungshwe, Taunggyi, Myanmar.

10. Jembatan U Bein Bridge

Jembatan U Bein Bridge
Image Credit: Nonikhairani.com

Jika Anda ingin menikmati keindahan senja di Myanmar, maka Jembatan U Bein Bridge wajib Anda coba. Jembatan yang dibangun pada pertengahan abad ke 19 ini memiliki panjang 2 km dan terbentang di Danau Taungthaman.

Pada mulanya jembatan ini dibangun menggunakan pilar kayu jati. Terdapat 1.000 pilar lebih yang digunakan kala itu. Namun, kini telah diganti dengan beton agar semakin kokoh. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi danau hingga matahari terbenam.

Lokasi: Amarapura, Myanmar.

11. Sungai Ayeyarwady

Sungai Ayeyarwady
Image Credit: Inews.id

Biasa juga disebut dengan Sungai Irrawaddy, merupakan sungai yang membelah Myanmar dengan panjang sekitar 1.348 mil. Pada pagi hari, terdapat suara nyanyian biara pada tepi sungai.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Myanmar yang Paling Terkenal

Anda juga dapat melihat perkebunan kacang tanah dan wijen. Selain itu, pada pagi hari wanita juga akan sibuk mencuci baju. Jika beruntung, Anda dapat menemui lumba-lumba yang berenang di sekitar kapal yang berlalu.

Lokasi: Ayeyarwady, Myanmar.

12. Kota Bagan

Kota Bagan
Image Credit: Dakatour.com

Kota ini terkenal karena memiliki budaya Budha yang kental. Dengan luas 13 X 8 km, terdapat lebih dari 10.000 kuil Budha yang menyebar di seluruh penjuru kota. Kuil-kuil disini dibangun antara abad 11 – 13, pada saat masa kejayaannya.

Anda patut mencoba mengelilingi kota dengan menyewa kereta kuda. Kota ini semakin cantik ketika matahari mulai terbenam. Pemandangan terbaik ketika Anda melihatnya dari Kuil Bagan yang berada di Archaeological Zone.

Lokasi: Bagan, Myanmar.

13. Desa Indein

Desa Indein
Image Credit: Airport.id

Terletak di Inthein, desa ini terkenal memiliki bangunan yang unik dan indah. Pagoda tua dan hutan bambu menjadi salah satu alasan ramainya wisatawan yang berkunjung. Dipercaya, bangunan telah ada sejak abad ketiga sebelum masehi.

Untuk ke Desa Indein, Anda dapat menaiki perahu. Pintu masuk desa berada di tepi sungai setelah rumah penduduk dan diberi tanda pilar – pilar tinggi berwarna putih.

Lokasi: Inthein, Taunggyi, Myanmar.

14. Kampung Chin

Kampung Chin
Image Credit: Tripadvisor.com

Kampung ini terkenal dengan nuansa unik dari desa pantai kebanyakan. Anda mungkin akan menemui banyak wanita yang menato wajah mereka. Menurut kepercayaan suku chin, itu adalah simbol kecantikan mereka.

Kampung ini berada di tepi Sungai River, Mrauk U. Anda dapat berkunjung secara langsung jika tertarik pada adat dan budaya mereka.

Lokasi: Mahapyinnyarkya, Mrauk U 07101, Myanmar.

15. Pasar Bogyoke Aung San

Pasar Bogyoke Aung San
Image Credit: Evivatour.com

Setelah puas berkeliling, Anda dapat ke Pasar Bogyoke Aung San. Pasar ini merupakan pusat oleh-oleh terbesar di kota Yangon. Dengan desain khas Eropa, pasar ini termasuk dalam warisan budaya.

Pasar ini terkenal dengan bangunan cantik serta kebersihan yang jempolan. Anda juga dapat menemukan beragam toko yang menjual souvenir Khas Myanmar.

Lokasi: Bo Gyoke Rd, Pabedan, Myanmar

Itulah beragam tempat wisata di Myanmar yang patut masuk dalam bucket list liburan Anda. Selain tidak terlalu jauh dari Indonesia, Negara ini juga tidak membutuhkan visa karena masih satu anggota negara di kawasan Asia Tenggara.