Inilah rekomendasi tempat wisata di Sumba yang menyimpan pesona sangat mengagumkan. Keindahan wisata alam yang sangat eksotis, tentu saja wajib masuk ke daftar liburan Anda.

Salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur ini sudah tak diragukan lagi akan keindahannya. Pesona alam yang luar biasa memukau menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Anda bisa menjelajah berbagai macam destinasi, mulai dari pantai, danau hingga air terjun dan bukit tersedia lengkap di pulau satu ini.

Siap mengelilingi pulau Sumba? Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Sumba yang menarik Anda kunjungi untuk liburan yang lebih berkesan.

1. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu
Image Credit: Indonesiakaya.com

Perjalanan pertama bisa Anda lakukan adalah singgah dan menikmati keindahan Air Terjun Lapopu. Air terjun yang memiliki ketinggian yakni sekitar 90 meter ini akan membius siapa saja yang datang mengunjunginya. Dengan tipe yang berundak undak dan berada di tepi Sungai Wanokaka, membuat air di tempat satu ini sangatlah jernih. Warna toska yang indah akan Anda jumpai ketika sampai di lokasi ini.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh tempat satu ini. Segarnya air terjun akan berpadu dengan sejuknya udara yang ada di lokasi satu ini. Anda pun juga bisa berenang di kolam alami yang memang terbentuk dari air terjun yang indah ini. Anda bisa mengunjungi di waktu musim kemarau. Sebab, debit air tidak terlalu besar sehingga Anda bisa menikmatinya dengan lebih leluasa.

Lokasi: Manurara, Kec. Katikutana Selatan, Kab. Sumba Tengah.

2. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu
Image Credit: Wikipedia.org

Masih seputar wisata air terjun, apabila Anda belum puas mengunjungi Air Terjun Lapopu, maka wisata satu ini siap untuk menyambut anda. Memiliki nama Tanggedu, air terjun ini sesuai dengan lokasi dimana wisata ini berada. Perjalanan menuju destinasi indah ini, Anda akan disambut dengan perbukitan yang sangat indah. Lengkap dengan hewan ternak yang berkeliaran di padang rumput.

Berada di tebing yang bebatuan, membuat Anda harus lebih hati hati ketika ingin turun menuju ke bibir sungai. Namun, ketika sampai di tempat rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan yang dimiliki oleh destinasi satu ini. Karena memiliki dua sumber air yang berbeda, hal tersebut menyebabkan Air Terjun Tanggedu memiliki warna air yang berbeda pula. Sehingga, daya tarik satu ini akan memikat wisatawan yang mengunjunginya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kupang yang Murah & Enak

Lokasi: Ndapayami, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur.

3. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Memiliki dinding bebatuan dan tingkatan air terjun yang berjumlah tiga adalah ciri khas dari Air Terjun Waimarang. Tiga tingkatan tersebut memiliki ukuran yang berbeda beda. Mengalir dari celah tebing membuat nuansa eksotis akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat satu ini. Selain itu, daya tarik lainnya yang dihadirkan oleh wisata ini adalah adanya kolam alami yang berada di bawah air terjun.

Kolam yang berwarna hijau toska tersebut akan terlihat sangat cantik apabila berada di bingkai kamera. Anda bisa mengunjungi wisata ini ketika pagi hari, pasalnya sinar mentari akan masuk melalui celah air terjun, yang mana akan memantul sangat indah di kolam tersebut. Ditambah suara gemericik air dan juga sejuknya udara di Air Terjun Waimarang akan membuat Anda semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasi: Ngaru Kanoru, Kec. Umalulu, Kab. Sumba Timur.

4. Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu
Image Credit: Tribunnews.com

Ingin menikmati dua keindahan alam sekaligus saat berada di tanah Sumba? Maka Air Terjun Hirumanu menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya, Anda bisa melihat indahnya air terjun yang mengalir dan juga bukit yang memiliki panorama luar biasa indah. Air terjun yang sangat megah ini akan Anda bisa kunjungi di wilayah sumba Timur. Untuk itu, pastikan singgah sejenak untuk menikmati lukisan Tuhan satu ini saat berada di Sumba.

Lokasi: Lai Taku, Kec. Paberiwai, Kab. Sumba Timur.

5. Kampung Adat Praijing

Kampung Adat Praijing
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Apabila Anda bosan dengan destinasi yang itu itu saja, maka Kampung Adat Praijing dapat menjadi wisata yang bisa Anda kunjungi. Wisata budaya ini menghadirkan keunikan tersendiri, dimana terdapat sekitar 38 rumah adat yang bisa Anda lihat di sini. Hal yang membuat mencolok adalah barisan atapnya. Selain itu, rumah ini juga memiliki makna yang khas. Misalnya saja, pada rumah dibagi menjadi tiga bagian, hal ini melambangkan simbol dari keseimbangan alam.

Lokasi: Desa Tebara, Kec. Waikabubak, Kab. Sumba Barat.

6. Kampung Adat Tarung

Kampung Adat Tarung
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain Kampung Adat Praijing, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Adat Tarung saat berada di Sumba. Disini, Anda bisa menyaksikan bagaimana kehidupan dan wajah asli dari budaya Sumba yang masih sangat khas. Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata budaya, maka Kampung Adat satu ini dapat menjadi salah satu destinasi yang bisa untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Waitabar, Kec. Waikabubak, Kab. Sumba Barat.

7. Pantai Watu Bella

Pantai Watu Bella
Image Credit: Arahdestinasi.com

Beralih ke destinasi alam berikutnya, pantai menjadi salah satu wisata wajib yang Anda singgahi saat berada di Sumba. Birunya air laut yang berkilauan akibat terkena sinar matahari menjadi salah satu hal yang Anda nikmati di destinasi ini. Tak hanya itu saja, ketika Anda tiba di Pantai Watu Bela, hamparan pasir putih yang halus akan siap untuk menyambut kedatangan anda.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kupang yang Paling Populer

Dilengkapi dengan tebing yang berhiaskan bebatuan nan indah akan menambah keelokan lokasi wisata satu ini. Anda bisa bermain dengan ombak pantai yang cukup menggoda. Ditambah lagi airnya yang jernih membuat Anda betah untuk berlama lama di lokasi satu ini. Ketika Anda bosan dengan suasana pantai, maka Anda bisa naik ke atas tebing yang telah tersedia hamparan padang rumput yang berwarna hijau dan akan menambah kesan asri dari tempat wisata ini.

Lokasi: Patiala Bawa, Kec. Lamboya, Kab. Sumba Barat.

8. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai eksotis lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di tanah Sumba adalah Pantai Nihiwatu. Pantai ini menduduki posisi ke 17 sebagai pantai terbaik yang ada di dunia. Tak mengherankan banyak peselancar dari penjuru dunia yang menghabiskan waktunya di tempat satu ini. Dengan suasana sepi yang ditawarkannya, maka bagi Anda yang sedang mencari pantai dengan lokasi yang tenang, maka Pantai Nihiwatu hadir sebagai jawabannya.

Lokasi: Pantai Nihiwatu, Kec. Wanokaka, Kab. Sumba Barat.

9. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai selanjutnya yang wajib masuk ke daftar list kunjungi saat berada di Pulau sumba adalah Pantai Walakiri. Pantai satu ini memiliki nuansa indah yang tak bisa Anda dapatkan dimana saja. Pasalnya, di tengah air laut yang jernih, terdapat deretan pohon yang berdiri dengan tegaknya. Tentu saja, pemandangan tersebut akan sangat estetik ketika Anda abadikan di layar kamera.

Lokasi: Watumbaka, Kec. Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

10. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding
Image Credit: Indonesiakaya.com

Dikenal dengan panorama alam yang sangat mengagumkan, membuat tempat wisata satu ini wajib untuk Anda singgahi. Bukit Wairinding menjadi salah satu destinasi apik yang memiliki suhu udara cukup sejuk karena letaknya yang berada di ketinggian. Untuk itu, bagi Anda yang sedang dilanda penat dan stres, tempat healing terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah bukit satu ini.

Tak jarang, ketika Anda sedang mengunjungi destinasi satu ini, Anda akan menemukan sekelompok anak yang sedang bermain ataupun menggembala hewan ternak seperti kuda dan domba. Untuk Anda yang menyukai momen matahari terbit, bukit satu ini menjadi lokasi yang tepat untuk melihatnya. Selain itu, momen sunset yang ada di Bukit Warinding juga tak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja.

Lokasi: Pambotanjara, Kec. Waingapu, Kab. Sumba Timur.

BACA:  15 Tempat Wisata di Kupang Terbaru & Paling Hits

11. Danau Weekuri

Danau Weekuri
Image Credit: Pegipegi.com

Weekuri sendiri dalam bahasa Sunda dapat diartikan sebagai percikan. Hal ini dikarenakan danau yang indah ini terbentuk dari adanya percikan air laut yang menembus ke dalam batu karang. Untuk kedalamannya sendiri yakni berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter. Dikelilingi dengan bebatuan yang cantik membuat wisata ini memiliki panorama alam yang mengagumkan. Tak hanya itu saja, bebatuan yang indah ini pun ditumbuhi dengan tanaman kaktus yang indah.

Lokasi: Desa Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat.

12. Lapangan Pasola Lamboya

Lapangan Pasola Lamboya
Image Credit: Travelingyuk.com

Lapangan yang indah ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk bermain lembing kayu. Disini, Anda akan melihat permainan ketangkasan dengan melempar lembing kayu dari atas punggung kuda. Selain menikmati aktivitas budaya yang sangat unik, Anda pun akan dibuat terpukau dengan pesona alam yang ditampilkannya. Deretan bukit dan pegunungan akan terlihat sangat estetik di sekitar lapangan satu ini.

Lokasi: Patiala Bawa, Kec. Lamboya, Kab. Sumba Barat.

13. Air Terjun Kolam Jodoh Lewa

Air Terjun Kolam Jodoh Lewa
Image Credit: Dokterhobijalan.blogspot.com

Berenang di kolam alami yang jernih menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di Air Terjun Kolam Jodoh Lewa. Disini, Anda akan bisa berenang di bawah percikan air terjung yang tidak seberapa tinggi. Ditambah dengan tebing bebatuan dan juga deretan pepohonan rimbun akan membuat Anda seakan sedang berenang di hutan. Sangat mengasyikkan bukan?

Lokasi: Umamanu, Kec. Lewa Tidahu, Kab. Sumba Timur.

14. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara
Image Credit: Superadventure.co.id

Bukit satu ini memiliki pesona alam yang sangat mengagumkan. Pasalnya, dataran hijau yang berundak undak dan berpadu dengan indahnya langit biru akan menjadi pemandangan yang sangat estetik. Anda pun akan dibuat terpana ketika mengunjungi wisata satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berwisata bak di padang savana, maka Bukit Tanarara adalah lokasi yang tepat.

Lokasi: Katiku Luku, Kec. Matawai La Pawu, Kab. Sumba Timur.

15. Puru Kambera

Puru Kambera
Image Credit: Wartantt.com

Wisata ini menyajikan pantai sekaligus padang savana yang sangat apik. Pantai yang dikelilingi dengan pohon cemara ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau. Anda bisa rehat sejenak untuk menikmati keindahannya sembari ditemani suara deburan ombak yang tenang. Tentu saja, liburan Anda di Pulau Sumba akan lebih berkesan.

Lokasi: Hamba Praing, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur.

Berkunjung ke tempat wisata di Pulau Sumba dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sedang jenuh. Pasalnya, keindahan alam dan juga pemandangan yang disajikan akan membuat Anda berdecak kagum. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan destinasi wisata untuk berlibur menjadikan wilayah satu ini layak untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta maupun kerabat.