Kota Sabang, Aceh memang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Sabang, ada banyak tempat wisata terbaru dan hits yang bisa ekplor untuk liburan yang menyenangkan.

Sabang, kota yang letaknya di ujung barat dari Indonesia ini menyimpan pesona yang luar biasa. Sabang memiliki pulau paling besar yakni Pulau Weh yang potensi wisatanya masih bisa digali. Bagi Anda yang singgah di Sabang, berikut beberapa tempat wisata hits yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
Image Credit: Twitter.com @geminiinimeg13

Bangunan yang ikonik satu ini memang bukanlah destinasi paling baru di Sabang. Namun justru menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat menginjakkan kaki di Sabang. Rasanya tidak lengkap jika belum mampir di Tugu Nol Kilometer Sabang ini. Apalagi lokasinya tidak sembarangan, berada di area hutan yang sejuk dan juga asri.

Bangunan yang tinggi menjulang ini, tingginya sekitar 43,6 mdpl. Di atasnya terdapat patung garuda yang mencengkram perisai. Perisainya berbentuk angka nol yang begitu megah dan kokoh. Selama perjalanan menuju lokasi, jangan heran jika Anda akan bertemu dengan monyet monyet dalam perjalanan. Pastikan juga Anda mengabadikan momen saat tiba di bangunan ikonik satu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

2. Tugu I Love Sabang

Tugu I Love Sabang
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Selain Tugu Nol Kilometer, Tugu I Love Sabang juga menjadi destinasi wisata yang selalu diburu wisatawan. Terutama bagi Anda yang gemar berpose di depan kamera, destinasi satu ini harus Anda singgahi. Bukan hanya cocok untuk berburu swafoto, bangunan satu ini juga sangat unik. Lokasinya strategis, tidak jauh dari Pelabuhan Balohan.

Tugu satu ini juga semakin cantik dengan tambahan taman hijau yang mengelilinginya. Pemandangan yang ditawarkan juga akan membuat Anda terpesona. Di sebelah kanan, Anda bisa menikmati bentangan pegunungan yang mengelilinginya. Destinasi satu hits juga terjaga kebersihannya. Waktu yang paling cocok adalah saat sore hari, karena Anda bisa menikmati sunsetnya yang megah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cot Ba’u, kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

3. Mercusuar Ie Meulee

Mercusuar Ie Meulee
Image Credit: Google Maps (musliono musliono)

Salah satu spot di Sabang yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Mercusuar Ie Meulee. Bangunan yang menjulang dan berwarna warni ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan di Sabang. Desain mercusuarnya memang unik, sehingga sangat pas jika dijadikan tempat berpose. Belum lagi pemandangan sekitarnya juga akan membuat Anda terpana.

Lokasi mercusuar megah ini berada di salah satu bibir pantai kondang di Sabang. Duduk di area mercusuar, akan disuguhkan hamparan laut biru yang menyejukkan mata. Lautan biru yang berpadu dengan panorama pegunungan sekitarnya akan membuat Anda terpesona. Pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda saat Anda singgah di kota Sabang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Langsa yang Paling Populer
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir Pantai Panjang, Tanjung Jaya, kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

4. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot
Image Credit: Google Maps (Rebecca)

Sabang memang terkenal dengan deretan pantainya yang mempesona. Tapi bukan berarti, Anda tidak akan menemukan destinasi wisata alam lainnya. Anda bisa menemukan air terjun cantik di Sabang, yakni Air terjun Pria Laot. Destinasi satu ini memang bukanlah destinasi baru, tetapi masih menjadi tempat wisata yang hits dan wajib dikunjungi.

Udaranya yang sejuk dengan sekelilingnya yang masih asri akan membuat Anda betah berlama lama di Air Terjun Pria Laot. Ketinggian air yang mengalir dari ketinggian ini sekitar 1,5 sampai 2 meteran. Di bawahnya terbentuk kolam alami yang bisa dijadikan tempat untuk berenang. Airnya begitu jernih, dan di ada ikan bulan yang hidup di area air terjun ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batee Shoek, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

5. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi
Image Credit: Instagram.com @irfanaulianurdin

Tidak hanya air terjun, Anda yang gemar berpetualang juga bisa menjadikan Gunung Jaboi sebagai tujuan. Gunung satu ini berdiri kokoh di ketinggian 200 mdpl. Memang tidak terlalu tinggi, tetapi tenang saja Anda akan disuguhkan pemandangan yang memukau. Jalur pendakian menuju Gunung Jaboi juga mudah untuk ditaklukkan, sehingga pemula tak harus khawatir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jaboi, Kec. Sukakarya, kota Sabang, Aceh.

6. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot
Image Credit: Instagram.com @azwar_ipank

Dikelilingi dengan pegunungan hijau yang lebat, Danau Aneuk Laot akan memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Danau yang memiliki luas sekitar 37, 5 hektar ini memang menyimpan pesona yang luar biasa. Airnya yang jernih, membuat kegiatan bermain air tentu semakin seru. Tetapi tetap harus berhati hati karena cukup dalam.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Danau Aneuk Laot adalah sore hari. Sebab, Anda berkesempatan untuk menikmati indahnya sunset di Sabang. Apalagi, Danau ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Untuk menuju lokasi tempat wisata hits ini juga tidaklah sulit. Lokasinya termasuk strategis bisa Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aneuk Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

7. Sabang Hill

Sabang Hill
Image Credit: Google Maps (Nathan Kim)

Sabang Hill sendiri sebenarnya adalah hotel yang juga bisa difungsikan sebagai tempat wisata. Dari hotel ini, Anda bisa menikmati panorama teluk dan juga Kota Sabang dari ketinggian. Jika Anda berniat untuk mencari tempat bermalam sekaligus liburan, Sabang Hill ini bisa dijadikan tujuan. Apalagi lokasinya juga mudah untuk Anda jangkau.

Setidaknya membutuhkan sekitar 5 menit dari pusat kota untuk tiba di hotel ini. Ada 20 kamar yang tersedia di Sabang Hill yang bisa untuk Anda jadikan tempat melepas penat. Bukan hanya menawarkan pemandangan yang mempesona, Anda juga akan mendapatkan fasilitas unggulan. Liburan Anda di Sabang akan semakin lengkap dan memuaskan di tempat indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cut Ali, Desa Kuta Barat, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

8. Pulau Klah

Pulau Klah
Image Credit: Twitter.com @DemitraAtashi90

Kini saatnya bagi Anda untuk melanjutkan perjalanan menjelajah bahari dari kota Sabang. Pulau Klah merupakan salah satu tempat wisata andalan di Sabang yang bisa Anda kunjungi. Lokasinya tak jauh dari pusat kota dan bisa menggunakan perahu untuk menjangkau tempat satu ini. Pulau satu ini merupakan pulau kecil yang tidak memiliki penghuni secara permanen.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Begitu Anda tiba di Pulau Klah, Anda akan dibawa menuju suasana yang ketenangan. Aliran air laut yang warnanya biru kehijauan akan menyejukkan mata. belum lagi ditambahkan dengan pepohonan rindang yang membuat suasana asri. Anda bisa bermain air ataupun mengintip biota laut di dalamnya. Jangan lupakan Pulau Klah juga memiliki senja yang mempesona.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krueng Raya, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

9. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Image Credit: Twitter.com @irwandiyusuf01

Jika Anda berpetualang ke Sabang atau sekitaran Pulau Weh, tidak lengkap rasanya jika tidak singgah di Pantai Pasir Putih. Pantai satu ini menjadi pantai hits dan juga menawarkan pesona yang memukau. Airnya yang jernih kebiruan dengan pasir pantai yang putih menjadi perpaduan yang mengesankan. Dari pantai Anda juga bisa melihat pegunungan dari kejauhan.

Suasananya yang tenang dan sejuk karena pepohonan rindang juga menambah daya tariknya. Ombaknya cenderung deras karena pantai indah satu ini langsung menghadap ke laut. Namun Anda tetap bisa bermain di pinggir pantai, asalkan tetap hati hati. Tidak hanya memiliki pemandangan yang mengesankan, selama perjalanan panoramanya juga sungguh luar biasa.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paya, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

10. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @nanirasya

Pantai Iboih juga menjadi destinasi bahari favorit di Sabang dan wajib Anda singgahi. Apalagi jika Anda pecinta kegiatan snorkeling atau diving. Pantai satu ini menjadi spot favorit untuk mengintip keindahan bawah lautnya. Selain bisa menjelajah bawah lautnya, Anda juga bisa mencicipi makanan khas Sabang di pantai ini yakni sate gurita.

Bukan hanya menawarkan kegiatan yang beragam, di Pantai Iboih Anda juga akan menemukan pemandangan yang cantik. Menikmati sepoi angin dengan suara deburan ombak akan semakin lengkap saat menyaksikan matahari terbenamnya. Tidak hanya matahari terbenam, sunrise Pantai Iboih juga tak kalah cantik untuk dinikmati.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

11. Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal
Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

Tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, destinasi wisata satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan internasional. Wisata satu ini merupakan wisata gunung laut dengan gelembung udara yang muncul dari kawah. Pengunjung harus menyelam ke dalam laut untuk menyaksikan fenomenal alam yang luar biasa ini, dan dijamin Anda akan memiliki pengalaman terbaik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pria Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

12. Gua Sarang

Gua Sarang
Image Credit: Twitter.com @aceh_disbudpar

Destinasi wisata di Sabang yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Gua Sarang. Gua ini seringkali dijuluki sebagai Raja Ampatnya sabang karena kemolekannya. Jajaran tebing karang yang tinggi dan kokoh semakin menambah pesonanya. Gua Sarang sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang, karena perjalanan untuk tiba tidaklah mudah.

BACA:  13 Tempat Wisata di Langsa Terbaru & Paling Hits

Medan yang menantang dan rasa lelah Anda akan dibayar lunas dengan pesona yang ditawarkan. Air lautnya yang berwarna tosca yang membuatnya makin luar biasa. Lokasinya ada di dalam hutan lindung, sehingga sudah pasti masih terjaga alamnya. Ada wahana yang menantang yakni ayunan yang harus Anda jajal saat singgah di Gua Sarang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

13. Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeu
Image Credit: Twitter.com @ucokparta

Belum puas menikmati wisata bahari di Sabang? Kini saatnya Anda singgah di Pantai Teupin Layeu yang tak kalah indah. Pantai satu ini berada di kawasan Iboih yang juga kondang di kalangan wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, pantai Teupin Layeu juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Karena terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Untuk tiba di pantai ini, Anda butuh menempuh jarak sekitar 23 km dari pusat Sabang. Tetapi semua perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan panorama yang dihadirkan. Tak jarang pengunjung akan memilih bermalam, karena rasanya memang belum cukup jika hanya semalam. Pantai satu ini kondang dengan bibir pantainya yang melengkung.

Daya tarik yang dimiliki tak hanya memiliki pesona pada garis pantainya saja. tetapi juga memiliki air yang begitu jernih. Pasir pantainya yang putih juga lembut juga akan menyambut Anda. Pantai Teupin Layeu juga berada di kawasan hutan lindung, sehingga sudah pasti suasananya begitu asri. Jangan lupa, Anda juga bisa mengabadikan setiap momen di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Iboih sukakarya, Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

14. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Twitter.com @AfifFuadS

Kota Sabang memang kondang akan pantainya yang luar biasa indah. Layaknya Pantai Sumur Tiga yang juga tidak boleh Anda lewatkan saat Anda singgah di kota ini. Pantai pasir putih ini menjadi spot paling pas untuk snorkeling ataupun diving. Dinamakan dengan Pantai Sumur Tiga karena Anda bisa menemukan 3 sumur air tawar dan juga situs bersejarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

15. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Image Credit: Google Maps (Rolando Carnevale)

Pantai Rubiah memiliki luas 2600 hektar yang memiliki pesona bawah laut indah. Nama pulau ini diambil dari nama Cut Nyak Rubiah, yang bahkan Anda bisa menemukan makamnya di pulau ini. Pulau tak berpenghuni ini memiliki alam yang masih asri dan membuat betah lama lama. apalagi fasilitasnya juga sudah terbilang memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata populer di Kota Sabang, Aceh yang bisa Anda kunjungi. Sebenarnya masih ada banyak tempat mempesona di Sabang, tetapi yang disebutkan merupakan yang paling hits. Destinasi Sabang memang didominasi dengan pantainya, tetapi bukan berarti tidak ada tempat wisata yang tak kalah memukau. Jadi tempat mana dahulu yang akan Anda singgahi?