Inilah List Tempat Wisata Menarik dan Populer di Ngawi, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Petualangan Liburan yang Berkesan.

Kini potensi wisata menjadi incaran oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Kabupaten Ngawi merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata luar biasa indah. Jika bersinggah di kabupaten ini dan tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisatanya akan sangat merugikan. Berikut ulasan rekomendasi tempat wisata hits di Kabupaten Ngawi yang bisa menjadi referensi tujuan liburan terbaik.

1. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin
Image Credit: Google Maps (Trixie Toys Surabaya)

Bagi Anda pecinta film horor jelas sudah tak asing dengan nama dari air terjun ini. Karena Air Terjun Pengantin ini pernah menjadi lokasi utama pembuatan film. Air terjun yang berada di Kabupaten Ngawi ini memiliki panorama yang menakjubkan yang membuat suasana menjadi nyaman dan tenang.

Tempat ini merupakan wisata alam di Ngawi ini masuk dalam list wisata hits Ngawi yang sangat dikagumi dan menjadi incaran banyak masyarakat. Mulai dari anak muda hingga keluarga. Nama Air Terjun Pengantin ini memanglah cukup menarik dan menjadi pertanyaan tersendiri bagi masyarakat.

Tempat ini diberikan nama unik tersebut karena ada sepasang air terjun yang tinggi sekitar 12 meter jika diukur dari dasarnya. Tempat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai ketenangan. Air Terjun Pengantin berlokasi di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sabrang, RT.03/RW.01, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

2. Kediaman Dr. Radjiman Widyodiningrat

Kediaman Dr. Radjiman Widyodiningrat
Image Credit: Google Maps (Jaka Perbawa)

Ketua BPUPKI pada tahun 1945 yang tercatat dalam sejarah Indonesia yaitu Dr. Radjiman Widyodiningrat memiliki andil yang cukup besar. Berdasarkan jejak sejarah Dr. Radjiman Widyodiningrat pindah ke Ngawi pada tahun 1934. Ketika itu daerah Ngawi sedang terserang wabah penyakit, dan beliau mengabdikan dirinya menjadi dokter ahli penyakit tersebut.

Kediaman dari salah seorang yang penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia ini menjadi salah satu tempat wisata yang hist di Ngawi dan menjadi tujuan pertama banyak wisatawan. Bahkan wisatawan yang datang tak hanya berasal dari daerah Ngawi, melainkan dari pelosok Indonesia bahkan manca negara.

Selain sebagai wisata sejarah yang cocok untuk edukasi, kediaman Dr. Radjiman Widyodiningrat ini menjadi wisata yang cukup menarik untuk berfoto baik untuk komunitas maupun keluarga. Wisata di Ngawi ini terletak di Kecamatan Widodaren.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kauman, Kec. Widodaren, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

3. Taman Wisata Tawun

Taman Wisata Tawun
Image Credit: Google Maps (Little Wanderer)

Wisata kali ini dapat Anda capai setelah menempuh sejauh 6 kilometer dari pusat kota. Taman Wisata Tawun di Ngawi ini merupakan salah satu yang masuk list hist dan terbaru. Di mana merupakan tempat wisata yang sering digunakan dalam pergelaran upacara adat yaitu tradisi Keduk Beji oleh warga setempat.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Ngawi yang Paling Populer

Upacara ini dilakukan setiap hari Selasa Kliwon dari perhitungan kalender Jawa Islam. Sumber mata air akan dibersihkan oleh warga laki-laki di sekitar wilayah tersebut dan mengganti air yang ada di dalam beji. Keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi, terutama bagi Anda yang penikmat keindahan alami.

Terdapat ribuan hewan bulus berkeliaran bebas di daerah yang dipenuhi oleh pepohonan hijau yang rimbun tersebut. Di samping keindahan alam itu, wisata di Ngawi ini juga menyediakan wahana kolam renang dengan arena watterboom yang dapat Anda nikmati bersama keluarga tercinta atau sahabat dekat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sunan Lawu, Dari, Tawun, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

4. Monumen Soerjo

Monumen Soerjo
Image Credit: Instagram.com @_antcraft

Di Ngawi terdapat berbagai macam wisata yang hits dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata, salah satunya ialah Monumen Soerjo yang merupakan wisata sejarah. Sebuah bangunan yang sengaja didirikan untuk mengenang jasa dari Gubernur Suryo dalam perlawanan akan pemberontakan PKI ketika itu.

Terdapat patung Gubernur Soerjo yang didampingi oleh dua perwira polisi di sisi kanan dan kirinya. Monumen ini untuk mengenang kematian bersamaan dari mereka. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Ngawi. Wisata ini memiliki suatu keunikan di mana terdapat 23 macam tanaman langka.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Tambakselo Barat, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

5. Agrowisata Kebun Teh Jamus

Agrowisata Kebun Teh Jamus
Image Credit: Google Maps (Nuki kik)

Wisata alam di Kabupaten Ngawi tak dapat diremehkan keberadaannya. Agrowisata Kebun Teh Jamus merupakan salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Sebuah kebun teh dengan luas sekitar 478 hektare ini memiliki keindahan alami yang tak tertandingi.

Sebuah kolam renang dari sumber mata air alami pun melengkapi keindahan yang disugguhkan di wisata alam ini. Pemandangan indah Borobudur Hills dengan sekitar 35 meter ketinggiannya pun menambah daya tarik dari tempat ini. Terletak di Kecamatan Sine yang juga menyediakan berbagai oleh-oleh unik di sekitarnya, salah satunya benalu teh untuk bahan pengobatan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girikerto, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

6. Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi

Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi
Image Credit: Google Maps (Budi Nayantaka)

Sebuah wisata bersejarah peninggalan Belanda yang memiliki banyak nilai dan ekssotis di Ngawi ini tepat bagi Anda yang menyukai hal-hal unik dengan nuansa vintage. Lokasi ini juga sangat cocok untuk wisata berfoto, bahkan tak jarang digunakan sebagai tempat pengambilan gambar dalam acara-acara khusus.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

7. Bukit Kerek Indah

Bukit Kerek Indah
Image Credit: Google Maps (Fahmi Hakim)

Spot foto yang unik dapat Anda temukan di Ngawi ketika mengunjungi Bukit Kerek Indah yang berlokasi di Kecamatan Ngawi. Terdapat bermacam bunga dan plang dengan tulisan berisi kata-kata lucu serta jembatan kayu yang unik. Selain itu juga memiliki suasana yang sejuk dari kealamian tempatnya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bojonegoro – Ngawi, Napel, Kerek, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

8. Gapura Mushola Pondok Pesantren Pak Soli

Gapura Mushola Pondok Pesantren Pak Soli
Image Credit: Google Maps (YASIN Chenel education)

Anak muda kekinian hingga orang dewasa kini memanglah sangat menggemari aktivitas berfoto. Di Kabupaten Ngawi terdapat sebuah gapura mushola yang unik dan sering dijadikan spot foto. Berada di Kecataman Gerih yang berjarak tak jauh dari pusat kota. Lokasi ini sangatlah instagramable untuk Anda yang hobi berfoto.

BACA:  20 Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dukuh Jubleg Desa Gerih, Gentong, Kec. Gerih, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

9. Air Terjun Srambang Ngawi

Air Terjun Srambang Ngawi
Image Credit: Instagram.com @fitria_685

Kabupaten Ngawi memang sudah terkenal dengan banyaknya wisata air terjun yang indah. Air Terjun Srambang yang berlokasi di Kecamatan Jogorogo Ngawi ini dapat ditempuh dengan jarak 25 kilometer dari pusat kota. Wisata ini merupakan salah satu yang memiliki lokasi tersembunyi.

Hutan pinus yang mengelilinginya merupakan salah satu keunikan wisata Air Terjun Srambang ini. Suasananya yang sunyi dan menyimpan udara sejuk sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Hutan Jogorogo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

10. Hutan Pinus Suwono

Hutan Pinus Suwono
Image Credit: Google Maps (Ikho Swie)

Anda yang menyukai petualangan sangatlah direkomendasikan untuk mengunjungi Hutan Pinus Suwono di daerah Ngawi ini. Karena Anda haruslah menempuh dengan berjalan kaki agar menemukan air terjun. Terdapat jalan setapak yang masih tanah berbatu serta sedikit menanjak. Tetapi tak akan rugi dengan suasana alamnya yang indah dengan dipenuhi hutan pinus dan air terjun semakin mempersejuk udara.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Punen, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

11. Museum Trinil

Museum Trinil
Image Credit: Google Maps (Benny Thama)

Wisata edukasi yang memiliki keindahan alam yaitu Museum Trinil di Ngawi sangatlah cocok menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Memiliki jarak sekitar 144 kilometer dari pusat kota yang berada di Kecamatan Kedunggalar.

Sebuah wisata yang memiliki keunikan dengan berbagai macam fosil manusia purba, DNA hewan serta tumbuh-tumbuhan yang juga menjadi targetan khusus para peneliti.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pilang, Wonokerto, Pilang, Kawu, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

12. Srambang Park

Srambang Park
Image Credit: Google Maps (Andi Ardhian)

Nuansa alam yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Ngawi tak dapat dipungkiri sangat banyak jumlahnya. Salah satunya yang menjadi list wisata terbaru dan hits di Ngawi ialah Srambang Park. Berlokasi di pegunungan dengan udara yang sejuk serta dilengkapi dengan air terjunnya yang menakjubkan.

Wisata alam di Ngawi ini merupakan sebuah taman yang dikonsep kekinian dengan gaya anak muda. Tetapi Anda yang ingin mendatangi wisata ini dengan keluarga pun tak masalah. Karena tempatnya memiliki banyak fasilitas yang cocok untuk merefresh dari berbagai kepenatan akan kegiatan keseharian Anda.

Bagi yang berjiwa petualang pun dapat datang dan menikmati penjelajahan yang cukup menarik di lokasi ini. Bahkan untuk yang hanya suka berfoto dengan gaya dan nuansa unik pun dapat mengunjungi wasata Srambang Park yang memiliki berbagai spot foto yang indah dan tak kalah dengan wisata lainnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Hutan Jogorogo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

13. Kerajinan Jati Gembol

Kerajinan Jati Gembol
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Ciri khas dari daerah Ngawi ialah kerajinan akar jati, yang kini sudah mulai punah dan hanya beberapa saja yang tersisa. Di Kecamatan Margomulyo dan Ngraho dapat Anda temukan puluhan pengrajin yang masih mempertahankan ciri khas dari daerah Ngawi ini yang cocok untuk Anda kunjungi apalagi untuk mencari oleh-oleh khas Ngawi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Kedungharjo, Kec. Mantingan, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

14. Pemandian Hargo Dumilah

Pemandian Hargo Dumilah
Image Credit: Google Maps (Andri Ragil)

Wisata pemandian yang memiliki pemandangan bernuansa keindahan alam ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota di Ngawi. Di pintu masuknya kita sudah disambut oleh banyak pepohonan jati yang rindang nan tinggi. Sangat cocok untuk Anda yang biasa menghilangkan penat dengan menikmati sejuknya alam.

BACA:  20 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa TimurJl. Ngrambe – Jogorogo, RT.01/RW.03, Sola, Setono, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

15. Waterboom Tirto Nirmolo

Waterboom Tirto Nirmolo
Image Credit: Instagram.com @soedhep_byo

Wahana pemandian yang lengkap di Ngawi ini memiliki luas sekitar 5 hektar yang memiliki berbagai fasilitas menarik. Bagi yang hobi berpergian dengan keluarga sangat direkomendasikan datang ke wisata Waterboom Tirto Nirmolo Ngawi ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

16. Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati
Image Credit: Instagram.com @sarkub_madiun

Anda yang memiliki ketertarikan lebih akan wisata yang bernuansa sejarah dan mistis, sangat direkomendasikan mengunjungi Pesanggrahan Srigati di Ngawi ini. Kisahnya tempat ini merupakan pesanggrahan Raja Brawijaya untuk keraton kerajaan makhluk gaib. Berlokasi di Kecamatan Paron Ngawi dengan jarak sekitar 12 meter dari pusat kota.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.27, Cabean Kidul, Ketanggi, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

17. Waduk Pondok

Waduk Pondok
Image Credit:  Google Maps (THORIQULA)

Wisata yang sudah dibangun pada tahun 1992 ini barulah rampung pada tahun 1997. Sebelumnya waduk ini berfungsi sebagai sarana perairan di tiga kacamatan di Kabupaten Ngawi. Lambat laun tempat ini dijadikan sebagai dinasti wisata karena keindahannya serta suasana sejuk nan syahdunya.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Pondok, Kec. Bringin, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

18. Taman Hutan Segawen

Taman Hutan Segawen
Image Credit: Google Maps (Apri Dwi Prasetyo)

Anda yang menyukai kesejukan alam dapat mengunjungi Taman Hutan Segawen di Ngawi. Sebuah taman hutan yang indah dengan nuansa alaminya yang dilengkapi berbagai konsep menarik dan kekinian ini. Memiliki luas sekitar 3 hektare dan terdapat beberapa gazebo, gardu panda hingga rumah pohon.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan Jogorogo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

19. Omah Watu

Omah Watu
Image Credit: Google Maps (Tri Sunanto)

Sebuah wisata alam yang berada di Kecamatan Ngrambe di Ngawi ini menjadi salah satu yang juga masuk dalam list wisata hist Ngawi. Merupakan bangunan dari batu atau watu yang disusun unik tanpa semen atau perekat. Daya tarik unik yang tak akan Anda dapatkan di tempat lainnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngroto, Ngendut, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

20. Wisata Watu Jonggol

Wisata Watu Jonggol
Image Credit: Facebook.com @suyabto.pandi

Masih berhubungan dengan watu atau batu, di Kabupaten Ngawi yang berada di kaki Gunung Lawu ini menjadi salah satu wisata yang direkomendasikan untuk membuang penat Anda. Sebuah batu besar yang tertutup tanah sebagian dengan difasilitasi kolam renang alami bersumber mata air yang segar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pandansari, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Refreshing sangatlah perlu dilakukan walau hanya sejenak saja. Karena otak dan tubuh manusia memanglah butuh sedikit break dari kerumitan aktivitas keseharian untuk menyegarkannya kembali. Dan beberapa tempat wisata favorit di Ngawi yang sudah diulas di atas dapatlah bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin merefresh sejenak.