Sebagai jantung khatulistiwa bagi Indonesia, Kota Pontianak ternyata menyimpan sejuta wisata yang wajib untuk Anda singgahi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya ataupun hanya sekedar taman menjadi destinasi yang pas untuk melepas lelah.

Dengan dialiri Sungai Kapuas, membuat destinasi wisata di Kota Pontianak memiliki keunikan tersendiri yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda pun bisa berwisata dengan sangat puas dengan deretan destinasi yang menawan.

Tak perlu berlama-lama, kali ini akan diulas mengenai tempat wisata di Pontianak yang cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga. Simak ulasan selengkapnya.

1. Taman Alun Alun Kapuas

Taman Alun Alun Kapuas
Image Credit: Wisatapontianak.com

Untuk Anda yang baru saja tiba di kota Pontianak dan bingung mencari destinasi wisata, maka Anda bisa mengunjungi Taman Alun Alun Kapuas. Taman ini menjadi salah satu ikon dari kota Pontianak dan juga menjadi pusat kegiatan dari masyarakat sekitar. Anda bisa datang pada sore hingga malam hari. Hal ini dikarenakan saat malam tiba, air mancur yang berpadu dengan warna warni lampu akan menjadi salah satu pemandangan yang Anda saksikan.

Disini, ada beberapa objek yang bisa untuk Anda nikmati. Sebut saja seperti duplikat dari Tugu Khatulistiwa hingga area nobar yang kerap kali digunakan untuk menonton pertandingan sepak bola. Tak hanya itu saja, adanya cafe apung yang berada di taman ini, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga pengunjung bisa bersantap hidangan khas Kalimantan di atas kapal sekaligus diajak untuk mengelilingi Sungai Kapuas.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

2. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa
Image Credit: Superadventure.co.id

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi kota Pontianak namun tak mampir ke tempat ikonik satu ini. Di tugu ini, maka Anda akan tepat berada di titik 0 kilometer atau berada pada garis lintang nol derajat bumi. Dimana garis tersebut tepat membelah bumi bagian utara dan selatan. Hal lain yang membuat tempat ini menarik adalah ketika Anda mengunjunginya pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Pasalnya, Tugu Khatulistiwa ini akan menjadi lokasi Hari Kulminasi Matahari. Sehingga, waktu tersebut merupakan saat yang tepat karena matahari berada persis di atas garis khatulistiwa. Hal ini akan membuat banyak orang mengabadikan momen ketika bayangannya menjadi hilang. Selain itu, pelancong juga bisa untuk melintasi garis khatulistiwa dan mendapatkan sertifikat. Sehingga menjadi destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Khatulistiwa No.Kel, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

3. Museum Provinsi Kalimantan Barat

Museum Provinsi Kalimantan Barat
Image Credit: Indonesiakaya.com

Untuk Anda yang ingin berwisata sejarah ketika berada di Pontianak, maka museum satu ini menjadi salah satu lokasi yang tepat. Memiliki luas bangunan sekitar 3905 meter persegi, membuat Anda bisa melihat berbagai macam koleksi benda bersejarah ketika berada disini.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga akan belajar tentang budaya Hindu Budha, Eropa, China dan Islam ketika berkunjung ke museum ini.

Lokasi: Komplek Museum Negeri Pontianak, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

4. Rumah Adat Radakng Dayak

Rumah Adat Radakng Dayak
Image Credit: Bappeda.pontianakkota.go.id

Berada di daerah Sungai Bengkong, maka Anda bisa mengunjungi Rumah Adat Radakng. Di kota ini, Anda bisa menemukan replika rumah adat terbesar yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui, Rumah Radakng merupakan rumah adat dari Suku Dayak yang menjadi landmark dari kota Pontianak. Memasuki area wisata ini, maka Anda akan disambut dengan bangunan yang sangat besar.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pontianak yang Murah & Enak

Dimana bangunan tersebut memiliki 6 tiang besar. Di depannya, juga terdapat burung Enggang Gading. Burung tersebut merupakan simbol dari kekuatan dan kegagahan bagi suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Tak hanya itu saja, Anda juga akan menemukan ukiran yang memiliki relief dan motif yang sangat beraneka ragam. Dengan arsitektur yang sangat menawan dan megah tersebut akan membuat banyak traveler tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasi: Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

5. Keraton Kesultanan Kadriah

Keraton Kesultanan Kadriah
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Destinasi menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Pontianak adalah Keraton Kesultanan Kadriah. Keraton ini dibangun sudah sejak lama yakni pada tahun 1771 Masehi. Namun, banyak benda bersejarah dan menarik yang bisa Anda temukan disini. Mulai dari meriam, singgasana, Al Quran dengan tulisan tangan yang asli. Bahkan silsilah keturunan Sultan Pontianak pun akan bisa Anda temukan disini.

Lokasi: Desa Beting, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

6. Batulayang Makam Kesultanan Pontianak

Batulayang Makam Kesultanan Pontianak
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Setelah berkunjung ke keraton, maka tak lengkap rasanya jika tak sekaligus berkunjung ke Batu Layang Makam Kesultanan Pontianak. Tempat satu ini merupakan kompleks makam sultan Pontianak yakni Sultan Hamid II beserta keluarganya. Perlu Anda ketahui, Sultan Hamid II merupakan raja Pontianak yang juga penemu dari ambang negara Indonesia.

Untuk itu, karena jasa beliau maka Anda wajib untuk mengunjungi makam yang ada di daerah Batu Layang ini. Dengan adanya kompleks pemakaman ini sekaligus menjadi bukti bahwa Kesultanan Pontianak pernah memiliki andil dan mempunyai pengaruh terhadap Kalimantan Barat. Disini Anda bisa untuk berziarah dan juga berwisata sejarah untuk mengetahui budaya yang pernah ada di daerah Pontianak.

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

7. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin
Image Credit: Tripzilla.id

Wisata religi juga menjadi salah satu destinasi yang wajib masuk ke daftar Anda ketika berkunjung ke kota Khatulistiwa ini. Pasalnya, Masjid Raya Mujahidin merupakan bangunan yang sangat besar, dibangun dengan tanah yang memiliki luas 4 hektar membuatnya terlihat sangat indah dan megah. Tak mengherankan untuk daya tampung masjid ini sendiri mencapai 9 ribu jamaah.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani Komplek Masjid Raya Mujahidin, Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

8. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak
Image Credit: Ttnotes.com

Tak hanya Masjid Raya Mujahidin, ketika Anda bertandang ke Pontianak pastikan pula untuk mengunjungi Masjid Jami yang memiliki bangunan sangat megah. Tak hanya beribadah, disini Anda pun juga bisa sekaligus mampir mengunjungi restoran terapung dan juga menyewa speed boat atau sampan. Sehingga Anda bisa berkeliling kawasan masjid dengan menggunakan kendaraan tersebut.

Lokasi: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

9. Hutan Kota Untan atau Arboretum Sylva Untan

Hutan Kota Untan
Image Credit: Borneo24.com

Meskipun kota Pontianak dikenal dengan cuacanya yang panas, namun bagi Anda yang ingin mencari keteduhan, maka Hutan Kota Untan dapat menjadi destinasi selanjutnya. Tempat satu ini memang merupakan kawasan untuk pengoleksian, perlindungan dan juga pelestarian flora dan fauna yang ada di Kalimantan Barat. Sehingga, Anda pun bisa berekreasi dengan suasana yang rindang di tempat satu ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan. Sebut saja seperti jogging dan cycling hingga outbond bisa Anda lakukan di tempat ini. Suasana yang sejuk tersebut, didukung pula dengan adanya hammock yang terpasang di pepohonan. Tentu saja akan sangat cocok menjadi tempat untuk bersantai dan melupakan sejenak aktivitas perkotaan yang menyesakkan.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

10. Aloe Vera Centre

Aloe Vera Centre
Image Credit: Rizkyjayarentcar.com

Kota Pontianak memang dikenal sebagai produsen aloe vera atau lidah buaya. Untuk itu, Anda bisa melihat budidaya dan perkembangan tanaman tersebut di kawasan agrowisata Aloe Vera Centre.

Di agrowisata ini, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan tanaman satu ini. Mulai dari diolah menjadi jelly, dodol, coklat hingga minuman sari lidah buaya dan kuliner lain yang akan menggugah selera makan Anda.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Budi Utomo No.29, Siantan Hilir, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

11. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan
Image Credit: Padmagz.com

Berkunjung ke Pontianak tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan untuk mampir ke Kampung Wisata Kuantan. Wisata tepi sungai Kapuas ini bisa menjadi angin segar bagi Anda yang mencari destinasi warna warni saat berada di Pontianak. Pasalnya, banyak rumah yang memiliki dinding beragam warna dan juga lukisan mural. Sehingga akan sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai background foto yang instagramable.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

12. Paradis Q Waterpark

Paradis Q Waterpark
Image Credit: Tukangjalanjajan.com

Masih di kota Pontianak, bagi Anda yang ingin mengajak si kecil untuk berwisata di akhir pekan, maka Paradis Q Waterpark merupakan lokasi yang pas. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan wahana air yang menyenangkan. Mulai dari kolam ombak, Race Water, hingga Spiral Water slide menjadikan wahana satu ini akan disukai oleh si kecil untuk mengisi waktu liburnya.

Lokasi: Jl. Arteri Supadio KM 12.8 No.16, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya.

13. Pelabuhan Seng Hie

Pelabuhan Seng Hie
Image Credit: Wkimapia.org

Kota Pontianak merupakan salah satu kota yang dialiri oleh Sungai Kapuas. Untuk itu, dengan sungai yang membentang di tengah kota tersebut, membuat Anda bisa mengunjungi wisata maritim ketika berada disini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Pelabuhan Seng Hie. Pelabuhan tertua di kota ini, akan menyuguhkan panorama yang indah ketika matahari terbenam.

Lokasi: Jl. Sultan Muhammad, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

14. Kampung Beting

Kampung Beting
Image Credit: Kompas.com

Kampung Beting menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Pontianak. Kampung satu ini merupakan kawasan yang berdiri di atas tepian sungai Kapuas.

Daerah ini merupakan tempat berdirinya istana Kesultanan Pontianak dan juga tempat Masjid Jami berada. Anda pun bisa merasakan sensasi berjalan di Jembatan Gertak yang memiliki fungsi sebagai jembatan untuk penghubung antar rumah di wilayah ini.

Lokasi: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

15. Jembatan Kapuas

Jembatan Kapuas
Image Credit: Blj.co.id

Menikmati pemandangan Sungai Kapuas akan sangat pas apabila Anda melihatnya dari Jembatan Kapuas. Pasalnya, dari atas sini Anda akan bisa melihat kedua sisi dari sungai yang panjang ini.

Ditambah lagi, ketika Anda mengunjungi jembatan ini di kala senja, maka Anda pun akan sekaligus mendapatkan panorama sunset yang sangat indah. Berfoto dengan latar belakang jembatan ini juga menjadi salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan di Pontianak.

Lokasi: Jl. Sultan Hamid II, Tanjung Hulu, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

16. Waterboom Gunung Poteng

Waterboom Gunung Poteng
Image Credit: Instagram.com @syarifuddinmadden

Berada tak jauh dari kota Pontianak, Anda juga bisa mengajak keluarga untuk berlibur di Waterboom Gunung Poteng yang berada di Singkawang. Disini, Anda bisa bermain air dengan banyak wahana menarik. tak hanya itu saja, di tempat satu ini Anda pun juga bisa bermain di taman warna warni yang memiliki spot sangat cantik. Sehingga, ketika bermain air, Anda juga akan dimanjakan dengan taman yang akan membuat Anda terkagum.

Lokasi: Jl. Raya Pajintan, Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

17. Taman Bunga Bukit Bougenville

Taman Bunga Bukit Bougenville
Image Credit: Wisato.id

Taman satu ini merupakan tempat wisata yang didominasi dengan pemandangan berupa bunga Bougenville. Destinasi ini memang sengaja di desain dengan sangat alami, sehingga akan membuat pengunjung menjadi nyaman dan menimbulkan kesan asri saat berada disini.

Terdapat sekitar 40 lebih jenis Bougenville yang ada di taman ini. Dengan begitu, akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak si kecil liburan edukasi sembari mengenalkan berbagai jenis tanaman.

Lokasi: Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

18. Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam
Image Credit: Rhomieyudhistira110590.blogspot.co.id

Bukit yang berada di Singkawang ini memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari Pontianak. Sehingga, Anda bisa sekaligus mengunjungi saat berada disini. Pasalnya, Anda akan bisa melihat pemandangan kota Singkawang dari ketinggian.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Paling Populer

Selain itu, pesona pantai pun juga bisa Anda nikmati dari tempat satu ini. Ketika malam tiba, tentu saja suasana romantis akan bisa Anda dapatkan dari kerlap kerlipnya lampu yang menghiasi langit.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

19. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi
Image Credit: Web.titik.xyz

Masih di sekitar kota Singkawang, maka Anda juga bisa sekaligus untuk mengunjungi cagar alam satu ini. Dimana akan akan menemukan ekosistem biotik yakni danau, gunung dan sungai yang memiliki bentang alam mempesona. Selain itu, berbagai flora dan fauna juga bisa untuk Anda temukan di kawasan ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin suasana yang alami dan sejuk, berwisata ke tempat ini dapat menjadi obat yang pas untuk Anda.

Lokasi: Sanggau Kolor, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

20. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe
Image Credit: Travsharing.com

Berlanjut ke air terjun, maka Sibohe dapat menjadi destinasi wisata yang bisa Anda tuju. Meskipun tidak memiliki air terjun yang cukup besar, namun tempat satu ini sangat cocok untuk membuat wisatawan bermain basah basahan.

Termasuk destinasi wisata yang tergolong tersembunyi, maka jika berkunjung kesini Anda harus memarkirkan kendaraan di rumah warga karena tidak adanya lahan parkir yang tersedia.

Lokasi: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

21. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria
Image Credit: Rumahkomunitas.com

Ingin merasakan segarnya berendam di air pegunungan? Maka Air Terjun Eria dapat menjadi destinasi wisata yang Anda singgahi berikutnya. Air yang berasal dari Gunung Poteng ini memiliki kesegaran dan pastinya sangat jernih.

Untuk itu, tempat satu ini sangat pas bagi Anda yang ingin melepas penat akan aktivitas harian yang melelahkan. Pesona alam yang ada di destinasi ini pun mampu membuat Anda terkesima.

Lokasi: Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

22. Danau Tadow Indah

Danau Tadow Indah
Image Credit: Yulhersa.blogspot.com

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Danau Tadow Indah menjadi destinasi yang harus Anda kunjungi. Selain itu, wisatawan nantinya akan bisa memancing secara langsung dengan menggunakan perahu yang memang telah disediakan.

Menariknya lagi, hasil pancingan tersebut akan bisa langsung diolah di danau satu ini. Tentu saja akan menjadi paket lengkap yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, bukan?

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

23. Pantai Sedau

Pantai Sedau
Image Credit: Warungsantaisingkawang.blogspot.com

Memiliki daya tarik yakni pasirnya yang berwarna kecoklatan, tentu saja akan terlihat berkilau tertimpa terik mentari di siang hari. Tak hanya itu saja, keindahan dari pantai ini adalah adanya pohon kelapa yang berada di sepanjang bibir pantai.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat pengunjung bisa bermain dengan nyaman dan tenang ketika sedang berada di Pantai Sedau ini.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

24. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Catatanwisata.com

Berada di balik hutan, membuat kehadiran pantai ini bak harta karun yang wajib untuk Anda kunjungi. Meskipun memiliki akses yang sulit, namun tak menghentikan para pelancong untuk singgah dan melihat keindahannya.

Memiliki pasir yang bertekstur keras, tentu saja tak akan mudah untuk Anda temukan dimanapun. Karena masih belum banyak yang mengetahuinya, maka akan sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

25. Pantai Kijing

Pantai Kijing
Image Credit: Iklankalbar.com

Hamparan pasir berwarna putih akan menjadi pemandangan yang Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Dengan pohon kelapanya yang rindang akan menambah suasana eksotis saat berkunjung ke Pantai Kijing.

Selain itu, Anda juga tak boleh melewatkan panorama matahari terbenam yang akan Anda dapatkan di kala senja. Pasalnya, akan menambah kepuasan tersendiri bagi pelancong yang mengunjungi wisata ini.

Lokasi: Sungai Kunyit Laut, Kec. Sungai Kunyit, Kota Pontianak.

Berkunjung ke Pontianak tentu saja akan menjadi salah satu alternatif tempat liburan yang bisa Anda coba. Pasalnya, mulai dari pantai hingga wisata budaya dan religi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak mengherankan, meskipun memiliki cuaca yang panas banyak pelancong yang ingin mengunjungi kota ini sebagai destinasi untuk berlibur.