Butuh Liburan lebih Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Pariaman, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Menarik Dijelajahi Saat Liburan.

Berlibur menjelajah alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Setiap daerah selalu memiliki tempat menarik untuk dikunjungi. Begitu juga ke Sumatera Barat, Anda bisa menjadikan Pariaman sebagai tujuan wisata Anda. Kota satu ini menawarkan banyak pesona yang akan membuat Anda terkagum kagum dengan alamnya yang molek. Beberapa tempat wisata yang ada di Pariaman juga termasuk dalam tempat yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Batu Basurek

Air Terjun Batu Basurek
Image Credit: Facebook.com @genpisumbar

Untuk memulai perjalanan Anda di Pariaman, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata air terjunnya. Air terjun Batu Basurek bisa Anda jadikan tujuan wisata Anda. Air terjun ini memang masuk tidak tepat di kota Pariaman, tetapi masih dalam Kabupaten Pariaman. Memiliki pemandangan yang eksotis, Anda tidak akan menyesal mengunjungi wisata satu ini.

Air yang jatuh dari ketinggian ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi alamnya yang masih terjaga akan memberikan pengalaman tersendiri. Wisatawan bisa bermain air di sekitar air terjun yang membentuk kolam di bawahnya. Airnya yang jernih dan segar memang akan membuat siapapun betah, terutama jika berpadu dengan alam sekitarnya yang masih asri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuranji Hulu, Kec. Geringging, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Image Credit: Instagram.com @airterjunnyarai

Air terjun selanjutnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Nyarai. Masih termasuk dalam kawasan Cagar Alam Bukit Barisan, sudah pasti Anda bisa mendapatkan panorama alam yang mengagumkan. Perjalanan menuju destinasi wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat, sehingga tak perlu khawatir.

Air terjun Nyarai sendiri memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Bebatuan alami yang mengelilinginya menambah nuansa eksotis yang begitu kental. Menariknya, air terjun ini memiliki air kehijauan yang jernih. Jika berpadu dengan tebing tebing alaminya menjadikan siapapun berdecak kagum. Air terjun satu ini sangat hits dan juga instagramable.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

3. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai
Image Credit: Instagram.com @rid_rnse

Masih seputar wisata alam yang berupa perairan, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Baburai. Air terjun yang dikelilingi dengan pepohonan rindang ini juga menarik untuk Anda kunjungi. Selain menawarkan panorama alam yang masih asri, Baburai juga menawarkan kemolekan matahari terbenam. Anda bahkan bisa mendirikan tenda agar bisa menikmati keelokannya lebih lama.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pariaman yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikucur, Kec. V Koto Kampung Dalam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

4. Tapian Puti

Tapian Puti
Image Credit: Facebook.com @yukahwisata

Tapian Puti bisa Anda jadikan tujuan selanjutnya jika masih belum puas bermain air. Bedanya, air yang berada di sini merupakan air hangat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kolam kolam yang terbentuk secara alami ini memang menyediakan air hangat dengan lokasi yang masih asri. Setidaknya ada 7 kolam kecil yang bisa Anda kunjungi untuk menenangkan tubuh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kabu. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pemandian Tirta Alami Malibo

Pemandian Tirta Alami Malibo
Image Credit: Facebook.com @pecintaalamminang

Jika di Tapian Puti berapa kolam yang kecil kecil, maka Anda bisa menemukan kolam luas. Air yang ada di pemandian alami ini merupakan air panas yang bisa membuat tubuh Anda juga rileks. Rasa lelah perjalanan Anda bisa langsung dimanjakan dengan berenang ataupun berendam. Pemandangan alam sekitarnya juga masih asri menambah cantik pemandian alam ini.

Kolam kolam yang dikelilinginya dipenuhi dengan bebatuan ini memiliki air yang jernih kehijauan. Menikmati bermain air di pemandian ini, sembari dibelai oleh sejuknya udaranya dijamin akan menghempas semua penat Anda. Selepas bermain air, Anda juga bisa mengisi perut dengan ragam kuliner yang ada. Fasilitas wahana wisata ini juga sudah terbilang lengkap.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guguak, Kec. 2 X 11 Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

6. Puncak Kiambang

Puncak Kiambang
Image Credit: instagram.com @keumalaholiday

Selain menawarkan wisata air yang melimpah, di Pariaman Anda juga bisa menikmati panorama yang mengagumkan dari atas ketinggian. Panorama Puncak Kiambang layak mendapatkan pujian karena keindahannya. Bentang alam yang antara sawah hijau dengan pegunungan di baliknya membuat siapapun berdecak kagum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pariaman Punggung Kasiak, Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

7. Rumah Tabuik Pasa

Rumah Tabuik Pasa
Image Credit: Facebook.com @sadri.chaniago.94

Melanjutkan perjalanan menjelajah keindahan Pariaman, Anda bisa menjadikan Rumah Tabuik Rasa sebagai tujuan selanjutnya. Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan dengan konsep jalan jalan. Perjalanan Anda, akan disuguhkan dengan gaya rumah khas Pariaman yang memiliki arsitektur yang unik.

Bukan hanya itu, sebuah taman cantik juga sengaja dihadirkan untuk memikat para pengunjung. Selain jalan jalan, para pengunjung juga bisa berburu spot spot foto instagramable. Latar belakang rumah Pariaman yang unik bisa menjadi pilihan. Tak heran jika destinasi satu ini menjadi favorit mereka yang gemar dengan fotografi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimparuh, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Taman Bendungan Anai

Taman Bendungan Anai
Image Credit: Google Maps (Hendra Taufik)

Destinasi wisata satu ini memang bukanlah destinasi yang terbaru, tetapi hingga kini masih menjadi destinasi yang hits. Sebelum seperti saat ini, Objek Wisata Taman Bendungan Anai hanyalah sebuah lubuk alung yang dibangun warna. Tujuannya untuk mengatasi banjir yang bisa saja datang. Hingga akhirnya bendungan tersebut diperbarui hingga menjadi lebih apik.

BACA:  20 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Paling Hits

Dan hal ini tentunya mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Karena lebih cantik, akhirnya kawasan ini dibuka menjadi objek wisata. Sangat cocok untuk Anda yang ingin berburu foto foto instagramable. Taman hijau yang luas dengan air bendungan yang mengalir deras memiliki daya tarik tersendiri. Udaranya yang sejuk menambah kemolekan wisata ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

9. Taman Hutan Mangrove Pariaman

Taman Hutan Mangrove Pariaman
Image Credit: Facebook.com @tamanwisatahutanmangrove

Tempat wisata hits yang tidak bisa dilewatkan adalah Taman Hutan Mangrove Pariaman. Saat ini, hutan mangrove memang sudah tampil modern dengan spot foto yang melimpah. Wajar jika kehadiran destinasi ini begitu menarik perhatian, apalagi para kawula muda. Di Pariaman, juga hadir hutan Mangrove yang berdiri di lahan seluas 1,5 hektar.

Hampir sepenuhnya area ini memang ditumbuhi dengan bakau, yang tentunya memiliki fungsi yang bagi alam. Wisata ini juga mengusung wisata edukasi, pengunjung bisa mendapatkan wawasan terkait hewan laut langka. Bahkan pengunjung juga bisa berpartisipasi untuk menanam terumbu karang ataupun mangrove.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Apar, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Lubuak Batu Palimauan

Lubuak Batu Palimauan
Image Credit: angunpiaman.com

Mengunjungi Pariaman rasanya tidak lengkap apabila tidak mampir ke Lubuak Batu Palimauan. Bukan hanya pemandian, destinasi wisata ini juga menyimpan nilai historis. Dimana Lubuak Batu Palimauan berkaitan dengan Khatib Sangko. Setidaknya terdapat 7 batu yang memang sengaja dilubangi.

Menurut warga sekitar, bebatuan tersebut menjadi lokasi sosok terkenal dari Tandikek. Pemandian dengan air jernih kehijauan ini juga dipercaya mampu untuk mengobati banyak penyakit. Terlepas dari kepercayaan, pemandian ini memang begitu cantik dan menawan. Wajar jika belakangan namanya begitu naik daun di kalangan wisata lokal maupun luar kota.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tandikat, Kec. Patamuan, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

11. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Google Maps (Anton Sutrisno)

Perjalanan Anda di Pariaman akan semakin lengkap dengan mengunjungi wisata baharinya. Salah satu pantai yang begitu kondang adalah Pantai Kata Pariaman. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disambut dengan hutan pinus yang lebat. Pasir putih dengan air yang jernih akan mengundang siapapun untuk mengunjunginya.

Rasanya memang sangat sayang menyia nyiakan keindahan pantai satu ini. Udara sejuk khas pantai juga turut memberikan sumbangsing, berlama lama di pantai ini memang bukan keputusan buruk. Anda yang gemar snorkeling, biota bawah laut Pantai Kata sayang dilewatkan. Apalagi pantai ini juga terkenal dengan kebersihannya serta fasilitas yang dihadirkan.

BACA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

12. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo
Image Credit: Instagram.com @firdauk

Masih belum puas wisata bahari, maka Anda bisa melanjutkan dengan mengunjungi Pulau Angso Duo. Destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan sekaligus berpetualang. Untuk menuju pulau, Anda harus melakukan perjalanan yang tidak sebentar. Perjalanan akan dilakukan dengan menggunakan perahu, dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Semua penat Anda akan langsung dihempas begitu tiba di Pulau satu ini. Pasir putih lembut dengan air yang jernih berwarna tosca merupakan perpaduan yang sempurna. Anda bisa berkesempatan untuk menjajal wahana airnya, mulai dari jetski hingga sport water yang menarik. Keindahan bawah laut maupun sunsetnya juga akan membuat Anda terpukau.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

13. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak
Image Credit: Instagram.com @amazingpariaman

Masih berupa wisata bahari, kini saatnya mengunjungi salah satu pulau yang begitu cantik. Pariaman memiliki Pulau Kasiak yang juga menghadirkan pesona luar biasa. Pulau satu ini terkenal dengan bawah lautnya yang begitu indah. Permukaannya juga menakjubkan, Anda akan disuguhkan pasir putih lembut yang berpadu dengan hampatan laut birunya.

Pasir putih yang bersih ini mengundang siapapun untuk berlarian di atasnya. Tak heran jika destinasi Pulau Kasiak kondang di wisatawan lokal hingga mancanegara. Mengunjungi pantai ini, Anda tidak boleh melewatkan untuk mengintip bawah lautnya. Jangan lupakan untuk berburu spot foto instagramable juga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patamuan, Kp. Perak, Kec. Pariaman Tengah, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

14. Pantai Cermin

Pantai Cermin
Image Credit: Google Maps (Andesta Official)

Masih belum puas dengan wisata bahari? Maka Pantai Cermin bisa Anda kunjungi saat di Pariaman. Lokasinya dekat dengan pusat kota, menjadikan destinasi ini tak pernah sepi pengunjung. Pohon pinus ataupun pohon kelapa yang tumbuh menambah sejuk suasananya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

15. Muara Manggung

Muara Manggung
Image Credit: Instagram.com @komunikasi.pariwisata

Jika menyebut tempat hits di Pariaman, maka Muara Manggung tak boleh dilewatkan. Tempat satu ini adalah rawa rawa yang begitu bersih dan juga nyaman. Pengunjung bisa menyusuri rawa menggunakan perahu layar. Tak hanya itu, Anda juga bisa berburu spot foto instagenic yang sangat melimpah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manggung, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Pariaman memang memiliki bentang alam yang akan membuat Anda terpesona. Deretan tempat wisata yang telah disebutkan merupakan yang paling hits. Untuk Anda yang ingin sekalian berwisata budaya, datang saja ke Pariaman saat bertepatan dengan Festival Tabuik. Dengan begitu perjalanan Anda di Pariaman akan semakin berkesan.