Salah satu kota di Jawa Tengah ini selalu menawarkan pesona untuk menarik para wisatawan. Bahkan daerah di sekitar kota Solo pun bisa Anda kunjungi hanya dalam waktu 60 menit saja. Sehingga ketika Anda berada di Solo, maka Anda pun wajib untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang kece dan kekinian.

Penasaran wisata apa saja yang bisa untuk Anda singgahi? Berikut simak ulasan 33 rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba.

1. Pasar Gede Hardjonagoro

Image Credit: Matakota.id

Berwisata ke kota Solo, maka Anda pun juga bisa mampir untuk blusukan di salah satu pasar tradisional yakni Pasar Gede Hardhonagoro. Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1930 ini pun merupakan pasar yang tertua dan terbesar di kota Solo.

Memiliki lokasi di tengah kawasan pecinan, tak heran nuansa kental khas Tiongkok pun akan bisa Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di pasar ini. Disini, Anda bisa berburu oleh oleh maupun kuliner khas Solo.

Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

2. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market
Image Credit: Secretsofsolocity.blogspot.com

Ingin menikmati suasan malam di kota Solo? Maka Anda pun bisa berkunjung ke Nagrsopuro Night Market. Pasar satu ini pun hanya buka saat malam minggu saja, sehingga ketika Anda kebetulan sedang berada di kota satu ini, tak ada salahnya untuk mampir sejenak. Disini, Anda pun akan bisa menemukan tenda yang berderet deret dan berjajar di sepanjang Jalan Diponegoro.

Ada berbagai barang unik yang bisa untuk Anda beli di kawasan ini. Selain itu, bagi Anda yang sedang mencari hidangan makan malam, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Anda pun bisa membeli beraneka macm kerajinan tangan dan pernak pernik khas kota Solo. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari oleh oleh maka Anda pun bisa mengunjungi lokasi ini sembari berjalan jalan.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

3. House of Danar Hadi

Image Credit: Houseofdanarhadi.co.id

Menjadi pusat batik di tanah air, maka Anda pun bisa berkenalan dengan warisan budaya satu ini ketika sedang berada di Solo. Untuk Anda yang memiliki banyak waktu yang bisa digunakan untuk menjelajah kota Solo, maka Anda pun bisa mengunjungi Pasar Batik Laweyan atau Kampung Wisata Batik. Namun, apabila Anda hanya memiliki waktu yang singkat, maka House of Danar Hadi menjadi lokasi yang tepat untuk anda.

Dengan memiliki sekitar 1000 helai koleksi kain batik, maka Anda pun akan merasa puas untuk mengunjungi lokasi satu ini. Bahkan, beberapa koleksi kain batik yang ada di tempat ini pun telah berusia ratusan tahun. Menarik bukan? Untuk itu, Anda pun bisa menyempatkan untuk berkunjung ke tempat satu ini untuk mengetahui berbagai macam koleksi batik dari jaman dahulu hingga sekarang.

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

4. Randubang, Wonogiri

Randubang, Wonogiri
Image Credit: Radarsolo.jawapos.com

Untuk Anda yang suka selfie atau dunia fotografi, maka mengunjungi Randubang yang berada di Wonogiri akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tak jauh dari kota Solo, maka Anda pun bisa menempuhnya dalam waktu beberapa menit saja.

Tebing kapur yang memiliki bentuk unik ini pun tercipta berkat para penambang. Sehingga akan menciptakan lokasi wisata yang unik dan super cantik. Anda pun tak bisa melewatkan begitu saja tempat satu ini.

Lokasi: Randubang, Desa Pare, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri.

5. Pandawa Water World, Sukoharjo

Pandawa Water World Sukoharjo
Image Credit: Bob.kemenpar.go.id

Bagi Anda yang sedang mencari wahana wisata dengan tema air, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi Pandawa Water World. Anda pun nantinya akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan pastinya akan seru. Untuk itu, Anda pun bisa mengajak keluarga Anda untuk menghabiskan waktu akhir pekan untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Ada berbagai wahana permainan air yang bisa untuk Anda coba. Bahkan beberapa permainan air itu pun akan bisa untuk menaikkan adrenalin anda. Mulai dari wahana black hole yang akan menuntun Anda untuk melakukan permainan seluncur dengan slide yang tertutup. Serta race slide bagi Anda yang suka meluncur dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tentu saja, Anda pun bisa memilih wahana air sesuai dengan yang Anda inginkan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

6. Bendungan Colo, Sukoharjo

Bendungan Colo, Sukoharjo
Image Credit: Jatengdaily.com

Susunan beton beton yang berfungsi sebagai pemecah arus ini akan menjadi salah satu keunikan tersendiri ketika Anda berada di tempat satu ini. Untuk Anda yang ingin bersantai, maka Anda pun bisa mengunjungi tempat satu ini sembari duduk di taman dan ditemani oleh pepohonan yang rindang.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka tempat satu ini akan menjadi lokasi yang pas karena terdapat banyak jenis ikan yang bisa untuk Anda pancing.

Lokasi: Desa Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

7. Telaga Biru, Sukoharjo

Telaga Biru, Sukoharjo
Image Credit: Jelajahkhatulistiwa.com

Bermain air di kolam yang alami akan memiliki sensasi menyegarkan. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Solo, maka Anda pun bisa mampir untuk mengunjungi Telaga Biru yang ada di Sukoharjo. Merupakan danau yang terbentuk secara tidak sengaja maka Anda pun bisa melihat panorama alam yang menakjubkan.

Perubahan air yang terkadang berubah warna dari hijau ke biru ini akan menjadi salah satu panorama yang bisa Anda saksikan.

Lokasi: Candi Rejo, Kec. Semin, Kab. Gunung Kidul.

8. Omah Jungkir, Wonogiri

Omah Jungkir, Wonogiri
Image Credit: Bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com

Untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata unik, maka Anda pun bisa datang dan mengunjungi Omah Jungkir yang ada di Wonogiri. Di tempat ini maka Anda pun akan bisa untuk menyaksikan semua hal yang berlawanan dengan hukum gravitasi. Sehingga nantinya kursi, meja dan benda benda lainnya akan berada di langit langit. Unik bukan? Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi tempat ini untuk memperkaya foto Anda agar lebih instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri No.39, Godean, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

9. Umbul Cokro Tulung, Klaten

Umbul Cokro Tulung, Klaten
Image Credit: Klatenia.com

Masih berada di dekat Solo, Umbul Cokro Klaten dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa untuk Anda kunjungi. Dengan memiliki udara yang sejuk, dan juga air yang bersih maka destinasi wisata ini akan menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan penat.

Konsep bermain di tengah hutan merupakan hal yang diusung oleh tempat satu ini. Sehingga Anda pun akan merasakan sensasi tersendiri ketika sedang berada di tempat satu ini.

Lokasi: Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten.

10. Umbul Ponggok, Klaten

Umbul Ponggok, Klaten
Image Credit: Hargatiket.net

Untuk Anda yang mencari tempat unik, maka Umbul Ponggok adalah lokasi yang tepat untuk anda. Hal ini dikarenakan Anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas meskipun berada di bawah air. Mulai dari naik vespa, bermain laptop dan juga lainnya.

Wisata ini memiliki konsep yang sebuah kolam yang didesain sehingga Anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas di bawah air. Untuk itu, Anda pun tidak boleh melewatkan begitu saja tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Delanggu- Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

11. Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu Solo
Image Credit: Teraswisata.com

Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk membangkitkan kenangan masa lalu, maka Pasar Triwindu akan menjadi lokasi yang tepat. Hal ini dikarenakan tempat satu ini akan menyediakan barang barang antik dan aneka barang seni.

Dibangun sejak tahun 1938, maka Anda pun bisa berbelanja beraneka barang barang seni nan antik ketika sedang berada disini.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

12. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug
Image Credit: Okezone.com

Kota Solo ternyata juga memiliki destinasi wisata yang cocok untuk si kecil, yakni Kebun Binatang Taru Jurug. Di tempat satu ini pun Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengenal berbagai macam binatang sejak dini.

Dengan memiliki harga tiket yang cukup terjangkau, maka Anda pun bisa mengajak keluarga Anda untuk berwisata sekaligus mengajarkan edukasi tentang berbagai macam binatang. Tentunya akan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

13. Galabo Solo

Galabo Solo
Image Credit: Surakarta.go.id

Solo memang terkenal akan makanan serta kuliner yang memiliki rasa lezat. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, maka Anda pun bisa mengunjungi Galabo ketika malam hari. Disini, ada berbagai macam kuliner yang bisa untuk Anda coba.

Di tempat wisata Solo satu ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam makanan yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera, mulai dari sate kere, nasi liwet hingga tahu kupat.

Lokasi: Geladak Solo Kota, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

14. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Image Credit: Republika.co.id

Pura Mangkunegaran adalah salah satu tempat kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan ini pun telah berhasil menjadi pusat budaya kota Solo karena banyak menyimpan koleksi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram. Dengan memiliki halaman yang luas dan arsitektur khas Eropa, maka Anda pun bisa mengunjungi tempat wisata satu ini ketika sedang berlibur.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

15. Pasar Klewer

Pasar Klewer
Image Credit: Surakarta.pro

Bagi Anda yang senang untuk membeli kain batik, maka Anda pun bisa datang dan mengunjungi Pasar Klewer ketika sedang berada di Solo. Lokasi satu ini merupakan wisata belanja yang wajib untuk Anda singgahi.

BACA:  22 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Paling Hits

Pasalnya, Pasar Klewer merupakan salah satu pasar tekstil terbesar yang ada di Solo. Sehingga bagi Anda yang ingin untuk berburu kain batik maka tempat ini adalah lokasi yang tepat.

Lokasi: Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

16. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
Image Credit: KSMTour.com

Tak lengkap jika Anda pergi ke Solo tanpa membeli kain batik. Untuk itu, selain Pasar Klewer maka Anda pun bisa mengunjungi Kampung Batik Kauman sebagai tujuan liburan anda. Berada tak jauh dari keraton Surakarta maka Anda pun nantinya akanbisa untuk mendapatkan kain batik yang sesuai dengan motif dan corak yang Anda inginkan. Sehingga, tempat satu ini pun tak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja.

Lokasi: Jl. Wijaya Kusuma No. 17, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

17. Tugu Lilin

Tugu Lilin
Image Credit: Ahmedfikreatif.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin bersantai di sore hari, maka tugu lilin merupakan salah satu lokasi yang tepat. Bangunan satu ini didirikan untuk memperingati 25 tahun kelahiran Boedi Oetomo. Tempat wisata ini pun akan sangat cocok untuk Anda jadikan latar belakang foto bagi Anda yang menyukai dunia fotografi.

Selain itu, di tugu Lilin ini Anda juga akan bisa untuk belajar sejarah dan mengingat jasa para pahlawan.

Lokasi: Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

18. Taman Balekambang

Taman Balekambang
Image Credit: Rakyatjateng.fajar.co.id

Untuk Anda yang sedang mencari lokasi rindang di kota Solo, maka datanglah ke Taman Balekambang ketika sore hari. Tempat wisata satu ini akan menjadi lokasi yang cocok bagi Anda yang ingin untuk bersantai di bawah rindangnya pepohonan yang hijau.

Disini, Anda bisa menaiki perahu hias ataupun melihat berbagai tanaman langka dalam jarak yang cukup dekat. Mulai dari beringin putih, kenari hingga apel cokelat akan tersedia di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

19. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Salah satu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Solo adalah Museum Manusia Purba. Meskipun tidak berada tepat di Solo namun museum arkeologi ini menjadi salah satu wisata sejarah yang layak untuk Anda singgahi.

Memiliki luas sekitar 56 km persegi, maka Anda pun juga bisa untuk melihat penelitian arkeolog dari dalam maupun luar negeri.

Lokasi: Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar.

20. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari
Image Credit: Arifsetiawan.com

Berwisata sejarah di kota Solo merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi Taman Sriwedari. Merupakan salah satu kompleks pertamanan yang memiliki lokasi di daerah Laweyan ini telah berdiri sejak masa kepemimpinan Pakubuwana X. Taman ini sering kali digunakan untuk pusat hiburan, seni dan budaya bagi masyarakat Solo.

Lokasi: Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

21. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Untuk Anda yang ingin belajar sejarah mengenai kota solo maka Anda pun bisa mampir ke keraton Surakarta. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1744 ini dibangun untuk menggantikan keraton Kartasua yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan di tahun 1743.

Sebagai tempat tinggal Sri Sunan, maka tempat ini pun juga berfungsi sebagai lokasi wisata yang bisa untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

22. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Image Credit: Bob.kemenpar.go.id

Tempat wisata di Solo yang paling terkenal adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Destinasi wisata ini merupakan salah satu air terjun yang memiliki tinggi yakni sekitar 80 meter. Berada di sisi barat gunung Lawu atau sekitar 37 kilometer dari kota Solo maka Anda pun bisa mengunjungi air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini.

Suasana yang asri dan alami ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi bersama kerabat anda.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

23. Candi Plaosan, Klaten

Candi Plaosan, Klaten
Image Credit: Wikipedia.org

Berada tak jauh dari Solo, maka bagi Anda yang ingin untuk mengunjungi dan berwisata ke Candi, tempat ini akan bisa untuk Anda jadikan tempat untuk berlibur. Berada di tengah sawah, maka Candi satu ini berdiri dengan sangat kokoh.

Jika Anda melihatnya dari angle yang tepat, maka Anda pun nantinya akan bisa untuk melihat pemandangan alam yang memukau dari candi satu ini.

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab.n Klaten.

24. Gantole, Wonogiri

Gantole, Wonogiri
Image Credit: Sendangpinilih.com

Suka berwisata paralayang? Maka bukit gantole adalah salah satu lokasi yang bisa untuk Anda tuju. Untuk itu, bagi Anda yang ingin melihat keindahan kota dari jarak yang tinggi, tempat satu ini dapat menjadi destinasi yang tepat untuk anda.

Dengan merasakan sensasi terbang dari ketinggian, ditambah dengan udara yang sejuk tentu saja akan menjadi salah satu pengalaman yang tak akan terlupakan untuk anda.

Lokasi: Selopukang, Desa Sendang, Kec. WonogiriKab. Kab. Wonogiri.

25. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan
Image Credit: Travelspromo.com

Berada di kawasan Bukit Sekipan di Karanganyar, maka Anda pun akan bisa untuk mendapatkan sensasi berlibur yang menyenangkan. Anda bisa mengunjungi tempat satu ini bersama keluarga maupun sahabat ketika sedang berakhir pekan. Salah satunya adalah dengan bermain air di waterpark mini yang memiliki pemandangan yang sejuk dan juga menyegarkan.

BACA:  10 Pulau Menarik di Malaysia yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar

26. Edupark Intanpari, Karanganyar

Edupark Intanpari Karanganyar
Image Credit: Solopos.com

Taman wisata edukasi dirgantara atau yang dikenal dengan Edupark Intanpari ini akan menawarkan pengalaman yang berbeda dari biasanya. Disini, nantinya Anda akan bisa untuk melihat pesawat terbang boeing 737-300 yang asli. Terparkir di sebuah kolam renang, maka Anda pun akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika berada disini.

Lokasi: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar.

27. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso, Karanganyar

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso, Karanganyar
Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Bagi Anda yang ingin mencari tempat yang jauh dari keramaian kota, maka Anda pun bisa mengunjungi Taman Hutan Rakyat Ngrgoyoso yang berada di Karanganyar. Disini, Anda pun akan bisa untuk berwisata menelusuri hutan dan juga memberi makan rusa.

Dengan merasakan sejuknya alam pegunungan dan hitan pinus yang teduh, tempat ini pun sangat pas sebagai tempat untuk melepas penat.

Lokasi: Jl. plesungan raya gondangrejo, Pesungan, Plesungan, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar.

28. Grojogan Selondo, Wonogiri

Grojogan Selondo, Wonogiri
Image Credit: IG: (@bendottetapsemangat)

Jembatan yang sering kali dijadikan tempat untuk beraktivitas ini memiliki sedikit keindahan yang tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja. Untuk itu, bagi Anda yang ingin untuk melihat air terjun yang tidak terlalu tinggi dan pemandangan yang sangat unik maka tempat ini pun akan cocok untuk Anda kunjungi terletak di sebuah ceruk di tebing batu maka akan membuat pemandangan satu ini amat sangat eksotis.

Lokasi: Belik Jaten, Bakalan, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri.

29. Ndalem Gondosuli

Ndalem Gondosuli
Image Credit: Mysukmanablog.wordpress.com

Kota yang identik dengan batiknya ini, maka Anda pun akan bisa menemukan banyak sekali pengrajin batik rumahan yang masih bertahan hingga sekarang. Di salah satu gang kecil Kampung Laweyan maka Anda pun bisa menemukan tempat yang akan membuat Anda bisa belajar membatik sekaligus ngopi maupun kulineran cantik. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, maka Anda pun bisa mampir ke tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Gondosuli No.125, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

30. Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu

Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu
Image Credit: Arsipceritaku.blogspot.com

Ingin mendapat latar belakang foto mural yang instagramable? Maka Anda pun tak perlu jauh jauh ke Singapore atau pun Malaysia. Pasalnya, di kota Solo Anda pun akan bisa mendapatkan hal tersebut.

Di ruas jalan Gatot Subroto maka Anda nantinya akan bisa untuk berfoto dengan mural sepanjang 400 meter. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta.

31. Sepur Kluthuk Jaladara

Sepur Kluthuk Jaladara
Image Credit: WonderfulSolo.com

Naik kereta api tentu saja bukanlah hal yang asing, namun apabila naik kereta api uap yang jadul tentu saja akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Untuk itu, Anda pun bisa mencobanya ketika sedang berada di Solo.

Kereta yang memiliki nama Sepur Kluthuk ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa untuk Anda kunjungi. Anda pun bisa berkeliling kota Solo dengan menggunakan kereta satu ini, tentunya menjadi pengalaman yang menarik bukan?

Lokasi: Slamet Riyadi St, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

32. Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum
Image Credit: IG: (@Annissa Saputri)

Untuk Anda yang merupakan pecinta seni, mengunjungi Tumurun Private Museum akan menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda lakukan. Museum satu ini didirikan oleh Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan untuk mendiang sang ayah yang merupakan kolektor seni.

Bagi Anda yang menyukai seni maka tempat ini adalah salah satu lokasi yang wajib untuk Anda tuju ketika sedang berada di Solo.

Lokasi: Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

33. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe
Image Credit: Menggapaiangkasa.com

Bangunan yang merupakan bekas pabrik gula ini menjadi salah satu tempat hits yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Solo. Tempat yang hits di Instagram ini pun menjadi salah satu lokasi wisata yang bisa Anda datangi bersama keluarga.

Ketika berada disini, nantinya Anda akan bisa berfoto pada setiap sudut dengan cantik. Untuk diunggah ke media sosial, maka tempat satu ini memang juaranya. Pasalnya banyak tempat menarik yang bisa untuk Anda jelajahi di De Tjolomadoe ini.

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar.

Itulah beberapa tempat wisata yang berada di kota Solo dan sekitarnya yang dapat menjadikan liburan Anda lebih berkesan. Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung untuk menghabiskan waktu di kota ini, maka beberapa tempat wisata tersebut dapat menjadi inspirasi bagi anda. Berlibur bersama keluarga di akhir pekan adalah kegiatan menyenangkan yang bisa untuk Anda lakukan. Untuk itu, salah satu tempat tersebut dapat menjadi tempat rekomendasi yang cocok untuk Anda kunjungi.