Tak hanya terkenal dengan rendangnya, kota Padang juga memiliki beragam tempat wisata menarik yang kaya pesona. Mulai dari wisata alam hingga wisata kekinian tersedia lengkap di Padang, Sumatera Barat.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Padang, rasanya tak lengkap jika anda mengunjung berbagai wisata unik dan menarik. Hal ini dikarenakan kota yang memiliki makanan khas yakni Nasi Padang ini memiliki sejuta pesona yang akan membuat anda terkagum.

Untuk itu, ketika anda masih bingung ingin mengunjungi tempat wisata yang seperti apa ketika di Padang, maka anda pun bisa menyimak beberapa rekomendasi tempat wisata hits di kota satu ini.

1. Green House Lezatta Bukittinggi

Green House Lezatta Bukittinggi
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat wisata hits, maka Green House Lezata adalah salah satu pilihan yang tepat. Disini, anda bisa menjelajah taman bunga yang sangat indah. Tak hanya unik saja, di tempat ini pun anda juga akan bisa untuk mendapatkan pengetahuan dan edukasi mengenai berbagai macam tumbuhan yang ada di destinasi ini.

Selain itu, bagi anda yang doyan berfoto, tersedia banyak spot foto untuk selfie yang bisa anda abadikan untuk dokumentasi atau kebutuhan sosial media.

Lokasi: Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh No.23, Lambah, Kec. Ampek Angkek, Kab.  Agam.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok
Image Credit: Pegipegi.com

Selain itu, bagi anda yang ingin mengunjungi patahan bumi yang eksotik maka anda pun bisa mampir ke Ngarai Sianok. Di lembah curam yang terletak di perbatasan Agam dan Bukittinggi ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona. Sehingga nantinya kontur alam yang sangat apik tersebut dapat menjadi latar untuk berfoto yang mengagumkan.

Tempat ini juga sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin bersantai atau sekedar menikmati sore Bersama orang tercinta.

Lokasi: Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

3. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image Credit: Kompas.com

Berada di jalur utama kota Padang dan Bukittinggi, membuat siapapun yang melewati jalur tersebut akan terpukau pada keindahan Air Terjun Lembah anai ini. Eksotisme yang dipancarkan oleh air terjun satu ini pun akan membuat anda ingin berhentu sejenak untuk mengabadikan momen.

Namun anda perlu ingat untuk berhati hati ketika ingin menikmatinya. Pasalnya, air terjun ini berada pada jalan yang padat lalu lintas.

Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.

4. Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Kompasiana.com

Jika di Air Terjun Lembah Anai, anda hanya bisa melihat keindahannya secara sekilas, maka di tempat satu ini anda pun bisa bercengkrama sembari menikmati pemandangan yang apik. Air terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan ini terdiri dari lima tingkat. Akan tetapi, hingga saat ini wisatawan hanya bisa mengunjunginya pada dua tingkat terbawah saja.

Meskipun hanya dua tingkat saja yang bisa untuk dinikmati, namun anda pun tetap akan dibuat terpana ole destinasi wisata satu ini. Hal ini dikarenakan nuansa yang eksotis akan bisa untuk anda rasakan. Air yang mengalir cukup deras dan mengenai bebatuan tebing tersebut akan terasa sangat memukau. Sehingga nantinya anda pun akan bisa melihat suatu pemandangan yang menakjubkan ketika berada disini.

Lokasi: Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan.

5. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang
Image Credit: Winnymarlina.com

Untuk anda yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian, maka Tabiang Takuruang menjadi salah satu tempat yang cocok untuk anda kunjungi. Tebing tinggi satu ini merupakan salah satu fenomena alam yang terbentu di masa silam. Dimana tebing ini membelah sungai menjadi dua bagian.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Selain itu, deretan perbukitan yang mengelilingi tebing satu ini pun menjadi pemandangan yang sangat eksotis untuk memanjakan mata.

Lokasi: Sianok Anam Suku, Kec. Iv Koto, Kab. Agam.

6. Kota Tua Padang

Kota Tua Padang
Image Credit: Harianhaluan.com

Jika di Jakarta, ada daerah yang bernama kota tua, maka ketika anda mengunjungi kota Padang pun juga akan mendapatkan hal tersebut. bagi anda yang menyukai suasana vintage maka Kota Tua Padang dapat menjadi salah satu spot andalan yang bisa untuk anda jelajahi. Selain itu, disini pun terdapat bangunan gaya tempo dulu yang tersebar di beberapa lokasi.

Dengan memiliki konsep lokasi yang unik, maka tak heran jika kawasan satu ini sering digunakan sebagai tempat untuk hunting foto. Bahkan tak jarang, anda pun akan bisa menemukan banyak pasangan melakukan sesi foto pre wedding di tempat satu ini. Kota Tua Padang sendiri juga menjadi salah satu wilayah cagar budaya yang akan dijaga terus kelestariannya.

Lokasi: Berok Nipah, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

7. Danau Singkarak

Danau Singkarak
Image Credit: Kabarnagari.com

Tertarik untuk melihat danau terluas di Sumatra Barat, maka anda pun bisa mengunjungi Danau Singkarak. Tempat satu ini pun memiliki lokasi yang cukup luas, sehingga membentang di dua kabupaten, yakni Padang Panjang dan Solok.

Karena memiliki panorama alam yang memukau maka destinasi ini pun sering kali menjadi venue untuk perhelatan olahraga balap sepeda internasional, yakni Tour de Singkarak.

Lokasi: Jl. Raya Pinggir Danau Singkarak Ombilin, Danau, Kec.  X Koto Singkarak, Kab. Solok.

8. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang
Image Credit: Mongabay.co.id

Untuk anda yang ingin melihat jembatan akar maka anda pun bisa mengunjungi jembatan akar bayang yang berada di daerah sekitar kota Padang ini. Oleh karena itu, anda pun bisa langsung untuk menuju ke pesisir selatan.

Nantinya, anda pun akan mendapati salah satu jembatan akar yang paling hits di indonesia. Tak hanya memiliki panorama yang eksotis saja, jembatan ini pun juga sangat instagenik sehingga cocok menjadi latar belakang foto bagi anda yang doyan selfie.

Lokasi: Puluik Puluik, Kec. IV Nagari Bayang Utara, Kab. Pesisir Selatan.

9. Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi
Image Credit: Bellvafom.com

Destinasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di padang adalah Air Terjun Langkuik Tinggi. Tempat wisata satu ini merupakan salah satu destinasi tersembunyi yang ada di Sumatera Barat. Di sini anda pun akan melihat kemegahan dan keaslian dari wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pemandangan yang memukau akan membuat anda menjadi tidak berkedip ketika melihatnya

Anda pun juga akan disuguhkan dengan 6 air terjun lain sebelum akhirnya menikmati air terjun utamanya. Ketika disini, anda pun akan dibuat terpukau ketika tiba di tempat satu ini. Bahkan, anda pun tidak bisa berkata-kata lagi karena keindahan alam yang ditawarkannya. Untuk itu, sayang sekali jika anda tidak berkunjung ke tempat wisata satu ini.

Lokasi: Malalak Barat, Kec. Malalak, Kab. Agam.

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau
Image Credit: Bataritours.com

Danau yang berada di Sumatera Barat ini hampir sama seperti Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Di mana Danau Maninjau juga merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari sebuah kaldera yang luas.

Ketika berada di destinasi wisata satu ini, maka anda pun akan mendapatkan panorama alam yang sangat cantik dan memukau. Ditambah lagi dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi: Jl. Bancah, Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam.

11. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam
Image Credit: Plesirankotatua.blogspot.com

Sumatra Barat dikenal memiliki banyak air terjun dengan pemandangan yang eksotis. Salah satunya adalah Air Terjun Lubuk Hitam. Dikenal dengan sebutan Aia Tajun TigoTingkek Lubuak Itam oleh warga lokal, maka anda pun akan mendapatkan sensasi tersendiri ketika mengunjungi tempat satu ini. Tak hanya memiliki pemandangan yang masih alami. Saat berada disini pun anda juga akan disuguhkan kesegaran air yang mengalir.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

Untuk itu, bagi anda yang hobi berfoto maka air terjun dengan tiga tingkat ini akan menjadi spot foto yang mengagumkan. Terlebih lagi, bagi anda yang mengambilnya dari sudut pandang tertentu. Maka anda pun nantinya akan bisa untuk mendapatkan hasil yang super eksotis. Tempat wisata satu ini pun juga cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk suasana kota yang menyesakkan.

Lokasi: Teluk Kabung Utara, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

12. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan
Image Credit: KSMTour.com

Bagi anda yang tidak takut ketinggian, maka anda pun pastinya akan menyukai destinasi wisata yakni Puncak Gagoan. Jika di Bandung anda mengenal Tebing Keraton, maka Puncak Gagoan ini bisa disebut dengan Tebing Keratonnya Padang. Meskipun tidak sama persis, namun tempat ini menghadirkan suasana yang tak kalah eksotis. Sehingga anda pun nantinya akan bisa untuk melihat perbukitan yang hijau.

Tak hanya itu saja, sejauh mata memandang maka anda pun juga akan bisa untuk melihat keindahan dari Danau Singkarak secara langsung dari ketinggian. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu hal yang sangat berkesan dan istimewa. Dari ketinggian tersebtut, maka anda nantinya akan bisa untuk mendapatkan latar belakang foto dengan pemandangan yang hjau memukau.

Lokasi: Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kab. Solok.

13. Ngalau Simarasok

Ngalau Simarasok
Image Credit: Youtube.com @LETRO’S Chanel

Terletak di daerah Jorong Simarosok, Agam maka goa ini menjadi destinasi yang bisa untuk anda kunjungi. Meskipun tersembunyi, Ngalau Simarasok termasuk salah satu jenis goa yang sangat mengesankan.

Destinasi wisata yang masih asri dan terjaga kealamiannya ini pun wajib menjadi daftar wisata yang harus anda kunjungi. Anda pun jangan sampai terlewat untuk berkunjung ke tempat satu ini.

Lokasi: Simarasok, Kec. Baso, Kab. Agam.

14. Wisata Alam Tonang

Wisata Alam Tonang
Image Credit: Paketwisatapadang.com

Untuk anda yang mencari tempat wisata dengan lokasi yang instagamable, maka wisata Alam Tonang menjadi destinasi yang tepat. Disini, anda pun bisa berselfie dengan latar belakang buga berwarna warni.

Tak hanya itu saja, di tempat satu ini juga terdapat spot lain yang bisa anda gnakan untuk berfoto. Wahana bermain yang tersedia di wisata satu ini pun juga menjadi salah satu hal yang akan membantu untuk meredakan stres anda.

Lokasi: Sundata, Kec. Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman.

15. Lawang Adventure Park

Lawang Adventure Park
Image Credit: Kidalnarsis.com

Spot asyik lain yang wajib untuk anda kunjungi ketika berada di Agam adalah Lawang Adventure Park. Tempat satu ini menjadi lokasi yang sangat pas bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan dari Danau Maninjau. Tak hanya memiliki spot yang pas pada ketinggian, anda pun juga bisa berlibur di tempat satu ini bersama keluarga.

Pasalnya, di Lawang Adeventure Park terdapat baragam wahana bermain yang sangat menyenangkan. Sehingga, tempat wisata ini pun sangat cocok bagi anda yang ingin melepas stres. Untuk anda yang ingin menikmati liburan singkat di akhir pekan maka destinasi wisata satu ini menjadi lokasi yang cocok untuk anda kunjungi, baik bersama keluarga maupun bersama pasangan dan sahabat anda.

Lokasi: Jl. Raya H. Asbial Syafei, Lawang, Kec. Matur, Kab. Agam.

16. Danau Biru, Sawahlunto

Danau Biru, Sawahlunto
Image Credit: Kapadang.blogspot.com

Menikmati pemandangan alam yang menawan, tentu saja akan menjadi daya tari tersendiri bagi anda. Terutama ketika anda sedang penat dan suntuk akan aktifitas kota yang cenderung padat. Maka melipir ke daerah pinggiran kota pun dapa menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa anda manfaatkan. Untuk anda yang berada di Padang dan sekitarnya, maka anda pun bisa mengisi waktu akhir pekan dengan mengunjung Danau Biru Sawahlunto.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Bekas galian tambang batu bara ini ternyata bisa berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang menawan. Pemandangan yang ditawatkan di danau ini pun akan membuat anda terkagum. Pasalnya, air biru yang nampak dari ketinggian akan sangat memukau mata anda. dengan memiliki panorama yang sangat keren ini, tentu saja akan membuat anda bisa menikmati dengan hati yang tenang. Jangan lupa, abadikan momen ini dengan membidik satu atau dua foto sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Tumpuak Tangah, Kec. Talawi, Kota Sawah Lunto.

17. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Ingin berlibur ke sebuah pulau saat berada di kota Padang? Maka hal tersebut tentu saja akan sangat mudah untuk anda lakukan. Untuk itu, anda pun bisa mengunjungi pulau Pamutusan yang menjadi destinasi wajib ketika berada disini. Wisata satu ini menawarkan keindahan spot spot yang cantik. Bahkan lanskap dari pulau ini pun sangat menngesankan. Sehingga tak heran, jika banyak wisatawan yang mulai melirik tempat satu ini.

Ada beragam kegiatan yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi Pulau Pamutusan. Mulai dari snorkeling di air laut yang jernih sembari ditemani ikan dan terumu karang yang cantik, anda pun juga bisa bersantai di pinggiran pantai. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi salah satu tempat healing terbaik yang bisa untuk anda kunjungi.

Lokasi: Pinang River, Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir  Selatan.

18. Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Goa Batu Kapal, Solok Selatan
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Mengunjungi goa yang memiliki gugusan stalaktk dan stalakmit yang nyentrik tentu saja dapat menjadi salah satu hal yang sayang untuk anda lewatkan. Untuk itu, bagi anda yang ingin menikmati sensasi menjelajah gua, maka anda pun bisa mengunjungi destinasi wisata nge hits yang ada di Sumatra Barat ini. Anda pun nantinya akan dibuat terpukau dengan wisata satu ini.

Terletak di wilayah perkebunan sawit terbesar yang ada di Sumatra Barat, tepatnya di Solok Selatan maka anda pun bisa menikmati pesona Goa Batu Kapal yang memukau. Dengan adanya stalaktik dan stalakmit pada dinding goa yag begitu mengesankan. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu daya tarik tersendiir bagi wisatawan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan.

19. Banto Royo

Banto Royo
Image Credit: Posmetropadang.co.id

Untuk anda yang ingin menikmati wisata unik, maka Banto Rayo adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Disini, anda pun akan menikmat sensasi berjalan di atas jembatan papan. Dimana nantinya anda akan mengelilingi perairan dan hutan bakau.

Memiliki nuansa yang asri dan natural, tentu saja tempat ini aan menjadi lokasi yang cocok untuk menenangkan diri. Anda pun bisa langsung untuk mengunjunginya di Wisata Banto Rayo Koto Tangah.

Lokasi: Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam.

20. Danau Kembar

Danau Kembar
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Tempat yang menyimpan pesona sert keunikan tersendiri menjadi salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi di Danau Kembar. Meskipun memiliki nama “kembar”, nyatanya danau ini pun tidak mirip sama sekali. Bahkan ketinggian dan juga kandungan airnya pun berbeda.

Namun, hal yang sama adalah danau ini menyimpan keindahan yang akan membuat anda terpukau. Untuk itu, anda jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Simpang Tanjung Nan IV, Kec. Danau Kembar, Kab. Solok.

Itulah rekomendasi tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika berada di Padang. Anda pun bisa berkunjung dan menghabiskan waktu untuk berlibur dengan orang orang tercinta. Bagi anda yang masih bingung untuk pergi liburan saat akhir pekan, maka tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi salah satu dari destinasi wisata tersebut. Hal ini tentu saja akan mampu untuk melepaskan penat dari kegiatan yang melelahkan.