Temukan Tempat Wisata Populer di Samarinda, Kalimantan Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Anda Eksplor untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Samarinda terkenal sebagai salah satu kota yang menyimpan segudang tempat wisata menarik untuk dikunjungi, tidak heran jika Kota Tepian kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata buatan pun bisa Anda temukan disana.

Selagi menginjakkan kaki di Kota Samarinda, tidak ada ruginya mengunjungi beberapa tempat wisata terbaik agar perjalanan liburan menjadi lebih menyenangkan.

1. Bukit Batu Putih

Bukit Batu Putih
Image Credit: Facebook.com (GENPI Kaltim)

Bosan mengunjungi destinasi wisata alam yang biasa? Sepertinya Anda bisa menjadikan Bukit Batu Putih sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Terkenal akan keindahannya yang tiada dua, namun siapa sangka jika dulunya Bukit Batu Putih merupakan bekas tambang yang kemudian ditinggalkan begitu saja. Walaupun dikatakan sebagai lahan bekas pertambangan, suguhan alamnya begitu menarik perhatian.

Kerap dijadikan sebagai spot terbaik untuk menghasilkan foto ciamik oleh para pecinta fotografi, sehingga tidak perlu kebingungan ketika mendapati sekumpulan orang yang tengah mendaki dengan membawa senjata pemotretan mereka. Kecantikan alamnya semakin terukir indah ketika sore hari tiba, dimana matahari terbenam dianggap sebagai daya tarik utama dari Bukit Batu Putih.

Lokasi: Jl.P. Suryanata, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

2. Taman Sejati Samarinda

Taman Sejati Samarinda
Image Credit: Aboutsamarinda.blogspot.com

Beberapa waktu belakangan, masyarakat menjadikan Taman Sejati Samarinda sebagai tempat wisata populer untuk dikunjungi. Menawarkan sejumlah spot menarik untuk menghasilkan foto ciamik, tidak heran jika destinasi wisata ini kerap dikunjungi oleh generasi muda yang tertarik dalam bidang fotografi. Saat berjalan santai menelusuri kawasan wisata, kemungkinan Anda melihat sebuah kolam yang dijadikan sebagai salah satu ikon Taman Sejati Samarinda.

Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung kesana, pihak pengelola pun menghadirkan taman yang terus dipercantik dengan aneka jenis bunga warna warni yang siap memanjakan mata. Selain dipandang, ternyata hamparan bunga cantik tersebut kerap dijadikan sebagai latar belakang terbaik untuk menghasilkan foto kekinian. Sehingga tidak perlu heran jika destinasi wisata satu ini banyak dikunjungi oleh para remaja.

Lokasi: Jl. MT Haryono, Karang Anyar, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

3. Botanical Garden Samarinda

Botanical Garden Samarinda
Image Credit: Google Maps (Tyas Bellap)

Botanical Garden terkenal sebagai destinasi wisata favorit keluarga yang wajib dikunjungi selagi berlibur ke Samarinda. Seakan tidak pernah sepi dikunjungi pengujung, bahkan kawasan wisata ini akan dipadati pengunjung ketika akhir pekan telah tiba. Selama berada disana, wisatawan akan disuguhkan dengan pesona alam tiada dua. Selain dijadikan sebagai tempat berburu foto kekinian, kawasan wisatanya cocok dijadikan sebagai tempat bersantai ria.

Lokasi: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

4. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu
Image Credit: Heikaku.com

Air Terjun Pinang Seribu adalah tempat wisata terbaik bagi Anda yang rindu bermain air yang dapat menyejukkan badan. Sejak pertama kali melihatnya, siapapun akan dibuat jatuh hati kepadanya. Keindahannya semakin jelas terlihat dari banyaknya pepohonan rindang serta bebatuan yang menghiasi sekeliling air terjunnya. Apabila menelusuri ujung air terjunnya, wisatawan dapat menemukan kolam yang kerap dijadikan sebagai tempat bermain air.

Lokasi: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

5. Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai
Image Credit: Irwansyahspj.blogspot.com

Dikenal sebagai destinasi wisata eksotis yang wajib dikunjungi, tampaknya Air Terjun Berambai harus masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesonanya dari jauh semata, karena pihak pengelola memperbolehkan wisatawan untuk berenang dan menikmati kesegaran airnya. Sebelum melihat pesonanya dari dekat, Anda harus melewati berbagai rintangan terlebih dahulu.

BACA:  25 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

6. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah
Image Credit: Wikipedia.org

Air Terjun Tanah Merah masuk dalam daftar destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Memiliki keunikan tersendiri sebagai daya pikat utamanya, dijamin pengunjung merasa betah berada disana sejak menapakkan kaki di kawasan wisatanya. Air terjun unik ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter, serta menumpahkan air bersih dan menyegarkan yang siap memanjakan para pengunjungnya.

Genangan airnya tampak jernih, namun perlahan akan merubah menjadi keruh kemerahan ketika sampai di bagian hilir sungainya. Bukan tanpa sebab, ternyata perubahan warna tersebut diakibatkan dari adanya tanah gambut di bagian dasar sungainya. Tanah gambut inilah yang membuat airnya tampak berubah warna tanpa sebab. Dilengkapi dengan fasilitas memadai, dijamin Anda tidak akan pernah menyesal telah berkunjung ke Air Terjun Tanah Merah ini.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

7. Patung Pesut Tepian

Patung Pesut Tepian
Image Credit: Syafiraula.student.umm.ac.id

Patung Pesut Tepian sebenarnya merupakan monumen yang melambangkan bahwa kota Samarinda dulunya memiliki ikan pesut. Pembuatan momen tersebut, dimaksudkan untuk mengenang jika dulunya mereka pernah hidup di Bantaran Sungai Mahakam. Kawasan wisata ini pun semakin ramai dikunjungi, karena banyaknya pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner lezat dengan harga bersahabat sehingga wajib Anda dicoba.

Lokasi: Jl. Gajahmada, Depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

8. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung
Image Credit: Ragamtempatwisata.com

Bagi pecinta alam, tampaknya Telaga Permai Batu Besaung bisa menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Wisatawan pun diperkenankan mendirikan tenda apabila ingin lebih dekat dengan alam bebasnya, sehingga Anda bisa menikmati keindahannya lebih lama tanpa ada yang membatasinya. Berenang ataupun sekedar bermain di jernihnya air yang begitu menyegarkan, merupakan rangkaian aktivitas menyenangkan selama berada di Telaga Permai Batu Besaung.

Lokasi: Desa Sempaja, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

9. Taman Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau
Image Credit: Lampost.co

Taman Lembah Hijau juga tidak kalah populer dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, bahkan keindahannya sudah terdengar hingga ke luar daerah. Sehingga Anda bisa menemukan sekelompok wisatawan yang sengaja datang dari jauh hanya untuk melihat keindahannya dari dekat. Suguhkan beberapa jenis kolam dan dihiasi dengan pepohonan rindang di setiap mata memandang, dijamin Anda enggan untuk pulang lebih cepat.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

10. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
Image Credit: Ksmtour.com

Terkenal akan suguhan keindahan alamnya, sepertinya tidak mengherankan jika Pulau Beras Basah masuk dalam daftar destinasi wisata favorit dikunjungi wisatawan. Bahkan jumlah pengunjungnya kerap mengalami peningkatan setiap tahunnya, yang menandakan bahwa kepopulerannya terus bertambah. Layak dijadikan sebagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, karena disanalah wisatawan dapat melihat keindahan bawah lautnya yang begitu menawan hati.

Pulau cantik ini dihiasi dengan pasir berwarna coklat tampak bersih dan terasa lembut ketika menyentuh kulit kaki. Setiap mata memandang, wisatawan disuguhkan dengan pohon kelapa di pinggir pantainya yang berhasil memunculkan kesan asri dan menyejukkan mata. Hanya dengan duduk santai di pinggiran pantainya, rasa suntuk di pikiran pun akan sirna seketika. Ditambah lagi dengan semilir anginnya, dijamin Anda akan merasa betah berada disana.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

11. Pulau Kumala

Pulau Kumala
Image Credit: Tribunnews.com

Pulau Kumala tampaknya bisa menjadi tujuan berlibur favorit selanjutnya, mengingat suguhan pesona alamnya yang begitu mempesona dan banyaknya wahana air seru untuk dicoba. Sore hari merupakan waktu terbaik untuk menikmati kecantikan alamnya, dimana langit yang perlahan berubah warna menjadi jingga tersebut berhasil menyihir para wisatawan. Wajar saja jika banyak ditemukan wisatawan dari berbagai daerah tengah berkumpul di pulau Kumala.

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

12. Bukit Steling Selili

Bukit Steling Selili
Image Credit: Ibukotakita.com

Bukit Steling Selili Samarinda tampaknya harus masuk ke dalam daftar kunjungan berikutnya. Bukan sembarang bukit, karena disini pengunjung bisa melihat indahnya kota Samarinda dari ketinggian tertentu. Walaupun untuk sampai di puncaknya harus mengeluarkan tenaga ekstra, namun kecantikan yang disuguhkannya berhasil menghilangkan rasa lelah dalam sekejap mata.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Selili, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

13. Bukit Anggana

Bukit Anggana
Image Credit: Ngadem.com

Apabila rindu memandang hamparan rumput segar, sepertinya mengunjungi Bukit Anggana bisa menjadi keputusan tepat. Apabila bertolak dari kota Samarinda, setidaknya Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam saja untuk bisa sampai di kawasan wisatanya. Ketika musim hujan tiba, pemandangan di sekitar bukit pun mengingatkan Anda dengan serial kartun populer bernama Teletubbies.

Lokasi: Jl. Ampera, Kec. Palaran, Kota Samarinda.

14. Bendungan Benanga Lempake

Bendungan Benanga Lempake
Image Credit: Pu.go.id

Siapa yang mengatakan jika bendungan hanyalah tempat untuk menampung sejumlah air semata? Sebab di Samarinda terdapat destinasi wisata berupa bendungan air yang kini dijadikan sebagai destinasi wisata. Bendungan cantik tersebut diberi nama Bendungan Benanga Lempake, dimana wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru selama berada disana. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, bendungan satu ini dijadikan sebagai pembangkit listrik.

Lokasi: Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

15. Mahakam Lampion Garden

Mahakam Lampion Garden
Image Credit: Heikaku.com

Mahakam Lampion Garden termasuk sebagai salah satu destinasi wisata malam yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Sejak memasuki kawasan wisatanya, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka macam bentuk lampion yang tampak menghiasi taman. Pantulan sinar dari lampionnya yang begitu menawan terlihat dari tepian Sungai Mahakam. Kerap dijadikan sebagai tempat favorit berburu foto kekinian, dijamin tangan akan merasa gatal untuk mengabadikannya.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

16. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
Image Credit: Ksmtour.com

Tertarik mempelajari budaya Samarinda lebih dalam? Jika memang tertarik memahaminya, tampaknya mengunjungi Desa Budaya Pampang bisa menjadi pilihan terbaik. Di tempat ini, wisatawan diperkenankan untuk mengenal budaya lokal dari suku yang ada di Samarinda hingga ke seluk beluk terdalamnya. Sebab disinilah masyarakat Dayak Kenyah asli bermukim dan tumbuh kembang hingga seperti sekarang.

Hanya dengan melihatnya sekilas, pengunjung bisa mengetahui bahwa Desa Budaya Pampang bukanlah desa biasa. Pasalnya wisatawan dapat melihat dari dekat bagaimana rutinitas warga suku Dayak secara langsung. Bahkan masyarakat menyiapkan pertunjukan seni yang dilakukan di balai pertemuan (lamin) setiap hari minggu siang. Acara tersebut berlangsung meriah, karena seluruh masyarakat akan mengenakan pakaian tradisionalnya.

Lokasi: Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, Budaya Pampang, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

17. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden
Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Disebut sebagai salah satu ikon terbaru dari kota Samarinda, wajar saja jika kawasan wisata ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap harinya. Kawasan wisata akan semakin dipadati pengujung ketika menjelang sore dan malam hari, karena saat itulah berbagai lampion tampak indah menghiasi kawasan wisatanya. Pengunjung pun merasa betah berada disana, karena adanya atraksi jet ski yang berhasil mencuri perhatian.

Lokasi: Jl. RE Martadinata, Tlk. Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

18. Jungle Water World

Jungle Water World
Image Credit: Jungle-water-world.business.site

Jungle Water World tidak hanya hadir di Pulau Dewata saja, karena Samarinda juga memilikinya. Suguhkan berbagai wahana air seru untuk dicoba, dijamin hari berlibur menjadi lebih berwarna dan tidak akan membosankan. Dapat diakses menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, dimana pengunjung akan ditarik tiket masuk cukup murah sehingga tidak akan menyiksa isi kantong Anda.

Lokasi: Jl. Bontang – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

19. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Image Credit: Tempatwisatanegeri.blogspot.com

Apabila Anda mencari destinasi wisata dengan banyak wahana seru untuk dicoba, maka mengunjungi Taman Rekreasi Lembah Hijau bisa menjadi keputusan tepat. Berbagai fasilitas yang disajikan disana meliputi area khusus permainan anak, kolam renang, flying fox, kolam pemancingan, camping area, pujasera, replica hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

20. Masjid Baitul Muttaqien

Masjid Baitul Muttaqien
Image Credit: Pegipegi.com

Memiliki gaya arsitektur unik dan berhasil memunculkan kesan mewah nan elegan, membuat Masjid Baitul Muttaqien bukan hanya sekedar tempat ibadah umat Islam semata. Bahkan pengunjung akan dibuat takjub tiada henti ketika melihat kemegahannya dari kejauhan. Jika diperhatikan lebih detail, siapa sangka jika bangunan ibadah ini memiliki makna mendalam yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas.

BACA:  22 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Paling Hits

Dijuluki sebagai masjid termegah kedua di Asia Tenggara, hanya dengan membayangkannya saja Anda sudah bisa merasakan betapa megahnya tempat ibadah satu ini. Mampu menampung sekitar 43 ribu orang jamaah sekaligus, dijamin Anda tidak hentinya mengucapkan kata takjub selagi menyusuri setiap sudut masjidnya. Apakah Anda sudah memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya?

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

21. Tepian Mahakam

Tepian Mahakam
Image Credit: Travelingyuk.com

Siapa yang akan menyangka jika tepian sungai Mahakam tidak kalah menarik dijadikan sebagai destinasi wisata. Kecantikannya mungkin tidak terlalu terlihat ketika siang hari, namun akan sangat berbeda ketika matahari mulai terbenam. Pasalnya pengunjung bisa menikmati kelap kelip dari lampu penerangan yang berada di tepian sungainya. Bahkan di tempat itu pula, Anda akan menemukan sederet pedagang kaki lima tengah menawarkan aneka kuliner lezat.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

22. Penangkaran Buaya Samarinda

Penangkaran Buaya Samarinda
Image Credit: Traverse.id

Walaupun sedikit ekstrim, nyatanya destinasi wisata ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya melihat berbagai jenis buaya dari kejauhan semata, di tempat inilah wisatawan diberikan kesempatan untuk berfoto dengan berbagai jenis buaya. Namun tidak perlu khawatir akan membahayakan jiwa, karena setiap kawasannya telah dilengkapi dengan pengaman serta memiliki tingkat keamanan cukup tinggi.

Melihat antusias pengunjung, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas memadai demi memenuhi kebutuhan selama berlibur kesana. Beberapa fasilitas yang dimaksudkan terdiri dari kamar mandi yang bersih, area parkir yang cukup lapang, foodcourt, dan berbagai fasilitas lainnya. Harga tiket masuknya pun terbilang bersahabat di kantong, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mengunjunginya.

Lokasi: Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda.

23. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Ketika mengunjungi Samarinda, rasanya ada yang kurang jika belum mengunjungi Kampung Tenun Samarinda. Sesuai dengan namanya, di tempat ini wisatawan akan ditawarkan dengan aneka kerajinan tenun yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya. Bukan hanya sekedar membelinya, bahkan di tempat ini pula wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tenunnya.

Lokasi: Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

24. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda
Image Credit: Sketsaunmul.co

Dikelola langsung oleh Universitas Mulawarman sebagai hutan pendidikan, beruntungnya kawasan wisata ini telah dibuka untuk umum. Pengunjung dijamin tidak akan pernah bosan mengunjunginya, mengingat banyaknya aktivitas seru yang bisa dilakukan disana. Mulai dari mencoba bersepeda air, menelusuri kebun Andong, mengelilingi danau cantik, ataupun mencari informasi terkait jenis kayu Kalimantan bisa dilakukan.

Lokasi: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

25. Tjiu’s Palace Samarinda

Tjiu's Palace Samarinda
Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan kolam wisata populer bernama Tjiu’s Palace Samarinda? Destinasi wisata ini selalu dipadati pengunjung setiap tahunnya, karena disanalah wisatawan dapat merasakan liburan seru dengan kehadiran aneka wahana menarik untuk dimainkan. Selagi berada disana, Anda dapat memancing sambil memandang hamparan taman cantik yang berada tidak jauh dari lokasi pemancingan itu sendiri.

Bukan hanya berupa kolam pemancingan semata, karena tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya agar pengunjung betah berlama lama disana. Beberapa fasilitas yang dimaksudkan seperti jembatan penyeberangan yang kerap dijadikan spot foto favorit, patung ikan, taman bermain, dan masih banyak lainnya. Di tempat ini pula, Anda bisa bermain sambil piknik sederhana bersama dengan keluarga maupun sahabat tercinta.

Lokasi: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kec. Sambutan, Kota Samarinda.

Hadirkan sejumlah tempat wisata hits dan terbaru, Samarinda pun akhirnya ditunjuk menjadi salah satu kota favorit dikunjungi wisatawan. Selama berada disana, dijamin pengunjung tidak akan puas jika hanya mampir sehari atau dua hari saja. Sebab Samarinda merupakan gudangnya destinasi wisata yang begitu menarik untuk ditelusuri satu per satu. Sekali mengunjungi Samarinda, Anda akan dibuat rindu dan ingin mengunjunginya kembali dalam waktu dekat.