Tasikmalaya menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki pesona menawan. Tak heran jika kota satu ini juga menjadi tujuan untuk liburan. Objek wisata yang ada di kota Tasikmalaya akan membuat liburan Anda menyenangkan. Tasikmalaya sendiri merupakan kota yang tak jauh dari Jakarta namun juga tidak dekat. Aksesnya juga mudah sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Jika Anda ingin berlibur ke Tasikmalaya, berikut 20 tempat wisata paling hits yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan atau Cipatuh

Cipatuh
Image Credit: Inilahtasik.com

Tempat satu ini bisa dikatakan masih perawan dan belum banyak yang mengunjunginya. Pemandangan alam yang dimiliki tempat satu ini akan membuat Anda terpana. Anda juga tak hanya bisa menemukan pancuran air, namun juga kolam renang dengan air panas.

Hal spesialnya kolam ini berwarna biru yang akan sangat cantik jika Anda jadikan lokasi swafoto. Meskipun untuk sampai ke tempat ini butuh perjuangan panjang, tetapi akan membayar lunas lelah Anda.

Lokasi: Sundakerta, Kec. Sukahening, Kab. Tasikmalaya.

2. Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah
Image Credit: Oomph.co.id

Untuk Anda para petualang yang ingin menikmati keindahan alam dengan trekking, maka Tonjong Canyon Cipatujah ini harus Anda kunjungi. Banyak yang menganggap jika Tonjong Canyon merupakan replika dari Green Canyon.

Anda tak akan menyesal mengunjungi tempat satu ini. Tebing bebatuan yang kokoh dengan air sungai yang tenang begitu menawan. Airnya yang jernih juga sangat menggoda untuk berenang di sungainya.

Lokasi: Nagrog, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

3. Taman Rekreasi Pasir Kirisik

Taman Rekreasi Pasir Kirisik
Image Credit: Travelblog.id

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata dengan banyak spot foto, Anda harus mengunjungi taman rekreasi satu ini. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang mempesona.

Awalnya, tempat wisata ini adalah villa keluarga yang kemudian dibuka secara umum. Spot foto seperti ayunan, lanskap menara pisa, hingga wahana 3D yang harus Anda kunjungi. Udaranya yang sejuk akan membuat Anda betah berlama lama di tempat ini.

Lokasi: Desa Guranteng, Kec. Pagerageung, Kab. Tasikmalaya.

4. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari
Image Credit: Wisatapriangan.co.id

Tak hanya memiliki pemandangan yang mempesona, Tasikmalaya juga miliki pantai yang tak kalah eksotis. Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang lokasinya berdekatan dengan konservasi penyu hijau. Sehingga Anda bisa sekalian mampir setelah pulang dari pantai ini.

Hal yang membuat pantai ini harus dikunjungi adalah ombaknya yang landai yang membuat Anda bebas bermain di pantainya. Anda juga bisa hunting foto di Pantai Pamayangsari ini.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

Lokasi: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

5. Curug Ciwatin Dengdeng

Curug Ciwatin Dengdeng
Image Credit: Wisatajabar.com

Wisata alam di Tasimalaya memang begitu kaya, Anda bisa mengunjungi Curug Dengdeng. Anda bisa menyaksikan air terjun yang berundak yang mempesona. Terdapat tiga tingkatan yang memiliki aliran berbeda. Meskipun aliran airnya cukup deras, namun masih terbilang aman untuk bermain air di kolam alaminya.

Untuk mencapai curug ini Anda memang harus trekking 30 menitan. Pemandangannya yang indah akan membayar lunas perjalanan panjang Anda.

Lokasi: Linggalaksana, Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya.

6. Curug Apun

Curug Apun
Image Credit: Google Maps (SMANSO Channel)

Di Curug Apun Anda bisa menikmati keindahan curug dengan cara berbeda. Tak heran jika tempat satu ini sangat hits dan banyak dikunjungi. Sebab di Curug Apun, Anda akan menaklukkan air terjun dari atas ke bawah. Curug Apun memang dikenal sebagai spot untuk canyoning yang terbaik dan ekstrem.

Menuruni tebing dengan air terjun ini tentunya didampingi oleh kru yang berpengalaman. Yang jelas Anda akan merasakan liburan yang tak terlupakan.

Lokasi: Cikukulu, Kec. Karangnunggal, Kab. Tasikmalaya.

7. Jembatan Akar Santoaan

Jembatan Akar Santoaan
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Tempat wisata satu ini cocok untuk Anda yang berburu spot yang unik. Jembatan Akar Santoaan ini memang terbentuk dari 2 pohon yang tumbuh dan dipisahkan oleh sungai Santoaan. Dan tempat satu sangat cocok untuk para petualang, sebab Anda harus melakukan trekking sekitar 1 km.

Selama perjalanan Anda juga akan disuguhkan dengan hal hal yang mengesankan. Jembatan akar ini berada di atas sungai dengan bebatuan yang membuat makin cantik.

Lokasi: Kampung Tataeu, Desa Tenjonegara, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya.

8. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung
Image Credit: Instagram.com @antonadyansyah

Bumi Parahyangan memang memiliki banyak curug cantik, rasanya tak akan lengkap jika Anda tak berkunjung ke Curug Agung Galunggung ini. Air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini memiliki keindahan yang mengagumkan. Anda memang tidak bisa bermain di bawahnya karena memang tak ada aksesnya.

Namun keindahan dari kejauhan pun akan membuat Anda takjub. Di malam hari akan ada permainan cahaya pada air terjunnya yang mempesona.

Lokasi: Jl. Ke Kawah, Linggajati, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya.

9. Curug Panetean

Curug Panetean
Image Credit: Youtube.com (IM ai em)

Masih seputar wisata alam curug, kali ini Anda bisa merasakan berendam di kolam alami. Jika melihat Curug Panetean dari jauh mirip dengan lukisan yang sangat cantik. Kolam alaminya dipisahkan dengan bebatuan ketika airnya sedang tak deras.

Anda akan dibuat terpesona dengan keindahan Curug Penetean ini. Di tempat ini Anda juga bisa berburu foto keren untuk kemudian Anda unggah di media sosial. Yang jelas curug satu ini tak boleh Anda lewatkan.

Lokasi: Pangliaran, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya.

10. Rumah Batu Karangnunggal

Rumah Batu Karangnunggal
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Mungkin tempat satu ini bukanlah tempat yang baru, karena sebelumnya lokasi wisata ini terbilang ternama. Namun kini memiliki tampilan baru meskipun kesannya terbengkalai justru membuatnya tampak eksotis. Adanya tanaman rambat membuat bangunan rumah batu ini makin terlihat menawan.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Depok yang Paling Populer

Memasuki rumah batu ini, Anda juga bisa melihat perabotan di dalam rumah yang tentunya unik. Tak heran jika banyak dijadikan sebagai spot foto menawan.

Lokasi: Cintasari, Desa Cibatu, Kec. Karangnunggal, Kab. Tasikmalaya.

11. Wisata Gunung Galunggung

Wisata Gunung Galunggung
Image Credit: Mapio.net

Anda pecinta naik gunung, Anda harus merasakan menaklukkan Gunung Galunggung ini. Dari atas ketinggian Anda akan disuguhkan lukisan sang Maha yang begitu luar biasa. Hawa sejuk yang menenangkan akan membuat semua penat Anda hilang. Wisata satu ini memang bukanlah wisata baru, namun hingga saat ini masih hits di kalangan para traveller. Sehingga tak ada salahnya Anda mengunjungi tempat yang mempesona ini.

Spot yang tak boleh dilewatkan jika ke Gunung Galunggung adalah gardu pandangnya. Sebab dari spot ini, Anda akan mendapatkan pemandangan yang lebih memukau. Perpaduan hijaunya perbukitan lengkap dengan suasana perkotaan dari jauh. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, Anda bisa datang saat malam hari. Lampu lampu di bawah akan membuat Anda terkesima dan terkesan saking indahnya.

Lokasi: Linggawangi, Kec. Leuwisari, Kab. Tasikmalaya.

12. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image Credit: Instagram.com @taufanramdhany

Pantai satu ini juga masih menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta juga tak jauh dari pusat kota dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Pasir putih dengan air lautnya yang bersih menjadi perpaduan yang sempurna.

Mengunjungi pantai ini Anda berkesempatan menilik keindahan Taman Laut Lengsar. Dimana ada banyak biota laut dan terumbu karang yang begitu mempesona.

Lokasi: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

13. Desa Wisata Taraju

Desa Wisata Taraju
Image Credit: Heikaku.com

Untuk merasakan liburan yang lebih menyenangkan, Anda bisa mengunjungi desa wisata Taraju ini. Di desa ini Anda bisa melihat hamparan perkebunan teh yang luas. Sangat cocok untuk menghempas penat dan sedikit keluar dari keriuhan kota.

Di tempat ini Anda juga bisa mengunjungi Gunung Luhur untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Penduduknya desa wisata ini juga ramah sehingga Anda akan merasa nyaman.

Lokasi: Desa Wisata Taraju, Kec. Taraju, Kab. Tasikmalaya.

14. Karaha Bodas

Karaha Bodas
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Karaha Bodas merupakan tempat wisata yang eksotis dan juga hits. Terutama di kalangan pemburu foto. Tempat satu ini juga bisa dikatakan sebagai kawah putihnya Tasikmalaya. Anda akan disuguhkan dengan hamparan putih yang berpadu dengan pemandangan sekitar yang mempesona.

Anda bisa trekking untuk menyusuri kawah dan juga menjajal air panas di beberapa titik. Selain itu juga banyak background yang instagramable.

Lokasi: Desa Kadipaten, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.

15. Kampung Naga

Kampung Naga
Image Credit: Sky-adventure.com

Tak hanya berwisata alam, Anda juga bisa berwisata budaya yang tak kalah menarik. Kampung Naga ini merupakan kampung yang ditinggali masyarakat Sunda yang masih menjujung tingi adat istiadatnya.

Terletak di lembah yang subuh, Anda bisa mengintip rumah panggung yang hampir sama setiap rumahnya. Pemandangan alamnya juga tak kalah cantik sehingga Anda wajib mengunjungi Kampung Naga ini.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Bandung yang Murah & Enak

Lokasi: Desa Neglasari, Kec. Salawu, Kab. Tasikmalaya.

16. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Tour.koropak.co.id

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai tersembunyi dengan sejuta pesona yang tak terelakkan. Meskipun sudah ada sejak lama, namun masih banyak orang yang belum mengetahui pantai ini. Dan akibat fotonya yang tersebar di media sosial membuatnya semakin hits.

Pantai ini memang dikelilingi tebing tebing eksotis dengan panorama yang sangat mempesona dan menyejukkan mata. Suasananya yang asri dan terjaga membuat betah berlama lama.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

17. Curug Badak Batu Hanoman

Curug Badak Batu Hanoman
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Curug di Tasikmalaya memang memiliki pesona yang luar biasa. Curug yang harus Anda kunjungi ketika ke Tasikmalaya adalah Curug Badak Batu Hanoman. Anda juga tak perlu menempuh jalan yang terjal untuk sampai ke Curug. Cukup menempuh 100 m yang melewati hutan pinus dengan berjalan kaki.

Di curug ini Anda juga bisa menemukan coffee shop dengan bangunan yang sangat pas untuk swafoto sambil menikmati kopi atau camilan ringan.

Lokasi: Sukasetia, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya.

18. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark
Image Credit: Instagram.com @kabayan__

Bagi Anda yang ingin bermain di waterpark, Tasikmalaya memiliki Teejay Waterpark. Menariknya waterpark ini berada di kawasan Mall Plaza Asia. Berbagai fasilitas menarik dan juga wahana permainan airnya akan membuat liburanmu makin seru. Karena terdapat seluncuran dengan level yang berbeda.

Pemandangan sekelilingnya juga tak boleh dilewatkan untuk dinikmati. Tenang saja tiket masuk Teejay Waterpark juga cukup terjangkau.

Lokasi: Komplek Plaza Asia, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

19. Talaga Denuh

Talaga Denuh
Image Credit: Dyaiganov.com

Jika Anda tempat wisata yang belum banyak dikunjungi, Anda bisa mengunjungi Talaga Denuh. Danau ini berada di atas bukit dengan pemandangan alamnya yang begitu menakjubkan.

Untuk menuju Talaga Denuh, Anda memang harus mengakses jalanan yang terjal dan jauh dari pusat kota. Selama perjalanan Anda tak akan bosan karena keindahan yang dimilikinya. Begitu sampai di Talaga Denuh, semua lelah perjalanan Anda akan menguap seketika.

Lokasi: Kampung Daracana, Desa Cikuya, Kec. Bojongsari, Kab. Tasikmalaya.

20. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik
Image Credit: Instagram.com @alextejasukmana

Tempat wiata satu ini dekat dengan pusat kota dan juga bisa Anda kunjungi jika ke Tasikmalaya. Taman satu ini akan memanjakan Anda dengan berbagai fasilitas dan juga wahananya. Taman dengan luas 32 ha ini menggabungkan wisata edukasi, alam, atraksi dan juga agrowisata.

Di taman kota ini, Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang sangat instagramable. Anda juga bisa menantang adrenalin dengan menjajal flying fox sampai arum jeramnya.

Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya.

Keindahan yang dimiliki oleh Tasikmalaya dari segi alamnya memang membuat kota ini banyak tempat wisata. Dan beberapa destinasi wisata pada ulasan ini bisa Anda jadikan refrensi ketika Anda sedang di Tasikmalaya. Keindahan alamnya akan membuat liburan Anda tak terlupakan dan tentunya seru. Meskipun beberapa membutuhkan perjuangan panjang karena aksesnya yang belum memadai.