Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Pekanbaru, Riau. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Liburan Bersama Orang Tercinta.

Indonesia terdiri atas beberapa gugus pulau yang memiliki pesona keindahan berbeda beda. Ribuan pulau tersebut sangat menarik untuk dikunjungi dan dieksplor terkait destinasi wisata, baik yang buatan maupun alami. Salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan keindahan alam luar biasa adalah Sumatra, terutama di kota Pekanbaru dengan objek wisata terbaru dan paling hits tahun ini. Yuk intip beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi!

1. Rainbow Hills

Rainbow Hills
Image Credit: Marischkaprudence.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, bukit satu ini memiliki warna yang beragam sehingga menambah kecantikannya. Jika dari jauh, bukit ini tampak seperti pelangi dengan gradasi warna yang cantik. Anda dapat mengunjungi tempat yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Pekanbaru ini dengan akses yang cukup mudah.

Menariknya, warna bukit dan kontur dapat berubah sewaktu waktu sehingga foto yang Anda peroleh di tempat ini sangat mungkin berbeda-beda.

Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

2. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam
Image Credit: Superadventure.co.id

Ingin menikmati hunting foto dengan spot yang mirip dengan destinasi di luar negeri? Wisata di area Air Hitam sangat cocok untuk Anda yang suka dengan background berwarna putih bersih. Di tempat tersebut terdapat destinasi baru yang disebut bukit kapur dengan gugusan batu kapur yang megah dan cantik.

Spot ini menjadi tempat favorit baru untuk pengambilan gambar pre wedding karena foto yang dihasilkan cukup unik, antimainstream, dan menarik.

Lokasi: Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

3. Danau Lembah Sari

Danau Lembah Sari
Image Credit:  Backpackerjakarta.com

Pekanbaru adalah salah satu kota di Sumatra yang sangat modern karena menjadi ibukota dari Provinsi Riau. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat keindahan alam dan keasrian kota tidak luput dari perhatian pemerintah. Anda dapat menikmati danau buatan di tengah kota dengan pemandangan yang sangat asri dan indah. Seluruh stres dan penat seketika hilang dengan duduk di area danau menikmati senja, udara yang sejuk, dan indahnya danau di sore hari.

Tidak hanya itu, Anda juga telah disediakan spot foto menarik di jembatan gantung tua untuk menambah koleksi foto estetik di Instagram. Kesan tua dari jembatan ini dipadukan dengan tumbuhan di sekitarnya justru semakin menarik untuk dibidik. Berlibur tidak lengkap tanpa mencicipi wisata kuliner Pekanbaru yang mampu menggoyang lidah dan ketagihan. Di tempat ini terdapat Sup Tunjang yang sangat lezat dan membuatmu selalu pengen nambah.

Lokasi: Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

4. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu taman rekreasi yang ada di kota Madani ini mengusung konsep alam terbuka untuk beraktivitas di luar ruangan yang cukup menyenangkan. Terdapat banyak spot foto menarik, seperti ayunan hingga patung patung besar yang dapat Anda temukan.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan, antara lain banana boat yang cukup menantang adrenalin hingga memancing ikan di kolam yang telah tersedia. Menariknya, ikan yang telah Anda tangkap dapat dibawa pulang lho!

Lokasi: Jl. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

5. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura
Image Credit: Berwisata.org

Desa ini telah dinobatkan sebagai desa wisata sejak 10 tahun lalu karena banyaknya aktivitas menarik dan keasrian lingkungannya. Desa yang sangat asri dan sejuk ini dapat dikunjungi dengan dua cara, yaitu melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi dan melalui jalur sungai. Jalur sungai ini dapat ditempuh dari Pelabuhan Sungai Duku. Penduduk asli dari desa Okura masih tinggal di rumah adat, sehingga sangat menarik untuk dijadikan tempat foto yang estetik.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Anda dapat melepas penat dan stres di desa ini termasuk menyepi dari hiruk pikuk kota Pekanbaru yang cukup padat. aktivitas yang dapat dilakukan, antara lain menyusuri sungai, melihat aktivitas masyarakat lokal, bersepeda di rimbunnya pohon sagu, dan berkuda. Kuda kuda di sini cukup jinak, sehingga aman saat berinteraksi dengan pengunjung. Aktivitas di luar ruangan ditambah suasana desa yang asri ini menjadi paduan yang pas untuk liburanmu.

Lokasi: Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

6. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Image Credit: Wikipedia.org

Kota Madani ini menjadi saksi dan bukti sejarah mengenai budaya Melayu, sehingga Istana Siak Sri Indrapura ini menjadi destinasi wisata yang menarik. Di tempat ini Anda dapat melihat semua peninggalan Kesultanan Siak yang diklam sebagai kesultanan kuat pada masanya. Tidak hanya melihat peninggalan sejarah, Anda juga dapat melihat dari dekat gaya arsitektur dari bangunan yang megah ini. Bagi pecinta musik juga dapat melihat alat musik komet yang langka.

Lokasi: Sri indrapura, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

7. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur
Image Credit: Liandamarta.com

Diklaim sebagai Taj Mahal ala Indonesia, Masjid Agung An Nur menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Desain secara keseluruhan memang menyerupai salah satu keajaiban dunia yang ada di India itu. Anda dapat melihat kolam di halaman masjid dengan arsitektur yang memukau.

Masjid yang telah berdiri lebih dari 50 tahun ini wajib Anda kunjungi, terutama di sore hari karena keindahan halamannya semakin kuat karena gemerlapnya lampu.

Lokasi: Jl. Hang Tuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru..

8. Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS
Image Credit: Riauberbagi.blogspot.com

Perpustakaan selalu identik dengan kuno, sepi, dan jarang pengunjung. Akan tetapi, berbeda dengan kesan dari perpustakaan Soeman HS ini karena didesain dengan sangat unik. konsep yang diusung modern dan futuristik yang diwujudkan dalam gedung megah.

Gedung satu ini menjadi perpustakaan kota Pekanbaru, sehingga koleksinya pun cukup banyak seperti buku dan arsip. Akan tetapi, Anda juga dapat memandang indahnya kota dari ketinggian.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru.

9. Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin
Image Credit: Vennynovriani3.blogspot.com

Anjungan seni satu ini tampak sangat mencolok dan menarik perhatian banyak orang karena gaya arsitekturnya. Gedung ini sangat khas Melayu sehingga cukup unik daripada gedung yang ada di sekitarnya.

Hingga saat ini gedung dengan satu lantai ini masih sangat aktif beroperasi untuk kegiatan seni skala nasional dan internasional. Kegiatan terbarunya adalah Vinculos Indonesia 2018 yang bekerja sama dengan Kedutaan Spanyol, sangat menarik bukan?

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

10. Sungai Kampar

Sungai Kampar
Image Credit: Suarasindo.com

Pecinta olahraga air yang membutuhkan ombak biasanya melakukan aktivitas kesuakaannya itu di pantai. Akan tetapi, Riau menawarkan alternatif lain yang cukup unik dengan ombak yang fenomenal dari sungai Kampar.

Ombak yang terkenal ini bernama Bono untuk berselancar antimainstream dengan waktu terbaik di musim penghujan yang terletak di dekat muaranya. Di luar musim itu, Anda dapat menikmati arus sungai yang tenang sambil berkayaking.

Lokasi: Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan.

11. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Share-afriadi.blogspot.com

Ingin berlibur di tengah kota agar tidak lelah di perjalanan? Air Terjun Batu Dinding menjadi pilihan yang tepat karena hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam. Aliran air yang jatuh dari batu itu tidak terlalu tinggi, tetapi kolamnya sangat luas dan sejuk.

Area ini cocok untuk Anda yang ingin menyendiri dari hiruk pikuk kota karena berada di kawasan hutan larangan. Akan tetapi, pastikan membawa bekal makan yang cukup karena tidak warung makanan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Lokasi: Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar.

12. Pantai Cinta, Teluk Jering

Pantai Cinta, Teluk Jering
Image Credit: Gagasanriau.com

Tahukah Anda bahwa Indonesia kaya akan keindahan alam dan destinasi wisata? Pekanbaru memiliki sebuah desa yang memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota. Sungai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan mirip dengan pasir pantai.

Anda dapat berman pasir di area bantaran sungai sambil menikmati teriknya matahari seperti di tepi pantai. Selain itu, pihak pengelola wisata juga menyediakan olahraga air, seperti banana boat.

Lokasi: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar.

13. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Image Credit: Airport.id

Diklaim sebagai satu satunya candi di Riau, candi Muara Takus ini merupakan candi Budha yang masih berdiri dengan megah hingga saat ini. Candi ini dibuat dari batu pasir, batu sungai, dan batu bata sehingga paduan warna coklatnya sangat cantik.

Anda yang hobi fotografi tentu sangat cocok untuk memasukkan destinasi ini ke dalam list wisata terbaik di Pekanbaru. Bagi pemburu lokasi untuk prewedding juga dapat memilih tempat ini dengan konsep klasik.

Lokasi: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar.

14. Wisata Riau Fantasi

Wisata Riau Fantasi
Image Credit: Indozone.id

Destinasi wisata ini adalah gabungan dari dua konsep wisata, yaitu theme park dan water park. Oleh karena itu, berlibur ke tempat ini membuatmu mendapatkan paket liburan yang lengkap. Anda dapat memilih bermain air di lima kolam dengan tema yang berbeda beda.

Terdapat pula wahana yang memacu adrenalin agar permainan air semakin seru. Selain itu, Anda juga dapat menikmati theme park dengan bermain kora kora, sky toer, wave blaster, speedy coaster, dan lain lain.

Lokasi: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar.

15. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim
Image Credit: Pesonasiak.id

Pecinta aktivitas alam pasti menyukai taman hutan raya satu ini karena membuatmu semakin dekat dengan alam. Hutan ini sangat sejuk dan akses ke tempat ini sangat mudah karena hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Area pelatihan Gajah Sumatra ini sangat unik karena menyediakan berbagai aktivitas yang seru. Anda dapat mengelilingi hutan dengan sepeda atau motocross, sehingga liburanmu akan mendapat pengalaman baru yang menarik.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Minas Jaya, Kec. Minas, Kab. Siak.

16. Arboretum Universitas Riau

Arboretum Universitas Riau
Image Credit: Gadiansoma.wordpress.com

Berawal dari lokasi yang dipakai untuk penelitian, Universitas Riau memiliki taman hutan yang sangat asri. Akan tetapi, beberapa waktu terakhir telah dikembangkan hingga menjadi tempat wisata dan edukasi.

Anda dapat bersantai menikmati jernihnya air danau dan lingkungan yang asri dengan tanaman hijau di sejauh mata memandang. Tidak hanya itu, Arboretum Universitas Riau ini juga cocok untuk melepas penat atau sekadar mencari inspirasi ide.

Lokasi: Jl. Muchtar Lutfi, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru.

17. Kawah Biru

Kawah Biru
Image Credit: Okezone.com

Destinasi wisata ini berawal dari sebuah ketidaksengajaan, tetapi berujung pada keindahan alam yang menarik. lokasi ini semula adalah bekas galian pasir yang berwarna putih bening. Lalu tanpa sengaja terisi air hujan, sehingga membentuk kawah yang sangat cantik.

Warna biru air berasal dari pasir yang berwarna putih, sehingga menambah estetika dari wisata satu ini. Objek wisata satu ini cukup ramai dikunjungi karena keindahan air dan alam sekitarnya.

Lokasi: Jl. Delima No.11, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru.

18. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu destinasi wisata alam di kota Madani ini dapat Anda jadikan sebagai spot foto untuk hunting foto. Paduan keindahan alam dan landskap air terjun yang unik membuat foto yang dihasilkan sangat menarik.

Air terjun ini berwarna jernih dan sejuk dengan tiga tingkatan yang cukup tinggi. Tingginya tingkatan tersebut cukup bervariasi, mulai dari 15 meter hingga 40 meter. Yang lebih menarik lagi, destinasi wisata ini dibuka selama 24 jam penuh.

Lokasi: Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu.

19. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Riauonline.co.id

Tebing yang tinggi dan cukup curam membuat para pengunjung tidak dapat mendaki ke atas tingkatan. Hal ini membuat para pengunjung hanya bermain air di kolam bawah, sehingga cukup aman untuk bermain air bersama anak anak.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Air terjun ini memiliki dua sumber air yang berbeda dengan debit air yang cukup deras. Derasnya air yang turun membuat aktivitas di kolam menjadi lebih menyenangkan. Inilah destinasi yang sangat menarik minat pengunjung.

Lokasi: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi.

20. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Wisata yang dikemas dengan edukasi selalu menjadi pilihan yang tepat karena cocok untuk tempat berlibur dengan keluarga, terutama anak anak. kebun binatang ini memiliki koleksi spesies hewan yang cukup banyak, sehingga si kecil dapat melihat keragaman hewan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati area bermain dengan ayunan yang menantang dan kolam renang dengan papan luncur yang menantang. Liburan yang menarik bukan?

Lokasi: Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar.

21. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Riau.go.id

Tahukah Anda dengan sungai kapas yang cukup terkenal di Riau? Hulu dari sungai tersebut adalah air terjun Batang Kapas yang memiliki keunikan dan keindahan alam. Objek wisata satu ini berada jauh dari pemukiman warga, tetapi menjadi incaran para pecinta alam.

Tingginya tebing dan tumbuhan yang merambat menjadi daya tarik tersendiri. Sumber air hanya tunggal tetapi sangat indah jika ditangkap kamera dan debit airnya pun sangat deras.

Lokasi: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar.

22. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan
Image Credit: Kontraktorkubahmasjid.com

Terkenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru membuat masjid ini cukup ramai dikunjungi, bahkan hingga saat ini. Banyak yang tidak tahu masjid ini merupakan salah satu peninggalan dari kesultanan Siak dan menjadi masjid tertua di Riau.

Oleh karena itu, pengunjung banyak yang datang ke masjid ini untuk wisata religi, melihat peninggalan yang masih berdiri kokoh, atau benar benar ibadah. Tidak heran, masjid ini masih dikelola dengan baik.

Lokasi: Jl. Riau No.73a, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

23. Agrowisata Tenayan Raya

Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Azwisata.com

Wisata petik buah langsung dari asalnya memang sangat menyenangkan, sehingga kota Madani ini juga menawarkan destinasi serupa. Terdapat Agrowisata Tenayan Raya yang wajib Anda singgahi untuk menjajal pengalaman baru memetik buah dari kebunnya.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat bercocok tanam, memetik sayuran, atau menangkap ikan, para pecinta aktivitas di luar tentu suka dengan tempat ini karena juga ada fasilitas outbond.

Lokasi: Jl. Kadiran, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

24. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Kemdikbud.go.id

Menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi jika ingin belajar atau memiliki pengetahuan seputar kota Pekanbaru. Tidak hanya Pekanbaru secara khusus, Anda juga dapat melihat berbagai peninggalan sejarah dari Provinsi Riau secara langsung. Mulai dari pakaian adat, kerajinan tangan yang sangat unik, dan beberapa alat musik dari berbagai daerah di Riau. Museum ini menjadi wisata sejarah yang sangat tepat untuk para pelancong.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

25. Taman Putri Kaca Mayang

Taman Putri Kaca Mayang
Image Credit: RiauBertuah.co

Menjadi salah satu ruangan terbuka hijau untuk umum yang dapat Anda akses dengan mudah. berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di sini, seperti jogging di jogging track yang telah tersedia, bermain di area yang sudah dibuat dengan baik, dan terakhir ada pula area teater. Bagi para pecinta seni peran, tempat ini sungguh surga yang tiada duanya. Oleh karena itu, hingga saat ini tempat ini masih ramai dikunjungi baik penduduk lokal maupun para pelancong.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.474, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Berkeliling Indonesia adalah impian beberapa orang karena dapat belajar mengenai berbagai hal tersembunyi dari negeri yang indah ini. Jika Anda berkesempatan ke Pekanbaru, tentu sayang jika melewatkan berbagai tempat wisata menarik. Terdapat sekitar 25 destinasi wisata yang memiliki keunikannya masing masing dan sedang hits beberapa waktu terakhir. Berbekal kamera untuk mengabadikan momen terbaik tersebut adalah hal yang tidak boleh ketinggalan.