Ingin Liburan di Sorong? Periksa Pilihan Tempat Wisata Populer di Sorong, Papua Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Paling Hits Disambangi Wisatawan Saat Liburan.

Tanah Papua memang terkenal dengan Raja Ampatnya, namun siapa sangka di Kota Sorong, Papua Barat menyimpan pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. Meski bukan ibukota provinsi, namun, Sorong menjadi kota favorit para pelancong, baik itu domestik maupun mancanegara untuk menikmati liburan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sorong yang patut Anda kunjungi.

1. Pulau Buaya

Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps (giri prayoga)

Jika dilihat dari namanya, destinasi wisata satu ini memang cukup menarik untuk disinggahi ketika sedang berwisata ke kota Sorong. Dinamakan sebagai Pulau Buaya karena lokasi wisata ini memang memiliki bentuk layaknya buaya. Bila Anda ingin berkunjung ke destinasi ini, maka cara menjangkaunya yaitu menaiki kapal kecil yang berada di pelabuhan terdekat.

Di lokasi ini terdapat sebuah pantai yang memiliki pasir putih nan indah serta beberapa pepohonan yang tumbuh rindang, sehingga mampu menciptakan suasana nyaman dan asri. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk menikmati waktu liburannya sambil bermain bersama orang orang tersayang sembari menyaksikan pemandangan nan cantik.

Lokasi: Pulau Buaya, Kec. Sorong Kepulauan, Kab. Sorong.

2. Pulau Doom

Pulau Doom
Image Credit: Indonesiakaya.com

Wisata bahari kedua ini merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Pulau Doom memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir putihnya yang luas serta batu karangnya nan indah, menjadi alasan banyak wisatawan yang datang mengunjungi destinasi wisata ini setiap harinya.

Selain menyimpan keindahan yang sangat memukau, Pulau Doom pula memiliki nilai sejarah yang tinggi. Ketika berada di sini para pengunjung akan menjumpai berbagai bangunan lawas seperti penjara Doom, lapangan sepak bola, kantor Hoofd Van Plaatselijk Bestuur, dan berbagai bangunan peninggalan penjajahan Belanda dan Jepang lainnya.

Lokasi: Pulau Doom, Kec. Kepulauan Sorong, Kab. Sorong.

3. Pulau Um

Pulau Um
Image Credit: Google Maps (ELIAS KARAMOY)

Terletak di desa pedalaman yang tidak jauh dari pusat kota Sorong, Pulau Um memang terkenal sebagai tempat tinggal beragam jenis kelelawar dan burung camar. Keunikan tersebutlah yang membuat Pualu ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat pengunjung. Tak hanya itu saja, Anda pula bisa menyaksikan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang membentang indah.

BACA:  15 Tempat Wisata di Biak Numfor Terbaru & Paling Hits

Para pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini bisa melakukan beberapa aktivitas, misalnya merasakan sensasi berenang di dekat sapi laut, menangkap lobster, menyelam, dan beragam aktivitas lainnya. Bila beruntung, para pengunjung pula bisa mencicipi ikan segar hasil tangkapan para nelayan yang singgah di Pulau Um.

Lokasi: Jl. Sorong – Tambrauw, Malaumkarta, Kec. Makbon, Kab. Sorong.

4. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru
Image Credit: Travelingyuk.com

Menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang populer, Danau Ayamaru terletak cukup jauh dari pusat kota Sorong. Apabila Anda ingin berkunjung ke destinasi satu ini, maka diperlukan waktu sekitar tujuh jam dari pusat kota Sorong. Meskipun begitu, perjalanan melelahkan tersebut tentunya akan terbayar dengan keindahan serta keasrian alamnya yang disuguhkan.

Di sekeliling Danau Ayamaru terdapat perbukitan serta pepohonan yang memberikan kesejukan udara di sekitarnya. Air danau yang jernih dan tenang mampu memberikan suasana yang damai, sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu destinasi untuk menghilangkan kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan. Menariknya lagi, warga sekitar danau pula turut menjaga kelestariannya dengan baik.

Lokasi: Danau Ayamaru, Kec. Ayamaru, Kab. Maybrat.

5. Danau Framu

Danau Framu
Image Credit: Google Maps (Putra Apriadi Siregar)

Selain Danau Ayamaru, di Sorong pula terdapat destinasi wisata bahari lainnya yang tak kalah menarik yaitu Danau Framu. Danau yang terletak di Sorong Selatan ini memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya, yaitu terdapat gradiasi warna hijau ke biru muda pada air danaunya.

Keunikannya tersebutlah yang membuat Danau Framu ini mampu memanjakan mata para pengunjung yang datang. Karena danau ini masih jarang dikunjungi, sehingga airnya masih sangat jernih dan mampu memantulkan pemandangan pepohonan di atasnya dengan cantik. Keadaannya yang cukup bersih sehingga para pengunjung yang datang pun bisa berenang disini dengan nyaman.

Lokasi: Framu, Kec. Ayamaru, Kab. Maybrat.

6. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari
Image Credit: Facebook.com @swissbelhotelsorong

Pantai ini menjadi objek wisata di Sorong yang paling terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Apabila Anda berkunjung ke Sorong, maka tidak lengkap rasanya bila belum mampir ke pantai yang terkenal akan pasir putihnya ini. Tak hanya memiliki pasir putih yang cantik, destinasi wisata ini pula menyuguhkan pemandangan berupa hamparan laut yang menawan.

Uniknya, para pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini bisa merasakan keindahan layaknya berada di pantai yang ada di Pulau Bali. Selain itu, para pengunjung pula bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih di bawah rindangnya pepohonan yang ada. Destinasi wisata ini pula sangat cocok digunakan sebagai tempat camping bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Tj. Kasuari, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jayapura yang Paling Populer

7. Pantai Saoka

Pantai Saoka
Image Credit: Facebook.com @muhaemin.ibnuramadhani

Memiliki nama yang hampir sama dengan Pantai Soka di Bali, namun wisata bahari di Sorong ini menyuguhkan daya tarik tersendiri yang berbeda dibandingkan pantai di Bali tersebut. Para pengunjung yang datang kesini akan menyaksikan air lautnya yang sangat jernih, pasir putih nan bersih, serta deburan ombak yang cukup keras.

Terdapat pula bebatuan karang dengan ukuran besar yang bisa digunakan untuk menikmati pantai dari arah yang berbeda. Bahkan tidak jarang terdapat pengunjung yang memanfaatkan bebatuan karang tersebut sebagai spot foto yang instagenik. Tak hanya itu saja, Anda pula akan disuguhkan suasana yang sejuk dan asri dari rindangnya pepohonan yang berada di sekitar pantai.

Lokasi: Saoka, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong.

8. Pantai Walio

Pantai Walio
Image Credit: Facebook.com @uneputtyjan7878

Apabila Anda lelah dengan aktivitas di perkotaan, maka dengan mengunjungi pantai merupakan cara terbaik untuk mengembalikan semangat dan energi yang telah hilang. Salah satu destinasi wisata bahari terbaik yang bisa Anda kunjungi di Sorong yaitu Pantai Walio. Para pengunjung yang datang kesini bisa menikmati pemandangannya yang sangat indah sambil melakukan berbagai kegiatan terutama berselancar.

Lokasi: Moraid, Kec. Seget, Kab. Sorong.

9. Pantai Dofior

Pantai Dofior
Image Credit: Travelingyuk.com

Destinasi wisata ini merupakan pantai yang dibatasi dengan objek wisata lainnya yaitu Tembok Berlin. Jika Anda berkunjung ke Tembok Berlin, maka Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan dari Pantai Dofior ini. Meski terhalangi oleh tembok setinggi satu meter, namun para pengunjung masih bisa menyaksikan keindahan yang dihadirkan dari wisata bahari di Sorong ini.

Bahkan momen terbaik ketika berkunjung ke Pantai Dofior ini ialah saat matahari akan tenggelam. Pada waktu tersebut, destinasi wisata di Sorong ini akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Perpaduan antara cahaya kemerahan yang ditimbulkan oleh matahari dengan pantulannya dari air laut mampu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Lokasi: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.35, Klabala, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong.

10. Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong Sorong
Image Credit: Google Maps (radhika_)

Taman Wisata Alam Sorong merupakan destinasi wisata berupa hutan lindung dengan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Taman satu ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu alternatif berlibur bersama anggota keluarga serta sahabat. Bahkan di destinasi wisata ini terdapat beberapa flora dan fauna yang terbilang langka.

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini Anda akan melakukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya outbound dan berkemah. Namun Anda harus membawa segala perlengkapannya tersebut sendiri, karena pihak pengelola wisata dari Taman Wisata Alam Sorong tidak menyediakan jasa penyewaan.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Biak yang Terkenal Enak

Lokasi: Klasaman, Kec. Sorong Timur, Kota Sorong.

11. Tembok Berlin

Tembok Berlin
Image Credit: Indonesiakaya.com

Apabila Tembok Berlin di Jerman memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur, maka Tembok Berlin yang ada di Sorong, Papua Barat ini memisahkan jalan raya dengan kawasan pantai. Tembok Berlin yang memanjang di pesisir kota Sorong ini memiliki ketinggian yang cukup rendah yaitu sekitar satu meter saja.

Karena memiliki ketinggian yang cukup rendah, sehingga para pengunjung yang datang ke destinasi ini bisa melihat pemandangan pantai dengan cara naik ke atasnya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi wisata ini ialah di sore hari. Pasalnya pada saat itu, para pengunjung bisa melihat pemandangan matahari tenggelam sembari menikmati kulinernya.

Lokasi: Kp. Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong.

12. Puncak Arfak

Puncak Arfak
Image Credit: Instagram.com @nawir545

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Sorong yaitu Puncak Arfak. Para pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini bisa menyaksikan keindahan Kota Sorong secara landscape melalui ketinggian. Pemandangan tersebut akan terlihat lebih indah lagi jika Anda datang saat malam hari.

Lokasi: Jl. Puncak Arfak No. 22, Klasuur, Klabala, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong.

13. Air Terjun Sasnek

Air Terjun Sasnek
Image Credit: Instagram.com @pace_kribo

Air Terjun Sasnek ini disebut pula Air Terjun Sefrok oleh masyarakat sekitar. Memiliki nama yang cukup unik, destinasi wisata di Kota Sorong ini memang menghadirkan keindahan yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya. Di lokasi wisata ini, para pengunjung bisa menjumpai beragam ikan kecil yang berenang di bawah jernihnya air.

Lokasi: Sasnek, Kec. Sawiat, Kab. sorong.

14. Sungai Kohoin

Sungai Kohoin
Image Credit: Instagram.com @rizqiniyah

Sorong Selatang memang terkenal akan destinasi sungainya yang sangat indah, salah satunya Sungai Kohoin ini. Tak hanya memiliki pemandangan yang cantik, Sungai Kohoin pula terdapat air terjun mininya yang unik. Para wisatawan yang datang kesini bisa menikmati kejernihan airnya sambil berenang dan bermain air sepuasnya.

Lokasi: Klablim, Kec. Sorong Selatan, Kota Sorong.

15. Puncak Petik Bintang

Puncak Petik Bintang
Image Credit: Instagram.com @ganiamir

Objek wisata yang terakhir ini sebenarnya merupakan tempat tertinggi dari Trans Papua. Namun karena memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, sehingga masyarakat sekitar sering mengunjunginya sebagai tempat wisata. Selain menikmati pemandangan dari ketinggian, para pengunjung pun bisa mengambil gambar yang indah dengan latar belakang yang menarik.

Lokasi: Ayawasi,Kec. Aifat Utara, Kab. Maybrat.

Beragam jenis destinasi wisata alam yang disuguhkan di Kota Sorong, bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk mendapatkan liburan yang seru dan menyenangkan. Sebelum berlibur, pastikan Anda telah melakukan persiapan dengan matang sebab berbagai destinasi tersebut tidak akan bisa dikunjungi dalam kurun waktu satu hari saja.