Inilah Daftar Pilihan Tempat Wisata Populer di Singkawang, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Jelajahi untuk Liburan yang Berkesan.

Jika berbicara tentang keindahan yang terdapat di Kalimantan Barat memang tidak akan pernah habisnya. Salah satu daerah yang banyak menyumbang beragam destinasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi yaitu Kabupaten Singkawang. Menghabiskan liburan ke Singkawang merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa Anda lakukan.

Dengan keindahan panorama alam serta keseruan yang ditawarkan sehingga membuat Anda akan merasa nyaman dan betah berada di Singkawang. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik yang menarik untuk Anda eksplor.

1. Waduk Pajintan

Waduk Pajintan
Image Credit: Google Maps (Pepel Pepel)

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini berada di Kelurahan Pajintan yang dibagi menjadi dua buah kolam raksasa dengan masing masing debit yang berbeda. Hal menarik yang terdapat di objek wisata ini yaitu adanya pemandangan pegunungan yang bisa terlihat secara jelas di belakang waduk. Pemandangan tersebut mampu menghipnotis siapa saja yang datang untuk melihatnya.

Tak hanya itu saja, dengan kondisi waduk yang masih terjaga kebersihannya serta pemandangan alamnya yang masih asri mampu membuat siapapun betah untuk berlama lama disini. Pengunjung yang datang bisa memilih bersantai sembari menikmati kesegaran udara di sekitar waduk, ataupun berfoto ria dengan latar belakang panorama yang sangat indah.

Lokasi: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

2. Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk
Image Credit: Google Maps (Ransel Pejalan)

Anda jenuh dengan suasana perkotaan ? Cobalah sesekali menghirup udara segar dengan berkunjung ke wisata alam di Singkawang seperti Hutan Mangrove Setapuk. Destinasi wisata in sangat cocok digunakan untuk mengedukasi para generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Karena hal tersebutlah banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahannya.

Begitu memasuki wilayah hutan mangrove ini, pengunjung akan melewati jembatan warna warni yang disediakan untuk menyaksikan pemandangan ribuan pohon bakau di ketinggian. Apabila Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka Anda bisa menyewa speedboat yang disediakan oleh pihak pengelola untuk berkeliling hutan mangrove ini.

Lokasi: Setapuk Besar, Kec. Singkawang Utara, Kota Singkawang.

3. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi
Image Credit: Facebook.com @noviansyah.putra.376

Apakah Anda menyukai berpetualang dan menikmati alam ? Cagar Alam Raya Pasi ini merupakan pilihan destinasi wisata yang tepat bagi anda. Sebab tempat wisata ini memiliki berbagai objek yang sangat layak untuk Anda jelajahi, seperti mendaki gunung ataupun sekedar menyaksikan keindahan danau yang terdapat di dalam cagar alam satu ini.

Sebagai ekosistem dari berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi, sehingga membuat Cagar Alam Raya Pasi masih sangat terjaga kealamiannya. Maka dari itu para pengunjung yang datang kesini selalu diperingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar cagar alam tetap lestari dan asri. Adanya beragam jenis flora dan fauna tersebut, membuat tempat ini sangat cocok digunakan sebagai wisata edukasi.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pontianak yang Murah & Enak

Lokasi: Kec. Tujuh Belas, Kota Singkawang.

4. Pasar Hongkong

Pasar Hongkong
Image Credit: Instagram.com @_m.reza.a

Jika Anda telah puas berjalan jalan mengelilingi Kota Singkawang, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pasar Hongkong untuk mengisi tenaga dengan beragam sajian kulinernya yang lezat. Tak hanya menyediakan beragam jenis hidangan yang enak, tetapi penataan pasar kulinernya yang sangat unik membuat para pengunjung terkesan melihatnya.

Saat malam tiba, Pasar Hongkong akan dihiasi dengan warna warni lampu yang menarik serta berbagai macam lampionnya yang cantik. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menyediakan hidangan yang bernuansa chinese food bahkan hampir semua jenisnya bisa Anda temukan disini. Harga yang dibanderol untuk setiap hidangannya yang ditawarkan pun terbilang bersahabat di kantong anda.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.131, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

5. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria
Image Credit: Instagram.com @josephlimmm

Destinasi wisata yang berada di Singkawang satu ini kental sekali dengan suasana khas pegunungannya. Meski dinamakan dengan air terjun, namun tempat ini sangat jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya yang tergolong tinggi. Sehingga membuat warga setempat lebih sering menyebutnya sebagai sungai Eria dibandingkan air terjun Eria.

Ketika berkunjung kesini Anda akan bisa merasakan bagaimana segarnya air yang bersumber dari Gunung Poteng secara langsung, sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkannya. Selain itu, Anda pula bisa menikmati kesejukan serta keasrian yang ditawarkannya sehingga membuat Anda sulit untuk beranjak pergi dari objek wisata satu ini.

Lokasi: Bagak Sahwa, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

6. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe
Image Credit: Instagram.com @jojochannel08

Berbeda dengan air terjun Eria, destinasi wisata ini hampir sama dengan air terjun pada umumnya. Terletak di Kelurahan Pajintan, air terjun Sibohe menawarkan pesona keindahannya yang mampu menenangkan pikiran setiap orang yang mengunjunginya. Selain bisa menenangkan pikiran, para pengunjung pun bisa bermain air serta berenang sepuasnya di bawah aliran air terjunnya.

Namun untuk mencapai destinasi wisata yang ada di Singkawang ini, diperlukan usaha yang sangat keras karena medannya cukup menantang. Meskipun begitu selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangannya yang sangat indah. Menariknya lagi, destinasi wisata ini meski berada di dalam hutan tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

7. Pantai Palm Beach

Pantai Palm Beach
Image Credit: Google Maps (Alan Ilsandi)

Terletak di Singkawang Selatan, destinasi wisata yang bernama Pantai Palm Beach ini memiliki fasilitas yang sangat komplit. Selain dapat menikmati keindahan dari panorama yang disuguhkannya, Anda pula bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya dengan fasilitas yang telah disediakan. Misalnya saja kolam renang, tempat bermain anak, area volly, camping ground, hingga penginapan.

Lokasi: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

8. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Instagram.com @vicbvlgari

Tempat wisata yang selanjutnya ini datang dari Singkawang Tengah yaitu Danau Biru. Sesuai dengan sebutannya, danau ini memiliki warna biru kristal yang amat mencolok ketika dilihat dari dekat. Namun apakah Anda tahu, bahwa destinasi wisata ini ternyata merupakan bekas penambangan emas. Meski begitu, kelestarian alam yang ada di sekitar Danau Biru masih sangat terjaga sangat baik.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Murah & Enak

Menariknya lagi, air danau ini sangat jernih dan mampu memantulkan pemandangan langit serta pepohonan di sekitarnya dengan sangat indah. Ditambah lagi adanya beberapa bebatuan kapur yang berukuran cukup besar di sekeliling danau. Panorama yang disuguhkannya tersebut sangat cocok dijadikan sebagai spot foto yang instagenik bagi para pengunjung.

Lokasi: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

9. Pantai Kura Kura

Pantai Kura Kura
Image Credit: Winphotoblog.com

Apabila Anda mencari wisata pantai dengan nuansa yang berbeda, maka Pantai Kura Kura bisa Anda jadikan sebagai tujuan tepat. Pantai yang berada di Desa Karimunting ini sering dijadikan sebagai tempat persinggahan kura kura untuk berkembang biak. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang disuguhkan serta menyaksikan keberadaan kura kura secara langsung.

Lokasi: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

10. Gunung Jempol Waterboom

Gunung Jempol Waterboom
Image Credit: Facebook.com @gunungpotengwaterboom

Objek wisata selanjutnya ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan dengan berenang yaitu Gunung Jempol Waterboom. Memiliki ciri khas warna warni yang menarik, sehingga membuat Gunung Jempol Waterboom sangat disukai oleh anak anak. Tak hanya bisa berenang saja, pengunjung pula bisa mencoba berbagai wahana lainnya yang disediakan.

Lokasi: Jl. Raya Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

11. Taman Bunga Bukit Bougenville

Taman Bunga Bukit Bougenville
Image Credit: Google Maps (rodney gouw)

Seperti namanya, destinasi wisata ini memang banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga bougenville. Namun ternyata tak hanya ada bunga bougenville saja, pengunjung pula bisa menemukan beragam jenis tanaman berbunga lainnya. Taman bunga yang berada di Desa Sijangkung ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai destinasi untuk bersantai.

Lokasi: Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

12. Sinka Island

Sinka Island
Image Credit: Instagram.com @fitriyanthies

Pulau Sinka yang terletak di Singkawang Selatan ini sangat layak untuk Anda kunjungi. Karena di destinasi wisata ini menawarkan dua konsep rekreasi sekaligus, yaitu menyaksikan dan memberi makan berbagai jenis satwa dengan bersafari menggunakan mobil. Selain melihat keunikan beragam jenis satwa, pengunjung pula bisa menikmati keindahan panorama yang disuguhkan.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

13. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps (Putrie Silalahi)

Menjadi satu satunya pantai yang berada di Selat Nasik, Pantai Pasir Panjang menyuguhkan pemandangan yang berbeda dibandingkan pantai lainnya. Wisata pantai yang terletak di Singkawang Selatan ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga akan memberikan nuansa private beach. Namun karena letaknya berada di balik hutan, dibutuhkan sedikit tenaga dan kesabaran untuk mencapainya.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

14. Pulau Randayan

Pulau Randayan
Image Credit: Instagram.com @randayan_island

Tak jauh berbeda dengan Pantai Pasir Panjang, destinasi wisata bernama Pulau Randayan ini pun menawarkan sensasi berlibur di pulau pribadi. Untuk bisa mencapai pulau ini pengunjung perlu menyebrangi laut menggunakan perahu sewaan oleh masyarakat setempat. Meski lokasinya sedikit terpencil, namun tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas penginapan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Paling Populer

Lokasi: Pulau Randayan, Kec. Sungai Raya, Kab. Bengkayang.

15. Taman Gunung Sari

Taman Gunung Sari
Image Credit: Google Maps (adi sryd)

Berada di pusat kota Singkawang, Taman Gunung Sari sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk menghilangkan penat selama seharian aktivitas. Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan hijau asri yang mampu memanjakan mata. Selain itu, Taman Gunung Sari pula memiliki udara sejuk dan segar sehingga sangat tepat untuk menenangkan diri.

Lokasi: Jl. Karya, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

16. Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang
Image Credit: Google Maps (Oki Januardi)

Ingin berwisata bersama anggota keluarga ? Maka destinasi wisata bernama Taman Burung Singkawang ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ketika bertandang ke destinasi wisata ini pengunjung akan disajikan dengan beragam jenis burung terbang bebas di sekitar taman ini. Tak hanya itu saja, Anda pula bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah ditambah lagi udaranya yang sejuk.

Lokasi: Jl. Merdeka, Tengah, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

17. Tanjung Bajau Beach

Tanjung Bajau Beach
Image Credit: Google Maps (annaleelian)

Tanjung Bajau Beach merupakan destinasi wisata bahari yang menyajikan pemandangan cantik serta menyejukkan bagi para wisatawannya. Selain bisa menyaksikan pemandangan yang disuguhkan, para pengunjung pula bisa menikmati wisata lainnya yang berada di Tanjung Bajau Beach. Ketika memasuki destinasi wisata ini, pengunjung akan menjumpai patung kepiting raksasa yang unik.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

18. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung
Image Credit: Google Maps (ansharullah)

Jika Anda ingin menghabiskan masa liburan namun hanya memiliki budget yang sedikit, maka Pantai Batu Burung bisa jadi solusinya. Karena di destinasi wisata ini para pengunjung bisa menikmati keindahan yang disuguhkan dengan harga terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong. Pemandangannya yang masih sangat alami, membuatnya sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagramable.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

19. Taman Batu Belimbing

Taman Batu Belimbing Singkawang
Image Credit: Google Maps (Ade Setiawan)

Taman Batu Belimbing merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan sangat unik dan berbeda dibandingkan wisata lainnya di Singkawang. Disini para pengunjung akan menyaksikan keindahan batu berukuran besar yang mengapung di permukaan laut. Batu unik tersebut memiliki bentuk layaknya belimbing, serta sangat cocok digunakan sebagai latar belakang untuk foto instagenik.

Lokasi: Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

20. Danau Tadow Indah

Danau Tadow Indah
Image Credit: Facebook.com (Supardi Caem)

Menjadi salah satu destinasi wisata di Singkawang yang patut untuk dikunjungi, Danau Tadow Indah ini tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja melainkan terdapat beragam aktivitas lainnya yang bisa dilakukan. Beragam aktivitas tersebut diantaranya yaitu memancing serta bermain perahu kano sambil menikmati panorama yang disuguhkan.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Beragam tempat wisata yang disuguhkan di Singkawang bisa Anda jadikan sebagai referensi menghabiskan liburan bersama orang orang tersayang. Selagi masih menginjakkan kaki di tanah Kalimantan Barat ini, jangan lupa mencicipi berbagai sajian kuliner khasnya yang sangat menggugah selera dan membawa beberapa buah tangannya yang khas.