Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Pandeglang, Banten. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Pulau Jawa memang memiliki banyak hal yang bisa untuk Anda jelajahi. Salah satunya adalah berwisata ke daerah Pandeglang. Terletak di ujung barat Pulau Jawa, daerah ini menyimpan berbagai destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pulau yang indah hingga penangkaran badak wajib untuk Anda jelajahi saat liburan.

Berada di Pandeglang, Anda nantinya akan bisa menikmati keindahan alam sambil merefresh pikiran. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik di Pandeglang yang bisa Anda pilih.

1. Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi
Image Credit: Instagram.com @turalakleuwibumi

Wisata pertama yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pandeglang adalah Curug Leuwi Bumi. Air terjun satu ini memiliki panorama yang sangat indah. Ditambah dengan hutannya yang masih asri dan terjaga, akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di tempat ini ketika akhir pekan.

Keunikan yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat ini adalah curugnya yang memiliki panorama layaknya sungai. Akan tetapi, hal yang membedakannya adalah air terjun ini mempunyai sumber mata air yang berbeda beda. Dengan alirannya yang cukup deras akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berpetualang.

Lokasi: Desa Ramea, Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang.

2. Curug Gendang

Curug Gendang
Image Credit: Instagram.com @curugputricarita

Belum puas menjelajah Curug Leuwi Bumi, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Curug Gendang. Destinasi satu ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat. Gemericik air yang ada di lokasi ini akan membuat Anda betah menghabiskan waktu berlama lama.

Lokasi: Desa Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

3. Curug Kembar Ciajeng

Curug Kembar Ciajeng
Image Credit: Instagram.com @fahmijakoci

Senang berkunjung ke air terjun? Maka bertandang ke Pandeglang adalah jawaban yang tepat. Hal ini dikarenakan Anda akan bisa menemukan banyak sekali curug dengan menyajikan pemandangan yang masih sangat alami, sebut saja seperti Curug Kembar Ciajeng.

Dengan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, Anda nantinya akan disuguhkan dengan panorama air terjun yang berbeda. Curug satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni adanya dua air terjun yang memiliki letak bersebelahan. Bahkan untuk ketinggiannya sendiri pun serupa.

Lokasi: Cinoyong, Kec. Carita, Kab, Pandeglang.

4. Kadujangkung Pandeglang

Image Credit: Instagram.com @wulaaandareh

Kadujangkung Pandeglang menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda singgahi. Tempat wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto. Sebab, pohon pohon rindang yang berjejer akan menjadi latang belakang yang sangat bagus untuk foto Anda. Selain itu, tempatnya yang masih belum banyak diketahui oleh orang, membuatnya masih sangat sepi pengunjung.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Pandeglang yang Paling Populer

Lokasi: Desa Kadujangkung, Kec. Mekarjaya, Kab. Pandeglang.

5. Pantai Cipenyu

Pantai Cipenyu
Image Credit: Google Maps (Paulus Sumaryanto)

Berada di Pandeglang, Anda juga bisa untuk berlibur di pantai. Hal ini dikarenakan banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cipenyu yang memiliki panorama indah nan eksotis. Bahkan saat berada disini, Anda juga akan disuguhkan pemandangan Gunung Krakatau yang sangat mempesona.

Lokasi: Tanjungjaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

6. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Google Maps (cep budhi darma)

Belum puas bermain pasir di Pantai Cipenyu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Lengsung. Memiliki pasir putih dan birunya air laut akan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan disini. Pastinya Anda akan betah dan sangat terpukau dengan indahnya lukisan alam di destinasi ini.

Bahkan bagi Anda yang suka berfoto, Pantai Tanjung Lengsung memiliki beberapa spot foto kekinian yang bisa Anda coba. Untuk bisa sampai kesini, Anda juga tidak perlu untuk membutuhkan usaha yang keras. Sebab, aksesnya yang mudah dan hanya dibutuhkan sedikit berjalan kaki, Anda sudah bisa menikmati keindahannya.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

7. Pantai Badul

Pantai Badul
Image Credit: Tribunnews.com

Apabila Anda berada di Taman Nasional Ujung Kulon, sempatkan untuk mampir ke Pantai Badul. Sebab, wisata satu ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat nyaman digunakan untuk bermain maupun bersantai. Dengan memiliki ombak yang tidak terlalu besar, maka Anda akan lebih nyaman untuk bermain air di tepi pantai.

Lokasi: Pulai Badul, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

8. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum
Image Credit: Google Maps (arvan yustiansyah)

Masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, Anda bisa mengunjungi Pulau Handeuleum sebagai destinasi liburan selanjutnya. Disini, Anda bisa menemukan pantai yang sangat eksotis. Memiliki lahan yang cukup luas yakni sekitar 220 hektar, Anda juga akan disuguhkan dengan tanaman bakau yang mengelilinginya.

Keindahan alam yang ada di pulau ini juga akan membuat Anda terpana. Selain itu, Anda juga akan menemukan spesies rusa dan Anda juga perlu berhati hati akan adanya ular phyton ketika berada disini. Namun, Anda tetap bisa menikmati indahnya sekeliling pulau dengan menggunakan perahu sampan.

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

9. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan
Image Credit: Google Maps (OCKY FAUZIAN)

Pulau lain yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Pandeglang adalah Pulau Panaitan. Pulau ini memiliki jembatan yang membentang sepanjang pantai. Dengan keindahan yangg dimilikinya, maka hal tersebut membuat banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini setiap tahunnya.

Disini, Anda juga akan bisa menemukan batu karang yang sangat indah. Keberadaan pantai yang eksotis juga akan membuat Anda betah untuk berlama lama menghabiskan waktu di tempat satu ini. Anda juga bisa bermain di pesisir pantai sembari menunggu matahari terbenam. Pemandangan yang sangat menakjubkan bukan?

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

10. Pulau Peucang

Pulau Peucang
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pulau Peucang menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pandeglang. Pulau ini menyuguhkan indahnya air laut yang jernih, hamparan pasir putih dan berkilau terkena terik matahari dan hembusan angin sepoi sepoi ketika bersantai di pinggir pantai.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pandeglang yang Murah & Enak

Selain memiliki bentang alam yang mempesona, berada disini Anda akan dibuat terpana akan pemandangan alam yang ada di sekitar. Ditambah lagi dengan adanya fauna yang mendiami pulau satu ini. Diantaranya seperti rusa dan juga monyet ekor panjang bisa Anda temui disini.

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

11. Pulau Dua

Pulau Dua
Image Credit: Bantennews.co.id

Berwisata ke pulau yang ada di Pandeglang pastinya tak akan membuat Anda bosan. Sebab kawasan yang memiliki luas 30 hektar ini merupakan cagar alam yang melindungi berbagai macam jenis burung. Tak hanya burung saja, pulau ini juga mempunyai vegetasi hutan bakau. Serta tumbuhan hutan tropis yang menjadi ekosistem dari pulau satu ini.

Lokasi: Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

12. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
Image Credit: Instagram.com @deenataliaa

Taman Nasional Ujung Kulon tampaknya menjadi primadona yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Pandeglang. Pasalnya, tempat ini menjadi lokasi untuk perkembangbiakan badak Jawa yang hampir punah. Terdapat sekitar 67 ekor badak yang ada di tempat konservasi satu ini. Untuk Anda yang ingin berkunjung, tak perlu khawatir karena keamanan di tempat satu ini sangat terjaga.

Lokasi: Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

13. Gunung Karang

Gunung Karang
Image Credit: Instagram.com @arifitrian

Bagi Anda yang hobi mendaki, maka Gunung Karang dapat menjadi salah satu wisata yang dicoba. Dengan memiliki ketinggian 1778 mdpl, gunung ini akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan untuk Anda nikmati. Anda pun bisa berkemah dan menyaksikan indahnya matahari terbit saat berada disini.

Lokasi: Saninten, Kec. Kaduhejo, Kab. Pandeglang.

14. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter
Image Credit: Instagram.com @budichexo

Sungai Cigenter juga menjadi destinasi yang bisa Anda singgahi. Sebab, sungai satu ini akan menyajikan panorama alam yang sangat indah. Suasananya yang masih asri akan membuat Anda betah berada disini. Anda pun juga akan disuguhkan dengan suasana sungai tengah hutan yang bisa Anda jelajahi dengan menggunakan perahu kayu.

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

15. Cikoromoy

Cikoromoy
Image Credit: Instagram.com @sepotongcerita1

Cikoromoy menjadi pemandian dengan sumber mata air murni yang bisa ditemui di Pandeglang. Sejak dibukanya tahun 2015, wisata ini tak pernah sepi pengunjungi. Pasalnya, wisata ini sering digunakan untuk berwisata dan juga tempat untuk berobat. Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, pilihlah waktu yang tepat agar tidak ramai pengunjung.

Lokasi: Lebak, Kec. Munjul, Kab. Pandeglang.

16. Waterpark Cikole

Waterpark Cikole
Image Credit: Google Maps (CAS Water Park Cikole)

Bermain wahana air yang menyenangkan bersama si kecil di akhir pekan, sudah pasti Anda harus mengunjungi Waterpark Cikole. Tempat satu ini memiliki beragam permainan air dan fasilitas yang lengkap guna menunjang kebutuhan Anda. Berada tak jauh dari pusat kota membuatnya ramai dikunjungi wisatawan ketika libur tiba.

Lokasi: Jl. AMD Lintas Timur Cikole, Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

17. Curug Putri Tahura

Curug Putri Tahura
Image Credit: Instagram.com @teguh.s_fotografi

Salah satu curug lain yang bisa Anda kunjungi di Pandeglang adalah Curug Putri Tahura. Sering kali disebut dengan Little Green Canyon, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan saat berada disini. Mulai dari aliran sungai yang diapit dengan tebing batu raksasa membuat suasana menjadi lebih eksotis.

BACA:  12 Wisata Kuliner di Tangerang yang Murah & Enak

Kekaguman Anda pun akan menjadi bertambah setelah melihat airnya yang memiliki gradasi warna yang sangat cantik, yakni putih dan hijau. Di samping itu, bentang alam berupa tebing yang ditumbuhi beragam flora dan rumput yang menghijau akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

18. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari
Image Credit: Instagram.com @visitpandeglang

Selain mendaki Gunung Karang, Anda juga bisa untuk menjelajahi Gunung Pulosari. Gunung satu ini memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding dengan Gunung Karang yakni hanya 1346 mdpl. Untuk Anda yang ingin mendaki, maka nantinya Anda bisa berkemah di kawasan ini dalam waktu 1 hingga 2 hari.

Keindahan alam yang ada di Gunung Pulosari memang tak perlu diragukan lagi. Anda akan berada di puncak yang memiliki pemandangan menawan. Ditambah lagi bentang alam yang ada di sekitarnya akan membuat Anda terperanjat. Berada disini, Anda nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan sunrise yang sangat mempesona.

Lokasi: Gunung Pulosari, Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang.

19. Pulau Umang

Pulau Umang
Image Credit: Instagram.com @visitpandeglang

Pulau lain yang tak kalah memiliki panorama indah di Pandeglang adalah Pulau Umang. Suasana yang sejuk dan panorama alam yang sangat indah bisa Anda nikmati ketika berada sini. Selain itu, wisatawan juga akan diberikan fasilitas yang cukup lengkap dan eksklusif ketika Anda berwisata disini.

Apabila Anda ingin berkunjung kesini, maka akses yang harus Anda tempuh pun juga cukup memadai. Sebab, jalanan menuju ke Pulau Umang juga sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Disini Anda pun akan bisa menemukan cottage dan rumah makan. Selain itu, area untuk melakukan permainan dan olahraga air juga tersedia di pulau ini.

Lokasi: Desa Sumberjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

20. Pantai Carita

Pantai Carita
Image Credit: Instagram.com @arin_outletkalila

Destinasi terakhir yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Pandeglang adalah Pantai Carita. Saat berada di kawasan ini pastikan untuk mengunjungi tempat ini. Sebab, terletak di pesisir barat dan langsung berhadapan dengan selat Sunda akan membuat Anda menemukan pantai dengan tepi yang cukup landai.

Ditambah lagi dengan ombaknya yang tidak terlalu besar akan membuat Anda lebih aman untuk bermain di tepi pantai. Disini, Anda akan bisa bermain air dan juga bersantai di tepi pantai. Ketika sore hari, Anda juga jangan terburu buru untuk beranjak. Pasalnya indahnya matahari tenggelam akan menambah suasana semakin romantis.

Lokasi: Pantai Carita, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

Objek wisata yang ada di Pandeglang memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Hal tersebut dikarenakan Anda akan bisa menemukan pantai dan gunung sekaligus. Ditambah lagi dengan banyaknya curug yang ada disini akan membuat liburan Anda semakin bervariasi. Untuk itu, jangan sampai melewatkan wisata di daerah satu ini.