Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Pacitan, Jawa Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Jawa Timur memang menyimpan potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang potensi wisatanya luar biasa adalah Pacitan. Anda bisa menemukan berbagai objek wisata alam yang mengagumkan di kabupaten ini. Dijuluki kota 1001 Goa, Anda bisa menemukan goa-goa cantik dan destinasi lainnya yang tak kalah memesona. Berikut deretan tempat wisata hits di Pacitan yang bisa dijadikan referensi terbaik untuk liburan Anda.

1. Sungai Maron

Sungai Maron
Image Credit: Google Maps (Nengah Kusumowardhani)

Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat Anda di Pacitan adalah Sungai Maron. Sungai ini memilki aliran yang begitu jernih juga tenang dengan airnya yang berwarna kehijauan. Anda bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu. Dijamin wisata satu ini akan membuat kegiatan liburan Anda di kota ini begitu berkesan.

Pemandangan hijau sekitarnya juga begitu eksotis, membuat indera penglihatan Anda dimanjakan. Sungai Maron tak hanya kondang di kalangan wisatawan nusantara, tetapi juga wisatawan mancanegara berbondong bondong menikmati keindahannya. Suasana yang asri dan pemandangan yang cantik sangat cocok untuk dijadikan tepat berburu foto cantik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maron, Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

2. Wisata Pinus Gemaharjo

Wisata Pinus Gemaharjo
Image Credit: Google Maps (Didit Wijanarko)

Di Pacitan Anda juga bisa menemukan hutan pinus yang menjadi tempat wisata paling hits. Hutan pinus memang selalu diburu oleh wisatawan, terutama kalangan muda yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Mengingat selain udaranya yang sejuk, umumnya wisata hutan pinus akan memiliki banyak spot foto yang cantik.

Deretan pohon pinus yang menjulang menjadikan panorama di sekitarnya memang sangat asri. Ditambah lagi dengan beberapa spot dan juga wahana yang akan membuat liburan semakin berkesan. Anda bisa bersantai di atas hammock sembari menikmati pemandangannya. Tidak hanya itu, gardu pandang juga bisa Anda jadikan spot swafoto.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaligondang, Gemaharjo, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

3. Gunung Lanang 2

Gunung Lanang 2
Image Credit: Google Maps (Fuad Jauhar Zuhri)

Untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, Anda bisa menjadikan Gunung Lanang 2 sebagai pilihan. Diberikan nama Gunung Lanang 2 bertujuan untuk membedakan namanya dengan nama gunung yang lainnya. Pemandangan alam yang ada di Gunung ini dijamin akan membuat indera penglihatan Anda dimanjakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mantren, Kebonagung, Wates, Mantren, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

4. Barong Wetan Candi Pringkuku

Barong Wetan Candi Pringkuku
Image Credit: Instagram.com @misbah.muniir

Layaknya Sungai Maron, Anda juga akan menemukan tempat yang serupa yakni Barong Wetan Candi Pringkuku. Destinasi wisata satu ini terbilang kondang beberapa waktu belakangan ini. Sungai yang warnanya kehijauan dengan pepohonan kelapa rindang di kanan kirinya membuat suasananya begitu asri.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Gresik yang Murah & Enak

Anda bisa mendayung perahu kecil dengan menggunakan tenaga Anda sendiri. Tentu saja hal ini akan memberikan pengalaman berbeda. Sekalipun harus mendayung sendiri, namun pemandangan yang ditawarkan akan menghapus semua lelah Anda. Anda juga bisa mengabadikan semua momen Anda untuk di unggah ke media sosial.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

5. Monumen Jendral Sudirman

Monumen Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps (Ikshan Dwnr)

Tidak hanya memiliki panorama yang mengagumkan, kota satu ini juga menyimpan wisata sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Monumen Jendral Sudirman masih menjadi destinasi yang hits di kalangan wisatawan sekalipun bukan tempat wisata baru. Seperti yang kita tahu, Jendral Sudirman adalah penyusun strategi pada saat perang Gerilya.

Monumen satu ini memiliki bangunan yang begitu unik dengan arsitektur order baru yang begitu mempesona. Bangunan ini juga memiliki nilai seni yang tinggi. Wajar jika banyak yang mengabadikan setiap momen dengan latar belakang bangunan monumen ini. Anda bisa bersantai di anak tangga atau di halaman monumen yang cukup luas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Monumen Sudirman, Menur, Pakisbaru, Kec. Nawangan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

6. Goa Gong

Goa Gong
Image Credit: Instagram.com @lahhfan

Karena Pacitan memiliki julukan sebagai kota 1000 goa, maka sayang rasanya jika Anda tidak mengunjungi goa goa cantiknya. Salah satu goa yang harus Anda kunjungi adalah Goa Gong. Goa satu ini terbilang populer di Pacitan dan menawarkan pesona yang luar biasa. Bahkan Goa Gong dinobatkan sebagai goa paling indah se Asia Tenggara.

Memiliki kedalaman sekitar 700 sampai 800 m, terdapat juga ruangan besar yang memiliki keunikan sendiri sendiri. Anda bisa menikmati stalakmit dan stalaktit yang mempesona. Apabila Anda memukul satu batu di dalam, maka akan mengeluarkan suara yang akan menggema di seluruh goa. Suaranya mirip Gong, untuk itu dikenal goa Gong.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Salam, Salam, Bomo, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan
Image Credit: Google Maps (Arif Sasono)

Goa yang selanjutnya juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Goa Tabuhan. Konon pada zaman dahulu, Goa ini dijadikan sebagai tempat bertapa para leluhur. Untuk itulah di dalamnya banyak nilai sejarah yang menarik untuk dipelajari. Memang goa ini terkenal dengan bunyi gamelan yang terbilang misterius dan justru menjadi daya tariknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Goa Tabuhan, Wareng Kidul 2, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

8. Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran
Image Credit: Facebook.com (Erwyn Kusuma)

Selain Goa Tabuhan dan Goa Gong, Anda juga bisa menjadikan Goa Luweng sebagai tujuan wisata di Pacitan selanjutnya. Goa satu ini tak kalah menakjubkan dan akan memberikan petualangan tak terlupakan. Bagaimana tidak, goa ini memiliki kedalaman sekitar 48000 meter menuju inti bumi. Inilah mengapa goa ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

9. Goa Song Terus

Goa Song Terus
Image Credit: Facebook.com @bima.ewon

Tempat wisata di Pacitan satu ini memiliki nuansa mistis yang begitu kental. Karena di dalam goa, Anda bisa menemukan fosil dari Mbah Sayem. Mbah Sayem sendiri merupakan salah satu orang paling tua di Indonesia dan memiliki usia 10.000 tahun. Sebenarnya, nama Mbah Sayem bukanlah nama asli, tetapi masyarakat sudah sepakat memberikan nama tersebut.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jombang Terbaru & Paling Hits

Goa yang berada di Kecamatan Punung ini, diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba. Tak heran jika tempat satu ini menjadi tujuan para arkeolog yang berasal dari berbagai daerah. Tak jauh dari Goa Song Terus, Anda akan menemukan Goa Song Keplek yang menjadi tempat bersemayam manusia purba dan banyak artefak yang bisa ditemukan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tabuan, Desa Wareng, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

10. Gunung Limo

Gunung Limo
Image Credit: Google Maps (Zainal Arifin)

Gunung Limo tak hanya menawarkan pesona alam yang luar biasa, tetapi juga menjadi menyimpan budaya yang masih terjaga. Setiap tahunnya, masyarakat Pacitan akan membersihkan desa. Dan untuk melakukan budaya ini, para juru kunci akan memimpin ritual serta menuruni Gunung Limo.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gunung ini, Anda nanti akan menemukan sebuah gerbang yang ukurannya begitu sempit. Bahkan Anda harus melewatinya dengan berjalan menyamping. Waktu paling pas untuk menikmati pesonanya adalah ketika pagi hari. Dimana Anda akan disuguhkan pesona sunrise menakjubkan dan udara yang sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mantren, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

11. Museum Geopark

Museum Geopark
Image Credit: Google Maps (fa thoni)

Apakah Anda ingin wisata museum di Pacitan? Jika iya maka Anda bisa menjadikan Museum Geopark sebagai tujuan. Di Museum Geopark Anda bisa mempelajari sejarah hingga hunting foto keren. Di dalam museum, ada berbagai jenis batuan yang akan menambah wawasan Anda. Agar lebih jelas, Anda bisa ditemani pemandu museum dalam memahami jenis jenis batuan yang baik.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Temon, Ploso, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

12. Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget
Image Credit: Google Maps (ivan fn)

Menghabiskan waktu di Pacitan, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pemandian Banyu Anget. Memang tempat satu ini bukanlah destinasi yang baru, tetapi tetap menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Pemandian Banyu Anget, memiliki sumber air panas alami yang berasal dari perbukitan kapur dan terbilang cukup kondang di Pacitan.

Beberapa kolam alami yang dihadirkan, akan menjadi tempat Anda bersantai dan membuat tubuh rileks. Suasana sekitarnya yang alami dengan pepohonan rindang memberikan udara sejuk yang menyegarkan. Anda bisa berendam air hangat sembari merilekskan otot tubuh sebelum melanjutkan perjalanan menjelajah tempat tempat wisata di Pacitan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Arjosari-Banyu Anget, Krajan RT.1/RW.2, Karangrejo, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

13. Mahoni Pacitan Indah

Mahoni Pacitan Indah
Image Credit: Google Maps (Iqbaal R. M)

Ingin berburu foto instagramable di Pacitan, maka Anda harus mengunjungi Mahoni Pacitan Indah. Destinasi satu ini kondang dengan hadirnya ayunan ekstrimnya. Ayunan ini memiliki panjang dan durasi yang lama. pemandangan alam sekitarnya juga mempesona, dipastikan wisata kekinian satu ini akan melepas semua penat Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

14. Jurug Gringsing

Jurug Gringsing
Image Credit: Instagram.com @fahmikafabih

Di Pacitan Anda juga bisa menemukan wisata curug yang begitu mempesona yaitu Jurug Gringsing. Air terjun berundak ini memiliki debit air yang terbilang deras. Air terjun satu ini sangat cocok untuk Anda berburu foto foto instagramable. Anda tetap bisa bermain air, tetap harus tetap berhati hati mengingat debitnya cukup tinggi.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Ploso, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

15. Kali Bomo

Kali Bomo
Image Credit: Instagram.com @indraiswanto84

Kali Bomo Pacitan mendapatkan julukan sebagai Seribu Air terjun. Hal ini air terjun yang jatuh di tebing tebingnya sangat banyak dan membentuk aliran sungai. Pemandangan alam Kali Bomo juga tak ada duanya. Tak heran jika destinasi ini terbilang hits sekalipun termasuk wisata alam yang masih tersembunyi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bomo, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

16. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur
Image Credit: Instagram.com @indraiswanto84

Di Grojogan Dhuwur Anda bisa menyaksikan 3 pesona alam sekaligus. Menikmati aliran sungai yang tenang dan jernih, air terjun megah dan juga goa yang tersembunyi di baliknya. Air terjunnya memang tak terlalu tinggi, tetapi airnya jatuh dari tiga sisi. Suasana destinasi wisata ini akan menenangkan hari sekaligus menghalau semua penat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kerok Kulon, Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

17. Pantai Taman

Pantai Taman
Image Credit: Google Maps (Khong Guan)

Tidak ketinggalan, Pacitan juga memiliki banyak pantai yang luar biasa. Pantai Taman membentang dari timur ke Barat. Di sini, Anda bisa menantang adrenalin dengan meluncur dari puncak tebing. Pantai Taman juga pantai yang sangat tepat untuk berburu sunset dan juga sunrise. Semakin lengkap, Anda juga bisa mendatangi penangkaran penyunya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hadiwarno, Ngadirojo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

18. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul
Image Credit: Instagram.com @willyu90

Pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni memiliki air terjun mini yang cantik. Pantai Ngandul memang termasuk pantai yang masih tersembunyi. Memang bukan pantai dengan pasir putih, karena terdiri dari tebing tebing yang menghadap ke laut. Secara visual, tampilan pantai ini akan membuat Anda terkagum kagum.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

19. Pantai Kasap

Pantai Kasap
Image Credit: Instagram.com @kasapbeach

Pantai Kasap bisa Anda jadikan sebagai tujuan untuk wisata bahari di Pacitan. Pantai Kasap memiliki deburan ombak yang lumayan deras dan juga pasir putih yang lembut. Yang paling istimewa, di pantai ini terdapat sebuah bukit. Dari atas bukit, Anda bisa menikmati pemandangan layaknya di Raja Ampat. Sangat cocok untuk berburu foto cantik dan juga sunset menawan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

20. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Google Maps (Aditya Kurniawan)

Untuk melengkapi perjalanan Anda di Pacitan, Anda bisa menjadikan Pantai Karang Bolong sebagai tujuan. Pantai satu ini masih satu garis pantai dengan Pantai Klayar. Dinamakan dengan Karang Bolong, karena Anda akan menemukan karang yang memang berlubang. Menariknya Anda juga bisa menemukan air terjun kecil yang bisa dilihat saat musim penghujan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika singgah di Pacitan. Beberapa wisata memang sudah ada sejak lama, tetapi hingga kini tidak kehilangan pamornya. Anda bisa menemukan wisata swafoto hingga pantai di kota satu ini. Berbagai wisatanya dijamin akan membuat Anda terhibur sekaligus menghempas semua penat di tengah aktivitas harian.