Identik sebagai pulau penghasil timah, Bangka ternyata mempunyai panorama alam yang menajubkan. Wisatawan bebas menjelajahi berbagai tempat wisata hits di Pulau Bangka, baik yang berbau alam maupun tempat bersejarah.

Pulau Bangka terletak di sisi timur Sumatera dan menyimpan sejuta pesona alam yang tiada duanya. Banyak yang bilang bahwa wisata disini merupakan surga dunianya Indonesia, sehingga wisatawan kerap berdatangan untuk berlibur. Tidak hanya destinasi alam saja yang menarik, namun jejak sejarahnya juga perlu dijelajahi.

Anda akan dibuat takjub setiap menginjakkan kaki di objek wisata, karena memang keindahannya patut diacungi jempol. Penasaran? Berikut 20 tempat wisata di Bangka yang patut Anda kunjungi.

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Image Credit: KSMTour.com

Bisa dibilang destinasi alam ini merupakan danau tercantik di dunia, dengan segala sisi pesonanya. Anda akan menemukan sensasi berlibur layaknya di kawasan pegunungan putih. Karena memang sekeliling danau berupa gundukan bebatuan putih yang mengitari kawasan danau. Dulunya area wisata ini merupakan tempat penggalian tambang timah, namun setelah kandungan timahnya habis dikelola menjadi destinasi wisata oleh pemerintah setempat.

Pantulan air danau merefleksikan warna langit biru yang sangat indah. Oleh sebab itu sering disebut dengan Camoi Aek Biru oleh warga sekitar. Akibat pantulan biru itulah mengapa air memiliki warna biru yang mengkilau. Tidak hanya danau biru saja tetapi juga ada danau berwarna hijau, yang semakin menambah daya tarik Danau Kaolin. Menjelang matahari terbenam area wisata kian syahdu, dengan pemandangan senja yang menajubkan.

Lokasi: Jl. Raya Gadung, Nibung, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

2. Gurun Pelawan Namang

Gurun Pelawan Namang
Image Credit: Twitter.com @YoExplore

Tidak perlu pergi ke benua Afrika jika ingin menikmati indahnya pegunungan pasir. Anda bisa berkunjung ke Pulau Bangka dan mendatangi destinasi Gurun Palawan. Kawasan wisata ini merupakan bekas aktivitas tambang, yang kemudian dikelola menjadi jujugan wisatawan. Belakangan ini destinasi kian populer karena tawaran pemandanganannya cukup instagramable. Sehingga wisatawan heboh berdatangan untuk melihat langsung keelokannya.

Lokasi gurun pasir ini berada sekitar 800 meter dari Hutan Pelawan, dan memerlukan tenaga ekstra untuk sampai kesini. Panorama alamnya semakin bagus waktu siang hari ketika terik matahari menyinari Pulau Bangka. Perbukitan berpasir seolah menambah eksotisme tempat wisata ini. Namun Anda perlu mempersiapakan alat perlindungan kulit sebelum kesini. Karena tempatnya penuh pasir jangan lupa memakai masker saat berkunjung.

Lokasi: Namang ,Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah.

3. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno
Image Credit: Triptrus.com

Jika Anda mengingat kisah sejarah pasca kemerdekaan RI, kedua Bapak Proklamator Indonesia pernah diasingkan di Pulau Bangka. Kala itu sedang terjadi Agresi Militer BelAnda II yang berlangsung pada tahun 1948-1949. Soekarno-Hatta ditempatkan di Pesanggrahan Menumbing yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bahkan menjadi destinasi sejarah populer dari kota Muntok. Setiap pekan atau musim liburan wisatawan terus berdatangan kesini tanpa henti.

Bangunannya bergaya arsitektur BelAnda dengan bagian rumah utama berada di puncak bukit. Pada bagian dalamnya terdiri beberapa ruangan termasuk ruang pertemuan dan ruang tidur Bung Karno masa itu. Anda diajak untuk menyaksikan kilas masa lalu melalui foto-foto kenangan di ruang kerja Bung Karno. Bahkan melihat sendiri mobil BN 10 yang pernah dikendarai oleh Bung Hatta. Dari atap dak beton bangunan Anda bisa melihat pemandangan Bukit Menumbing.

Lokasi: Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

4. Puri Tri Agung Bangka

Puri Tri Agung Bangka
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Sekitar 20 kilometer dari kota Pangkal Pinang terdapat sebuah bangunan dangan tinggi sekitar 30 meter. Destinasi wisata ini bernama Puri Tri Agung Bangka yang mempunyai pekarangan luas. Gaya bangunan melambangkan tiga ajaran Tri Darma dalam agama Budha. Sehingga bukan hanya menjadi tempat wisata tetapi juga sebagai lokasi ibadah para pengikutnya. Bahkan sering digunakan untuk tempat perencanaan para biksu dan saolin.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bangka yang Murah & Enak

Di sekeliling vihara terdapat Pantai Pagoda yang membentang indah, dan merupakan pantai paling panjang di kota Sungailiat. Sepanjang mata memandang Anda akan menyaksikan hamparan pasir luas dan putih. Lautnya berwarna biru kehijauan dengan gulungan ombak yang tenang. Hembusan angin yang sejuk membuat para wisatawan betah berlama-lama disini. Dari halaman depan pagoda Anda bisa melihat hamparan laut lepas dengan kapal-kapal yang berlayar.

Lokasi: Pantai Tikus, Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

5. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai
Image Credit: Bangkatengahkab.go.id

Di sepanjang pulau seluas 28 hektar ini pengunjung akan menemukan ratusan pohon kelapa. Rimbunan pohon tersebut mengelilingi pantai seolah menutup destinasi wisata dari dunia luar. Karena itu sisi alami pulau masih terjaga dengan baik dari tangan-tangan manusia yang usil. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan sensasi liburan seperti di pulau sendiri. Bahkan Anda bebas mengambil buah kelapa yang berjatuhan di tepian pantai.

Air lautnya berwarna biru jernih dan cukup tenang, sehingga pengunjung bebas bermain air disini. Tentunya tidak boleh melewatkan agenda snorkeling untuk melihat keelokan bawah laut yang memesona. Saking jernihnya Anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari. Saat air surut akan terlihat jelas bentuk terumbu karang dengan warna cantik. Bagi yang datang ramai-ramai opsi camping sangat disarankan agar lebih dekat dengan alam.

Lokasi: Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

6. Pulau Pelepas

Pulau Pelepas
Image Credit: Jelajahbangka.com

Sebagian besar masyarakat Bangka mengenalnya dengan nama Pulau Lampu. Karena dari pulau ini terdapat Mercusuar yang memancarkan cahaya lampu. Sorotan lampu tersebut sebagai penerangan bagi pelayaran di Selat Bangka. Mercusuar kuno ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda, dan dibangun pada tahun 1893. Bangunan setinggi 50 meter ini diberi nama Mercusuar H.M. Koningin, berdiri menjulang diantara pulau yang sunyi.

Untuk menjangkau Pulau Pelepas dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari dermaga Desa Tanjung. Bisa dikatakan pulau ini masih sangat alami hanya ada 5 orang yang mendedikasikan diri tinggal disini. Dari puncak Mercusuar Anda bisa melihat keindahan pulau-pulau di sekitarnya. Tak lupa pemandangan laut lepas yang berwarna biru semakin menambah keelokan dari destinasi favorit di Pulau Bangka ini.

Lokasi: Jl. Pulau Pelepas, Beluluk, Kec. Pangkalan Baru, Kota Pangkal Pinang.

7. Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga
Image Credit: Detik.com

Bentuk pantainya landai dengan bebatuan yang menyebar di sepanjang bibir pantai. Uniknya batuan tersebut memiliki warna kemerahan, dan berubah mengkilau saat diterpa sinar matahari. Hamparan pasirnya tidak berwarna putih seperti pantai Bangka pada umumnya. Justru berwarna cokelat kehitaman tetapi terasa halus ketika bersentuhan dengan jari kaki. Anda bebas berjalan-jalan diatasnya tanpa terluka sambil menyusuri tepian pantai.

Dari pinggir pengunjung bisa melihat hilir mudik kapal penumpang dan barang. Hal ini karena kawasan Tanjung Benua merupakan jalur kelur masuk pelabuhan Pangkal Balam. Namun ada beberapa titik yang mengalami kerusakan akibat adanya tambang inkonvensional. Meskipun sudah berhenti tetapi bekas galiannya masih ada tetapi tidak mengurangi sisi eksotisnya. Di satu kawasan juga terdapat area perbukitan yang langsung menghadap ke arah laut.

Lokasi: Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

8. Pantai Penganak

Pantai Penganak
Image Credit: Pantaiahoy.blogspot.com

Hamparan pasir putih dengan hiasan batuan granit beragam bentuk, menjadi daya tarik dari Pantai Paganak. Dulunya kawasan wisata ini terbengkalai hingga sekelompok anak muda bergerak untuk memperbaikinya. Mereka berusaha memperkenalkan keelokan pantai dan membangun fasilitas sederhana. Berawal dari fasilitas kamar mandi sekarang area wisata sudah dilengkapi dengan gazebo dan bangku-bangku.

Ada sebuah jembatan yang membelah lautan hampir ke tengah, dengan dermaga kecil untuk tempat bersandar kapal. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari atas jembatan sambil mengambil beberapa foto. Dengan background paduan langit dan lautan biru tidak heran bila mendapat julukan pantai instagramable. Rata-rata wisatawan datang saat sore hari karena ingin menikmati semilir angin, serta menuggu matahari terbenam.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bangka yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. penganak, Air Gantang, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

9. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban
Image Credit: Travelblog.id

Masyarakat Bangka lebih familiar dengan nama Pantai Teluk Limau, letaknya di sebelah timur Pulau Bangka. Disini Anda akan menyaksikan hamparan pasir putih, dengan warna air laut berwarna biru. Pantai semakin cantik batuan granit yang menghiasi sepanjang bibir pantai. Destinasi alam ini tidak terlalu panjang cenderung mirip seperti teluk, tetapi menyimpan banyak pesona. Namun disarankan berhati-hari sebab ombak lautnya cukup tinggi.

Wisatawan bisa melakukan banyak hal disini, salah satunya naik ke perbukitan yang berbentuk seperti tanjung. Anda seketika akan merasa takjub dengan suguhan panorama bentang alam di tempat wisata ini. Atau bisa naik ke batuan granit raksasa di bagian utara pantai, sambil melihat keindahan laut timur Pulau Bangka. Semakin sore Anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan senja, sambail menyaksikan matahari kembali ke peraduannya.

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

10. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci
Image Credit: Harianmerapi.com

Selain dijadikan sebagai kawasan rekreasi, pantai ini juga menjadi tempat untuk penangkaran penyu. Sepanjang pantai Anda hanya akan menemukan hamparan pasir putih yang luas. Di sekitar ada satu area bernama De Locomotief yang memiliki dekorasi cukup artistik.

Biasanya para pengunjung suka berfoto ria di tempat itu, dengan background hiasan lampu dan payung khas Cina. Tak jauh dari lokasi ada tempat penginapan dengan berbagai fasilitas.

Lokasi: Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

11. Air Terjun Pait Jaya Muntok

Air Terjun Pait Jaya Muntok
Image Credit: Tripzilla.id

Jika Anda bosan pergi ke wisata pantai, Anda bisa mengubah rencana kunjungan ke destinasi alam ini. Lokasinya tidak jauh dari kawasan perkotaan, beberapa meter dari kantor Bupati Bangka Barat. Begitu tiba di lokasi Anda akan merasakan suasana alam yang begitu dekat.

Ditambah kesegaran airnya membuat badan kembali rileks, bonus tambahan udara sejuk khas hawa pedesaan. Tidak heran bila air terjun ini sering menjadi sarana warga Bangka untuk melepas penat.

Lokasi: Belo Laut, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

12. Pantai Matras

Pantai Matras
Image Credit: KSMTour.com

Sekitar 33 kilometer dari kota Pangkal Pinang terdapat pantai terpanjang di Pulau Bangka. Pemandangan Anda akan didominasi oleh lautan lepas seakan luasnya tidak terbatas. Air lautnya benar-benar biru dan jernih, sampai Anda bisa melihat aneka biota laut.

Halusnya pasir putih membuat Anda bebas berlarian di bibir pantai. Tak lupa kumpulan batu granit turut menghiasi pantai. Anda bisa duduk diatas batuan granit yang paling besar sambil menikmati semilir angin.

Lokasi: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

13. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden
Image Credit: Explorebabel.com

Tempat wisata ini sengaja dibangun demi mensukseskan konsep zero waste, yang dikembangkan oleh swasta setempat. Pengelolanya menggunakan sistem terpadu pada peternakan, perikanan, dan perkebunan. Tujuan awalnya memang untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup, tetapi mulai berkembang menjadi area wisata. Di sekeliling kawasan terdapat tumbuhan perdu, yang memiliki ketinggian hingga 5 meter.

Rimbunan pohon pinus menjulang tinggi semakin menambah kesan permai dan hijau. Pada bagian peternakan memiliki rumah kayu, tempat pemeliharaan sapi perah dan sapi potong. Pengunjung boleh memberi makan ataupun terlibat dalam kegiatan memerah susu sapi. Ada lapangan terbuka yang dikhususkan untuk para kuda mencari makan. Bila penasaran rasanya berkuda tersedia pula pacuan kuda, jadi pengunjung bisa menunggangi kuda di damping oleh sang ahli.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi – Temberan, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

14. Jembatan Emas

Jembatan Emas
Image Credit: Gotransbangka.com

Jembatan ini membentang diatas aliran Sungai Pangkal Balam, dengan panjang sekitar 785 meter. Keunikan bangunan luas ini ialah bisa dibuka dan tutup saat ada kapal-kapal besar yang melintas. Setiap sore jembatan ramai dikunjungi oleh muda-mudi serta keluarga, yang ingin menghabiskan sisa hari. Ketika malam hari lampu-lampu LED akan dinyalakan semaki menambah keindahan dari kota timah ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bangka yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Jemb. Emas Baturusa, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

15. Pantai Batu Tambun

Pantai Batu Tambun
Image Credit: Wisatalengkap.com

Di pantai ini terdapat batu granit khas Pulau Bangka, tersebar dari ujung pantai ke ujung satunya lagi. Hal ini dikarenakan area wisata yang berhadapan langsung ke perairan Selat Gaspar, sehingga batu berhamburan begitu saja. Lautnya masih terjaga alami bahkan Anda bisa melihat terumbu karang dengan mata telanjang. Ketika snorkeling Anda akan menemui ikan badut yang berenang bebas, terkadang bersembunyi diantara koral yang cantik.

Lokasi:  Jl. Pulau Belitung, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

16. Pantai Tikus

Pantai Tikus
Image Credit: KSMTour.com

Meskipun namanya ada unsur tikus bukan berarti pantai ini dihuni oleh hewan tikus. Sebutan ini karena jalan menuju area pantai harus melewati jalan para penambang yang gelap dan sempit. Diapit oleh Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas sehingga pesonanya benar-benar menajubkan. Bila ingin melihat keindahan pantai cobalah naik ke atas vihara yang berada di perbukitan. Karena posisinya di Timur Laut Bangka tak heran jika sinar senjanya begitu cantik.

Lokasi:  Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

17. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Hondababel.com

Jika Anda sedang berkunjung ke pantai Matras, bisa mampir sejenak ke Pantai Tenggiri. Kawasan wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat sedang musim liburan. Dengan ombak yang tenang menjadikannya tempat bermain air yang tepat. Cobalah datang waktu pagi maka Anda akan terpesona dengan pemandangan sunrise yang memukau. Di sekitarnya terdapat area resort tak heran bila tempat ini menjadi favorit wisatawan.

Lokasi:  Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

18. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk
Image Credit: Detik.com

Di Kecamatan Belinyu terdapat Pantai Penyusuk yang menawarkan destinasi damai dan tenang. Uniknya pantai memiliki dua sisi bibir pantai dengan kedalaman yang berbeda. Bagian tepi pantai yang tenang sering disinggahi kapal-kapal milik nelayan. Sedangkan sisi yang lebih dalam memiliki ombak yang cukup garang. Karena posisi pantai berada di sebelah utara Pulau Bangka, membuat lokasi ini asyik dijadikan tempat untuk berburu sunset.

Lokasi:  Jl. Penyusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka.

19. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu
Image Credit: Travlr.com

Sepanjang pantai Anda akan mendapati batuan granit yang berdiri tegak. Rata-rata ukurannya sekitar 20 x 15 meter, meskipun ada pula batuan granit yang lebih kecil. Disini Anda juga akan menjumpai batu pari, karena bentuknya menyerupai ikan pari. Ketika berada di area ini Anda akan merasa seperti ada di film The Lord of The Rings. Gugusan batu yang membentang sangat cocok untuk dijadikan background foto yang instagramable.

Lokasi: Teluk Kelabat, Air Jukung, Kec. Belinyu, Kab. Bangka.

20. Danau Ampar Red Hill

Danau Ampar Red Hill
Image Credit: Len-diary.com

Sekilas dilihat bentuknya mirip dengan Grand Canyon, namun dalam versi yang lebih kecil dan berada di Pulau Bangka. Bukit ini merupakan peninggalan tambang timah dengan warna kemerahan menghiasi seluruh bukit. Di tengah Red Hill terdapat Danau Ampar yang berwarna biru, paduan yang mempesona antara warna merah dan biru. Anda bisa berjalan diatas gundukan tanahnya, tapi hati-hati saat musim hujan karena menjadi lebih licin.

Lokasi:  Riding Panjang, Kec. Merawang, Kab. Bangka.

Pulau Bangka memang tidak bisa lepas dari julukan surganya Indonesia. Karena memang dibalik pulau kecil tersebut, tersimpan sejuta pesona wisata. Tidak heran apabila wisatawan Bangka terus bertambah setiap tahunnya. Rata-rata mereka penasaran dengan tempat wisata yang disuguhkan oleh pulau timah ini. Anda bisa mengunjungi banyak destinasi disini mulai dari pantai sampai lokasi bersejarah.