Semarang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Sebagai ibukota, Semarang pun menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik yang bagus untuk Anda kunjungi. Anda pun bisa menjelajah dari destinasi satu ke destinasi lain sesuai dengan yang Anda inginkan.

Penasaran seperti apa saja wisata yang ditawarkan? Berikut ulasan 33 tempat wisata di Semarang yang patut Anda kunjungi untuk liburan yang berkesan.

1. Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul
Image Credit: IG: (@ali_musyaffa96)

Untuk Anda yang ingin berlibur sembari menyusuri suasana pedesaan, maka Anda pun bisa menjelajah Desa Wisata Kemetul ini. Di kawasan ini, nantinya Anda akan bisa untuk berjalan jalan sembari menikmati pemandangan sawah yang cantik.

Ditambah dengan jembatan bambu yang telah di desain dengan berbagai macam bentuk, maka Anda pun bisa berfoto dengan apik. Untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang lebih baik, maka Anda bisa naik ke menara yang telah disediakan.

Lokasi: Krajan, Kemetul, Kec. Susukan, Kota Semarang.

2. Taman Mini Mania

Taman Mini Mania
Image Credit: Ayosemarang.com

Berencana ingin keliling dunia namun belum kesampaian? Tak perlu khawatir, pasalnya Anda bisa datang untuk mengunjungi Taman Mini Mania yang ada di Semarang. Di tempat satu ini, nantinya Anda pun akan diajak berkeliling dan juga berfoto dengan 15 ikon negara yang ada di dunia.

Mulai dari Menara Eiffel hingga Patung Liberty, semuanya lengkap tersedia. Tanpa perlu visa, maka Anda pun bisa merasakan sensasi keliling dunia di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Bergas, Merakrejo, Harjosari, Kec. Bawen, Kab. Semarang,

3. Senjoyo Village

Senjoyo Village
Image Credit: Datawisata.com

Bagi Anda yang sedang berada di tempat ini, maka Anda pun jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Mata Air Senjoyo. Mata air yang konon katanya menjadi tempat para bidadari mandi ini memiliki air yang cukup jernih.

Dengan dikelilingi pohon yang rimbun dan suasana yang asri, Anda pun pastinya ingin untuk berenang di tempat ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang suntuk, tempat satu ini sangat pas untuk melepas penat.

Lokasi: Jl. Senjoyo IV, Kadipurwo, Bener, Kec. Tengaran, Kab. Semarang.

4. Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung
Image Credit: Medcom.id

Sedang mencari destinasi wisata yang bisa memacu adrenalin? Maka Anda pun bisa mengunjungi Gumuk Reco Sepakung. Disini, Anda nantinya akan berjalan menyusuri jembatan kayu yang berada di lereng tebing.

Dengan ketinggian sekitar 45 meter, maka hal ini pun akan membuat adrenalin Anda menjadi terpacu. Dengan panjang yakni 25 meter, maka Anda pun bisa menyusuri langit Semarang ketika berada disini.

Lokasi: Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

5. Kampung Horor Sunrise Hill

Kampung Horor Sunrise Hill
Image Credit: Sunrise-hill-gedong-songo-bandungan.business.site

Ingin berfoto bersama hantu? Hal tersebut tentunya menjadi hal yang mungkin bisa untuk Anda lakukan. Tentu saja, hantu hantu tersebut hanyalah patung yang ditempatkan di sudut sudut taman ini.

Ada berbagai macam hantu yang bisa untuk Anda temui disini, mulai dari kuntilanak hingga hantu internasional lainnya. Jika Anda penasaran dengan destinasi wisata satu ini, sebaiknya Anda langsung saja mengunjungi Kampung Horror Sunrise Hill.

Lokasi: Dusun Darum RT.01, Tlogosari, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

6. I’Ampelgading Homeland

I’Ampelgading Homeland
Image Credit: Blogpackerindonesia.blogspot.com

Jika Anda ingin menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian, maka I’Ampegading adalah salah satu tempat yang cocok untuk anda. Berada di ketinggian 1080 mdpl, maka tempat ini pun akan bisa Anda kunjungi ketika ingin menikmati indahnya panorama kota Semarang. Anda bisa mengunjunginya ketika matahari terbenam ataupun saat matahari terbit.

Lokasi: Dusun Ampelgading, Kenteng, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

7. Bukit Jangli

Bukit Jangli
Image Credit: Pinterest.com @Etaregina

Untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang irit di kantong, Bukit Jangli adalah tempat yang pas. Pasalnya di tempat satu ini, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk tiket masuk alias gratis.

Bukit Jangli atau yang sering disebut dengan Bukit Patah Hati ini memiliki pemandangan yang cukup eksotis. Terlebih lagi ketika Anda datang saat musim hujan, maka Anda pun akan bisa mendapatkan pemandangan bukit hijau yang luar biasa cantik.

Lokasi: Jl. Bukit Panorama, Jangli, Kec. Tembalang, Kota Semarang.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

8. Patung Maria Assumpta

Patung Maria Assumpt
Image Credit: Hidupkatolik.com

Ketika Anda ingin berwisata religi di kota Semarang, maka Anda pun bisa berkunjung ke Goa Maria Kerep Ambarawa. Di kawasan wisata satu ini, nantinya Anda akan bisa melihat Patung Maria Assumpta yang memiliki tinggi menjulang.

Anda pun pastinya akan dibuat terpukau dengan patung Bunda Maria yang digadang gadang sebagai patung tertinggi yang ada di dunia ini. Dengan memiliki latar belakang pegunungan yang cantik, maka spot ini akan sayang untuk Anda lewatkan.

Lokasi: Jl. Raya Ambarawa-Magelang, Krajan Bawah, Gondoriyo, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

9. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa
Image Credit: Adeutomo.com

Selain wisata alam dan juga wisata religi, Anda pun bisa berwisata sejarah ketika berada di kota Semarang. Benteng Pendem Ambarawa menjadi salah satu tempat wisata yang akan membuat Anda penasaran.

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjunginya tak ada salahnya untuk singgah sebentar ke tempat satu ini. Selain itu, tempat ini pun cukup instagramble dan bagus bagi Anda yang memiliki hobi berfoto.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

10. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Image Credit: Travelblog.id

Anda memiliki hobi mendaki? Ketika berada di Semarang, maka Anda pun bisa mampir dan menjelajahi indahnya Gunung Merbabu. Untuk pendaki pemula, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu ketika ingin menempuh gunung satu ini.

Dengan menempuh sekitar waktu 9 jam, maka Anda pun nantinya akan langsung bisa merasakan keindahan dari gunung satu ini.

Lokasi: Desa Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.

11. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
Image Credit: Wkc.co.id

Klenteng satu ini dibangun untuk mengenang singgahnya Laksanmana Cheng Ho ketika ia mendarat di kota Semarang pada abad ke 15 Masehi. Memiliki ornamen yang serba merah dan khas Tionghoa maka Anda pun bisa mampir ke tempat satu ini.

Untuk Anda yang tertarik kesini, maka Anda bisa datang saat festival tahunan. Untuk Anda yang ingin merasakan suasana Tiongkok lebih kental, maka Anda pun bisa menyewa kostum dan berfoto di tempat ini.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

12. Sky Pool, Star Hotel

Sky Pool, Star Hotel
Image Credit: Oyster.com

Tempat satu ini memiliki predikat sebagai kolam renang tertinggi di dunia. Sehingga ketika Anda kesini, para pengunjung nantinya akan bisa menikmati pemandangan kota Semarang secara langsung dari tepi kolam.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin melihat momen matahari terbenam dengan view dan juga suasana yang berbeda, maka Sky Pool adalah tempat yang pas untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. MT. Haryono No.972, Lamper Kidul, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

13. Pasar Semawis

Pasar Semawis
Image Credit: Steemit.com @fesbukan

Ketika berlibur, maka Anda pun bisa mampir sejenak untuk berwisata kuliner di tempat satu ini. Pasar malam di kawasan pecinan yakni Pasar Semawis ini merupakan salah satu tempat yang ramai untuk dikunjungi.

Disini, nantinya Anda akan bisa untuk menikmati berbagai macam kuliner khas dari kota Semarang serta makanan lainnya. Untuk Anda yang sedang berdiet, sebaiknya menunda diet Anda terlebih dahulu ketika berkunjung ke tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

14. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Image Credit: Seputarsemarang.com

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi ikon kota Semarang. Setelah mengalami pemugaran, bangunan bersejarah ini pun akan bisa untuk Anda singgahi ketika berada di kota Semarang.

Untuk Anda yang sedang berlibur ke kota ini, pastikan untuk mampi ke bangunan yang kabarnya memiliki seribu pintu. Oleh karena itu, tempat ini pun diberi nama Lawang Sewu karena terkenal akan banyaknya pintu yang ada disini.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

15. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Image Credit: Pegipegi.com

Ketika berada di kota Semarang, sebaiknya Anda pun juga mampir untuk mengunjungi tempat satu ini. Hal ini dikarenakan masjid yang cukup besar ini memiliki pilar yang berjumlah 25 buah dan desain bergaya Italia. Untuk bangunannya sendiri, masjid ini pun dibangun dengan perpaduan unsur arsitektur Jawa dan juga Arab.

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang.

16. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Image Credit: Wego.co.id

Berwisata ke candi juga menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih ketika sedang berada di kota Semarang. Merupakan peninggalan kehayaan Dinasti Sanjaya pada abad ke 18 Masehi ini, kompleks candi ini pun ditemkan ketika masa penjajahan Belanda.

Memiliki nama Gedong Songo yang berarti sembilan bangunan, candi ini sendiri hanya memiliki lima buah bangunan saja yang masih bertahan hingga saat ini.

Lokasi: Dsn Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

17. River Tubing Genting, Kendal

River Tubing Genting, Kendal
Image Credit: Metrojateng.com

Bagi Anda yang memiliki hobi bermain arung jeram, maka Anda pun tak boleh melewatkan untuk mampir ke tempat wisata satu ini. Hal ini dikarenakan Anda akan menikmati serunya meluncur melewati 13 jeram yang memacu adrenalin.

Setelah lelah bermain arung jeram, maka Anda pun nantinya akan bisa untuk beristirahat di warung sembari menyantap mie instan ataupun teh hangat.

Lokasi: Jl. Genting Baru No. 94 Singorojo Kendal, Kendal, Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal.

BACA:  25 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Paling Hits

18. Eling Bening

Eling Bening
Image Credit: Idntimes.com

Menikmati pemandangan alam yang memukau, masih menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang berada di Semarang Anda pun bisa mampir ke Eling Bening.

Memiliki taman taman yang cantik, maka Anda pun akan bisa bersantai sembari ditemani pemandangan alam yang luar biasa cantik. Tertarik untuk mengunjungi tempat satu ini? Maka Anda pun bisa mengunjunginya ketika sedang berada di Semarang.

Lokasi: Jl. Sarjono, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

19. Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya
Image Credit: Deviantart.com

Goa Tirta Mulya adalah salah satu lokasi wisata yang cocok bagi Anda yang tidak menyukai keramaian. Di tempat satu ini Anda nantinya akan melewati terowongan buatan yang memiliki lebar 3 meter dan panjang beberapa ratus meter.

Disarankan, ketika Anda melintasi terowongan ini, pastikan untuk membawa senter. Setelah itu, Anda nantinya akan bisa menikmati pemandangan berupa bukit dan suasana kota dari kejauhan yang sangat memukau.

Lokasi: Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Kota Semarang.

20. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pondok Kopi Umbul Sidomukti
Image Credit: Sintiaastarina.com

Berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, maka tempat satu ini pun bisa menjadi tempat untuk bersantai. Nantinya, Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa eksotis ketika berada di pondok kopi ini.

Sembari menyeruput kopi yang hangat, Anda pun juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa cantik. Pastinya Anda pun akan menjadi betah dan tidak ingin pulang saat berada disini.

Lokasi: Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Manggung, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

21. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Image Credit: Wisatamantap.com

Ketika Anda belum puas untuk menikmati secangkir kopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, maka Anda pun bisa beriwsata di taman rekreasi di atas langit. Berada di kaki gunung Ungaran, maka Umbul Sidomukti menjadi salah satu lokasi yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan kota Semarang.

Ada beragam aktifitas seru yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada di tempat satu ini, salah satunya adalah outbond.

Lokasi: Jl. Umbul SidomuktiBlanten Lor, Jimbaran, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

22. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa
Image Credit: Ksmtour.com

Terletak dekat dengan kota Semarang, Anda pun juga bisa untuk berlibur ke salah satu pulau yakni Karimunjawa. Berjarak sekitar 90 kilometer dari Semarang, maka Anda pun nantinya akan disuguhkan pemandangan yang sangat cantik dari gugusan 27 pulau yang bisa untuk Anda jelajahi.

Serunya lagi, beberapa pulau tersebut tidak berpenghuni sehingga akan membuat Anda lebih leluasa untuk mengeksplore keindahan alamnya.

Lokasi: Jl. Sinar Waluyo Raya No.248, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang.

23. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco
Image Credit: Genpi.co

Di lokasi wisata satu ini, Anda nantinya akan bisa melihat puluhan rumah adat dan juga tradisi yang ada di Jawa Tengah. Sehingga ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini bersama keluarga, akan dapat menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa untuk Anda jelajahi bersama si kecil.

Miniatur kecil kota Semarang lengkap dengan landmark Tugu Muda pun bisa Anda temukan di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

24. Kebun Teh Medini, Kendal

Kebun Teh Medini Kendal
Image Credit: Coretanpetualang.wordpress.com

Mencari perkebunan teh di kota Semarang? Maka Anda pun bisa mengunjungi Kebun Teh Medini yang berada di selatan Semarang. Dataran tinggi yang berbentuk bukit ini terasa sangat sejuk sekali.

Untuk itu, tak heran jika banyak pelancong yang jatuh hati dengan pemandangan dari perkebunan teh yang hijau ini. Berada di ketinggian 1000 meter, maka Anda pun bisa melihat panorama kebun teh yang sangat memukau.

Lokasi: Jatirejo, Ngampel, Ngesrepbalong, Kec. Limbangan, Kab. Kendal.

25. Brown Canyon

Brown Canyon
Image Credit: Mytrip123.com

Bekas galian yang tandus ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri yang bisa untuk Anda saksikan. Salah satunya adalah Brown Canyon yang merupakan lahan proyek galian. Telah berumur lebih dari 10 tahun, tempat satu ini pun ternyata bisa menjadi salah satu tempat wisata yang harus Anda kunjungi ketika sedang berada di kota Semarang.

Pahatan dan pilar yang tampak alami ini akan menjadi salah satu lokasi yang bisa untuk membuat hasil foto Anda ciamik.

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang.

26. Curug Lawe dan Curug Benowo

Curug Lawe dan Curug Benowo
Image Credit: Tribunnews.com

Untuk Anda yang ingin menikmati air terjun di Semarang, Anda pn bisa datang untuk mengunjungi Curug Lawe dan Curug Benowo. Ketika menuju tempat satu ini, nantinya Anda akan melewati perjalanan yang tidak mudah. Sehingga Anda pun perlu menyiapkan daya tahan yang tinggi.

Namun, perjalanan yang berat tersebut akan sebanding dengan menyaksikan pemandangan air terjun yang Anda dapatkan.

Lokasi: Kalisidi, RT.01 / RW.06, Ungaran Barat, Hutan, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

27. Gardu Pandang Lereng Kelir

Gardu Pandang Lereng Kelir
Image Credit: Serat.id

Destinasi wisata yang berada di tepi kurang ini memiliki ketinggian yakni sekitar 715 meter di atas permukaan laut. Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Gardu Pandang Lereng Kelir ini, maka Anda pun bisa datang saat dini hari.

Pemandangan matahari terbit yang sangat indah tersebut tentu saja akan siap untuk menyambut anda. Disini, juga tersedia camping ground bagi Anda yang ingin bermalam untuk menanti datangnya pagi.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Lokasi: Dusun Gertas, Brongkol, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

28. Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran
Image Credit: Travelspromo.com

Sering kali disebut dengan Kolam Renang Lerep, tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang cocok untuk keluarga anda. Dengan mengusung konsep wisata alam yakni berupa pegunungan dan juga budaya, maka tempat ini pun sangat pas untuk mengisi waktu libur yang Anda miliki. Dengan banyaknya pepohonan, sungai dan danau buatan, maka Anda pun akan sangat dimanjakan ketika berada di lokasi satu ini.

Selain itu, di Watu Gunung Ungaran ini juga tersedia gazebo yang berfungsi untuk memancing dan juga bersantai. Tak hanya itu saja, Anda pun juga bisa melihat ikan di kolam yang sangat jernih dan juga pemandangan berupa rumah joglo khas Jawa. Tidak usah takut kelaparan, pasalnya Anda bisa menikmati menu khas Jawa ketika berada di tempat satu ini.

Lokasi: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

29. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Flickr.com @Max Adrian

Bukan merupakan destinasi wisata yang baru di kota Semarang, namun Bukit menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Ketika memasuki lokasi ini, Anda nantinya akan melewati mulut naga raksasa. Saat sudah berada di dalam, suasana pepohonan yang teduh akan bisa untuk Anda nikmati. Disini, juga terdapat playground yang bisa digunakan bermain untuk anak anak.

Ketika Anda ingin menjelajah lebih jauh maka Anda pun bisa menggunakan penyewaan perahu motor yang memiliki kapasitas 6 orang. Disini nantinya, Anda akan bisa untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis ketika matahari mulai terbenam. Dengan harga tiket yang terjangkau, maka Anda pun akan bisa menikmati keseruan berlibur di tempat satu ini.

Lokasi: Kebondowo, Kec. BanyuBiru, Kab. Semarang.

30. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia Bandungan
Image Credit: Kissparry.com

Salah satu lokasi yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengisi liburan adalah Taman Bunga Celosia yang berada di Bandungan. Di tempat satu ini, nantinya Anda bisa berfoto dengan beberapa spot yang akan membuat Anda terpukau. Ada beberapa hal yang bisa untuk Anda lakukan ketika mengunjugi lokasi taman bunga ini untuk berlibur bersama keluarga.

Diantaranya yakni mulai dari replikas Menara Eiffel, Patung Merlion hingga kincir angin yang ada di BelAnda bisa untuk Anda nikmati di tempat satu ini. ditambah lagi dengan bunga yang berwarna warni akan menambah nuansa yang estetik pada foto anda. Untuk itu, tempat ini menjadi destinasi wisata yang cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

31. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo
Image Credit: Alinea.mmtc.ac.id

Ingin mengunjugi lokasi wisata yang instagenic? Maka Anda pun bisa menyempatkan untuk mampir ke Ayanaz Gedong Songo. Di tempat ini Anda nantinya akan bisa berfoto dengan beberapa spot yang memang dipersiapkan bagi Anda yang ingin mendapatkan gambar yang unik. Mulai dari adanya boneka teddy bear raksasa, tenda yang bergelembung hingga boneka Hello Kitty.

Tak hanya itu saja, di lokasi satu ini Anda pun juga bisa berfoto dengan balon udara. Tentunya Anda harus menemukan angle foto terbaik sehingga dapat menghasilkan gambar yang sempurna. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, maka Anda pun bisa menyiapkan kocek yakni sekitar 25 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 10 ribu rupiah untuk anak anak.

Lokasi: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

32. Dusun Semilir Eco Park Bawen

Dusun Semilir Eco Park Bawen
Image Credit: Ngadem.com

Mencari tempat berlibur untuk keluarga? Dusun Semilir Eco Park Bawen dapat menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Disini, nantinya Anda bisa melihat berbagai hewan bersama si kecil.

Tak hanya itu saja, anak Anda pun juga akan bisa bermain dengan beragam wahana permainan yang tersedia. Ada juga spot foto menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Sehingga tempat satu ini akan menjadi lokasi yang pas untuk keluarga anda.

Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta No.49, Ngemplak, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

33. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur
Image Credit: Travelspromo.com

Berada di daerah Ngaliyan, Semarang maka Anda pun bisa menyaksikan pesawat yang terdampar di sebuah desa. Pemandangan satu ini pun menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Bangkai pesawat tersebut, saat ini telah diubah menjadi Aeroplane Cafe. Di tempat ini juga terdapat area Texas Village dan Japanese Village yang bisa Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Raya Kalipancur Manyaran, Kalipancur, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang.

Itulah 33 rekomendasi tempat wisata di Kota Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan tiba. Bagi Anda yang sedang kebingungan, maka Anda pun bisa mencoba salah satu tempat wisata tersebut. Tentu saja liburan bersama keluarga akan menjadi seru dengan mencoba untuk singgah di tempat wisata yang ada di kota Semarang dan sekitarnya.