Salatiga menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki pesona tersendiri. Beragam destinasi menarik, nantinya akan dengan mudah untuk Anda temukan di kota satu ini. Panorama alam yang sangat memukau, tentu saja akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang tempat wisata hits yang ada di kota Salatiga, Anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

1. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Destinasi pertama yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga adalah Kolam Renang Kalitaman. Salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat lokal ini tentunya akan bisa menjadi tempat untuk berlibur di akhir pekan. Dikenal dengan nama kolam renang Kali Gedong, maka Anda pun bisa mengajak si kecil untuk berenang.

Meskipun masih minim fasilitas, namun objek wisata ini selalu ramai dikunjungi, terutama ketika musim liburan tiba.

Lokasi: Jl. Kalitaman No.3, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

2. Arrowhead Park Salatiga

Arrowhead Park Salatiga
Image Credit: Tokopedia.com

Bagi Anda yang suka kegiatan berkuda, tak ada salahnya untuk mampir ke Arrowhead Park ketika berada di Salatiga. Tempat yang menyediakan arena untuk berkuda ini pastinya akan menjadi wisata yang menyenangkan.

Berada di pedesaan Tegal Waton atau tepatnya di depan lapangan kuda Tinggir Salatiga, Anda pun bisa menikmati beragam paket untuk berkuda yang ditawarkan.

Lokasi: Desa Tegalwaton, Kec. Tengaran, Kab. Salatiga.

3. Senjoyo

Senjoyo
Image Credit: Mytrip.co.id

Tempat lainnya yang bisa untuk menarik wisatawan adalah Senjoyo. Wisata ini juga dikenal sebagai sumber mata air yang terletak di dalam kolam kolam pemandian. Untuk itu, kolam renang yang ada di tempat satu ini pun akan menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Meskipun terletak di kabupaten Semarng, namun lokasi tersebut tidaklah jauh dari Salatiga. Sehingga Anda pun tidak memerlukan jarak tempuh yang jauh.

Senjoyo sendiri merupakan salah satu wisata yang ramai dikunjungi, terutama ketika liburan ataupun akhir pekan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berenang dengan air dari sumbernya, maka tempat ini akan menjadi lokasi yang tepat. Pasalnya, ketika berada di Senjoyo maka Anda pun akan bisa untuk bermain air ataupun berenang sepuasnya. Tertarik mencoba?

Lokasi: Desa Jubug, Kel. Tegalwaton, Kec. Tengaran, Kab. Semarang.

4. Tlogo Plantation

Tlogo Plantation
Image Credit: Seputarsemarang.com

Kawasan wisata terpadu yang berada di Salatiga ini, terletak diantara Tuntang dan Beringin. Menawarkan wisata yang alami, maka bagi Anda yang ingin merasakan liburan di alam, Tlogo Plantation adalah tempat yang cocok. Ada berbagai macam kegiatan untuk mengisi waktu liburan yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini. Mulai dari berjalan jalan atau tour di perkebunan kopi.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Paling Hits

Selain itu, bagi Anda yang mengajak si kecil untuk berwisata di Tlogo Plantation ini, maka Anda pun bisa bermain dan melakukan aktifitas di perkebunan untuk anak anak. Pada destinasi wisata satu ini, juga terdapat resort yang memiliki suasana asri dan sangat cocok bagi Anda yang suka berwisata di tempat alami. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang menyukai olahraga tembak tembakan, maka Anda pun bisa mencoba untuk bermain pint ball di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Tuntang-Beringin No.KM.2, Ngelerak, Delik, Kec. Tuntang, Kab.Semarang.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Image Credit: Travelspromo.com

Untuk Anda yang menyukai wisata kereta api, maka Anda pun bisa menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga untuk mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Di tempat satu ini, nantinya Anda akan bisa untuk menaiki kereta wisata dengan mesin yang menggunakan tenaga uap.

Untuk menaiki kereta tersebut, maka Anda diharuskan untuk menyewa satu gerbong. Sehingga wisata ini akan cocok sebagai wahana edukasi bagi si kecil.

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

6. Pemandian Air alam Muncul

Pemandian Air alam Muncul
Image Credit: Noviewahyuarumsari.wordpress.com

Meskipun terletak di kecamatan Banyubiru kota Semarang, tempat ini pun bisa Anda kunjungi ketika berada di Salatiga. Dengan memiliki jarak sekitar 9 kilometer saja dari pusat kota, maka Anda pun akan bisa untuk mengunjugi tempat satu ini.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin sekedar bermaian air atau mencoba mandi maka Anda pun bisa melakukannya di pemandian air alam muncul. Dengan sumber mata air alami, tentunya air tersebut akan lebih menyegarkan.

Lokasi: Jl. Raya Muncul, Rowoboni, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

7. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Image Credit: Wisatadipemalang.com

Tujuan wisata selanjutnya yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada di Salatiga adalah Bukit Cinta. Memiliki lokasi yang berdekatan dengan Rawa Pening, maka Anda pun bisa menempuhnya dengan waktu yang cukup singkat.

Meskipun memiliki nama Bukit Cinta, namun terdapat mitos apabila membawa pasangan yang belum sah ke tempat satu ini, maka cinta tersebut akan berakhir.

Lokasi: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

8. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih
Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Berada di Jalan Hasanuddin KM 4, Salatiga – Kopeng maka destinasi wisata satu ini dapat menjadi rekomendasi Anda untuk berlibur. Destinasi wisata ini merupakan ecopark hotel yang telah dilengkapi dengan area taman bermain. Tak hanya itu saja, outbond dan perkebunan bahkan retret pun juga sering dilakukan di tempat satu ini. Agrowisata Salib Putih pun juga menjadi salah satu tempat yang cocok bagi Anda yang suka berkemah.

Pasalnya, disini akan tersedia camping ground yang cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat untuk bermalam. Kondisi udara yang sejuk dan fasilitas yang lengkap menjadi salah satu alasan mengapa Anda wajib untuk berkemah di tempat ini. Bahkan Anda pun nantinya akan bisa menikmati fasilitas kolam renang ketika berada di tempat satu ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Hasanudin KM. 04, Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

9. Rawa Pening

Rawa Pening
Image Credit: Wikipedia.org

Danau yang indah ini juga bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi. Ada berbagai makanan lezat yang akan menggugah selera makan anda. Untuk itu, Anda pun bisa menikmati di pinggiran rawa sembari menikmati pemandangan alam yang memukau.

Di danau ini Anda juga bisa untuk bermain perahu air sehingga akan menjadi salah satu tempat berlibur yang pas untuk keluarga anda.

Lokasi: Bejalen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

10. Wisata Alam Gunung Merbabu

Wisata Alam Gunung Merbabu
Image Credit: Gunung.id

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki, tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Gunung Merbabu. Salah satu gunung terindah yang ada di Indonesia ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dari puncak gunung ini, maka Anda pun akan bisa melihat keindahan lampu kota Salatiga hingga panorama Gunung Merapi yang menakjubkan. Untuk itu, Anda pun bisa menyiapkan fisik yang sempurna ketika ingin melakukan pendakian.

Lokasi: Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali.

11. Wisata Kawasan Kopeng

Wisata Kawasan Kopeng
Image Credit: Kompas.com

Sering kali disebut dengan tempat wisata di Lembang, maka Anda pun bisa mengunjungi kawasan ini ketika berada di Salatiga. Berada di lereng gunung, Anda pun bisa membeli bunga, camping dan juga melakukan permainan outbond.

Bahkan ketika hari libur tiba, Anda pun bisa menyewa kuda dan berkeliling di area hutan pinus serta pedesaan. Tentu saja akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk berlibur.

Lokasi: Jl. Raya Salatiga – Magelang KM. 15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.

12. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo
Image Credit: Surgawisata.id

Objek wisata lain yang berada di Salatiga ini juga tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja. Meskipun tidak berada di Salatiga, desa wisata Kopeng yang berada di daerah Semarang dapat menjadi rekomendasi untuk anda.

Air terjun yang alami ini memiliki alam yang hijau dan udara yang sangat segar. Sehingga Anda pun akan disambut dengan gemuruh suara air terjun yang sejuk ketika sampai di tempat wisata ini.

Lokasi: Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.

13. Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland
Image Credit: Semarangcoret.com

Bingung mencari tempat liburan untuk keluarga? Maka Atlantic Dreamland dapat menjadi lokasi yang pas. Disini, Anda bisa berenang dan bermain air sepuasnya. Ada beberapa wahana yang bisa untuk and coba, mulai dari water toys, waterboom, water ball, jet coaster, cirular track, flying fox dan lain sebagainya. Tempat wisata satu ini pun sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama akhir pekan dan musim liburan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

14. Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan
Image Credit: Wikipedia.org

Berencana untuk pergi ke wisata edukasi? Maka Anda pun bisa berkunjung ke wisata budaya Prasasti Plumpungan. Berada di desa Sidorejo, kabupaten Salatiga maka Anda pun bisa menambah pengetahuan dengan mengunjungi kawasan wisata satu ini.

Di tempat ini, nantinya Anda akan bisa untuk mempelajari sejarah dan mengetahui lebih lanjut tentang asal usul dari Prasasti Plumpungan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Patimura No.35, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

15. D’Emmerick Adventure Park

D’Emmerick Adventure Park
Image Credit: Lagilibur.com

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang memukau, disini Anda pun bisa merasakan atmosfer yang sejuk ketika berada di wisata ini. Ada berbagai hal yang bisa untu ana lakukan, yakni mulai dari menguji ketangkasan dengan berbagai macam wahana yang tersedia. Anda pun bisa berjalan alan dengan menikmati panorama alam yang sangat indah.

Lokasi: Jl. Raya Kopeng, Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

16. Desa Wisata Tingkir

Desa Wisata Tingkir
Image Credit: Inibaru.id

Untuk Anda yang pernah mendengar cerita tentang Jaka Tingkir, maka Anda pun pastinya tidak akan asing dengan desa wisata ini. Di tempat ini ada berbagai macam hal yang bisa untuk Anda lakukan. Mulai dari atraksi kesenian yang cukup menonjol. Sehingga Anda pun bisa melihatnya ketika mengunjung desa wisata Tingkir.

Pemandangan alam yang sangat memukau pun menjadi salah satu daya tarik yang tidak perlu diragukan lagi jika memutuskan berwisata ke Desa Tingkir.

Lokasi: Tingkir Lor, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

17. Goa Rong View

Goa Rong View
Image Credit: Kopidankamu.com

Berada di kota Semarang yang tidak jauh dari Salatiga, maka Anda pun bisa sekalian untuk mengunjungi Goa Rong View. Ketika disini, maka pengunjung pun dapat menyaksikan goa yang merupakan wisata alam ini.

Menurut pengelola Goa Rong View, goa ini kabarnya menjadi tempat untuk persembunyian warga Belanda.

Lokasi: Jl. Lerak Lopait, Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

18. Candi Klero

Candi Klero
Image Credit: Ardiyanta.com

Berkunjung ke Salatiga, maka Anda pun bisa mengunjungi peninggalan sejarah yang belum terkspose di masyarakat luas. Untuk itu, Anda pun bisa singgah ke Candi Klero yang berada di pinggir Dusun ngentak. Bagi Anda yang ingin kesini, maka Anda pun harus jeli untuk melihat petunjuk yang ada di pinggir jalan.

Lokasi: Desa Ngentak Lor, Kel. Klero, Kec. Tengaran, Kab. Semarang.

19. Pohon Pengantin

Pohon Pengantin
Image Credit: Pegipegi.com

Wisata unik satu ini juga memiliki pemandangan yang sayang untuk Anda lewatkan. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Salatiga pastikan untuk mengunjungi tempat satu ini. Pohon pengantin tersebut, disebut sebagai simbol cinta yang abadi oleh warga sekitar. Untuk itu, Anda pun bisa melihatnya ketika sedang berada di kota ini.

Lokasi: Desa Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

20. Taman Kota Salatiga

Taman Kota Salatiga
Image Credit: Tribunnews.com

Mencari tempat wisata yang simpel namun tetap menarik? Taman Kota Salatiga adalah jawabannya. Di tempat ini Anda bisa berwisata dengan budget yang tipis. Taman yang cantik dengan tampilan warna warni pelangi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga Anda pun tak boleh melewatkan untuk mengunjungi taman satu ini.

Lokasi: Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata menarik di Salatiga yang bisa untuk Anda kunjungi ketika liburan. Kota yang berada di Jawa Tengah ini akan menyimpan banyak sekali destinasi menarik yang akan sayang untuk Anda lewatkan. Untuk itu, Anda pun bisa singgah sebentar untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut bersama dengan keluarga maupun kerabat.