Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Serang, Banten. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi Saat Butuh Liburan yang Menyenangkan.

Serang tidak begitu dikenal menjadi destinasi wisata selama ini. Walaupun sebenarnya, ada banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Singgah di Serang, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat indah untuk menghilangkan penat. Mulai dari pantai, curug hingga objek wisata sejarah bisa Anda jelajahi. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Serang yang bisa Anda pilih untuk liburan seru.

1. Curug Bumi Padarincang

Curug Bumi Padarincang
Image Credit: Google Maps (Fitriyanda Salfamas)

Untuk memulai perjalanan Anda di Serang, Anda bisa memulainya dengan mengunjungi wisata curugnya. Curugnya yang bisa Anda kunjungi pertama kali adalah Curug Bumi Padarincang. Menawarkan pemandangan yang asri, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 5 meter saja. Kendati tidak terlalu tinggi, tetapi keindahannya patut diperhatikan.

Pepohonan yang hijau dengan suasana yang asri akan membuat siapapun betah berlama lama. Kolam di bawah air terjunnya juga begitu jernih dan mengundang siapapun untuk berenang di dalamnya. Anda yang ingin menantang diri, bisa melakukan cliff diving atau mendaki tebingnya. Fasilitas di curug satu ini terbilang lengkap dan memanjakan pengunjung.

Lokasi: Cibojong, Kec. Padarincang, Kab. Serang.

2. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang
Image Credit: Instagram.com @saefullah_14

Curug yang selanjutnya dan bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Curug Cigumawang. Aliran air yang jatuh dari ketinggian ini bersumber dari Gunung Buntu. Curug Cigumawang sendiri dalam bahasa Sunda berarti Bawang ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Suasana alamnya yang masih natural, membuat Anda akan disuguhkan keindahan yang menakjubkan.

Untuk menuju Curug ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sawah dan juga harus menyebrangi sungai. Perjalanan trekking ini akan terasa menyenangkan, belum lagi fasilitas yang dihadirkan juga sudah memadai dan juga lengkap.

Lokasi: Bugel, Kec. Padarincang, Kab. Serang.

3. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Google Maps (Asep Spurious)

Menikmati air yang jatuh dari ketinggian masih bisa Anda lanjutkan dengan mengunjungi Curug Sawer. Untuk menuju curug ini memang dibutuhkan perjalanan yang menantang. Tetapi semua usaha Anda tidak akan menghianati hasil, mengingat keindahan yang dihadirkan akan membuat semua lelah Anda terbayar lunas.

Tinggi dari curug sawer ini sekitar 20 meteran, dan di bawah alirannya membentuk kolam alami. Anda bisa bersantai sekalian bisa menikmati suasana yang asri. Berenang juga bukanlah ide yang buruk mengingat airnya begitu segar dan sangat mengundang untuk bermain air. Pastikan untuk tidak lupa sekalian berburu foto foto yang instagramable.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Murah & Enak

Lokasi: Cisitu, Kec. Ciomas, Kab. Serang.

4. Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua
Image Credit: Dispar.bantenprov.go.id

Tidak hanya mengunjungi wisata curug, di Serang Anda juga bisa menemukan Cagar Alam Pulau Dua yang tak kalah menarik. Cagar alam ini juga seringkali disebut sebagai pulau Burung. Memiliki luas hingga 30 hektar, Anda bisa menjelajah setiap sudut untuk dapatkan pengalaman sekaligus pesona dari cagar alam yang begitu menawan.

Untuk bisa mengunjungi cagar alam ini, Anda harus mengantongi ijin dari dinas setempat dahulu. Yang menjadi daya tarik utama adalah banyak burung yang migrasi ke pulau ini. Paling tepat adalah datang di bulan Februari hingga maret atau November hingga Desember. Hutan mangrove hingga menara pandang yang juga tak kalah menarik.

Lokasi: Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

5. Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan
Image Credit: Google Maps (bekudak jadava)

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Kayu Putih Kragilan. Destinasi satu ini belakangan hits dan dijadikan tujuan untuk mengambil foto kekinian. Mengingat di hutan ini, deretan pohon Albasia berjejer rapi. Selain hunting foto, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya hutan satu ini. Apalagi harga tiketnya juga terbilang terjangkau dan sangat cocok untuk liburan.

Lokasi: Tegalmaja, Kec. Kragilan, Kab. Serang.

6. Wisata Alam Gunung Pinang

Wisata Alam Gunung Pinang
Image Credit: Google Maps (leonardo Romano)

Masih belum berakhir, perjalanan liburan Anda di Serang juga bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Wisata Alam Gunung Pinang. Wisata satu ini menjadi salah satu wisata Serang hits yang begitu banyak dikunjungi. Memiliki panorama yang indah lengkap dengan spot foto melimpah, membuat banyak yang mengunjungi tempat ini terutama ketika musim liburan tiba.

Selain itu, lokasi wisata ini juga dekat dengan pusat kota. Memudahkan pengunjung untuk menjangkau destinasi satu ini. Suasananya yang asri dengan udara yang masih segar pasti akan membuat segala penat Anda. Berbagai kegiatan menarik juga bisa Anda lakukan di wisata Alam Gunung Pinang ini. Terlebih jika Anda liburan bersama dengan rombongan.

Lokasi: Gunung Pinang, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang.

7. Taman Wisata Batu Gede Sayar

Taman Wisata Batu Gede Sayar
Image Credit: Google Maps (Ikra Lesmana)

Destinasi satu ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana perbukitan yang indah. Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan perbukitan hijau yang cantik. Untuk bisa menuju puncaknya, Anda memang harus menempuhnya dengan berjalan kaki. Tapi tenang saja, medan yang dimilikinya masih cocok untuk para pemula.

Setelah mendaki, Anda akan disajikan pemandangan yang membuat semua lelah Anda hilang. Perpaduan dari perbukitan dan persawahan akan membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum. Udaranya yang segar juga turut andil membuat para pengunjung betah berlama lama menghabiskan waktu di tempat ini.

Lokasi: Sayar, Kec. Taktakan, Kab. Serang.

8. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi
Image Credit: Instagram.com @tubagus_mahruz

Mengintip pemandangan danau luas dengan pepohonan rindang yang menaungi juga bukanlah ide yang buruk. Di Serang Anda bisa melanjutkan liburan Anda dengan mengunjungi Danau Tasikardi. Danau satu ini merupakan wisata sejarah, sebab Anda bisa menemukan peninggalan kerajaan Banten. Tak hanya itu, pemandangan danaunya juga instagramable.

BACA:  20 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Banten Lama, Pegadingan, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang.

9. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk
Image Credit: Google Maps (Scenario)

Wisata sejarah di Serang memang sayang untuk dilewatkan. Dan jika Anda sedang liburan di kota ini, Benteng Speelwijk tidak bisa diabaikan begitu saja. Benteng ini dibangun sekitar tahun 1682 di masa pemerintahan Sultan Banten II. Memiliki tinggi sekitar 5 meter, Anda bisa menemukan saksi sejarah sekaligus sisa bangunan yang begitu estetik.

Lokasi: Kampung Pamarican, Banten, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

10. Danau Rawa

Danau Rawa
Image Credit: Google Maps (Mayla Faisha)

Serang masih memiliki danau yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Danau Rawa. Dinamakan dengan Danau Rawa karena danau ini memang memiliki rawa di atasnya. Dengan begitu, keindahan yang dimiliki oleh Danau Rawa bahkan mampu menarik perhatian wisatawan asing. Menikmati keindahannya akan membuat semua penat Anda hilang.

Lokasi: Batukuwung, Kec. Padarincang, Kab. Serang.

11. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara
Image Credit: Google Maps (jac david)

Masih belum puas dengan wisata sejarah, Serang masih memiliki cagar budaya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Memiliki bangunan yang begitu unik, Anda bisa mengunjungi Vihara Avalokitesvara sebagai tujuan wisata berikutnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui kisahnya dengan lengkap, tentu akan begitu menarik.

Selain bisa melepas penat, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru setelah mengunjungi vihara ini. Pembangunan vihara ini memiliki kaitan dengan Sunan Gunung Jati. Setiap sudut tempat ini memiliki keunikan tersendiri, seperti adanya dua naga yang merebutkan mustika penerang. Anda juga bisa memotret berbagai foto yang menarik.

Lokasi: Jl. Tubagus Raya, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

12. Pulau Lima

Pulau Lima
Image Credit: Instagram.com @firhilman

Setelah mengunjungi berbagai tempat di Serang, kini saatnya Anda menikmati wisata baharinya. Pulau satu ini terbilang baru, tetapi keindahan yang disuguhkan mampu menarik perhatian. Untuk bisa menuju lokasi, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit menggunakan jalur laut. Anda bisa menikmati pasir putih lengkap dengan hutan mangrovenya.

Lokasi: Pulau Lima, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

13. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Pongky Yunianto)

Bahari serang memang tidak bisa diabaikan begitu saja. karena Anda akan disuguhkan pemandangan menawan begitu mengunjungi destinasi satu ini. Begitu memasuki daerah ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Sekilas Anda akan dibawa seakan akan sedang berada di Sungai Amazon.

Ada banyak spot menarik yang bisa dinikmati, mulai dari Puncak Begal, Bukit harapan dan tentunya pesona lautnya. Salah satunya adalah spot snorkeling yang bisa dilakukan dimana saja. Dunia bawah laut Pulau Sangian memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan. Dan yang paling menarik, adalah pemandangan sunsetnya yang begitu cantik.

Lokasi: Desa Cikoneng, Kec. Anyer, Kab. Serang.

14. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Google Maps (Siswana Purwadi)

Tempat yang akhir akhir ini hits di kalangan wisatawan adalah Pantai Karang Bolong. Yang menjadikan daya tarik utama destinasi ini adalah adanya karang yang bolong di tengahnya. Spot satu ini menjadi spot yang paling favorit di kalangan wisatawan. Berbagai aktivitas juga bisa dilakukan, mulai hunting foto hingga memancing atau sekedar bersantai bisa dilakukan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Paling Populer

Lokasi: Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

15. Pulau Tunda

Pulau Tunda
Image Credit: Instagram.com @budichexo

Memiliki luas sekitar 300 hektar, Anda bisa menjadikan Pulau Tunda sebagai tujuan wisata bahari selanjutnya. Selain bisa mengintip keindahan bawah laut, Anda juga bisa sekalian bertemu dengan lumba lumba jika Anda beruntung. Perjalanan memang terbilang panjang, tetapi Anda pasti akan mendapatkan panorama laut yang indah dan suasana yang asri.

Lokasi: Wargasara, Kec. Tirtayasa Kab. Serang.

16. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida
Image Credit: Google Maps (saefullah_14)

Pantasi Pasir Putih Florida menjadi destinasi bahari selanjutnya yang sayang dilewatkan. Bibir pantainya yang luas sangat cocok untuk bermain ataupun bersantai di pinggir pantai. Birunya langit dan semilir angin, akan membuat siapapun terpesona. Anda bisa berkeliling menggunakan perahu atau menunggu indahnya matahari tenggelam di pantai satu ini.

Lokasi: Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

17. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (Maria Ulfah)

Wisata bahari Serang masih belum berakhir, Anda bisa menjadikan Pantai Sambolo sebagai tujuan selanjutnya. Tak kalah dengan pantai lainnya, Pantai satu ini juga menawarkan pemandangan yang menawan. Apalagi pantai ini selalu terjaga kebersihannya. Daya tarik utamanya adalah pantainya yang landai dan juga bebas kerang laut.

Lokasi: Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang.

18. Pantai Anyer

Pantai Anyer
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Anyer memang bukanlah pantai baru, tetapi pantai satu ini begitu kondang di kalangan pecinta bahari. Lokasinya yang begitu mudah dijangkau, menjadi salah satu alasan mengapa pantai Anyer tak pernah sepi pengunjung. Selain menyuguhkan panorama yang indah, pantai Anyer juga menawarkan wahana permainan air yang seru dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang.

19. Pantai Marbella Anyer

Pantai Marbella Anyer
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai yang berada di Bandulu ini dekat dengan Pantai Sambolo. Bisa dikatakan jika keberadaannya belum banyak dikenal. Sehingga sudah pasti Anda bisa merasakan wisata pantai yang masih terjaga keasriannya. Pasir putih bersih dan lembut, serta alamnya yang cantik akan membuat Anda betah. Belum lagi hadirnya berbagai wahana air yang menantang.

Lokasi: Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang.

20. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten
Image Credit: Google Maps (Sigit Jatmiko)

Destinasi satu ini memang bukan destinasi baru, tetapi Masjid Agung Banten menjadi ikon wisata yang wajib Anda kunjungi. Memiliki banyak sejarah, masjid ini juga didapuk sebagai masjid yang paling tua di Indonesia. Luas bangunan yang mencapai 1,3 hektar, dengan arsitektur yang menawan membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Komplek Masjid Agung Banten RT/RW 001/011, Banten, Kec. Kasemen, Kab. Serang.

Serang memiliki pesona alam yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Anda bisa menelusuri pesonanya melalui deretan tempat wisata di Serang yang telah disebutkan. Beberapa memang bukan wisata baru, tapi hingga saat ini masih menjadi destinasi yang hits. Mengunjungi Serang, pastikan Anda merencanakan perjalanan Anda agar tak ada destinasi menarik yang terlewat.