Palu memiliki beragam tempat wisata menarik yang menawarkan keindahan memesona dan keunikan khas tanah Sulawesi Tengah. Anda dijamin betah dan tidak menyesal saat berkunjung untuk berlibur.

Pulau Sulawesi terdiri atas beberapa provinsi yang sempat mengalami pemecahan, sehingga semakin banyak jumlah provinsi di Indonesia. Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu, memiliki berbagai keindahan alam yang patut dikunjungi. Banyak objek wisata yang hits dan baru saja buka, sehingga saat ini dalam tahap menarik minat pengunjung.

Tidak hanya turis lokal, turis mancanegara juga sangat tertarik dengan pesona kota ini. Penasaran? Berikut ulasan 20 tempat wisata populer di Palu yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Jembatan Palu

Jembatan Palu
Image Credit: Wikipedia.org

Menjadi tempat yang sangat hits dan dikenal banyak orang, Jembatan Palu ini menyuguhkan panorama yang indah. Anda dapat menikmati sunset atau sunrise dengan pemandangan yang luar biasa. Jembatan yang berwarna kuning cerah ini dapat dikunjungi untuk melihat indahnya pegunungan di sebelah utara.

Tidak hanya itu, para wisatawan juga disuguhi berbagai wisata kuliner di sepanjang jembatan. Siapkan kamera Anda untuk berfoto foto di tempat indah ini.

Lokasi: Jembatan Palu IV, Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu.

2. Pantai Talise

Pantai Talise
Image Credit: Ameliaunni.wordpress.com

Letaknya sekitar 2 km ke arah utara kota Palu dengan pantai yang membentang hingga ke Donggala. Panorama yang disuguhkan kepada para pengunjung, yaitu keindahan teluk yang eksotis dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Paduan keduanya membuat para pengunjung betah untuk berlama lama di destinasi wisata ini. Letaknya yang cukup tenang membuat wisatawan sangat betah terutama bagi yang mencari tempat untuk menyepi dari perkotaan.

Lokasi: Jl. Cut Mutia, Besusu Barat, Kec. Palu Timur, Kab. Donggala.

3. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Tanjung Karang ini membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan darat. Ada dua pilihan alternatif kendaraan untuk menuju pantai indah ini, yaitu kendaraan roda dua atau dengan mobil dari pusat kota Palu.

Dalam perjalanan, Anda akan disuguhi keindahan pasir putih dan air laut yang biru serta jernih. Paduan keduanya cukup memanjakan mata, sehingga sejak perjalanan pun sudah sangat menyenangkan. Tidak ada kata sepi untuk pantai yang indah ini.

Lokasi: Desa Tanjung Karang, Labuan Bajo, Kec. Banawa, Kab. Donggala.

4. Pulau Lutungan

Pulau Lutungan
Image Credit: Lanatawil.blogspot.co.id

Jika Anda pecinta wisata bahari, tentu akan menyukai wisata ini karena memiliki keindahan terumbu karang dengan aneka jenis ikan serta pemandangan yang indah. Pasir putih dan air yang jernih membuat pulau ini wajib Anda kunjungi saat ke kota Tadulako ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Paling Populer

Anda tidak hanya disuguhi keindahan pantai, tetapi juga dapat mengunjungi makan raja Toli Toli yang bernama Syaefudin Bantilan. Kentalnya mitos di tempat ini, wisata ziarah makam masih sangat ramai.

Lokasi: Nalu, Kec. Baolan, Kab. Tolitoli.

5. Pulau Pasoso

Pulau Pasoso
Image Credit: Wikimapia.org

Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki bentang alam yang sangat beragam, sehingga banyak destinasi alam yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya Pulau Pasoso yang terkenal dengan populasi penyu hijau, sehingga menarik minat banyak turis.

Pulau yang tidak terlalu luas ini ada di Kabupaten Donggala dengan keindahan yang sangat lengkap. Anda dapat menikmati sunrise dan sunset yang menawan, pantai pasir putih dengan pohon kelapa serta laut yang jernih.

Lokasi: Manimbaya, Kec. Tanjung Balaesang, Kab. Donggala.

6. Pusentasi

Pusentasi
Image Credit: Travelingyuk.com

Sebenarnya, pusentasi adalah sumur raksasa yang terbentuk secara alami dengan diameter 10 meter dan kedalaman 7 meter. Disebut pusentasi karena air yang ada di dalamnya terasa asin dan berwarna jernih seperti air laut. Tempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata dengan keindahan alam yang mampu menghipnotis wisatawan.

Anda dapat berenang di dalamnya, tetapi harus memiliki keahlian khusus. Mitosnya air di pusentasi dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi: Desa Towale, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala.

7. Monumen Nosarara Nosabatutu

Monumen Nosarara Nosabatutu
Image Credit: Republika.co.id

Monumen yang menjadi destinasi wisata ini berdiri megah berlantai 3 di kompleks seluas 800 meter persegi. Menariknya, di bagian atas bangunan ada sebuah tugu perdamaian yang jadi suatu simbol persaudaraan.

Adanya tugu ini sebagai pemersatu masyarakat Sulawesi Tengah yang terdiri atas berbagai suku dan agama agar dapat saling menghargai. Dengan begitu, para penduduk Palu dapat hidup damai dan sejahtera tanpa ada konflik antar masyarakat.

Lokasi: Tondo, Kec. Palu Timur, Kota Palu.

8. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu
Image Credit: KSMTour.com

Satwa endemik maleo membutuhkan tempat penangkaran agar dapat hidup dengan baik. Oleh karena itu, dikelola dengan baik agar dapat menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara oleh pengelola TNLL.

Kedua destinasi ini menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi saat ke Kota Tadulako agar dapat menikmati indahnya wisata alam khas Sulawesi. Panorama yang disuguhkan kepada wisatawan sangat memanjakan mata dan sarananya sangat memadai.

Lokasi: Desa Saluki, Kec. Gumbasa, Kab. Sigi.

9. Danau Lewuto

Danau Lewuto
Image Credit: Mytrip123.com

Palu adalah salah satu kota yang dilewati oleh garis khatulistiwa, sehingga suasana dan alamnya sangat berbeda. Uniknya, kota ini memiliki lima dimensi yang dapat dijadikan objek destinasi menarik yaitu teluk, lembah, pegunungan, lautan, dan sungai.

Danau Lewuto ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Perkembangan wisatanya cukup baik, sehingga dapat Anda jajal saat bertandang ke kota yang dijuluki kota Tadulako ini.

Lokasi: Desa Saluki, Kec. Gumbasa, Kab. Sigi.

10. Gunung Gawalise

Gunung Gawalise
Image Credit: Indrahermawan99.blogspot.com

Apabila Anda pendaki yang tertarik dengan keindahan alam liar dan flora serta fauna, gunung satu ini sangat cocok. Berada di ketinggian 2.023 di atas permukaan laut dan treknya cukup menantang, sehingga dapat Anda masukkan ke dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Paling Populer

Tidak hanya pendakian, Anda juga bisa melihat hamparan bunga edelweiss yang cantik, dapat pengalaman petualangan yang tidak kalah epik, dan lokasi wisata yang indah tentunya.

Lokasi: Silae, Kec. Ulujadi,  Kota Palu.

11. Kepulauan Togean

Kepulauan Togean
Image Credit: Rhomandeef.com

Indonesia memiliki teluk terbesar di Sulawesi Tengah ditambah dengan adanya pulau yang sangat indah. Pulau Togean ini telah masuk dalam kawasan Taman Nasional sejak tahun 2004. Keindahan yang ditawarkan, antara lain terumbu karang tempat tinggalnya berbagai flora dan fauna, aneka biota laut yang langka serta dilindungi.

Di tempat wisata ini, Anda dapat melihat empat tipe terumbu karang, yaitu karang tepi, karang penghalang, karang tompok, dan karang cincin.

Lokasi: Kololio, Kec. Togean, Kab. Tojo Una-Una.

12. Gunung Matantimali

Gunung Matantimali
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pecinta pesona keindahan matahari terbit wajib memasukkan Gunung Matantimali sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Gunung ini berada di Kabupaten Sigi dengan daya tarik yang sangat unik karena puncaknya menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Keindahan alam yang ditawarkan mampu menarik minat turis lokal maupun asing. Waktu terbaik untuk menikmati ketenangan di sini, yaitu di sore hari sambil menunggu datangnya malam.

Lokasi: Desa Matantimali, Kec. Marawola Barat, Kab. Sigi.

13. Wisata Souraja

Wisata Souraja
Image Credit: Kalimat.id

Wisata sejarah selalu menarik untuk merasakan atmosfer di masa lampau, sehingga Souraja jadi destinasi terbaik di kota Tadulako yang dapat Anda kunjungi. Rumah raja ini memberikan Anda pengalaman berharga yang tidak terlupakan, yaitu merasakan menghuni rumah raja yang memerintah secara lokal di sini.

Rumah tersebut dibuat dari kayu ulin dan bayam dengan atap yang berbentuk segitiga. Wisata ini sangat menarik, sehingga banyak dikunjungi masyarakat.

Lokasi: Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu.

14. Museum Sulawesi Tengah

Image Credit: Indonesiakaya.com

Museum sering kali diasosiasikan sebagai wisata yang kurang menarik, sehingga sepi turis. Padahal mengunjungi museum dapat menjadikan manusia sadar akan identitas bangsanya. Di museum Sulawesi Tengah ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi gajah purba dan berbagai dokumentasi masyarakat di masa silam.

Tidak hanya itu, salah satu tempat untuk edukasi ini juga memberikan pengetahuan sejarah dan budaya Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah.

Lokasi: Jl. Kemiri No. 23, Kamonji, Kec. Palu Barat, Kota Palu.

15. Wisata Danau Poso

Wisata Danau Poso
Image Credit: Kayanatourguide.wordpress.com

Ingin mengunjungi salah satu ikon wisata di kota Tadulako? Anda dapat pergi ke danau poso yang menawarkan berbagai keindahan, seperti ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, wisata ini juga menjadi tempat yang tepat untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang memesona.

Hal yang menarik, tempat ini memiliki pegunungan, danau besar, dan air terjun bertingkat dengan situs megalitikum yang masih kurang dieksplore sehingga banyak orang yang tidak tahu.

Lokasi: Jl. Trans Sulawesi, Taipa, Kec. Pamona Barat, Kab. Poso.

16. Cagar Alam Morowali

Cagar Alam Morowali
Image Credit: Beritalingkungan.com

Binatang yang langka wajib dilindungi agar keberadaannya terus terjaga serta hidup di habitat aslinya. Oleh karena itu, cagar alam Morowali dijaga kelestariannya agar beberapa hewan langka dapat bertahan hidup. Hewan yang hidup di tempat ini, antara lain maleo, kelelawar terkecil di dunia, anoa, babi rusa, dan masih banyak lain.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Paling Populer

Para wisatawan dapat berkunjung dan melihat secara langsung, tetapi harus tetap menjaga lingkungan dan tidak merusak flora atau fauna.

Lokasi: Desa Kea-kea, Kec. Bungku Utara, Kab. Morowali Utara.

17. Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri
Image Credit: Wisatabagus.blogspot.com

Sulawesi terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa dan ekosistem laut yang sangat kaya. Tidak heran, di pulau yang cukup besar ini banyak destinasi wisata terkait dengan pulau yang sangat indah. Selain pulau togean, Sulawesi Tengah juga masih memiliki Pulau Kadidiri dengan keindahan bawah laut yang wajib dikunjungi.

Tidak hanya itu, pantainya sangat memesona, air laut yang jernih, dan wisata bahari yang eksotik. Inilah yang membuat pantai ini ramai turis.

Lokasi: Tanjung Pude, Kec. Una-Una, Kab. Tojo Una-Una.

18. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa
Image Credit: Telusuriindonesia.com

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kota Palu merupakan wilayah dengan lima dimensi. Oleh karena itu, banyak destinasi wisata menarik dengan keindahan alam yang beraneka warna. Air Terjun Saluopa ini menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi karena memiliki air jernih dan pemandangan yang indah.

Sebelum berlibur ke tempat ini, pastikan tubuh dalam kondisi yang prima karena membutuhkan perjalanan dengan jalan kaki yang cukup panjang.

Lokasi: Leboni, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso.

19. Masjid Arkham Babu Rahman

Masjid Arkham Babu Rahman
Image Credit: Kompas.com

Apabila Anda berlibur ke pulau Talise, sempatkan untuk berwisata religi ke Masjib Arkham Babu Rahman. Masjid ini dulunya dibangun untuk menghilangkan kebiasaan melakukan maksiat yang dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar.

Uniknya, masjid ini dibuat terapung di atas perairan dan ditambah dengan jembatan yang menghubungkan masjid dengan dataran atau jalan. Saat ini, masjid ini tengah dalam masa renovasi akibat tsunami beberapa waktu lalu.

Lokasi: Jl. Cumi Cumi, Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu.

20. Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala
Image Credit: Kaskus.co.id

Destinasi wisata satu ini sangat menarik untuk Anda kunjungi, tetapi butuh jarak tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota. Wisata satu ini memiliki lebar kurang lebih 10 meter dengan kedalaman yang cukup. Lokasinya berada di Donggala dan cukup jauh dari laut, tetapi air sumur ini terasa asin.

Pasang surut dari pusat laut ini mengikuti air laut, sehingga sewaktu waktu dapat berubah. Yang menarik, air yang ada di dalam sumur ini selalu bening pada kondisi dan musim apapun.

Lokasi: Towale, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Palu yang bisa dimasukkan ke tujuan liburan Anda selanjutnya. Ibukota provinsi yang disebut kota Tadulako ini memiliki keindahan alam yang sangat kaya, tetapi beberapa masih tersembunyi. Berada di garis khatulistiwa dan memiliki lima dimensi yang berbeda, sehingga banyak destinasi alam yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari lautan, teluk, sungai, lembah, dan pegunungan dengan pesona alam yang berbeda beda. Anda dapat menikmati sunrise, sunset, bahkan ketenangan dari hiruk pikuk kota. Manakah yang sudah Anda kunjungi?