Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits untuk Dijelajahi Saat Musim Liburan.

Pulau Tarakan yang juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka ini terletak di sebuah pulau kecil yang menawarkan banyak keindahan. Saat memilih berlibur ke Kota Tarakan, Anda akan merasa sedang melakukan liburan di sebuah pulau private. Pulau ini menawarkan wisata alam yang indah serta banyak cerita sejarah yang dapat dipelajari dari objek wisata sejarahnya.

Tidak hanya dimanjakan dengan berbagai wahana liburan modern yang dikelola oleh petugas setempat, Anda juga bisa menikmati wisata edukasi ke sejumlah situs budaya, taman rekreasi, wisata budaya hingga wisata alam yang hits. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Kota Tarakan yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan Tarakan

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan Tarakan
Image Credit: Mongabay.co.id

Bagi Anda yang ingin melihat langsung hewan endemik Kalimantan yang sangat mempesona yakni Bekantan, silahkan datang ke Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan di Tarakan. Tempat ini merupakan salah satu wisata alam berupa hamparan taman mangrove yang asri dan menjadi habitat asli Bekantan.

Berkunjung ke Kawasan ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan hijau nan asri dari hutan bakau, serta mengenal lebih jauh tentang Bekantan yang sudah mulai punah.

Lokasi: Karang Rejo, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

2. Taman Berlabuh

Taman Berlabuh
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Bagi Anda yang ingin menyegarkan dan menenangkan pikiran yang penat, tentunya akan merasa kembali bersemangat ketika mengunjungi Taman Berlabuh. Taman ini merupakan area terbuka hijau di samping dermaga yang juga menyegarkan.

Awalnya, tempat ini merupakan dermaga atau tempat berlabuh untuk kapal-kapal besar, namun beberapa waktu kemudian pemerintah setempat membangun taman yang turut mempercantik pemandangan sekitar.

Lokasi: Karang Anyar, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

3. Pantai Amal

Pantai Amal
Image Credit: Youtube.com (Thompelica Doang)

Berlokasi di sebuah pulau sendiri, tentunya kota Tarakan memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang sangat indah, dan salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Amal. Bagi Anda para pecinta pantai, jangan pernah lewatkan untuk berkunjung kesini.

Pantai Amal ini memiliki pesona alam yang masih sangat alami. Didukung dengan deburan ombak yang menenangkan, hamparan pasir berwarna kecoklatan, dan pemandangan sekitar pantai akan membuat Anda takjub.

Lokasi: Pantai Amal, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

4. Tebing Karang Tanjung Pasir

Tebing Karang Tanjung Pasir
Image Credit: Heikaku.com

Salah satu wisata alam yang sangat populer di kota Tarakan adalah Tebing Karang Tanjung Pasir. Anda akan merasakan sejuknya menyusuri jalan di antara tebing batu karang yang menjulang dan berjajar rapi. Daya pikat dari tempat wisata ini adalah susunan batuan karang-karang besar, dengan ukiran-ukiran alami yang sangat cantik.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tarakan yang Paling Populer

Wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, khususnya wisatawan yang hobi dengan fotografi. Anda akan mendapatkan hasil foto dengan latar belakang yang cantik.

Lokasi: Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

5. Wisata Air Terjun Karungan

Wisata Air Terjun Karungan
Image Credit: Wisatalengkap.com

Wisata air alami juga bisa Anda kunjungi di Tarakan. Wisata Air Terjun Karungan memang sudah tidak asing lagi bagi penduduk lokal disana. Anda bisa menikmati segarnya air terjun setinggi 30 meter dengan suasana sekitar teduh nan sejuk.

Bagi para wisatawan, pengelola setempat juga telah menyiapkan berbagai macam fasilitas untuk menunjang aktivitas liburan pengunjung. Disini banyak terdapat pendopo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Lokasi: Karungan, Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

6. Pantai Binalatung

Pantai Binalatung
Image Credit: Pesonatimur.com

Pantai Binalatung sangat ramai didatangi pengunjung yang ingin menikmati segarnya berenang di pantai. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ditanami pohon bakau ataupun kelapa, disini terdapat banyak pohon cemara pantai yang menjulang dan membuat teduh suasana.

Anda bisa menikmati semilir angin laut sambil beristirahat di gazebo yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat. Anda juga dapat membeli aneka makanan yang dijual di sekitar pantai.

Lokasi: Pantai Amal Baru, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

7. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Facebook.com @potrettarakan

Tanjung Batu memiliki pemandangan khas pantai dengan hamparan pasir pantai yang luas, dan suasana yang meneduhkan. Suasana damai sangat terasa ketika memasuki kawasan pantai ini, ombak pantainya terkesan tenang sehingga aman digunakan untuk berenang.

Anda juga dapat menikmati pemandangan air yang berwarna biru kehijauan, berpadu dengan langit biru yang indah, pepohonan yang teduh, dan batuan karang yang banyak ditemukan di Pantai Tanjung Batu.

Lokasi: Mamburungan Timur, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

8. Museum Flora dan Fauna Tarakan

Museum Flora dan Fauna Tarakan
Image Credit: Heikaku.com

Kalimantan memang salah satu wilayah yang dianugerahi banyak flora dan fauna khas, sehingga kekayaan tersebut didokumentasikan pada sebuah museum flora dan fauna. Pada museum ini, Anda akan diajak untuk mengenal lebih dekat dan juga belajar mengenai keanekaragaman flora dan fauna endemik Tarakan.

Seluruh binatang dan tumbuhan ini, sudah diawetkan agar lebih mudah untuk dibawa ke dalam museum dan dipelajari oleh semua wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

9. Museum Sejarah Perang Dunia II

Museum Sejarah Perang Dunia II
Image Credit: Kompas.com

Tarakan memang memiliki kisah tersendiri terhadap kejadian perang dunia II di masa lalu. Sebab itu, daerah ini membangun sebuah museum untuk mengumpulkan dokumen-dokumen dan data mengenai perang dunia II.

Anda bisa mempelajari segala seluk-beluk perang dunia yang terjadi di Tarakan, melalui foto-foto dan benda bernilai sejarah yang dipajang dan dipamerkan di museum tersebut. Museum ini terletak di bangunan yang megah, dan banyak dijadikan spot foto.

Lokasi: Kampung Empat, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

10. Wana Wisata Persemaian

Wana Wisata Persemaian
Image Credit: Heikaku.com

Salah satu tujuan wisata hits di Kota Tarakan selanjutnya adalah Wana Wisata Persemaian. Tempat ini merupakan salah satu tempat persemaian dari berbagai macam jenis tanaman yang ada di kota Tarakan.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tarakan yang Murah & Enak

Anda tidak hanya bisa menikmati liburan menyenangkan, tapi juga mempelajari berbagai jenis tumbuhan dan cara menanam atau merawat tumbuhan yang sudah mulai langka. Anda juga dapat menyaksikan berbagai jenis hewan dilindungi yang hidup secara bebas disini.

Lokasi: Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan.

11. Gunung Putih

Gunung Putih
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Gunung putih menjadi salah satu tempat wisata unik di Tarakan dan terbilang sangat populer, sehingga ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Mengunjungi kawasan wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa tebing-tebing gunung kapur yang memiliki warna keputihan pada dindingnya.

Warna tebing dari pegunungan kapur ini memang terlihat kontras dengan pemandangan sekitar yang berwarna kehijauan, namun malah membuat pemandangan terlihat eksotis.

Lokasi: Kec. Tanjung Palas, Kab. Bulungan.

12. Taman Berkampung

Taman Berkampung
Image Credit: Google Maps (Guru Ngaji Blogger)

Taman rekreasi ini menjadi jujukan favorit para keluarga yang ingin menikmati wisata liburan murah. Taman yang begitu luas ini, paling asyik dikunjungi pada sore hari untuk jogging ataupun sekedar jalan-jalan saja.

Di setiap sudut taman, juga disediakan bangku yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar Taman Berkampung yang menyenangkan. Ketika malam hari, suasana taman ini makin menarik dengan tambahan lampu hias warna-warni.

Lokasi: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan.

13. The Bais Hills

The Bais Hills
Image Credit: Tarakan.info

The Bais Hills menjadi salah satu destinasi wisata modern untuk bermain air. Wisata ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga, ataupun teman-teman. Taman rekreasi ini memiliki kolam renang besar dengan berbagai ukuran, yang bisa dinikmati segala kalangan.

Tidak hanya itu saja, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan wahana permainan yang sangat menarik dan disukai anak-anak. Dengan begitu, Anda bisa menikmati liburan akhir pekan dengan bergembira.

Lokasi: Jl. Amal Baru, RT. 06, Pantai Amal, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

14. Dermaga Speed Tengkayu

Dermaga Speed Tengkayu
Image Credit: Prokal.com

Di salah satu sudut Pelabuhan Tengkayu, terdapat sebuah dermaga yang sering dikunjungi masyarakat setempat untuk menikmati pesona keindahan pantai yang menakjubkan. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai berwarna biru yang menyegarkan mata.

Wisata ini banyak dikunjungi di kala pagi dan sore hari karena memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sungguh elok, ditambah dengan angin semilir yang menyejukkan.

Lokasi: Sebengkok, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

15. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata
Image Credit: Phinemo.com

Konsep wisata edukasi lainnya yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi kota Tarakan adalah Penangkaran Buaya Juwata. Di tempat yang memiliki luas 5 hektar ini, terdapat empat jenis buaya yang berasal dari Kalimantan dan Papua.

Tempat penangkaran buaya ini, umumnya difungsikan sebagai tempat untuk mengembangbiakkan buaya saja. Namun, karena banyak menarik minat pengunjung, kemudian tempat ini dibuka oleh pengelola setempat untuk dijadikan objek wisata.

Lokasi: Karang Harapan, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

16. Baloy Adat Tidung

Baloy Adat Tidung
Image Credit: Instagram.com @yohanesebidius

Sayang rasanya jika berlibur ke Kota Tarakan tanpa mampir ke destinasi wisata budaya yang ada di daerah ini. Salah satu wisata budaya yang bisa Anda kunjungi adalah Baloy Adat Tidung. Disana, Anda akan melihat rumah adat Suku Tidung yang sangat menarik dan unik.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tarakan yang Murah & Enak

Tidak hanya melihat rumah suku asli, Anda juga dapat berkunjung ke singgasana kepala adat besar suku tidung yang sangat megah. Anda akan dibuat takjub ketika melihat singgasana yang sangat mewah bak kerajaan.

Lokasi: Karang Anyar Pantai, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

17. Pesta Rakyat Iraw Tengkayu

Pesta Rakyat Iraw Tengkayu
Image Credit: Korankaltara.com

Anda juga bisa melihat upacara yang kental dengan adat dan budaya Tarakan. Upacara ini dikenal sebagai Pesta Rakyat Iraw Tengkayu, dimana upacara ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur atas segala rezeki dan karunia yang diberikan Tuhan.

Pesta adat yang sarat akan nilai syukur dan kebudayaan ini, seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asli Tarakan maupun dari luar kota. Namun pesta rakyat ini tidak memiliki jadwal yang pasti terkait pelaksanaannya.

Lokasi: Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

18. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar
Image Credit: Indonesiatourism.com

Museum Rumah Bundar, memiliki gaya arsitektur yang sangat unik. Museum kecil ini didesain dengan bentuk setengah tabung bundar yang berdiri dengan kokoh. Meskipun dari bagian depan tampak bangunan yang begitu kecil, namun siapa sangka di dalamnya museum ini menyimpan berbagai macam benda yang memiliki cerita sejarah.

Diantaranya adalah koleksi sisa peralatan perang tentara Jepang dan sekutu dan juga berbagai foto saat Perang Dunia ke-2 di wilayah Tarakan.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

19. Taman Oval Ladang

Taman Oval Ladang
Image Credit: Korankaltara.com

Taman Oval Ladang menjadi salah satu sarana hiburan dan rekreasi yang sangat menarik di Kota Tarakan. Taman yang memiliki struktur berbentuk oval ini, terlihat begitu rapi dan terkesan sangat tenang dan juga asri. Pada bagian dalam taman, terdapat berbagai macam patung yang estetik untuk dibuat latar berswafoto.

Anda juga bisa menikmati segarnya air mancur dengan suasana yang teduh. Sesekali, pengelola setempat akan mengadakan pentas seni untuk memanjakan pengunjung.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

20. Islamic Center Tarakan

Islamic Center Tarakan
Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Tidak hanya wisata alam dan wisata edukasi, Anda juga dapat menemukan wisata religi ketika mengunjungi Bumi Paguntaka ini. Berkunjung ke Islamic Center Tarakan, Anda akan menemukan pusat studi keagamaan yang terletak di sebuah bangunan megah.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi masjid terbesar di wilayah Kalimantan yang sangat kokoh. Memiliki tiga buah kubah besar, ditambah dengan menara yang menjulang tinggi, membuat masjid ini memiliki daya pikat tersendiri.

Lokasi: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan.

Bumi Paguntaka atau yang biasa dikenal dengan Kota Tarakan, ternyata memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menyenangkan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota yang terletak di pulau terpisah ini. Anda akan dimanjakan dengan berbagai wisata alam yang menenangkan, wisata edukasi yang sarat akan ilmu pengetahuan, wisata budaya yang menakjubkan, hingga wisata religi yang tidak kalah populer. Kota Tarakan, dapat menjadi pilihan liburan anda.