Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan pesona dan keelokan alam menakjubkan. Di kabupaten tersebut banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, wisata alam memesona, hingga wisata dengan spot foto foto kekinian.

Dari banyaknya destinasi pelesir yang ada, berikut 20 tempat wisata terbaik di Sidoarjo yang patut Anda kunjungi ketika berlibur bersama orang tercinta.

1. Wisata Sungai Porong

Wisata Sungai Porong
Image Credit: Gojatim.com

Tidak hanya sebagai penunjang aktivitas perairan warga setempat, sungai Porong juga diandalkan sebagai objek wisata yang cukup unik. Saat menyusuri sungai maka akan berakhir di pulau Sarinah, yaitu sebuah pulau yang terbentuk di tengah tengah kawah lumpur Lapindo. Meskipun hanya sebuah sungai, namun ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Mulai dari memancing, menyusuri sungai, hingga menyaksikan matahari terbit dan juga terbenam.

Yang lebih unik, di sungai Porong juga ada wisata buaya. Tak perlu risau, wisata satu ini terbilang aman. Sebab di area wisata tersebut ada banyak pawang buaya yang sudah ditugaskan untuk mengontrol serta mengendalikan situasi. Sebagai tempat wisata terbuka, sungai Porong bisa dikunjungi tanpa batasan waktu. Pengunjung tidak akan dipungut biaya sepeser pun akan tetapi jika ingin naik perahu harus membayar Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribuan.

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

2. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Mungkin Sidoarjo tidak terlalu terkenal dengan pantainya, namun wisata pantai Kepentingan cukup diminati oleh banyak wisatawan. Pantai satu ini menawarkan wisata yang cukup mengasyikkan, mulai dari wisata pantai, wisata hutan bakau, wisata religi, hingga wisata budaya.

Jika beruntung, pengunjung bisa melihat prosesi upacara Nyadran sebuah ritual tahunan yang dijalankan sebagai rasa syukur karena rezeki yang melimpah.

Lokasi: Kepetingan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

3. Taman Dwarakerta

Taman Dwarakerta
Image Credit: Risdiken900.blogspot.com

Taman Dwarakerta biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk rileks dan bersantai sejenak. Terutama saat akhir pekan dan musim liburan, maka ada banyak wisatawan yang berkunjung. Di tempat tersebut pengunjung disuguhi dengan arena bermain untuk anak yang cukup beragam. Tidak hanya itu, di taman Dwarakerta juga menyediakan spot foto untuk pengunjung yang gemar berselfie ria.

Lokasi: Jl. Nasional 1, Porong, Kec. Jatirejo, Kab. Sidoarjo.

4. Alas Prambon

Alas Prambon
Image Credit: Infowisataoutbound.com

Alas Prambon sangat cocok untuk liburan keluarga, terutama untuk anak anak. Sebab tempat tersebut adalah objek wisata edukasi menarik untuk anak anak. Tidak hanya bermain saja, anak anak juga bisa melatih kemampuan intelegensi, fisik, serta mental di Alas Prambon. Tentunya dipandu oleh mereka yang telah berpengalaman di bidangnya. Yang lebih menarik, di objek wisata ini juga ada banyak hal yang dapat dipelajari yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, hingga perkebunan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Objek wisata Alas Prambon terletak di kecamatan Prambon, tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya berjarak sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh 23 menit naik kendaraan. Disana sudah ada beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung. Mulai dari lahan parkir yang luas, toilet, hingga area untuk bermain outbound. Jika Anda tertarik berkunjung, maka bisa datang setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Lokasi: Jl. Raya Simpang, RT.14/RW.03, Ngingas, Simpang, Kec. Prambon, Kab. Sidoarjo.

5. Pura Jala Siddhi Amerta

Pura Jala Siddhi Amerta
Image Credit: Sidoarjobanget.blogspot.com

Tidak hanya menikmati keindahan pura, di tempat ini pengunjung juga akan mendapatkan wawasan baru. Pura Jala Siddhi Amerta memiliki bangunan yang begitu mewah dan tidak kalah indah dari pura di Bali. Letaknya tidak terlalu jauh dari Juanda.

Namun saat berkunjung kesini, ada baiknya mengenakan selendang kuning. Pasalnya hal tersebut sudah menjadi ritual dan aturan yang ditetapkan sebelum masuk pura.

Lokasi: Jl. Raya Bandara Juanda No.10 A, Semambung, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

6. Citra Garden Waterpark

Citra Garden Waterpark
Image Credit: Lampung-helau.com

Sebagai wisata wahana air, Citra Garden Waterpark memiliki banyak wahana permainan anak. Sehingga sangat direkomendasikan untuk kunjungan wisata keluarga bersama dengan anak anak. Tidak hanya permainan air, di tempat tersebut juga ada paket outbound bagi para wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Lokasi wisata satu ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga mudah diakses bahkan dengan transportasi umum sekalipun.

Lokasi: Apollo Foutain Plaza, Entalsewu, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

7. Kebun Coklat Balongbendo

Kebun Coklat Balongbendo
Image Credit: Indah-haya.blogspot.com

Anda penggemar olahan coklat? Maka akan disayangkan jika tidak mampir ke Kebun Coklat Balongbendo jika berkunjung ke Sidoarjo. Meskipun memiliki nama kebun coklat, namun tempat wisata satu ini adalah sebuah café yang mengusung konsep kebun coklat. Sehingga konsep unik tersebut sangat menarik minat pengunjung untuk berdatangan, apalagi mereka yang gemar dengan olahan coklat.

Lokasi: Desa Penambangan, RT.12/RW.03, Rw. 2,  Kec. BalongBendo, Kab. Sidoarjo.

8. Kampung batik Jetis

Kampung batik Jetis
Image Credit: Tribunnews.com

Batik memang identik dengan kota Solo dan Pekalongan, namun Sidoarjo juga memiliki pusat pengrajin batik yang sudah ada sejak tahun 1675. Dimana pusat kerajinan tersebut diberi nama Kampung Batik Jetis.

Di lokasi wisata satu ini pengunjung bisa membeli berbagai macam produk batik dengan harga yang bervariatif, yakni mulai dari batik standar dengan harga Rp. 150 ribuan hingga batik mewah dengan harga jutaan.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Lemahputro, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

9. Suncity Waterpark

Suncity Waterpark
Image Credit: Explorewisata.com

Suncity Waterpark diketahui sebagai salah satu objek wisata favorit, bahkan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar kota. Di tempat ini terdapat banyak permainan air yang bisa dicoba, mulai dari lazy river, dragon sliding, hingga wahana air mandi busa.

Hal yang membuatnya keren, Suncity Waterpark menyediakan kolam khusus balita yang aman. Sehingga pengunjung yang membawa balita juga bisa bersenang senang dengan si kecil.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.1, Rw6, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

10. Candi Pari

Candi Pari
Image Credit: Wikipedia.org

Tidak kalah hits dengan tempat wisata yang lain, candi Pari juga termasuk dalam daftar objek wisata Sidoarjo yang populer dan banyak dikunjungi. Objek wisata bersejarah satu ini selain begitu menarik, tetapi juga memberi wawasan kepada pengunjung. Perlu Anda ketahui, menurut catatan sejarah candi Pari adalah bagian dari pola candi Khamer yang ada di Birma juga candi Champa di Thailand.

BACA:  20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Paling Hits

Menurut sejarah, candi satu ini dibangun di saat masa pemerintahan Hayam Wuruk. Hingga kini, candi tersebut masih digunakan sebagai tempat beribadah oleh warga yang menganut agama Hindu. Namun tempat ini juga sering dikunjungi oleh anak sekolahan untuk belajar nilai sejarah. Jika Anda ingin berkunjung, candi Pari beralamatkan di kecamatan Porong.

Lokasi: Desa Candipari, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo.

11. Pulau Sarinah

Image Credit: Kaskus.co.id

Pulau Sarinah merupakan sebuah pulau asri yang tidak sengaja terbentuk karena adanya peristiwa lumpur Lapindo. Pulau yang terbentuk dari sedimen lumpur dengan luas sekitar 80 hektar ini, kini sudah ditanami pohon bakau dan jenis pohon lainnya. Karena asal usulnya yang terbilang unik, pulau Sarinah berhasil menarik perhatian wisatawan lokal hingga luar negeri. Tiket masuk wisata ini pun terbilang cukup murah, sekitar Rp. 3 ribu saja.

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

12. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular
Image Credit: Bratapos.com

Museum satu ini adalah objek wisata yang cukup populer untuk masyarakat setempat. Memiliki luas 3 hektar, akan sangat disayangkan jika dilewatkan. Pasalnya ada banyak benda bersejarah, mulai dari peninggalan kerajaan, geolog, hingga numismatika ada di museum Mpu Tantular. Museum ini jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 3,5 kilometer.

Lokasi: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

13. Taman Abhirama

Taman Abhirama
Image Credit: Indah-haya.blogspot.com

Sidoarjo juga memiliki taman hijau terbuka, yang begitu digemari oleh masyarakat sekitar, utamanya muda mudi. Tidak jarang mereka akan berkunjung, baik itu hanya sekedar untuk nongkrong atau berbincang dengan teman.

Taman Abirama, juga menjadi destinasi wisata menarik di saat sore karena memiliki pemandangan yang begitu indah. Di sana pengunjung juga akan dibuat rileks karena suasananya yang begitu tenang.

Lokasi: Pondokjati, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

14. Kampung Sepatu Krian

Kampung Sepatu Krian
Image Credit: Cussyuk.wordpress.com

Selain terkenal dengan pengrajin batik tulis, Tanggulangin Sidoarjo juga memiliki pengrajin sepatu dengan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Di tempat dengan nama Kampung Sepatu Krian ini, pengunjung bisa menemukan berbagai model sepatu baik itu untuk pria maupun wanita. Untuk masalah harga, sepatu yang diproduksi di kampung ini sangatlah terjangkau dengan kualitas yang terjamin.

Lokasi: Jl. Raya Kemasan No.4, Kemasan, Kec. Krian, Kab. Sidoarjo.

15. Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok
Image Credit: Doyanpiknik.net

Ada berbagai pilihan wisata yang ada di Sidoarjo, termasuk juga tempat wisata Legok Asri Sukolegok. Di tempat wisata satu ini, pengunjung bisa menemukan wahana wisata keluarga yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, kolam pancing, wahana outbound, tempat bersantai, kantin, hingga lahan parkir yang luas. Tidak mengherankan jika akhir pekan atau setiap hari libur, akan ada banyak keluarga yang berkunjung.

Lokasi: Jl.Sukolegok, Desa Sukolegok Kec. Sukodono , Kab. Sidoarjo.

16. Air Jungle Waterpark

Air Jungle Waterpark
Image Credit: Youtube.com (Iwan Yudianto)

Di kota Sidoarjo memang bisa dijumpai banyak waterpark, hal ini dikarenakan semua orang menyukai wisata bermain air. Salah satu wisata wahana air yang cukup populer adalah Air Jungle Waterpark. Tempat wisata satu ini, menawarkan wahana kolam renang untuk dewasa ataupun anak anak. Air Jungle Waterpark mempunyai wahana permainan yang cukup lengkap mulai dari seluncuran air, kolam ombak, hingga ember raksasa.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Lokasi: Ketegan, Kec. Tanggulangin, Kab. Sidoarjo.

17. Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo
Image Credit: Ayobis.wordpress.com

Tragedi kebocoran saat pengeboran minyak milik PT. Lapindo tahun 2006 silam, menyisakan duka mendalam. Namun dibalik musibah tersebut terdapat hikmah yang dapat diambil, hingga kemudian muncul wisata menarik minat wisatawan yang diberi nama wisata Lumpur Lapindo.

Destinasi wisata yang unik ini, menawarkan daya tarik yang berbeda. Sebab di tempat tersebut wisatawan bisa menemukan puluhan patung unik yang mirip dengan orang tenggelam di kubangan lumpur.

Lokasi: Lumpur Lapindo, Jatirejo, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo.

18. Pasar Malam Gading Fajar

Pasar Malam Gading Fajar
Image Credit: Pojoksuramadu.com

Untuk Anda yang gemar wisata di malam hari, jangan sampai melewatkan objek wisata pasar malam Gading Fajar jika berkunjung ke Sidorjo. Pasar malam satu ini merupakan pasar malam permanen, yang tidak akan berpindah pindah tempat atau hanya ada di akhir pekan saja. Jika dilihat secara menyeluruh, pasar malam ini cenderung mirip dengan jalan Malioboro di Yogyakarta.

Namun jika Malioboro buka 24 jam, pasar malam Gading Fajar buka mulai jam 4 sore hingga 11 malam. Tapi yang menarik adalah pasar malam ini juga beroperasi dari jam setengah 5 pagi hingga 11 siang di hari minggu. Saat berkunjung, maka Anda bisa membeli berbagai macam barang. Mulai dari pakaian, oleh oleh, kebutuhan rumah tangga, hewan peliharaan, dan lain lain. Meskipun terkesan tradisional, namun barang yang dijual tidak murahan sama sekali.

Lokasi: Perum Sidokare, Sepande, Kec. Candi, Kab. Sidoarjo.

19. Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru
Image Credit: Idntimes.com

Tidak kalah menarik, Monumen Jayandaru juga termasuk dalam destinasi wisata yang hits di Sidoarjo. Dimana monumen satu ini memiliki kemiripan dengan monumen nasional di Jakarta dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Namun secara keseluruhan, tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini. Kebanyakan orang yang berkunjung hanya akan mengambil foto sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Jl. Jenggolo No.21, Rw1, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

20. Delta Fishing

Delta Fishing
Image Credit: Datawisata.com

Objek wisata satu ini sangat cocok untuk yang gemar memancing. Delta fishing adalah tempat wisata untuk menyalurkan hobi memancing, dengan fasilitas beberapa kolam pemancingan. Dimana setiap kolam diisi dengan jenis ikan yang berbeda beda, mulai dari ikan Patin, ikan Gurame, ikan Bawal, dan juga ikan Tombro. Tidak hanya kolam pemancingan, Delta Fishing juga menawarkan wahana permainan keluarga seperti sepeda air, flying fox, hingga kolam renang.

Lokasi: Jl. Mbah Sholeh No.1, Prasungtambak, Prasung, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata terbaru juga paling hits di Sidoarjo yang sangat layak masuk dalam daftar liburan. Kota Sidoarjo adalah salah satu kota yang cukup luas di Jawa Timur, sehingga ada banyak tempat menarik lainnya yang cocok dijadikan destinasi wisata. Jadi, kira kira destinasi wisata mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu? Silahkan rencanakan liburan dengan matang.