Ingin Berlibur ke Purwakarta? Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Purwakarta, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Memiliki potensi kuat pada segi geografis, membuat Kota Purwakarta mudah dijangkau. Namun, Purwakarta memiliki banyak pesona alam yang keseluruhannya belum diketahui oleh banyak orang, namu menyuguhkan panorama yang indah dan memukau. Padahal baik wisata alam atau buatannya masing-masing memiliki pesona yang menakjubkan.

Kota yang layak disebut dengan kota sejuta wisata ini memiliki tempat wisata yang menarik baik yang alami ataupun buatan. Dalam setiap tahun kunjungan wisatawan di Purwakarta pun terus meningkat. Nah untuk mengetahui lebih lanjut, berikut rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang bisa Anda pilih.

1. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Image Credit: Instagram.com @muhammadyusupsaputra_

Terletak di Kabupaten Purwakarta, tempat yang baru saja dibuka pada tahun 2018 ini biasa disebut dengan bukit pelangi. Tempat wisata yang satu ini akan memanjakan mata dengan hamparan bukit hijau yang luas nan elok. Memiliki suasana yang tenang dan konsep tempat wisata yang klasik menjadikan Bukit Katumbiri pilihan yang cocok sebagai tujuan liburan Anda bersama dengan orang tersayang.

Meskipun termasuk wisata alam, tempat ini memiliki banyak spot foto kekinian. Gardu pandang yang tersedia menjadi pilihan utama yang menarik. Tidak sepopuler tempat wisata di Purwakarta lainnya tak menjadikan tempat ini sepi akan pengunjung. Karena pada kenyatannya tempat ini selalu ramai terutama saat waktu liburan telah tiba.

Terdapat banyak fasilitas yang disediakan wisata alam ini, antara lain mushola, toilet, saung, kantin makan dan minum, spot foto menarik serta area parkir. Memiliki lokasi yang tidak jauh dari pusat kota membuat Anda dengan mudah menemukannya. Gazebo, jembatan bahkan rumah pohon dapat menambah rasa nyaman saat berada di sana.

Lokasi: Margaluyu, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

2. Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld
Image Credit: Google Maps (Anak Kandang)

Taman air yang satu ini berada di dalam kawasan Waduk Jatiluhur. Sebagai destinasi liburan keluarga menjadikan Jatiluhur Waterworld menjadi tempat wisata yang populer. Nuansa alam dan keindahan sekitarnya dapat dinikmati bersama dengan wisata permainan dan alam yang cocok bagi keluarga dan anak anak.

Semua wahana yang tersedia dapat digunakan seperti kolam renang yang terbagi menjadi 3 yaitu kolam anak, kolam ombak, dan kolam dewasa. Wahana utama yang disediakan adalah waterboom dilengkapi dengan 2 jenis waterslide. Fasilitas yang tersedia juga akan mendukung kenyamanan, seperti toilet, ruang ganti, cafetaria dan lahan parkir yang luas.

Lokasi: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

3. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Facebook.com @galuhpakuantv

Rasanya tak lengkap jika Anda berkunjung ke Kota Purwakarta tanpa mengunjungi tempat ini. Berada di Gunung Burangrang, wisata ini merupakan mata air terjun yang dikelilingi dengan tumbuhan dan hutan yang asri. Saat berkunjung semua masalah , lelah dan penat akan hilang dengan melihat pemandangan yang menakjubkan dan kondisinya yang terjaga dengan baik.

Lokasi: Desa Sumurugul, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

4. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta
Image Credit: Google Maps (Jaja host)

Tempat wisata yang satu ini tak kalah dengan tempat wisata di Purwakarta lainnya. Menyediakan banyak spot foto yang kekinian terasa cocok untuk menghasilkan konten terbaik guna diunggah di sosial media Anda. Pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi disertai dengan udara sejuk membuat siapa saja akan merasa enggan untuk beranjak.

Berkemah menjadi aktivitas terbaik yang dapat dilakukan. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan dilengkapi fasilitas warung yang menjual makanan dan minuman membuat Anda tak perlu berfikir ulang menjadikannya sebagai tujuan liburan. Sunset dan sunrise menjadi pemandangan menakjubkan yang dapat dilihat dengan jelas di Tanjakan Cinta.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Paling Populer

Lokasi: Cibatu, Wanawali, Kec. Cibatu, Kab. Purwakarta.

5. Kuya Maranggi Waterpark

Kuya Maranggi Waterpark
Image Credit: Google Maps (boson riyana)

Tempat yang masih tergolong baru di buka ini sudah memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak. Terletak di daerah Cibungur, Kuya Maranggi dilengkapi dengan pepohonan yang asri dan rindang, serta suasana sejuk tentu menjadi daya tariknya. Fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata yang satu ini sangat lengkap dan cukup menarik.

Sebagai penunjang kenyamanan, maka disediakanlah cafe, toilet, kamar bilas, ruang ganti, penyewaan ban, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi. Memiliki konsep kolam renang yang unik dilengkapi dengan Ember Tumpah, Perahu Kuya, Seluncuran Spiral, Jembatan Selfie dan Seluncuran Pelangi menjadikan liburan di tempat wisata ini semakin menyenangkan.

Lokasi: Jl. Desa Cibungur, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta.

6. Urban Farming Center

Urban Farming Center
Image Credit: Google Maps (Adhi Dewe)

Tempat wisata dengan konsep suasana Eropa ini terletak di Kabupaten Purwakarta. Begitu Anda menginjakkan kaki di Urbang Farming Center, maka Anda akan dimanjakan dengan penampakan ornamen ornamen kebun yang cantik nan serasi. Saat berkunjung tak hanya dapat merasakan liburan yang menyenangkan saja melainkan juga akan mendapatkan pengetahuan berkebun yang melimpah.

Lokasi: Benteng, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta.

7. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Image Credit: Facebook.com @PURWAKARTAENDAH

Terjaga dengan baik, membuat Gunung Bongkok semakin memikat. Gunung yang satu ini masih dapat dikatakan sebagai bukit karena memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl. Memiliki 2 puncak dengan karakteristik berbeda beda menjadi daya tarik istimewa yang dimilikinya. Pendakian gunung lebih mengarah pada hiking yang disertai dengan fasilitas memadai membuatnya cocok sebagai destinasi wisata.

Lokasi: Desa Cikandang, Kec. Sukamulya, Kab. Purwakarta.

8. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills
Image Credit: Instagram.com @maul_mindset05

Sebagai destinasi wisata yang kekinian, tempat ini juga menyajikan pemandangan alam yang memukau. Bagi Anda yang ingin melepas lelah dan penat maka patut untuk mengunjunginya. Panorama alamnya dilengkapi dengan pepohonan rindang, pilar menara yang berjajar rapi, dan suasana tenang membuatnya digandrungi oleh semua kalangan.

Kawasan wisata di atas perbukitan ini memiliki fasilitas beragam berupa resort, kolam renang dengan latar belakang pemandangan pegunungan, outdoor event , meeting room dan kelengkapan lainnya. Menyediakan banyak spot foto instagramable, Hidden Valley Hills sangat cocok untuk Anda yang menyukai fotografi.

Lokasi: Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

9. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Instagram.com @giritirtakahuripanresort

Giri Tirta Kahuripan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Kota Purwakarta. Karena terletak di daerah pegunungan menjadikan resort dan kolam renang ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Menjadi tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan akomodasi yang memadai.

Lokasi: Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

10. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Image Credit: Google Maps (Jeffry Tjandra Widjaja)

Bukit Panenjoan memiliki pemandangan pedesaan yang alami dan suasana yang khas. Tempat wisata ini juga terkenal karena memiliki spot foto alam yang kekinian. Bukit Panenjoan merupakan bukit hijau yang membentang luas dengan dilengkapi dengan jembatan kayu dan dikelilingi perkebunan teh. Tentunya hal itu membuat suasana sekitar menjadi sejuk dan asri.

Akses jalan yang baik dan berada pada lokasi tsrategis, membuat tempat wisata dengan hawa dingin ini diminati oleh semua kalangan. Tak perlu khawatir terkait fasilitas saat berkunjung ke Bukit Panenjoan karena fasilitas yang disediakan sudah memadai, seperti gazebo, spot foto, warung makanan dan minuman, toilet, mushola, lahan parkir.

Lokasi: Sindang Panon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

11. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun
Image Credit: Google Maps (Chuper Adventure)

Beralih dari pemandangan bukit, mata air ini dapat menjadi tujuan wisata Anda bersama orang terdekat. Memiliki air yang mengalir langsung dari mata air alami membuat tempat wisata ini menghadirkan sensasi menyegarkan. Berada di dataran tinggi juga membuat Mata Air Cijanun di dominasi oleh perbukitan, air terjun dan sumber mata air.

BACA:  25 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Paling Hits

Dengan pepohonan rindang yang berjajar rapi, bebatuan ditepi kolam dan dilengkapi dengan gazebo di sekitarnya membuat Anda akan nyaman dan betah berada di sana. Saat berkunjung tidak ada salahnya jika mencoba sensasi mandi pagi. Selain berenang dan bersantai, bersepeda dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan saat berada di kawasan wisata ini.

Lokasi: Desa Cipende, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

12. Cikao Park

Cikao Park
Image Credit: Google Maps (sukma pramayuda)

Memiliki desain dan konsep yang menarik membuat Cikao Park menjadi objek wisata di Purwakarta yang tengah naik daun. Tempat wisata ini menggabungkan antara taman satwa, taman lampion dan waterpark menjadi satu. Selain keseruan dan pemandangan alamnya, tempat ini juga menawarkan tempat wisata dengan edukasi.

Lokasi: Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

13. Pasir Langlang

Pasir Langlang
Image Credit: Google Maps (Ricky Tjiam)

Pasir Langlang yang terletak di Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta ini memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh tempat wisata lain. Curug Pamonanan dan Goa Jepang beserta hutan pinus yang asri dapat Anda jumpai sekaligus di kawasan Pasir Langlang. Tempat ini juga menyajikan suasana yang tenang dan sejuk.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

14. The Colorville at Alam Sari Wates

The Colorville at Alam Sari Wates
Image Credit: Google Maps (R Nizar Prakas R)

Dengan fasilitas yang melengkapinya membuat The Colorville menjadi tempat yang seringkali diperbincangkan oleh masyarakat. Foto kekinianpun akan didapatkan dengan mudah. Di tempat wisata ini terdapat flying fox, rumah pohon, kolam renang serta pemandangan alamnya yang menyegarkan.

The Colorville Alam Sari Wates memiliki fasilitas indoor dan outdoor. Foto yang instagramable dapat Anda peroleh dengan mudah pada fasilitas indoor karena ruangannya memiliki konsep penataan secara terbalik. Saat berada pada fasilitas outdoor, akan nampak pemandangan alam yang indah nan sejuk.

Lokasi: Sawit, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta.

15. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Image Credit: Instagram.com @miqdama

Memiliki nama yang unik dan jalur pendakian yang cukup sulit membuat gunung yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Menawarkan pemandangan alam dari ketinggian 792 mdpl membuat siapa saja merasa tertantang untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tak hanya itu saat berada di Gunung Lembu, pemandangan Waduk Jatiluhurpun nampak sangat jelas.

Batu besar menyerupai bentuk lembu yang terletak persis di tengah jurang, menjadi salah satu alasan untuk menjadikan Gunung Lembu sebagai tujuan wisata Anda. Tersedianya fasilitas yang memadai akan menambah kenyamanan saat mendaki, seperti toilet, tempat parkir ,mushola, dan warung yang berada di pos keberangkatan.

Lokasi: Desa Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

16. Situ Buleud

Situ Buleud
Image Credit: Instagram.com @iyoarisman

Terletak di jantung Kota Purwakarta, danau buatan yang satu ini tidak sama dengan kebanyakan danau buatan lainnya. Air Mancur Sri Baduga adalah nama air mancur yang berada di Situ Beleud dan merupakan terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya dapat melihat pertunjukan air mancurnya saja, Anda juga dapat berpiknik, berolahraga dan menikmati momen sunset.

Lokasi: Negeri Kidul, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

17. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa
Image Credit: Instagram.com @patlot.hideung

Mendapatkan pengalaman baru saat mengunjungi tempat yang memiliki keunikan dan tantangan, menjadi hal yang akan Anda dapatkan di Situ Wanayasa. Dengan luas sekitar 7 hektar, danau yang terletak di sebuah pulau ini memiliki udara yang sejuk dan suasana yang tenang. Pemandangan yang indah dengan latarbelakang Gunung Burangrang juga menjadi nilai tersendiri bagi tempat wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

18. Sungai Cikondang

Sungai Cikondang
Image Credit: Instagram.com @jelajahpurwakarta

Mencoba body rafting adalah pilihan tepat saat Anda menginjakkan kaki di Sungai Cikondang. Sensasi menyegarkan yang memacu adrenalin tentunya menjadi hal baru. Keseruan yang dapat Anda rasakan yaitu saat batu batu alam serta jeram jeram yang bersanding ketika rafting. Di sepanjang tepi sungai terdapat Pohon Kondang yang berjajar rapi dan memberikan hawa sejuk.

Lokasi: Raharja, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

19. Desa Wisata Sajuta Batu

Desa Wisata Sajuta Batu
Image Credit: Instagram.com @myth_clothink

Panorama hijau yang menakjubkan akan menyambut Anda pertama kali saat mengunjungi tempat ini. Bebatuan yang menjulang tinggi bahkan membentuk menyerupai gunung menjadi daya pikat tersendiri. Desa Sajuta Batu menyajikan spot ekstrem yaitu Gunung Parang. Gunung tersebut merupakan rock climbing tertinggi di Indonesia.

BACA:  25 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Paling Hits

Pastikan ketika berkunjung Anda telah menjaga kondisi fisik dan persiapan lainnya. Di kawasan wisata ini juga terdapat banyak spot foto yang mengesankan. Di Desa Sajuta Batu terdapat objek wisata lainnya seperti Gunung Parang, Gunung Bongkok dan Goa Bolong. Tak perlu khawatir terkait fasilitas yang ada karena fasilitasnya sudah cukup lengkap.

Lokasi: Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Kab.Purwakarta.

20. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas
Image Credit: Google Maps (Saepulloh S)

Dapat dikatakan bahwa sungai yang satu ini masih tersembunyi dan belum dikenal luas oleh khalayak ramai. Salah satu wisata alam di Kota Purwakarta ini memiliki julukan Blue River. Tentunya hal itu karena air sungai yang berwarna biru dengan gradasi tosca yang sangat jernih. Gemericik suara air, sejuknya udara pegunungan dan pepohonan rindang nan hijau membuat siapapun akan enggan untuk beranjak.

Lokasi: Parakan Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

21. Bukit Pinus Panyawangan

Bukit Pinus Panyawangan
Image Credit: Instagram.com @catatanadventure

Wisata yang terletak di Kabupaten Purwakarta ini tergolong wisata baru. Namun memiliki pemandangan indah yang luar biasa. Pepohonan yang menjulang tinggi dan hawa sejuk menyajikan panorama alam yang menarik. Tak ketinggalan, terdapat jembatan kayu yang digunakan untuk melihat pemandangan dari ketinggian membuat sensasi yang berbeda.

Lokasi: Desa Pusaka Mulya, Kec. Kiara Pedes, Kab. Purwakarta.

22. Parang Gombong

Parang Gombong
Image Credit: Instagram.com @hobby.addict_

Parang Gombong sangat cocok untuk pecinta Camping dengan latar belakang pemandangan yang memukau dan tiada duanya. Pemandangan alamnya yang di lengkapi dengan gemericik air yang berwarna biru dan bukit bukit kecil membuat Parang Gombong sebagai pilihan tepat untuk menenangkan diri atau menghilangkan rasa penat.

Lokasi: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

23. Situ Cikamar

Situ Cikamar
Image Credit: Detik.com

Untuk sampai menuju ke tempat wisata yang satu ini , Anda perlu sedikit bersusah payah dengan berjalan kaki. Hal itu dikarenakan letak Situ Cikamar yang tertutup oleh permukiman penduduk. Namun pemandangan yang indah akan membuat rasa lelah terbayarkan. Selain itu Anda juga dapat menjumpai danau yang masih sangat alami karena belum tersentuh oleh industri wisata.

Lokasi: Cisaat, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta.

24. Curug Ponggang

Curug Ponggang
Image Credit: Beepdo.com

Curug Ponggang memiliki keunikan tersendiri. Jika kebanyakan air curug langsung dari atas tebing maka berbeda halnya dengan air Curug Ponggang. Air curug ini keluar dengan deras melalui gorong gorong alami kemudian menghantam batu batu disekitarnya. Meskipun memiliki akses jalan yang sulit dan minim, tidak membuat wisatawan terhenti untuk berkunjung ke curug ini.

Curug Pongganng juga mempesona dengan sentuhan bebatuan yang menjulang dan mengarah ke tengah wilayah curug, seolah olah seperti menjadi atap untuk wisatawan yang berkunjung. Air yang deras berwarna biru dengan gradasi kehijauan membuat siapapun yang melihatnya merasakan kealamian yang kental dan enggan untuk pulang segera.

Lokasi: Sukajaya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

25. Taman Pancawarna

Taman Pancawarna
Image Credit: Instagram.com @tasorimatsu

Saat memasuki Taman Pancawarna, Anda akan merasakan tempat yang asri dengan suasana sejuk menyelimutinya. Banyaknya wisatawan luar kota yang datang memang membuktikan bahwa taman yang satu ini memiliki daya tarik. Berbagai macam bunga yang dilengkapi dengan kehadiran air mancur, jembatan dan patung , tentu membuat taman ini terlihat sangat menggemaskan.

Tak salah jika pilihan liburan Anda bersama keluarga jatuh ke Taman Pancawarna. Terbuka untuk umum, taman ini kerap kali digunakan sebagai tempat berolahraga, senam, atau berpiknik terutama saat akhir pekan tiba. Tanaman yang tumbuh di sekelilingnya membuat tempat wisata ini menjadi rindang.

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

Nah itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang cocok menemani waktu liburan Anda. Tentunya Anda akan menemukan keseruan yang berbeda di setiap tempat wisata. Namun jangan lupa untuk menyiapkan rencana secara matang agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan. Jadi tempat mana yang akan masuk daftar liburan anda?