Musim liburan tentu merupakan sebuah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Sembari berkunjung ke tempat wisata tertentu, Anda dapat menghabiskan waktu yang terbaik dengan keluarga ataupun rekan yang ada. Salah satu daerah yang layak untuk Anda kunjungi untuk menghabiskan musim liburan tersebut adalah Pasuruan.

Lalu apa saja tempat wisata yang terdapat di daerah tersebut? Berikut ulasan daftar tempat wisata di Pasuruan yang terhits untuk Anda kunjungi Bersama orang tercinta.

1. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam
Image Credit: Pantaikaranghitam.blogspot.com

Pantai Karang Hitam adalah tempat wisata yang sedang hits di daerah Pasuruan. Nama dari pantai ini sendiri juga berdasarkan dari pemandangan yang ada ketika matahari mulai tenggelam di tempat wisata tersebut. Saat sang mentari terbenam, karang yang ada di pantai tersebut akan berwarna hitam.

Pasir di pantai ini sendiri memiliki warna coklat. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda dapat melihat pemandangan perahu layar yang berwarna warni.

Lokasi: Wates, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan

2. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar
Image Credit: Sinyoureh.blogspot.com

Tempat wisata lain yang sedang hits di Pasuruan adalah Air Terjun Gumandar. Curug atau air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Air yang mengalir di curug ini berasal dari aliran air yang meresap di dalam tanah.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda juga dapat menggunakan beragam fasilitas yang telah tersedia di dalamnya. Seperti misalnya adalah lahan parkir, musholla, dan juga kamar mandi.

Lokasi: Jl. Raya Ledug, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

3. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung
Image Credit: Alamasedy.com

Masih seputar air terjun, di Pasuruan juga masih terdapat air terjun lainnya yang bernama Coban Baung. Lokasi dari destinasi wisata yang hits ini adalah di lereng Gunung Baung. Ketinggian dari air terjun ini sendiri adalah sekitar 100 meter.

Dengan keadaan ini pula yang membuat butiran air yang jatuh terlihat sangat indah dan menciptakan buliran air di area sekitarnya. Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini adalah di kisaran 8 ribu rupiah.

Lokasi: Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan

4. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru
Image Credit: Putratravel.net

Jenis tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di daerah Pasuruan adalah Pemandian Alam Bangu Biru. Destinasi wisata ini juga terbilang cukup populer dan sedang hits di kawasan tersebut. Terdapat daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh pemandian ini sehingga banyak orang memilih untuk berkunjung kesana baik di akhir pekan maupun musim liburan.

Salah satu daya tarik yang dimilikinya ialah berkaitan dengan sumber mata airnya yang masih alami. Lingkungan sekitar lokasi pemandian ini juga masih sangat alami. Dengan keadaan tersebut tentu menjadikan lokasi wisata ini menjadi tempat favorit untuk melepaskan lelah. Air di pemandian ini juga terlihat jernih dan menyejukkan mata siapapun yang memandangnya.

Lokasi: Jl. Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02, Banyubiru Kidul, Sumber Rejo, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan.

5. Wisata Tretes Prigen

Wisata Tretes Prigen
Image Credit: Agoda.com

Bagi Anda yang mencari tempat wisata yang sejuk dan cenderung menenangkan maka Wisata Tretes Prigen adalah sebuah pilihan yang tepat. Di destinasi wisata tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan berupa pegunungan nan memukau.

Banyak spot menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan wisata ini. Mulai dari taman satwa hingga air terjun yang ada di dalamnya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

6. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati
Image Credit: Budayajawa.id

Dengan latar belakang Pegunungan Tengger membuat destinasi wisata ini layak untuk Anda kunjungi saat akhir pekan. Pemandangan sunset di danau tersebut juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Beragam kegiatan menarik dapat Anda lakukan saat berkunjung ke Danau Ranu Grati ini. Contohnya adalah kegiatan memancing, bermain sepeda air, dan juga mencoba menaiki perahu di danau tersebut.

Lokasi: Sumberdawesari, Kec. Grati, Kab. Pasuruan.

7. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi
Image Credit: Travelspromo.com

Nama lokasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi adalah Sawahe Pak Budi. Nama tempat ini sendiri juga berdasarkan dari nama sang pemilik yang ada di baliknya. Beragam fasilitas menarik dapat Anda temui saat datang ke lokasi wisata ini. Mulai dari area peternakan organik, kids house, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan fasilitas yang ada diharapkan mampu membuat para pengunjung menjadi merasa lebih nyaman.

Lokasi: Sekar Mojo, Kec. Purwosari, Kec. Pasuruan.

8. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling
Image Credit: Jejakbocah.com

Tidak hanya pantai dan tempat pemandian saja, destinasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi saat berada di pasuruan adalah Hutan Mangrove Nguling. Tidak hanya menyegarkan pernapasan saja, dengan berkunjung ke lokasi ini juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi. Keindahan yang dimiliki oleh hutan magrove ini juga telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak hanya pengunjung lokal saja yang berminat datang ke hutan ini, terdapat banyak wisatawan asing yang juga tertarik untuk berkunjung kesana. Sebut saja pengunjung dari Jepang, Thailand, dan juga Malaysia. Tidak hanya itu, juga terdapat pengunjung yang datang dari Australia ke Hutan Mangrove Nguling ini. Kelestarian dari hutan ini pun juga tetap dijaga hingga saat ini.

Lokasi: Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan.

9. Wisata Bhakti Alam

Wisata Bhakti Alam
Image Credit: Dakatour.com

Di dalam Wisata Bhakti Alam ini terdapat beragam jenis buah buahan yang dibudidayakan oleh pihak pengelola tempat ini. Contohnya adalah buah mangga, durian, kelengkeng, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan berkunjung kesana, Anda juga dapat membeli buah buahan tersebut dnegan harga yang relatuf lebih murah. Tidak hanya itu, di lokasi wisata tersebut juga tersedia beragam fasilitas yang menarik untuk digunakan.

Lokasi: Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

10. Taman Dayu

Taman Dayu
Image Credit: Peridiri.com

Taman Dayu adalah tempat wisata selanjutnya yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Wisata edukasi ini juga terbilang hits di daerah Pasuruan. Beragam fasilitas dapat Anda peroleh saat berada di objek wisata yang satu ini. Seperti tempat outbound, tempat kemping, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya menjadikan lokasi wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi: Jl. Raya Surabaya – Malang No.16, Kali Tengah, Karang Jati, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

11. Reco Kembar

Reco Kembar
Image Credit: Kimangkasacowekpurwodadi.wordpress.com

Reco Kembar adalah objek wisata lain yang sedang hits di daerah ini. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka bermain air untuk menghilangkan kepenatan yang ada. Di sekeliling tempat wisata ini juga terdapat pepohonan yang masih asri dan menyejukkan mata. Di Reco kembar juga terdapat 2 buah batu yang berdiri menjulang. Banyak yang mempercayai bahwa kedua batu tersebut adalah bekas dari bukit yang dulunya ditambang.

Letak dari tempat wisata ini juga sangat mendyukung kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung. Karena Reco Kembar sendiri berada di antara hutan dan juga dikelilingi oleh bukit yang masih menghijau. Anda dapat menghabiskan waktu dengan berendam di tempat wisata ini. Dengan hal tersebut diharapkan mampu membuat rasa lelah yang ada menjadi menghilang.

Lokasi: Krajan, Cowek, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan.

12. Bukit Flora

Bukit Flora
Image Credit: Baraoutdoor.com

Dengan bekrunjung ke Bukit Flora ini, Anda akan menemukan suasana yang begitu menenangkan di dalamnya. Jika ingin mencoba hal baru, Anda pun bisa menggunakan fasilitas berupa flying fox dan outbound yang tersedia di lokasi wisata ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Sesuai namanya, di tempat wisata ini juga terdapat banyak tanaman dan bunga yang indah di pandang mata. Mengabadikan pemandangan indah di lokasi wisata tersebut juag merupakan hal yang tepat.

Lokasi: Jl. Raya Tutur, Krajan Satu, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

13. Taman Gor Untung Suropati

Taman Gor Untung Suropati
Image Credit: Wisatasia.com

Bagi Anda yang hendak berburu spot foto unik untuk selfie, maka Taman Gor Untung Suropati tujuan terbaiknya. Taman ini sendiri masuk ke dalam jajaran tempat wisata populer dan juga hits di daerah Pasuruan.

Di taman tersebut, Anda bisa menemukan menara jam gadang yang juga bangunan ikonik di kawasan ini. Tidak sedikit para pengunjung yang datang ke taman tersebut untuk sekedar bersantai dan duduk duduk di lokasi ini.

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan.

14. Saygon Night Park

Saygon Night Park
Image Credit: Albahfie.blogspot.com

Saygon Night Park adalah destinasi wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi saat malam hari. Terdapat banyak wahana yang bisa Anda kunjungi di destinasi wisata ini. Mulai dari bombom car hingga wahana simulasi untuk penerbangan sebuah pesawat.

Dengan datang ke Saygon Night Park, Anda juga akan merasakan sensasi yang berbeda di daerah Pasuruan pada malam hari.

Lokasi: Sengon, Pucangsari, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan.

15. Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie
Image Credit: Mncupdate.com

Kedawung Agro Selfie sendiri biasa disebut dengan istilah KAS. Dulunya lokasi wisata ini merupakan sebuah parik gula yang telah disulap sedemikian rupa. Saat berkunjung kesana, para wisatawan dapat menemukan beragam spot untuk selfie maupun melihat wisata agro di dalamnya. Tidak sedikit adik-adik dari TK yang juga datang berkunjung ke lokasi wisata Kedawung Agro Selfie ini.

Lokasi: Jl. Kedawung Kulon No.KM, RW.1, Kec. Grati, Kab. Pasuruan.

16. Taman Pekuncen

Taman Pekuncen
Image Credit: Zsbilqis.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai tempayt sejuk dengan pemandangan bunga yang indah, maka Taman Pekuncen adalah sebuah pilihan yang tepat untuk dituju. Selain itu, di lokasi wisata ini juga tersedia beragam wahana di dalamnya.

Di akhir pekan biasnaya juga terdapat banyak pengunjung yang sekedar bersantai di taman tersebut. Tidak jarang juga dilakukan kegiatan oleh komunitas tertentu di Taman Pekuncen ini.

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pekuncen, Kec. Panggungrejo, Kota Pasuruan.

17. Pantai Lekok

Pantai Lekok
Image Credit: Wisatasia.com

Selain Pantai Karang Hitam, di daerah Pasuruan juga masih terdapat pantai lainnya yang dapat Anda kunjungi saat akhir pekan atau musim liburan. Pantai yang dimaksud disini adalah Pantai Lekok dengan segudang keindahan yang ada di dalamnya. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam nan menawan, di pantai tersebut Anda juga dapat menemukan olahraga unik bernama ski lot.

Olahraga ski lot sendiri merupakan sebuah olahraga khas dari nelayan yang ada di pantai tersebut. Cara untuk me;lakukan olahraga ini jnuga terbilang cukup mudah dan sederhana. Para pemain yang ada hanya perlu meluncur di atas lumpur. Biasanya olahraga ini sendiri akan dilakukan saat hari raya ketupat oleh masyarakat setempat. Dengan keadaan ini, Anda harus menyempatkan diri di waktu tersebut untuk melihat olahraga ski lot ini.

Lokasi: Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan.

18. Gunung Bromo

Gunung Bromo
Image Credit: Badrulmozila.com

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Gunung ini sendiri berada di perbatasan keempat wilayah yang berbeda, yakni Malang, Lumajang, Pasuruan, dan juga Probolinggo.

Anda dapat menikmati pemandangan indah di kawah gunung tersebut saat berkunjung ke lokasi wisata ini. Akses untuk sampai ke lokasi wisata ini juga terbilang mudah untuk dilalui.

Lokasi: Podokoyo, Kec. Tosari, Kab. Pasuruan.

19. Condido Agro Herbal

Condido Agro Herbal
Image Credit: Eastjava.com

Condido Agro Herbal adalah salah satu objek wisata yang masuk ke daftar tempat wisata di Pasuruan yang paling hits. Lokasi dari objek wisata ini sendiri tidak terlalu jauh dari Bukit Flora. Sesuai dengan namanya, di Condido Agro Herbal akan ditemui pembudidayaan dari beragam tanaman herbal. Tidak hanya sebagai tempat budidaya tanaman herbal saja, di lokasi ini juga digunakan sebagai tempat untuk memelihara beragam jenis bunga hias.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Paling Populer

Contoh bunga bias yang dibudidayakan di dalamnya antara lain adalah bunga lily, calla lily, gerbera, krisan, dan juga leather leaf. Untuk masuk ke dalam Condido Agro Herbal ini, para pengunjung yang datang ke lokasi ini juga hanya perlu membayar tiket dengan kisaran 7 ribu rupiah. Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini, Anda berminat untuk berkunjung ke Condido Agro Herbal?

Lokasi: Desa Tutur, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

20. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul
Image Credit: Traveloka.com

Tempat berlibur lain yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Penunggul. Pantai ini sendiri bverada di perbatasan antara dua daerah yang berbeda, yaitu Probolinggo dan Pasuruan. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhi pasir pantai nan lembut dan terkesan bersih karena warnanya yang putih.

Banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan saat berada disana, mulai dari bermain volly hingga berburu spot foto menarik di pantai yang ada.

Lokasi: Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan.

21. Kebun Apel Khrisna

Kebun Apel Khrisna
Image Credit: Agentwisatabromo.com

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda, maka Kebun Apel Khrisna adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Status dari tempat wisata ini lebih tepat disebut sebagai agrowisata.

Kebun buah apel ini juga layak disebut sebagai sarana edukasi orang orang yang datang kesana. Anda juga bisa melihat proses pemanenan buah apel di lokasi wisata ini.

Lokasi: Desa Andono sari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

22. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya
Image Credit: Wartabromo.com

Air Terjun Sumber Nyonya adalah salah satu destinasi wisata yang berdekatan dengan Bukit Flora. Aliran air di air terjun ini sendiri terbilang tidak terlalu deras. Di bawah air terjun tersebut juga telah terbentuk aliran sungai nan menyejukkan mata.

Namun saat musim penghujan tiba, warna air di air terjun ini tidak akan sejernih di waktu lainnya. Anda dapat berendam dan bermain air di bagian bawah air terjun tersebut.

Lokasi: Desa Kalipucang, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

23. Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading
Image Credit: Wisatapulauseribu2017.blogspot.com

Tempat wisata lain yang seru untuk dikunjungi adalah Coban Cemoro Gading. Aliran air di tempat wisata ini juga terbilang cukup deras. Sementara untuk kondisi air di coban ini terbilang jernih.

Anda dapat berburu spot foto unik di bebatuan yang terhampar di bagian bawah aliran air yang ada. Namun karena bebatuan yang ada, di bagian bawah aliran air tidak dapat digunakan untuk tempat berenang.

Lokasi: Cemorogading, Desa Ngadirejo, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

24. Coban Waru

Coban Waru
Image Credit: Kurio.id

Di daerah Pasuruan juga masih terdapat tempat wisata lain yang layak untuk Anda kunjungi. Destinasi wisata ini adalah Coban Waru dengan segudang keindahan yang dimilikinya. Ketinggian dari aliran air yang ada di coban tersebut adalah 25 meter.

Debit air di Coban Waru ini juga terbilang cukup deras, terlebih saat sedang di musim penghujan. Pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi ini juga masih begitu asri.

Lokasi: Desa Kayu Kebek,  Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

25. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno
Image Credit: Wisatamantap.com

Masih seputar air terjun, masih terdapat tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi saat berada di daerah Pasuruan. Tempat wisata yang dimaksud adalah Air Terjun Putuk Truno. Tinggi dari air terjun ini sendiri mencapai 45 meter dengan aliran air yang begitu jernih dan juga bersih. Namun karena aliran air yang deras, para wisatawan tidak diperbolehkan untuk bermain air di bagian bawah air terjun tersebut.

Lokasi: Jl. Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

Terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di daerah Pasuruan. Contohnya adalah Pantai Karang Hitam, Air Terjun Coban Baung, Pemandian Alam Banyu Biru, Danau Ranu Grati, dan juga Hutan Mangrove Nguling. Tidak hanya itu masih terdapat banyak objek wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Dari setiap destinasi yang ada juga memiliki daya tarik tersendiri di dalamnya untuk Anda jelajahi.