Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Purworejo, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan ke Purworejo.

Menyimpan sederet wisata menarik untuk dikunjungi, membuat Purworejo termasuk salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang menarik dikunjungi. Mulai dari deretan perbukitan, wisata air, hingga wisata sejarah siap memanjakan mata pengunjung. Berikut beberapa tempat wisata populer di Purworejo yang menarik untuk dikunjungi untuk liburan yang seru dan menyenangkan.

1. Hutan Rimba Pinus

Hutan Rimba Pinus
Image Credit: Google Maps (ncf)

Hutan Rimba Pinus adalah destinasi wisata populer di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata alam yang dikelola oleh pemerintah setempat ini, terus dikembangkan dan dirawat dengan baik untuk menarik wisatawan lebih banyak. Selama berada disana, Anda bisa menikmati suasana sejuk dan dingin yang siap membuat siapa saja merasa betah.

Keindahan alamnya tidak hanya asyik dinikmati semata, karena wisatawan bisa melakukan sederet aktivitas menarik untuk mengisi hari libur. Mulai dari mencoba berbagai permainan outbond, mengunjungi kebun binatang mini dengan koleksi binatang cukup lengkap, hingga berkemah bisa dilakukan. Bahkan tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre wedding.

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo.

2. Hutan Pinus Kusumo Asri

Hutan Pinus Kusumo Asri
Image Credit: Google Maps (Muhammad Rizki Prawira)

Hutan Pinus Kusumo Asri menjadi bukti nyata bahwa tanah Purwokerto dikaruniai pesona alam yang siap menyihir siapapun yang melihatnya. Hutan pinus yang dikelola oleh Pemerintah setempat ini telah dilengkapi berbagai aktivitas outbond hingga sederet kegiatan alam lainnya, yang akan membuat hari libur Anda menjadi lebih berwarna.

Lokasi: Kec. Bener, Kab. Purworejo.

3. Hutan Alam

Hutan Alam
Image Credit: Tribunnews.com

Hutan Alam menambah daftar wisata alam populer di Purwokerto yang sayang dilewatkan begitu saja. Selama menginjakkan kaki di kawasan wisata, Anda tidak hanya disuguhkan dengan pesona keindahan alam semata. Sebab disini wisatawan bisa melakukan sederet aktivitas menarik, mulai dari mencoba aneka permainan outbond atau berkemah bersama teman teman.

Walaupun disebut sebagai hutan, nyatanya destinasi wisata ini ramah dikunjungi bagi anak anak hingga orang dewasa. Sebab di tempat ini pula, anak anak bisa bereksplorasi tentang alam sambil bermain. Bahkan kawasan wisata populer ini kerap dijadikan sebagai tempat hunting foto bagi pecinta fotografi. Sehingga tidak perlu heran jika kawasan wisata selalu dipenuhi pengunjung.

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo.

4. Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Purworejo
Image Credit: Google Maps (Irvan Maulana)

Purworejo juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, berkat keunikannya yang justru menjadi daya tarik utamanya. Destinasi wisata religi tersebut diberi nama Masjid Agung Purworejo. Disini pengunjung bisa menemukan bedug yang terbuat dari kayu jati utuh dan dibuat lubang di bagian tengahnya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Magelang yang Murah & Enak

Bedug yang digadang memiliki ukuran terbesar di dunia ini diberi nama Beduk Pandawa dan diperkirakan seumuran dengan bangunan masjid itu sendiri. Bedug tersebut nyaris memiliki garis tengah hampir 2 meter, dengan bagian depan bedugnya yang memiliki ukuran sedang, sedangkan bagian belakangnya berukuran 180 cm.

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Rw. V, Sindurjan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

5. Curug Muncar

Curug Muncar
Image Credit: Instagram.com @adkhanand

Jika Anda rindu dengan nuansa alam asri dengan sedikit petualangan, maka berkunjung ke Curug Muncar adalah keputusan tepat. Curug yang diperkirakan memiliki ketinggian 900 m ini menjadi destinasi wisata primadona bagi masyarakat Purwokerto. Sebelum menikmati goresan alamnya, wisatawan harus melewati medan cukup sulit dan cenderung menanjak.

Perjuangan dan derasnya keringat yang mengalir akan terbayarkan lunas di tempat ketika sudah berhasil sampai di tempat tujuan. Disini Anda akan disajikan dengan pemandangan menyejukkan dari air yang tumpah dari atas ketinggian dan pepohonan rindang di setiap mata memandang. Berenang sambil menikmati kesejukan airnya adalah semua kenikmatan setelah berjuang sampai disana.

Lokasi: Kalibang, Kaliwungu, Kec. Bruno, Kab. Purworejo.

6. Curug Lumbung

Curug Lumbung
Image Credit: Instagram.com @sandifaisal_

Memiliki daya tarik tersendiri, membuat Curug Lumbung begitu menarik dikunjungi. Disini pengunjung tidak disajikan dengan keindahan air terjun pada umumnya, sebab dinding dinding sungainya yang menjadi daya pikat utamanya. Dinding sungai tersebut membentuk bak ornamen indah dan menyatu indah dengan derasnya air yang mengalir. Hingga saat ini, masih banyak wisatawan yang membagikan momen berharganya ketika berkunjung kesana.

Lokasi: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo.

7. Curug Silangit

Curug Silangit
Image Credit: Google Maps (Romah Khoirul Bariyyah Rahayu)

Curug Silangit termasuk dalam daftar wisata alam di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Daya tarik utamanya berasal dari keasrian alamnya yang masih terjaga dengan. Sedangkan lokasinya yang tersembunyi di balik perbukitan dan ditumbuhi pepohonan rindang, seakan membenamkan rasa penasaran untuk melihat keindahannya dari dekat.

Seperti yang bisa Anda duga, wisata alam yang disebut sebagai surga dunia ini tidak mudah digapai begitu saja. Setidaknya wisatawan harus melewati medan menantang untuk bisa melihat keindahanya secara langsung. Setelah berhasil melewati semua rintangan yang ada, kini giliran Anda untuk menerima bayaran berupa keindahan alam tiada tara.

Lokasi: Krajan, Jatirejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo.

8. Curug Gunung Cenderung

Curug Gunung Cenderung
Image Credit: Google Maps (Simon Koko)

Curug Gunung Cenderung adalah salah satu wisata alam yang begitu populer dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Air terjun yang indah tersebut dikelilingi tebing pinus rimba, sehingga sudah bisa dibayangkan betapa sejuknya udara di kawasan wisatanya. Derasnya debit air semakin membuat pemandangan indah dipandang.

Apabila tertarik mengunjunginya, Anda harus melewati rute trekking menantang dan cukup jauh. Oleh karenanya, wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar petualangan alam dan tantangan memacu adrenalin. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing untuk melepaskan penat.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Singolopo, Cepedak, Kec. Bruno, Kab. Purworejo.

9. Kedung Gulo

Kedung Gulo
Image Credit: Instagram.com @endoprastomo

Kedung Gulo adalah tempat wisata yang siap memanjakan hari libur Anda. Walaupun akses menuju tempat wisatanya tergolong cukup sulit, namun rasa letih selama perjalanan akan terbayarkan begitu melihat keindahannya di depan mata. Pemandangan eksotis sekaligus menyegarkan berhasil membuat siapapun jatuh hati kepadanya.

Lokasi: Semranti, Kalitapas, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

10. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang
Image Credit: Instagram.com @dytaputris

Jika Anda bertanya tentang destinasi wisata bahari terkenal di Purwokerto, tentu saja jawabannya pasti Pantai Jatimalang. Panti yang sudah terkenal akan keindahannya ini mampu menarik perhatian masyarakat maupun luar daerah. Selama berada disana, pengunjung akan dimanjakan dengan segudang permainan seru yang bersatu dengan pemandangan alam.

Lokasi: Patu, Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo.

11. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang
Image Credit: Instagram.com @dislokasi_

Setiap destinasi wisata bahari selalu menyajikan keunikannya tersendiri, demikian pula dengan Pantai Ketawang. Pasirnya yang berwarna hitam legam justru menjadi daya pikat utamanya. Di tempat ini pula, wisatawan bisa melakukan serangkaian aktivitas menarik mulai dari berjalan jalan santa hingga pacuan kuda.

Lokasi: Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo.

12. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu
Image Credit: Google Maps (Priyo Sudarto)

Rasanya kurang puas jika bertandang ke Purwokerto tanpa mengunjungi Pantai Pasir Puncu. Pantai cantik satu ini masih belum banyak dikunjungi, sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata alternatif bagi Anda yang mencari ketenangan. Kondisi alamnya yang masih asri dan jarang tersentuh tangan manusia berhasil membuat siapapun jatuh hati kepadanya.

Lokasi: Keburuhan, Kec. Ngombol, Kab. Purworejo.

13. Gunung Kunir

Gunung Kunir
Image Credit: Google Maps (chairul hudda)

Puas menjelajahi berbagai wisata air, jangan lupa mampir ke wisata pegunungan Purworejo bernama Gunung Kunir. Untuk menyaksikan keindahannya yang begitu menawan, Anda harus bisa melewati trekking menantang dan menguji adrenalin. Sunrise adalah daya pikat utamanya, dimana pengunjung bisa menikmati suasana romantis di bawah lembayung senja puncak gunung.

Lokasi: Benowo, Kec. Bener, Kab. Purworejo.

14. Taman Sidandang

Taman Sidandang
Image Credit: Google Maps (Hsirfa)

Taman Sidandang juga tidak kalah menarik dijadikan sebagai destinasi wisata favorit. Pihak pengelola tidak hanya menyajikan hamparan taman dengan aneka bunga semata, namun di tempat ini pula wisatawan bisa berenang santai sambil merasakan kesejukan airnya. Disini pula wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti mencoba aneka wahana outbound.

Lokasi: Kedungrante, Kaligono, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo.

15. Geger Menjangan

Geger Menjangan
Image Credit: Kaskus.co.id

Berlibur ke Geger Menjangan bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda yang rindu akan nuansa alam menyejukkan. Sebab disinilah Anda akan disajikan dengan pemandangan khas puncak perbukitan yang menyegarkan mata, berkat pepohonan rindang di sepanjang mata memandang. Lokasi ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto untuk menghasilkan foto ciamik.

Lokasi: Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo.

16. Benteng Pendem

Benteng Pendem
Image Credit: Google Maps (Bambang Setyawan)

Purwokerto tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya semata, karena di Kabupaten ini pula Anda bisa menemukan wisata sejarah bernama Benteng Pendem yang tidak kalah menarik dikunjungi. Benteng Pendem merupakan bangunan pertahanan kuno yang menjadi bukti sejarah, karena pernah dijadikan sebagai pangkalan militer saat masa penjajahan Jepang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits

Setelah peperangan telah usai, benteng yang awalnya dijadikan sebagai menahan gempuran yang datang dari Pantai Selatan ini pun beralih fungsi menjadi sebuah objek wisata populer di Purwokerto. Pemandangan alam di sekitarnya pun tidak kalah indah, wajar saja jika wisatawan tertarik berkunjung ke Benteng Pendem.

Lokasi: Bapangsari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo.

17. Goa Sikantong

Goa Sikantong
Image Credit: Google Maps (Aji Wae)

Goa Sikantong berhasil menyita perhatian masyarakat berkat keindahannya yang begitu mempesona. Bukan hanya wisatawan lokal, bahkan Goa Sikantong sudah menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari luar daerah. Hal ini dikarenakan Goa Sikantong bukanlah goa biasa, karena wisatawan bisa merasakan sensasi bak berada di keramaian yang membuatnya menarik.

Selain menikmati sajian alam, disini wisatawan juga bisa berlomba lomba mendapatkan spot terbaik untuk menghasilkan foto ciamik. Bahkan sejak menapakkan kaki di kawasan wisata, terlihat jelas goresan keindahan alamnya yang begitu memukau. Tidak heran jika banyak pelancong yang rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

Lokasi: Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo.

18. Goa Seplawan

Goa Seplawan
Image Credit: Google Maps (Namaku Ihsan fajrianto)

Goa Seplawan bisa menjadi tempat berlibur selanjutnya yang sayang dilewatkan. Selama berada disana, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam berupa bebatuan cantik berupa stalaktit dan stalagmit yang siap memanjakan mata. Tidak heran jika wisatawan dari berbagai kota tertarik singgah di Goa Seplawan selama berada di Purwokerto.

Lokasi: Katerban, Donorejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo.

19. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji
Image Credit: Google Maps (Aditya S)

Museum Tosan Aji merupakan suatu tempat yang menyimpan segudang warisan budaya tanah air yang kemudian disimpan dengan baik. Disini pengunjung bisa menemukan pusaka atau senjata yang terbuat dari logam besi dengan bentuk beragam. Mulai dari keris, pedang, menur, hingga tombak bisa Anda temukan disini.

Semua senjata tersebut sangat dihargai oleh masyarakat zaman dahulu. Bahkan pihak pengelola merawatnya dengan baik hingga wisatawan dari berbagai daerah bisa melihatnya sekaligus mengulik sejarah di masa lalu. Lewat peninggalan warisan nenek moyang tersebut, kita sudah mendapatkan gambaran bagaimana hidup masyarakat terdahulu.

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo No.10, Plaosan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

20. Alun-Alun Purworejo

Alun-Alun Purworejo
Image Credit: Google Maps (Wayanroy Duasatudua)

Bertandang ke Purworejo tentu belum lengkap sebelum singgah di Alun Alun Purworejo. Area wisata yang dibangun di atas tanah seluas 6 hektar ini menyediakan berbagai wahana menarik yang siap menghibur di waktu senggang. Hanya dengan duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar, dirasa mampu menghilangkan rasa penat sejenak di pikiran.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.76, Plaosan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

Itulah deretan tempat wisata terbaik di Purworejo yang menarik Anda jelajahi. Purworejo dikenal sebagai salah satu Kabupaten kecil yang ada di Jawa Tengah. Walaupun luas wilayahnya cukup kecil, namun sudah mampu menghibur wisatawan yang bertandang kesana tanpa ada rasa kekecewaan. Selagi berlibur kesana, pastikan membuang sampah di tempatnya agar kondisi alamnya tetap terjaga dengan baik dan bisa dinikmati hingga anak cucu nanti.