Mendengar nama kota Pekalongan, anda mungkin akan langsung tertuju pada batik Pekalongan. Karena kota satu ini memang menjadi pusat Batik dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Bahkan kota Pekalongan masuk jaringan UNESCO sebagai kota kreatif di tahun 2014 lalu.

Namun rupanya kota ini tak hanya unggul di batik saja, sebab Pekalongan juga memiliki banyak tempat wisata hits yang harus Anda kunjungi ketika ke kota ini. Simak ulasannya.

1. Bukit Bintang Kutorojo

Bukit Bintang Kutorojo
Image Credit: Guidenesia.id

Bukit Bintang merupakan salah satu destinasi wisata hits yang bisa Anda kunjungi. Di bukit ini Anda bisa melihat keindahan pemandangan dari atas ketinggian. Ketika malam hari, Anda akan disajikan pemandangan gemerlap lampu yang sungguh membuat mata termanjakan.

Memang bukit satu ini masih terbilang baru, namun sudah dijadikan tempat nongkrong hits di Pekalangon. Tak heran jika banyak wisatawan yang mulai meliriknya.

Lokasi: Kutorojo, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan.

2. Puncak Tugu Petungkriyono

Puncak Tugu Petungkriyono
Image Credit: Cintapekalongan.com

Apakah Anda suka dengan kegiatan membidik sebuah objek dengan kamera? Jika iya maka Anda tak boleh melewatkan destinasi satu ini. Terutama jika Anda juga seseorang yang menyukai petualangan. Puncak Tugu Petungkriyono sendiri merupakan bukit yang berada di ketinggian 2117 mdpl. Diberikan nama puncak Tugu Petungkriono, sebab ada Tugu Triangulasi yang merupakan peninggalan Belanda abad ke 18 silam.

Tugu tersebut memiliki hiasan dari batu berwarna yang memiliki tinggi sekitar 70 m dan ukurannya sekitar 40×40 cm. Di bukit ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama yang menyejukkan mata. Hamparan bukit hijau yang ada disekitarnya hingga gemintang lampu ketika malam hari. Tempat satu ini sangat cocok untuk berburu foto keren, atau berburu senja yang mempesona. Yang jelas suasananya yang romantis sangat mendukung di bukit satu ini.

Lokasi: Sikucing, Yosorejo, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

3. Gerbengkong Hills

Image Credit: Guidenesia.id

Menikmati padang rumput sabana juga bisa Anda lakukan di Pekalongan. Tempat satu ini banyak dikunjungi muda mudi dan memang sedang hits. Gerbengkong Hills begitulah namanya, menjadi tempat yang tepat untuk hepaskan penat. Anda bisa mengambil berbagai pose dengan pemandangan yang memukau.

Udaranya yang segar semakin membuat Anda betah berlama lama di Gerbengkong Hills. Selain dijadikan tempat nongkrong, tempat ini juga sering untuk lokasi prewedding.

Lokasi: Desa Ujung Negoro, Kec. Kesesi, Kec. Pekalongan.

4. Curug Bajing

Curug Bajing
Image Credit: Ksmtour.com

Air terjun yang turun dari ketinggian 70 meter ini menjadi tempat selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Lokasinya yang berada di ketinggian 1300 mdpl membuat udaranya begitu sejuk. Untuk menuju air terjun Bajing, Anda harus berjalan kira kira 300 meter.

Begitu dekat Anda akan mendengar suara gemericik air yang semakin membuat Anda tak sabar. Dan keindahan curug ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Tlogopakis, Gumelem, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

5. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana
Image Credit: Cintapekalongan.com

Di Pekalongan, Anda juga bisa bermain di pantai salah satunya Pantai Pasir Kencana. Jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga wajar jika banyak yang menyambangi pantai ini. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 4,5 km saja.

Di Pantai Pasir Kencana Anda menjelajah jembatan kanalnya, terdapat batu pembatas ombak dan ada juga taman yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Yang jelas Anda bisa melakukan banyak hal di Pantai ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

6. Curug Lawe

Curug Lawe
Image Credit: Cintapekalongan.com

Pekalongan memiliki cukup banyak wisata alam yang memang mempesona, salah satunya di Curug Lawe. Air terjun satu ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kotanya. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup panjang, namun Anda tak akan bosan selama perjalanan. Karena selama perjalanan Anda akan melewati area hutan serta persawahan yang masih asri dan terjaga. Pemandangan ini akan memanjakan mata Anda selama perjalanan.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan kawanan kera yang melintas. Begitu tiba di Curug Lawe, Anda bisa langsung menyaksikan curug dengan tinggi 10 meteran yang memiliki nama Curug Sibedug. Barulah Anda bisa melewati area hammock yang berjajar rapi di pepohonan pinus. Anda bisa menghabiskan waktu istirahat di area ini sebelum melanjutkan perjalanan menuju Curug Lawenya. Sebab perjalanannya lumayan menantang.

Tempat satu ini juga memiliki rumah pohon Petungkriyono, wajar jika tempat satu ini hits. Karena banyak spot foto dengan latar belakang yang menarik. Berbeda dengan curug sebelumnya, Curug Lawe sendiri memiliki ketinggian yang lebih tinggi. Aliran airnya yang deras dan tinggi akan jadi obat pengusir lelah Anda. Pastikan Anda dalam kondisi fit jika ingin menjelajah keindahan yang dimiliki oleh Curug Lawe ini, karena butuh perjuangan panjang.

Lokasi: Desa Cakrawati, Songgodadi, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

7. Bukit Watu Ireng

Bukit Watu Ireng
Image Credit: Cintapekalongan.com

Adanya batu tunggal atau yang juga disebut batu monolit dengan ukuran yang besar ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Di bukit yang luasnya mencapai 2 ha ini, berdiri kokoh batu tunggal yang warnanya hitam sehingga disebut Bukit Watu Ireng.

Beberapa bagian dari atas bukit, memiliki area yang ditumbuhi tumbuhan. Tempat ini sangat cocok untuk mengambil berbagai foto termasuk juga dengan foto prewedding yang cantik.

Lokasi: Jl. Raya Lambur, Lambur, Kec. Kandangserang, Kab. Pekalongan.

8. Wisata Bahari PPNP

Wisata Bahari PPNP
Image Credit: Liputan6.com

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah menarik dikunjungi adalah Wisata Bahari PPNP atau Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Tidak hanya bisa melihat keindahan bahari yang mengagumkan, Anda juga bisa menemukan berbagai hal menarik lainnya.

Terutama untuk Anda yang pergi dengan anak anak, karena fasilitas bermain anak anaknya begitu lengkap. Wisata satu ini sangat digemari untuk dijadikan wisata bersama keluarga.

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

9. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan
Image Credit: Shandyeksani.blogspot.com

Memburu golden sunrise yang memukau bisa Anda lakukan di Bukit Pawuluhan ini. Terutama untuk Anda yang senang dengan kegiatan pendakian, karena bukit ini memang harus Anda taklukkan. Sepanjang perjalanan, Anda juga bisa sekalian menikmati keindahan alamnya.

Udaranya yang sejuk dengan alam yang masih terjaga dan asri membuat Anda tidak ingin pulang, dan harus tetap hati-hati karena bisa saja bertemu dengan kawanan monyet liar.

Lokasi: Klesem, Kec. Kandangserang, Kab. Pekalongan.

10. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
Image Credit: Majalahjejak.id

Untuk Anda yang memang senang dengan pendakian, menghabiskan liburan di Pekalongan Anda harus menjajal pendakian puncak Hanoman gunung kendalisodo. Gunung dengan ketinggian 1697 mdpl ini sangat pas untuk para pemula maupun yang sudah profesional.

Ngecamp di tempat indah dan favorit satu ini tentunya akan jadi liburan yang seru. Apalagi keindahan alamnya ketika di puncak, akan jadi momen tak terlupakan selama liburan Anda ini.

Lokasi: Sorogeneng, Samban, Kec. Bawen, Kab Semarang.

11. Mangrove Park Pekalongan

Mangrove Park Pekalongan
Image Credit: Jatengprov.go.id

Tidak hanya menjadi kawasan ekowisata, hutan mangrove ini juga berperan untuk mencegah adanya abrasi pantai. Tempat satu ini sangat cocok untuk berburu foto foto yang cantik, karena ada banyak spot untuk berpose. Salah satunya adalah spot lorong cinta yang dibuat dari deretan pohon mangrove yang rimbun.

Tak hanya itu, Anda bahkan bisa menantang adrenalin menaiki banana boat. Bukan hal aneh jika wisata satu ini begitu kondang dan hits.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Lokasi: Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

12. Curug Bidadari Jolotigo

Curug Bidadari Jolotigo
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Wisata yang hits dan harus dikunjungi selanjutnya yaitu Curug Bidadari Jolotigo atau yang disebut juga Curug Batu Dinding Kolam Lima. Hal ini karena di air terjun ini ada lima buah ceruh air yang bentuknya seperti kolam renang.

Bagian kiri air terjunnya terdapat tebing kokoh yang membuat curug ini makin eksotis. Pemandangannya yang begitu indah akan cocok untuk menghilangkan segala penat. Udaranya yang sejuk juga akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Jolotigo, Kec. Talun, Kab. Pekalongan.

13. Rafting Lolong Pekalongan

Rafting Lolong Pekalongan
Image Credit: Cintapekalongan.com

Apakah Anda menyukai olahraga air yang menantang? Jika iya Anda harus mencoba wisata rafting di Lolong ini. Lolong sendiri merupakan nama daerah penghasil durian terbaik. Namun daerah ini juga lokasi rafting maupun Tubing yang begitu seru.

Liburan bersama keluarga atau teman di tempat satu ini akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Belum lagi ada wahana lain seperti rapling maupun sepeda gantung yang juga menarik untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Karanganyar – Lebakbarang No.KM. 5, RT.7/RW.3, Karangrejo, Lolong, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan.

14. Wisata Alam Welo River Petungkriyono

Wisata Alam Welo River Petungkriyono
Image Credit: Inibaru.id

Bermain air di sumber air yang bersih dan jernih, tentunya akan jadi agenda liburan yang menyenangkan. Saking jernihnya air di tempat satu ini warnanya hampir biru kehijauan. Terdapat spot Kedung Sepingit yang juga menjadi Black Canyonnya Pekalongan.

Aktivitas yang paling seru adalah bermain tubing di sumber air yang jernih ini. Bermain air bersama teman teman maupun keluarga akan jadi pengalaman yang tak akan Anda lupakan.

Lokasi: Kayupuring, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

15. Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah
Image Credit: Republika.co.id

Meskipun pantai ini terbilang kecil, namun keindahan yang ditawarkan tak akan membuat Anda kecewa. Ada bebatuan besar yang membuat keindahannya makin menawan. Bebatuan besar ini sengaja ada untuk menahan ombak, namun juga bisa memberikan nuansa yang berbeda.

Pantai Slamaran Indah bukanlah destinasi baru, namun hingga kini tetap hits dan banyak dikunjungi. Sehingga Anda harus mengunjungi pantai satu ini.

Lokasi: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan.

16. Curug Muncar

Curug Muncar
Image Credit: Inibaru.id

Menempuh jarak 30 km dari Ibukota Kabupaten Pekalongan, Anda bisa menemukan curug Muncar yang tak kalah menawan. Curug ini tak hanya mempesona pemandangannya, namun juga memiliki udara yang sejuk. Karena memang curug ini berada di Kawasan Perhutani.

Untuk mencapai air terjun Anda memang membutuhkan perjuangan dengan medan menantang. Namun semua lelahmu akan terbayar lunas dengan keindahan Curug ini.

Lokasi: Desa Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

17. Linggo Asri

Image Credit: Pesonawisatapekalongan.blogspot.com

Linggo Asri merupakan hutan pinus yang memiliki berbagai fasilitas lengkap. Bukan hanya camping ground saja, ditempat ini bahkan ada kebun binatang, outbound, hingga kolam renangnya. Wajar jika tempat satu ini begitu hits di kalangan traveller.

Udaranya yang sejuk, membuat aktivitas bersantai di atas hammock begitu menyenangkan. Jika Anda datang di bulan Syawal tepatnya hari ke 7, akan ada acara Tumpeng Megono di objek wisata ini.

Lokasi: Desa Linggoasri, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan.

18. Museum Batik Pekalongan

Image Credit: Tampang.com

Di Mesum Batik ini Anda bisa menemukan 1.149 koleksi yang akan membuat Anda terpesona. Bukan hanya kain, batik juga diaplikasikan pada wayang beber yang dibuat dari kain batik yang usianya sudah bertahun tahun. Bahkan di museum ini Anda juga bisa menemukan alat tenun tradisional yang masih terawat.

Anda juga bisa mengenal berbagai jenis kain batik dengan berbagai corak yang unik. wisata ke tempat satu ini akan menambah wawasan Anda.

Lokasi: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

19. Pantai Depok

Pantai Depok
Image Credit: Tribunnews.com

Mendengarkan suara ombak dengan suasana yang tenang, tentunya akan jadi liburan yang bisa menghempaskan segala penat. Apalagi jika disuguhkan dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Di Pekalongan, Anda bisa mengunjungi Pantai Depok yang memiliki keindahan yang menawan.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Paling Populer

Tak heran jika banyak yang mengunjungi tempat satu ini. Momen favorit yang paling diburu adalah ketika matahari terbenam dengan langit yang mempesona.

Lokasi: Depok, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan.

20. Kebun Teh Pagaliran

Image Credit: Ihategreenjello.com

Pekalongan juga memiliki agrowisata kebun teh yang juga banyak dikunjungi. Udaranya yang sejuk dengan panorama hamparan kebun teh sangat memanjakan mata. Selain itu, Anda juga bisa berburu foto foto yang instagenic di tengah tengah kebun teh ini. Karena berada di ketinggian, Anda juga bisa melihat vied citynya yang tak kalah cantik.

Begitu akhir pekan atau musim liburan, kebun Teh Pagaliran ini akan dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Lokasi: Jl. Botosari, Paninggaran, Gununglangit, Kec. Kalibening, Kab. Pekalongan.

21. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto
Image Credit: Detikcyber.com

Pekalongan memang memiliki beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi. Dan untuk Anda yang masih belum puas mengunjungi pantainya, Anda bisa mengunjungi Pantai Wonokerto. Untuk menuju pantai ini, Anda hanya butuh waktu 20 menitan melewati jalur pantura. Anda bisa bermain air atau berlarian di pasir sepuasnya.

Pantai satu ini juga memiliki panorama sunset yang sangat menawan. Anda boleh bisa mengambil berbagai foto yang cantik.

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

22. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan
Image Credit: Myelfani.blogspot.com

Tidak hanya Gunung Kedalisodo, Anda juga bisa menaklukkan Gunung Rogojembangan. Bisa dikatakan gunung ini merupakan gunung paling tinggi di kawasan Pegunungan Serayu Selatan. Ketinggiannya mencapai 2.117 mdpl.

Tidak hanya harus trekking hingga menuju puncaknya, Anda juga bisa mampir ke beberapa tempat yang ada di Sekitaran gunung ini. Mendaki gunung ini Anda tak hanya akan mendapatkan pemandangan mempesona, namun juga pengalaman luar biasa.

Lokasi: Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan.

23. Alun-Alun Kota Pekalongan

Image Credit: Jatengprov.go.id

Rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mampir ke Alun Alun Pekalongan ini, ketika Anda berlibur di Pekalongan. Alun alun ini termasuk dalam wisata hits, karena menjadi tempat nongkrong anak muda maupunkeluarga. Lokasi yang berdekatan dengan Masjid Jami’ Anda juga bisa sekalian mengekplore masjid satu ini.

Selain nongkrong, Anda juga bisa mengambil beberapa foto yang cantik, atau Anda bisa berwisata kuliner di sekitaran Alun Alun ini.

Lokasi: Keputran, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

24. International Batik Center Pekalongan

International Batik Center Pekalongan
Image Credit: Dinporapar-pekalongankab.web.id

Untuk mengintip batik Pekalongan lebih jauh, Anda bisa berkunjung ke Internasional Batik Center atau yang disebut IBC. Memang bukanlah tempat yang baru, namun hingga kini selalu menjadi tujuan para wisatawan. Di tempat ini Anda bisa berburu berbagai batik sebagai buah tangan ketika pulang nanti.

Karena di IBC ada kerajinan batik yang jenisnya banyak sekali. Yang jelas perjalanan Anda tak akan lengkap jika tidak mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.573, Pegantungan, Pekuncen, Kec. Wiradesa, Kab. Pekalongan.

25. Wisata Belanja di Pusat Grosir Setono

Wisata Belanja di Pusat Grosir Setono
Image Credit: Akurat.co

Sebagai penutup perjalanan Anda. Rasanya tak akan lengkap jika Anda tidak berbelanja ketika di Pekalongan. Anda bisa berburu oleh oleh dengan harga yang lebih terjangkau. Bukan hanya batik, ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan di pusat Grosir Setono ini.

Hingga kini berbelanja di tempat satu ini selalu menjadi favorit para pelancong yang sedang menghabiskan waktu di Pekalongan. Apalagi lokasinya juga strategis dan mudah dijangkau.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.1 – 2, Karangmalang, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata yang ada di Pekalongan yang layak Anda kunjungi. Tidak semua tempat di daerah ini adalah wisata yang baru, karena yang sudah lama ada juga tetap diminati dan hits. Kebanyakan merupakan wisata alam yang pastinya akan membuat seluruh penat Anda menguap. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru karena ada banyak wisata menantang dan seru. Melihat beberapa objek wisata tersebut, tempat mana yang akan masuk list liburan Anda di Pekalongan?