Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Siak, Provinsi Riau. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Menarik Dikunjungi untuk Petualangan Liburan yang Menyenangkan.

Provinsi Riau memiliki banyak tempat wisata yang memikat hati para wisatawan yang berkunjung, termasuk di Kabupaten Siak. Mulai dari hilir ke hulu, Siak memiliki berbagai objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Wisata alam hingga wisata bersejarah bisa Anda temui di Siak. Pesonanya yang tidak bisa ditemui di daerah lain, membuat wisatawan banyak yang tertarik berkunjung ke Siak. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, berikut daftar tempat wisata di Siak yang bisa Anda pilih.

1. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Image Credit: Facebook.com @shu.dhyo

Istana Siak Sri Indrapura adalah salah satu destinasi wisata kastil yang masih dibuka sebagai cerminan khasanah budaya Nusantara. Istana ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah di rentang abad 16 – 20 masehi yang dipimpin oleh sultan bernama Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Dengan kemegahannya yang masih terjaga hingga saat ini, tempat ini sangat populer di Siak.

Istana ini sering disebut sebagai the sun palace from east atau istana matahari dari timur. Dengan aksen bangunan berdominasi putih yang megah dan cantik, kompleks ini dikelilingi dengan taman yang luas dan asri. Di dalam bangunan Istana Siak Sri Indrapura ini berisi berbagai peninggalan masa lalu, seperti alat musik langka yang hanya ada 2 di dunia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

2. Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak
Image Credit: Instagram.com @lovelydini

Masih di objek wisata bersejarah, Kapal Kato Kesultanan Siak juga bisa menjadi rekomendasi tempat yang patut dikunjungi. Wisata ini menampakkan objek patung kapal yang sangat besar sebagai simbol perairan Siak yang dulu pernah Berjaya dengan hasil lautnya. Namun disisi lain, Siak masih menjadi jalur perdagangan hasil laut seperti udang, ikan, kerang dan sebagainya hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

3. Pantai Mengkapan

Pantai Mengkapan
Image Credit: Google Maps (Dudi Candra)

Kabupaten Siak terkenal dengan pesisir pantai dan juga hasil lautnya yang melimpah. Salah satu objek wisata pesisir pantai yang populer di Siak adalah Pantai Mengkapan. Anda bisa melihat pantai ini dengan pemandangan pohon mangrove di sekitarnya. Wajar apabila tempat ini banyak dipagari mangrove, karena tempat ini masih dalam kawasan rawa.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Paling Hits

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Mengkapan. Tidak hanya untuk menikmati deburan ombak yang terdengar di pesisir pantai, Anda bisa melakukan kegiatan memancing, berburu kepiting hingga belajar menanam pohon mangrove. Selain menyenangkan, hal tersebut bisa menambah banyak pengetahuan Anda.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mengkapan, Kec. Sungai Apit, Kab. Siak, Riau.

4. Taman Kota Siak Indrapura

Taman Kota Siak Indrapura
Image Credit: Google Maps (Papa Dragon)

Ingin menikmati suasana taman dengan jajanan kuliner khas daerah Siak? Taman Kota Siak Indrapura menjadi pilihan yang tepat. Objek wisata ini banyak dikunjungi karena memiliki suasana taman yang menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu berlibur bersama teman atau keluarga dengan berbincang atau berjalan – jalan mengelilingi taman.

Disisi lain, pemerintah daerah juga sudah mendukung pembangunan taman ini dengan menambah fasilitas untuk pengunjungnya. Salah satunya adanya spot WiFi gratis di area taman ini. Sehingga pengunjung akan merasa semakin betah berlama – lama di taman ini. Taman Kota Siak Indrapura juga terhubung dengan banyak bangunan bersejarah di Siak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Ismail, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

5. Jembatan Tengku Agung Syarifah Latifah

Jembatan Tengku Agung Syarifah Latifah
Image Credit: Instagram.com @tukang.rekam

Siak memiliki jembatan yang cukup menawan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Jembatan tersebut dikenal sebagai Jembatan Tengku Agung Syarifah Latifah. Dengan konsepnya yang cukup artistic, jembatan ini memiliki kilauan cahaya lampu yang cantik di malam hari. Pada siang hari, jembatan ini sangat mempesona dan cocok untuk dijadikan objek wisata bagi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Mempura, Kec. Mempura, Kab. Siak, Riau.

6. Taman Tengku Maharatu

Taman Tengku Maharatu
Image Credit: Instagram.com @hm_zwan

Masih dengan objek wisata tamannya, Siak juga memiliki taman pusat kota yang punya banyak atraksi menarik. Taman Tengku Mahratu adalah salah satu taman di Siak yang memiliki hiburan berupa atraksi air mancur. Taman ini sering mengadakan atraksi air mancur Zapin Menari. Atraksi tersebut berisi air mancur yang meliuk dengan lampu berwarna warni dan diiringi music tradisional.

Kerlap kerlip lampu ini sangat memukau dan mempesona, membuat banyak pengunjung sengaja pergi ke Taman Tengku Mahratu di malam liburan akhir pekan. Hal tersebut dikarenakan atraksi ini hanya dilakukan pada malam sabtu dan minggu saja. Tak hanya air mancur saja, taman ini juga banyak wahana permainan bagi anak – anak seperti dunia balon dan becak mini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

7. Tangsi Belanda

Tangsi Belanda
Image Credit: Google Maps (Yul Achyar)

Bagi pecinta bangunan bersejarah, wajib untuk mengunjungi objek wisata Tangsi Belanda di Siak. Terletak di Jalan Benteng Hulu, destinasi ini adalah bangunan tua peninggalan Belanda. Terdapat 7 gedung yang bisa Anda telusuri selama berada disini. Hanya saja perlu hati – hati karena sebagian bangunan sudah tua dan ada beberapa sisi yang mengalami kerusakan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Siak yang Paling Populer

Tempatnya yang masih kental dengan arsitektur Belanda cukup apik untuk dijadikan spot foto. Terlihat dengan gaya vintagenya, tempat ini cukup bagus dikunjungi untuk hunting foto. Anda bisa menyesuaikan baju dengan konsep ala ala jaman dahulu atau menyesuaikan dengan kondisi bangunan yang sangat estetik ini. Dengan hal tersebut foto yang Anda dapatkan akan terlihat keren.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Hulu, Benteng Hulu, Kec. Mempura, Kab. Siak, Riau.

8. Balai Kerapatan Adat Tinggi Siak

Balai Kerapatan Adat Tinggi Siak
Image Credit: Facebook.com @catatan.cinta.79

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Siak yang populer dan hits adalah Balai Kerapatan Adat Tinggi Siak. Penuh dengan nilai sejarahnya, tak heran membuat Kabupaten Siak memiliki banyak destinasi wisata bersejarah. Bangunan ini terdiri dari 2 tingkat, dimana dahulu difungsikan sebagai tempat perjamuan, musyawarah adat dan juga berkumpulnya para datuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

9. Queen Star Waterpark

Queen Star Waterpark
Image Credit: Google Maps (Rahmad Khairul)

Beralih ke tempat wisata pemandian yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga, Siak memiliki tempat rekreasi yang dinamakan Queen Star Waterpark. Tempat ini banyak dikunjungi untuk liburan keluarga karena adanya kolam renang yang cukup luas dan wahana bermain lainnya. Queen Star Waterpark akan sangat ramai dikunjungi pada masa masa liburan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Kp. Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

10. Danau Alam Zamrud

Danau Alam Zamrud
Image Credit: Google Maps (Rahmad Khairul)

Terletak di Zamrud Kecamatan Indrapura, objek wisata alam berupa danau yang luas dengan pepohonan sekitar yang asri dan sejuk membuatnya sangat populer di Kabupaten Siak. Wisata ini jauh dari suasana perkotaan Kabupaten Siak sehingga cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan mencari tempat untuk healing. Tempatnya masih sangat alami dan sejuk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Dayun, Kab. Siak, Riau.

11. Alun- Alun Maharatu Centre

Alun- Alun Maharatu Centre
Image Credit: Muhammadsuryadihermawan.blogspot.com

Alun alun Maharatu Centre berada di Kampung Dalam Kecamatan Siak. Banyak orang berdatangan ke alun – alun ini untuk menghabiskan waktu berlibur dengan berkeliling taman atau menikmati pemandangan kolam yang cukup luas. Terdapat patung besar yang berada di tengah kolam yang kemudian dijadikan ikon dari kota ini. Anda juga bisa menikmati jajanan daerah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

12. Klenteng Hock Siu Kiong

Klenteng Hock Siu Kiong
Image Credit: Instagram.com @goindonesia.asia

Tidak hanya dengan peninggalan sejarah kesultanan saja, Siak juga memiliki objek wisata kerohanian berupa Klenteng Hock Siu Kiong. Keberadaan dari klenteng ini menjadi objek wisata yang menarik bagi para pengunjung. Biasanya klenteng ini akan lebih ramai saat menjelang perayaan hari raya. Orang keturunan China akan datang bersama keluarganya untuk beribadah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

13. Jembatan Teluk Masjid

Jembatan Teluk Masjid
Image Credit: Instagram.com @jufrizalef

Jembatan Teluk Masjid memiliki desain menarik yang melengkung menyerupai kubah masjid. Wajar apabila banyak pengunjung tertarik untuk melihatnya secara langsung. Jembatan ini memiliki warna bangunan yang didominasi dengan warna kuning yang menawan. Biasanya jembatan ini akan ramai dikunjungi saat matahari mulai terbenam.

Banyak para pemuda yang berkumpul disini untuk menghabiskan waktu berbincang bincang bersama teman. Suasana jembatan yang menyejukkan dan cukup indah ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat bercengkrama. Selain itu banyak juga penjual jajanan pinggiran jalan khas daerah Siak yang bisa Anda beli untuk menemani menikmati senja di atas jembatan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlk. Mesjid, Kec. Sungai Apit, Kab. Siak, Riau.

14. Tepian Bandar Sungai Jantan

Tepian Bandar Sungai Jantan
Image Credit: Google Maps (Dhia Alriziq)

Salah satu tempat yang menjadi lalu lintas kota Siak, Tepian Bandar Sungai Jantan ini sudah banyak mengalami pembangunan fasilitas untuk para pengunjungnya. Ada beberapa gazebo yang disediakan untuk tempat duduk duduk santai di area ini. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan tepian bandar sungai dengan nyaman. Tempat ini cocok untuk digunakan sebagai objek liburan bersama teman.

Tidak hanya dapat menikmati pemandangan senja yang memukau di gazebo, Anda juga bisa berswafoto di spot foto yang cukup instagramable di tempat ini. Pembangunan daerah ini terus berjalan dan membuatnya semakin banyak objek kreatif yang cukup bagus untuk dibidik dengan kamera. Udaranya yang sejuk membuat banyak orang betah berlama lama disini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

15. Makam Raja Siak

Makam Raja Siak
Image Credit: Riaumagz.com

Siak juga memiliki objek wisata bersejarah sekaligus religius. Kompleks Makam Raja Siak banyak dikunjungi oleh pengunjung yang penasaran dengan sejarah kerajaan. Pemimpin kerajaan seperti Raja Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah hingga makam cucunya Sayid Zen Al-Jufri bisa Anda lihat di tempat wisata ini. Sehingga Anda juga bisa belajar mengenai sejarah di daerah Siak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buantan Besar, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik bagi Anda yang sedang mengunjungi Kabupaten Siak. Ada begitu banyak pilihan destinasi berlibur dari wisata alam hingga wisata bersejarah. Sehingga berkunjung ke Siak cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga maupun teman – teman. Selain bersenang – senang, Anda juga bisa belajar banyak sejarah yang ada di Siak.