Bagi Anda yang tertarik untuk jalan-jalan ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi negara-negara tetangga terlebih dahulu, contohnya Singapura. Selain karena bebas visa, Singapura menyimpan berjuta keunikan baik untuk wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, dan lain-lain.

Walaupun Singapura terkenal dengan wilayah negaranya yang sempit, banyak sekali tempat wisata yang siap memanjakan Anda. Sampai-sampai, negara dengan wilayah kecil ini dijuluki sebagai negara playgroundnya orang kaya dengan banyaknya opsi wisata berbayar untuk dikunjungi.

Walaupun demikian, masih banyak tempat-tempat murah namun ciamik yang bisa dikunjungi disana. Yuk, simak ulasan 20 rekomendasi tempat wisata menarik di Singapura yang patut Anda kunjungi.

1. Sentosa Island

Sentosa Island
Image Credit: Cntraveler.com

Di pulau ini, ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Namun untuk Anda para budget-traveler, Anda bisa memilih salah satu dari tiga lokasi pantai yang terdapat di Pulau Sentosa.

Sebagai referensi, Pantai Palawan adalah satu pantai yang terkenal dengan ikon jembatan tali yang menghubungkan Pantai Palawan dengan pulau kecil di seberangnya. Anda dapat bersantai di pantai publik ini sembari foto-foto untuk mengabadikan momen saat berada di pantai ini.

Lokasi: Pulau Sentosa, Singapura.

2. CityLink Mall

CityLink Mall
Image Credit: Hkland.com

Jika Orchard Road terkenal sebagai surga para wisatawan yang berminat untuk belanja barang-barang high-end, Anda dapat memilih CityLink Mall sebagai destinasi belanja yang murah. Anda bisa berbelanja banyak barang di sini sebelum melanjutkan perjalanan dengan MRT.

Mal ini menyediakan beragam retailstore serta gerai jajanan. Kawasan mal yang ber-AC juga membuat suasana mal yang nyaman. Jadi, Anda bisa melarikan diri sesaat dari panasnya udara di luar, terlebih pada saat siang hari.

Lokasi: 1 Raffles Link, Singapura 039393.

3. The Botanic Gardens Singapore

The Botanic Gardens Singapore
Image Credit: Joglowisata.com

Tercermin dalam namanya, taman ini adalah kebun botani yang juga merupakan situs warisan dunia UNESCO. Pengunjung tak dikenai bea masuk, alias gratis! Namun, jika Anda ingin masuk ke kebun anggreknya, Anda perlu bayar.

The Botanic Gardens juga bisa dikunjungi jika ingin jogging atau piknik. Bahkan tak jarang Anda akan menemui orang-orang yang sedang menjalani sesi pemotretan pre-wedding! Mau bagaimana lagi, keindahan taman ini memang sangat paripurna. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang gemar berfoto kala mengunjungi taman ini.

Lokasi: 1 Cluny Rd, Singapore 259569.

4. Buddha Tooth Relic Temple & Museum

Buddha Tooth Relic Temple & Museum
Image Credit: Toursandtravel.app

Kalau Anda adalah penggemar tempat bersejarah, tak ada salahnya untuk mengunjungi landmark yang berada di daerah Chinatown ini. Dibangun pada 2007, tempat ini menyajikan bangunan bergaya Dinasti Tang.

BACA:  15 Makanan Khas Singapura yang Lezat dan Wajib Anda Coba

Istimewanya, tempat ini menyimpan relik gigi Buddha dalam sebuah stupa dengan berat 3,5 ton. Terlebih lagi, stupa raksasa ini terbuat dari 320 kg emas yang sekitar 75%-nya berasal dari sumbangan para umat Buddha. Walaupun hanya biksu yang diperbolehkan memasuki ruangan relik, jangan khawatir, Anda masih bisa melihatnya dari area umum.

Lokasi: 288 South Bridge Rd, Singapura 058840.

5. Merlion Park

Merlion Park
Image Credit: Hotels.com

Berwujud setengah singa – setengah ikan, apa lagi kalau bukan Merlion? Ikon kebanggan Singapura ini merupakan spot wajib yang harus Anda kunjungi ketika berlibur di Singapura. Anda bisa menikmati pemandangan teluk dari tempat ini, dan tentu saja, berpotret bersama patung Merli sebagai kenang-kenangan selama ke Singapura!

Dari Merlion Park, Anda akan menjumpai bangunan-bangunan lain seperti Marina Bay Sands, Esplanade, dan Singapore Flyer. Jika Anda berkunjung saat malam hari, Anda bisa menikmati kerlap-kerlip lampu malam yang semakin membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: 1 Fullerton Rd, Singapura 049213.

6. The MacRitchie Treetop Walk

The MacRitchie Treetop Walk
Image Credit: Barbaralicious.com

Dengan sebutan singkat Treetop Walk, lokasi ini populer di antara kalangan pencinta wisata alam. Hal ini dikarenakan adanya jembatan gantung ikonik yang memfasilitasi Anda untuk melihat pemandangan yang indah. Jangan khawatir, tiket masuknya gratis!

Jembatan yang berada di tengah-tengah hutan itu memiliki panjang 250 meter dan memiliki tinggi maksimal 25 meter. Namun karena jembatannya lumayan sempit, Anda tidak dapat mengambil jalan kembali, sehingga Anda hanya bisa berjalan satu arah saja.

Lokasi: 1 Venus Dr, Singapura.

7. National Museum of Singapore

National Museum of Singapore
Image Credit: Nhb.gov.sg

Dengan review yang luar biasa bagus dari pengunjung, rasanya Anda perlu menempatkan museum ini dalam salah satu agenda di itinerary. Banyak sekali yang bisa Anda pelajari di museum ini terutama tentang budaya Singapura yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Terlebih lagi, banyak background-background yang keren dan artsy untuk berselfie ria.

Bahkan bagi Anda yang tidak suka wisata sejarah, museum ini akan mampu untuk ‘menghipnotis’ Anda dengan keindahan koleksinya.

Lokasi: 93 Stamford Rd, Singapura 178897.

8. Singapore Zoo

Singapore Zoo
Image Credit: Onthewaytosomewhere.com

Kebun binatang memang tempat hiburan yang tak ada matinya. Dengan kondisi kebun binatang yang terawat, Anda bisa melewatkan momen Singapore holiday di sini. Anda juga dapat merasakan pengalaman memberi makan binatang, misalnya gajah.

Jika Anda datang bersama putra-putri Anda, di kebun binatang ini juga tersedia waterpark. Setelah melihat-lihat koleksi binatang, tidak ada salahnya juga kan, bermain air di waterpark?

Lokasi: 80 Mandai Lake Rd, Singapura 729826.

9. Chinatown

Chinatown Singapore
Image Credit: Thebestsingapore.com

Di Chinatown, Anda bisa menjelajahi ragam kuliner dan bangunan bersejarah seperti Buddha Tooth Relic Temple tadi. Walaupun namanya Chinatown, Anda bisa mencicipi kuliner khas Tiongkok, India, dan bahkan kuliner Jepang. Bisa dikatakan, Chinatown adalah surga jajanan untuk pencinta makanan kaki lima.

BACA:  10 Wisata Pantai di Singapura yang Paling Hits

Pada saat malam hari, Chinatown akan sangat cantik dengan banyaknya lampu serta lampion yang bergantungan sebagai sumebr pencahayaan. Anda pun bisa berfoto-foto cantik dengan latar mural yang banyak dijumpai di distrik ini.

Lokasi: 48 Pagoda St, Singapura 059207.

10. Little India

Little India
Image Credit: Travelosingapore.com

Selain Chinatown, ada pula Little India yang juga merupakan surganya pencinta kuliner. Dengan harga yang relatif murah, Anda bisa kenyang tanpa harus membuat kantung dompet Anda kering!

Dari kedai tradisional hingga penjaja untaian bunga, kuil Hindu dan toko rempah, Anda bisa menemukannya di sini. Little India juga merupakan salah satu spot rekomendasi bagi yang mencari kuliner halal.

Lokasi: 60 Bukit Timah Road, Singapura 229900.

11. Singapore Art Museum

Singapore Art Museum
Image Credit: Roots.sg

Ini adalah rumahnya seni kontemporer di Asia Tenggara. Anda bisa menemui ragam seni kontemporer dalam wujud seni fotografi, seni lukis, seni pahat, dan lain-lain. Selain itu, Singapore Art Museum juga menyajikan karya-karya seniman berbagai negara.

Walaupun desain depan bangunannya bergaya kolonial, begitu sampai di dalam, Anda akan dikejutkan dengan instalasi-instalasi yang luar biasa indah dan sayang jika tidak diabadikan. Pencinta karya seni sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini.

Lokasi: 8 Queen St, Singapura 189555.

12. Chek Jawa

Chek Jawa
Image Credit: Wikimedia.org

Chek Jawa adalah salah satu wilayah di ujung Singapura, jauh dari pusat perbelanjaan dan hotel mewah. Di sini, Anda bisa menemukan ekosistem yang masih alami, termasuk pantai berbatu dan pantai yang dipenuhi pohon bakau.

Tempat ini terletak di penjuru Pulau Ubin dan Anda perlu naik feri untuk bisa mencapai tempat ini. Bagi Anda pencinta petualangan, Anda bisa melanjutkan ke pendakian tanah basah sekitar 40 menit. Di tempat ini juga terdapat menara pandang yang bisa Anda kunjungi untuk mengamati pemandangan dari ketinggian.

Lokasi: Chek Jawa Trail, Singapura.

13. St. Andrew’s Cathedral

St. Andrew's Cathedral
Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu peninggalan kolonial yang terkenal di Singapura ini akan menyajikan keindahan arsitekturnya yang bergaya kolonial Inggris namun masih sangat bagus. Terbuka untuk umum, Anda bisa masuk untuk sekadar melihat-lihat atau berselfie ria. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah tempat ibadah yang sakral.

Anda bisa menaiki MRT untuk berkunjung ke tempat ini. Lokasinya cukup strategis dan dekat dengan beberapa landmark lain seperti National Gallery Singapore.

Lokasi: 11 St Andrew’s Rd, Singapura 178959.

14. Gardens by The Bay

Gardens by The Bay
Image Credit: Livingnomads.com

Inilah salah satu spot wisata yang terkenal di Singapura. Berjarak kurang lebih dua kilometer dari Merlion Park, tempat ini memang memiliki view yang cantik. Di dalamnya, Anda dapat menyaksikan taman yang ditata apik. Selain itu, ada juga cloud forest, super tree, dan juga skywalk.

Sebagai referensi, usahakan untuk tidak mengunjungi tempat ini pada hari-hari weekend karena akan sangat ramai. Selain itu, akan lebih baik jika Anda berkunjung pada pagi atau sore hari ketika suhu udara tidak begitu panas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Singapura yang Paling Terkenal

Lokasi: 18 Marina Gardens Dr, Singapura 018953.

15. Haw Par Villa

Haw Par Villa
Image Credit: Blog.raynatours.com

Haw Par Villa merupakan salah satu taman hiburan tematik dimana Anda bisa mempelajari budaya mitologi Tionghoa di dalamnya.

Sering juga dikenal dengan nama museum neraka, di sini Anda bisa menjumpai banyak sekali patung-patung dan diorama kisah mitologi Tionghoa. Kisah legenda ular putih, tokoh legenda Dewi Kwan Im, bahkan patung naga juga tersedia di sini. Untuk masuk ke lokasi ini, tidak dikenakan biaya apapun – alias gratis!

Lokasi: 262 Pasir Panjang Rd, Singapura 118628.

16. Esplanade

Esplanade
Image Credit: E-architect.co.uk

Salah satu bangunan di Singapura dengan arsitektur yang unik adalah Esplanade. Terletak di jalan utama Waterfront Land, gedung ini sebenarnya adalah gedung teater.

Di gedung ini, banyak pertunjukan seni yang ditampilkan dan Anda pun bisa menikmatinya. Selain melihat karya seni, Anda bisa juga berbelanja di mal Esplanade dan bahkan membaca buku di perpustakaannya.

Lokasi: 1 Esplanade Dr, Singapura 038981.

17. Bugis Street

Bugis Street
Image Credit: Pergidulu.com

Serupa dengan Chinatown, dan Little India, di Bugis street Anda bisa belanja dengan harga yang miring – entah itu belanja suvenir, jajanan, maupun hal lain.

Dengan lokasinya yang strategis, Anda bisa menjumpai banyak turis dari berbagai negara. Ketika berbelanja, pastikan Anda pandai menawar untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Lokasi: 3 New Bugis Street, Singapura 188867.

18. Sungei Buloh Wetland Reserve

Sungei Buloh Wetland Reserve
Image Credit: Befreetour.com

Bagi Anda yang ingin bersantai sembari mendekatkan diri dengan alam, tempat ini adalah jawabannya. Berlokasi di bagian utara Singapura, Anda bisa menemukan surga di balik hiruk-pikuk negara Singapura yang didominasi oleh gedung-gedung pencakar langit.

Di tempat ini Anda bisa berjalan-jalan santai sembari melihat beragam hewan. Tamannya pun terawat dan terjaga kebersihannya.

Lokasi: 301 Neo Tiew Crescent, Singapura 718925.

19. Art Science Museum

Art Science Museum
Image Credit: Agoda.com

Masih berada di kawasan Marina Bay Sands, Art Science Museum menjadi spot paling cocok untuk para penggemar selfie, mengapa? Sebut saja crystal universe dan light ball orchestra. Dua spot ini adalah spot favorit para pengunjung.

Dengan slogan ‘where art meets science’, Anda bisa merasakan betapa megahnya fusi antara kedua unsur ini. Keindahan yang terbentuk kala seni bertemu dengan ilmu pengetahuan bisa Anda lihat dan abadikan di tempat ini.

Lokasi: 6 Bayfront Ave, Singapura 018974.

20. Singapore River

Singapore River
Image Credit: Straitstimes.com

Walaupun namanya hanya river alias sungai, jangan salah. Anda bisa naik perahu untuk melihat Singapura dari atas sungai. Anda bisa melihat Merlion Park, Marina Bay Sands, dan juga Singapore Flyer.

Selain itu, Anda juga bisa melihat The Fullerton Hotel dan Cavenagh Bridge. Pemandangan akan lebih terasa surreal ketika Anda naik river cruise ini pada malam hari.

Lokasi: 3 River Valley Rd, Singapura 179019.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata menarik untuk dikunjungi kala Anda berlibur di Singapura. Tunggu apa lagi? Yuk segera booking tiket pesawat dan akomodasi, berkemas, dan menikmati liburan berkesan ke Singapura!