Inilah list rekomendasi tempat wisata di Parepare, Sulawesi Selatan. Objek wisata alam terindah hingga menumen bersejarah menarik untuk dikunjungi untuk liburan yang lebih berkesan.

Parepare salah satu kota yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika Anda berjalan jalan di kota ini, tidak lengkap rasanya tanpa turut serta mengunjungi tempat wisata terbaru dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, berbagai destinasi yang memiliki panorama indah dan memanjakan mata bisa Anda temukan di kota ini. Penasaran dengan aneka ragam tempat wisatanya? Berikut daftar tempat wisata hits di Kota Parepare yang bisa Anda pilih.

1. Pales Teduh

Pales Teduh
Image Credit: Google Maps (Irfan Gusrianto)

Tempat wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Pales Teduh. Sejak pertama buka, cafe daerah Kelapa Gading ini telah menyita perhatian pengunjung. bagaimana tidak, mulai dari meja dan kursi uniknya yang berasal dari ranting pohon, hingga pesona desain arsitekturnya yang didominasi kayu, tentunya sangat instagramable.

Menu makanan yang ditawarkan juga beragam dengan varian harga yang pastinya ramah dikantong. Mulai dari kisaran harga 15 ribu hingga 25 ribu saja, Anda pun akan dimanjakan dengan sajiannya yang menggoyang lidah. Kelezatan makanan di cafe Pales Teduh ini tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bambu Runcing, Bumi Harapan, Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Lumpue

Pantai Lumpue
Image Credit: Google Maps (Anthoni Kania)

Jika Anda senang dengan pemandangan pantai, berkunjung ke Parepare tidak akan lengkap tanpa singgah di Pantai Lumpue. Anda bisa memanjakan diri dengan menikmati hamparan laut yang sangat jernih, pasir putih yang bersih, sekaligus pinggiran pantai yang masih terjaga dengan baik keasriannya.

Aktivitas yang bisa dilakukan pada Pantai Lumpue diantaranya seperti berenang, menyelam, bermain air, atau hanya bersantai di pinggir pantai. Pantai indah ini bisa Anda temui di Kecamatan Bacukiki Barat dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, yakni hanya berkisar 2 ribu per orang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lumpue, Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

3. Kawasan Hastom

Kawasan Hastom
Image Credit: Facebook.com @Qoer.Evans.Niady

Kata Hastom memiliki kepanjangan dari Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Baso Daeng Patompo yang berada di Parepare. Masyarakat menyebutnya Hastom karena kedua jalan tersebut memang bersambung. Kawasan Hastom dijadikan sebagai area wisata sebab merupakan pusat perekonomian dari masyarakat Parepare setempat.

Kawasan Hastom membentang luas mulai dari area persimpangan Masjid Raya, hingga pada bagian Hotel Siswa. Di kawasan ini juga terdapat restoran seafood dan chinese food yang terkenal dan wajib untuk dicicipi oleh para pengunjung. Tertarik untuk menikmati liburan disini? Pastikan Anda membawa kamera agar momen liburan Anda bisa diabadikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pinggir Laut, pasar senggol, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

4. Pasar Senggol

Pasar Senggol
Image Credit: Google Maps (NArso Reni)

Apabila Anda sebelumnya telah berkunjung ke Kawasan Hastom, pasti Anda juga akan menemui Pasar Senggol yang cukup terkenal. Tempat ini umumnya terkenal sebagai tempat untuk mencari pakaian bekas yang pastinya masih bagus serta layak dipakai. Tidak perlu khawatir dengan kualitasnya, sebab di pasar ini menawarkan kualitas pakaian yang tinggi.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

Tidak hanya menjual pakaian saja, Pasar Senggol di daerah Ujung Sabbang ini juga menjual berbagai merk sepatu dengan brand terkenal. Berbicara terkait harga, berbagai macam produk yang ditawarkan memiliki harga standar dan terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang diberikan oleh para pedagang Pasar Senggol ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

5. Sungai Ladoma

Sungai Ladoma
Image Credit: Google Maps (Agus Irianto)

Berlokasi di daerah WT Bacukiki, Sungai Ladoma tidak boleh Anda lupakan sebagai tempat berwisata di Parepare. Pasalnya, tempat ini tidak hanya memberikan keindahan alam yang mempesona dan memanjakan mata, namun juga menyuguhkan banyak kegiatan menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang ke Sungai Ladoma.

Diantaranya seperti berendam di sungai yang sangat jernih, sembari menikmati keindahan dan juga kesegaran yang diberikan oleh area sekitar Sungai Ladoma. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba mengendarai ATV, menguji adrenalin dengan naik flying fox, serta bermain soft gun yang bisa dilakukan bersama keluarga ataupun teman terdekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. WT. Bacukiki, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

6. Waterboom

Waterboom
Image Credit: Google Maps (Masangka Unga)

Wahana permainan air pastinya menjadi destinasi wisata yang diminati oleh semua kalangan. Dengan berbagai permainan yang seru dan mengasyikkan, Anda bisa mengajak sanak keluarga untuk ikut menikmati liburan bersama di waterboom yang berada di Parepare ini. Anda bisa singgah sejenak untuk mengisi liburan dikala akhir pekan.

Untuk menikmati waterboom yang seru dan berbagai permainan yang bisa dicoba, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Yaitu kisaran harga 25 ribu setiap orangnya. Harga yang murah bukan? Maka dari itu, singgah di waterboom Parepare ini adalah solusi liburan yang tepat.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Abubakar Lambogo, Ujung Lare, Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

7. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun
Image Credit: Google Maps (Bunda Khayra)

Mungkin Anda kerap kali mendengar tentang monumen cinta sejati Habibie Ainun yang berada di provinsi Sulawesi Selatan. Ya, monumen ini merupakan salah satu monumen bersejarah yang berada di pusat kota Parepare. Dimana adanya monumen tersebut bertujuan untuk mengenang cinta presiden Habibie dengan sang istri yang bernama Ainun.

Monumen cinta sejati Habibie Ainun adalah salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat Parepare saja, tetapi juga wisatawan pendatang. Untuk bisa melihat monumen ini, Anda bisa datang ke Lapangan Andi Makkasau di yang berada di sekitar Karaeng Burane.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Paputo

Pantai Paputo
Image Credit: Google Maps (Nataniel Tangdilan)

Apabila Anda berkeinginan untuk bersantai menikmati indahnya pesona pantai dengan deburan air, maka Anda bisa mengunjungi Pantai Paputo yang berada di Kota Parepare. Daya tarik yang dimiliki dari Pantai Paputo terletak pada penampilan pasir putihnya. Karena di Parepare sendiri masih jarang ditemui pantai dengan keindahan pasir putih yang lembut.

BACA:  15 Tempat Wisata di Maros Terbaru dan Paling Hits

Anda bisa melakukan kegiatan menarik di Pantai Paputo, seperti bermain pasir atau membuat istana istana pasir yang cantik. Memiliki pemandangan pantai yang mengagumkan, maka tidak heran jika terkadang banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Paputo sebagai latar belakang foto yang ciamik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Latassakka, Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Bibir Parepare

Pantai Bibir Parepare
Image Credit: Facebook.com @inrpny

Menikmati indahnya matahari terbenam di waktu sore adalah hal yang paling menarik untuk dilakukan. Pada pantai Bibir yang berlokasi di Kota Parepare, Anda bisa menikmati indahnya sunset bersama dengan keluarga ataupun teman terdekat. Pesona indahnya matahari terbenam inilah yang menjadikan banyak pengunjung berdatangan di waktu sore hari.

Tidak hanya menarik karena keindahan matahari terbenam, tapi juga pengunjung dimanjakan dengan beberapa spot panorama yang menakjubkan dan membuat terpana. Fasilitas yang disediakan pada destinasi Pantai Bibir Parepare ini juga sudah memadai dan bisa dengan mudah digunakan oleh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Baru, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

10. Taman Syariah

Taman Syariah
Image Credit: Google Maps (Hoirul Anam)

Cukup mendengar namanya saja Anda pasti tahu bahwa taman ini terlihat sangat Islami. Taman yang terletak di samping kompleks Kantor Dinas parepare ini memang sengaja didirikan dengan mengusung konsep Islami yang kental. Dimana pada bagian tengah taman, Anda bisa temukan tugu yang dihiasi dengan lafadz Allah dan ditambah dengan hiasan air mancur yang indah.

Umumnya pengunjung yang datang di taman Syariah yang terletak di Parepare ini, tidak hanya datang di waktu malam hari saja, tetapi juga pada siang ataupun sore hari hanya untuk sekedar berjalan jalan menyusuri Taman Syariah. Bagi Anda umat Muslim yang hendak melaksanakan ibadah sholat, Anda juga bisa melaksanakan sholat pada masjid yang terletak di samping taman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ganggawa, Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

11. Air Terjun Tompangnge

Air Terjun Tompangnge
Image Credit: Facebook.com @MakassarGuideDotCom

Tempat wisata air ini tidak boleh ketinggalan jika Anda sedang berada di Parepare. Pasalnya tempat ini merupakan objek wisata yang berupa goa serta air terjun yang berlokasi di kawasan Tompangnge, Bacukiki. Luas goa yang kurang lebih kisaran 100 hektar ini, sering juga digunakan sebagai tempat konservasi hutan.

Baik pada goa ataupun air terjun yang berada di kawasan ini sangat wajib untuk dieksplorasi. Dimana pada dalam goa Anda akan menemui ribuan kelelawar yang masih hidup didalamnya. Air terjunnya sendiri memberikan air yang segar dan jernih. Biaya masuk juga relatif murah, yakni berkisar 10 ribu per orang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

12. Tonrangeng River Side

Tonrangeng River Side
Image Credit: Google Maps (Nia Kurniawati)

Menikmati sejuknya udara segar di Parepare bisa Anda rasakan di Tonrangeng River Side yang berada di tengah Kota Parepare . Wisata yang satu ini adalah ruang terbuka yang dijadikan sebagai akses dalam bentuk flyover atau jembatan untuk persiapan didirikannya Rumah Sakit Tipe B+.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

Dimana area ini memang dibangun untuk mewujudkan konsep medical Tourism yang berada di kota Parepare. Diharapkan dengan adanya Tonrangeng River Side, masyarakat bisa berobat sambil berwisata. Tentu hal ini bertujuan sebagai harapan pihak pengelola dalam membantu proses penyembuhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

13. Pantai Mattirotasi

Pantai Mattirotasi
Image Credit: Google Maps (ABADi 1001)

Salah satu tempat wisata pantai yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Mattirotasi yang tepatnya berada berada di Parepare Sulawesi Selatan. Panorama serta keindahan pantai yang disuguhkan dari Pantai Mattirotasi tidak akan kalah dengan keindahan pantai ditempat tempat lainnya.

Fasilitas yang disediakan pun juga lengkap. Mulai dari adanya gazebo di yang kerap digunakan untuk beristirahat menghilangkan lelah, hingga lintasan jogging yang bisa dipergunakan untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan olahraga. Tiket masuk yang harus Anda bayar sangatlah murah untuk bisa nikmati keindahan Pantai Mattirotasi, yaitu hanya berkisar harga 10 ribu per orangnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bau Massepe, Labukkang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

14. Monumen Korban 40 ribu Jiwa

Monumen Korban 40 ribu Jiwa
Image Credit: Google Maps (Hayunda Hazmi)

Monumen korban 40 ribu jiwa didirikan dalam rangka untuk mengenang peristiwa dan tragedi pembantaian yang pernah terjadi di Sulawesi Selatan. Peristiwa pembantaian yang dilakukan oleh serdadu dari Belanda tersebut, berada dibawah pimpinan kapten KNIL Raymond Paul Pierre Westerling.

Pembantaian itu dilakukan tanggal 11 Desember tahun 1946, serta menewaskan korban yang mencapai 40 ribu jiwa. Maka dari itu, setiap tanggal 11 Desember, banyak yang mengadakan upacara pada sekitaran monumen untuk mengenang terjadinya peristiwa pembantaian. Jika Anda tertarik untuk melihat monumen ini, Anda bisa mengunjungi Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kab. Parepare, Sulawesi Selatan.

15. Gunung Nepo

Gunung Nepo
Image Credit: Facebook.com @setiyoso.indarjo

Gunung Nepo kerap kali dijadikan sebagai tempat pendakian favorit yang berada di daerah Sulawesi Selatan. Gunung Nepo memiliki ketinggian yaitu kisaran 1000 meter atau sama dengan 3281 kaki. Jika Anda termasuk orang yang sedang berpetualang, maka tempat ini bisa Anda jadikan pilihan.

Perlu diingat sebelum mendaki Gunung Nepo, Anda harus mempersiapkan kesehatan fisik dan juga perbekalan yang cukup agar perjalanan wisata Anda lebih aman dan nyaman. Akan banyak keindahan alam serta kegiatan menarik yang bisa Anda temui pada Gunung Nepo. Tetapi, untuk bisa memasuki wilayah tersebut harus dibutuhkan izin dari pihak Pemerintah setempat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nepo, Kec. Mallusetasi, Barru, Sulawesi Selatan.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Jika senang dengan wisata air, Anda bisa mengunjungi berbagai kawasan wisata mulai dari pantai, sungai, hingga wisata air terjun yang tidak kalah menarik untuk dinikmati pesonanya.