Terkenal sebagai surganya berburu wisata kuliner, ternyata Tegal juga menyimpan sejumlah objek wisata yang siap memanjakan hari liburmu. Meski lokasinya berada di pesisir laut, jenis wisata yang disuguhkan cukup beragam dan masih terjaga keasriannya. Mulai dari wisata air hingga pemandangan khas dataran tinggi bisa ditemukan di Tegal.

Jika kesulitan untuk memilih tempat terbaik di Tegal, simak rekomendasi tempat wisata yang patut Anda kunjungi berikut ini.

1. Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci
Image Credit: Travelspromo.com

Tegal memang berlokasi di pesisir pantai yang notabene memiliki suhu hangat, namun bukan berarti disini pengunjung tidak akan menemukan pemandian air panas. Pasalnya Kabupaten Tegal memiliki Wisata Air panas Guci yang bahkan menjadi ikon wisatanya. Lokasinya sendiri berada tepat di kaki Gunung Slamet, sehingga perpaduan suasana sejuk dan air panasnya tampak menyatu sempurna untuk menikmati hari senggang.

Nuansa sekitar tempat wisata pun terbilang cukup asri, dimana pengunjung bisa melepaskan penat sembari menikmati hangatnya air dari alam bersamaan dengan pemandangan cantik yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya, tepat wisata alam nan asri satu ini wajib dikunjungi selama singgah di Tegal. Dijamin kecantikan alamnya tidak akan pernah mengecewakan, namun justru membuat pengunjung candu mengunjunginya lagi di lain hari.

Lokasi: Kalengan, Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

2. Danau Beko

Danau Beko
Image Credit: Wisatategal.com

Menawarkan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan, namun siapa sangka ternyata Danau Beko merupakan bekas penambangan batu kapur yang kemudian terisi oleh air hujan. Cekungan tersebut perlahan menjadi penuh dan berubah menjadi sebuah Danau yang indah dan dapat memanjakan mata.

Berkat keindahannya tersebut, tempat wisata ini pun banyak diburu oleh pecinta fotografi yang tertarik mengabadikan kecantikannya.

Lokasi: Jatilaba, Kec. Margasari, Kab. Tegal.

3. Goa Lawa

Goa Lawa
Image Credit: Ranislive.blogspot.com

Namanya sudah tidak terdengar asing, dimana Goa Lawa memang cukup populer dikunjungi wisatawan yang tengah singgah di Tegal. Tempat wisata alam satu ini sangat cocok untuk kamu yang mengidamkan berlibur di tempat yang berbau alam dan sedikit sensasi petualangan.

Selama mengunjungi Goa Lawa, dijamin wisatawan tidak akan berhenti terpesona dengan kecantikan alam yang disuguhkannya.

Lokasi: Harjowinangun, Kec. Balapulang, Kab. Tegal.

4. Goa Lawet

Goa Lawet
Image Credit: Facebook.com @Tegal Laka Laka

Selain Goa Lawa, Tegal juga menyimpan keindahan lainnya yang kemudian diberi nama Goa Lawet. Sudah ada sejak ratusan tahun silam, dimana tempat wisata populer satu ini diyakini sebagai tempat pertama bagi pada raja atau sejumlah penguasa yang berada di Kerajaan Mataram singgah.

Bahkan kondisinya tetap terjaga dengan baik, sehingga semakin menambah daya tariknya untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Solo yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Raya Harjawinangun, Harjowinangun, Kec. Balapulang, Kab. Tegal.

5. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban
Image Credit: Inibaru.id

Tempat wisata yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Waduk Cacaban yang menyuguhkan pemandangan sedap dipandang berlama lama. Sebelum dibangun menjadi waduk, siapa sangka dahulunya kawasan ini hanyalah perbukitan tandus yang mungkin tidak akan dilirik sedikitpun. Akhirnya pada tahun 1952, aliran sungainya dibendung hingga muncullah perbukitan teletabis secara alami.

Lokasi: Sirampog, Cacaban, Kec. Kedung Banteng, Kab. Tegal.

6. Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah Tegal
Image Credit: Inibaru.id

Jika hanya sempat singgah sebentar saja, pastikan untuk mengunjungi Pantai Alam Indah Tegal terlebih dahulu. Berlokasi di bagain utara kota Tegal dan tidak jauh dari pusat kota, membuatnya ramai dikunjungi bahkan di hari biasa sekalipun.

Hal yang membuat objek wisata ini menarik, yaitu perpaduan warna hitam pada pasirnya yang berpadu mesra dengan warna birunya air lautnya yang jernih.

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

7. Pantai Larangan

Pantai Larangan
Image Credit: Detik.com

Masuk sebagai pantai terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, menjadikan Pantai Larangan sebagai tempat yang wajib dikunjungi berikutnya. Keunikan utamanya terletak pada puluhan pohon cemara laut yang ditanam dengan sengaja untuk sistem penghijauan bagian pesisir pantainya.

Hasil penanaman tersebut, membuat pantai tampak lebih sejuk dan nyaman sebagai tempat bersantai bersama dengan orang tersayang.

Lokasi: Larangan, Kec. Munjung Agung, Kab. Tegal.

8. Pantai Muara Reja

Pantai Muara Reja
Image Credit: Korantegal.com

Meski pada awalnya tidak terlalu terkenal, kini pantai cantik satu ini sudah mulai ramai dikunjungi berkat keindahan alamnya yang masih terjaga. Miliki haparan pasir dengan panjang sekitar 1 km, pengunjung pun bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti membuat istana pasir ataupun sekedar duduk santai.

Di sekitar pantainya pun tumbuh pohon cemara yang menjulang tinggi, yang membuat suasana sekitarnya tampak sejuk dan menenangkan.

Lokasi: Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

9. Curug Penganten

Curug Penganten
Image Credit: Wisatategal.com

Apabila tertarik bermain air dengan nuansa berbeda, sepertinya kamu bisa mendatangi Curug Penganten sebagai alternatifnya. Salah satu alasan mengapa tempat wisata ini begitu menarik, terlihat dari air terjunnya yang unik daripada air terjun pada umumnya. Dimana air terjun pertama terlihat memiliki aliran air yang turun langsung ke bawah, sedangkan curug yang satunya memancarkan arus lebih deras.

Lokasi: Ladang,Hutan, Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

10. Curug Cantel

Curug Cantel
Image Credit: Merahputih.com

Suguhkan air yang terjun dengan deras dan dipadukan dengan landscape bebatuan yang indah, berhasil menciptakan pemandangan eksotis untuk memanjakan mata. Pemandangan cantik tersebut bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Curug Cantel.

Bahkan perjalanan menuju lokasi wisatanya, wisatawan harus melewati tracking yang siap menguji adrenalin. Apabila beruntung, kemungkinan besar kamu bisa melihat hewan liar tengah berkeliaran di sekitar rute tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Kalipedes, Ladang,Hutan, Sigedong, Kec. Bumijawa, Kab. Brebes.

11. Curug Kembar

Curug Kembar
Image Credit: Ditegal.com

Sesuai dengan pemberian namanya, kawasan wisata alam satu ini menyajikan 2 buah air terjun dalam satu tempat yang lokasinya cukup berdekatan. Keunikan curugnya pun hampir serupa dengan Curug Penganten, namun yang membedakanya adalah suhu airnya yang cenderung hangat dibandingkan air terjun kebanyakan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Paling Populer

Berkat keunikannya tersebut, tempat wisata ini bisa menjadi tempat favorit melepaskan penat setelah melakukan aktifitas harian.

Lokasi: Desa Curug, Kec. Pangkah, Kab. Tegal.

12. Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari
Image Credit: Wego.co.id

Curug Pitu Margasari merupakan tempat wisata favorit lainnya bagi kamu yang memiliki jiwa petualang. Pasalnya untuk bisa sampai disana, pengunjung harus sedikit berusaha karena medan yang dilalui tidaklah mudah.

Meski demikian, keindahan Curug dan alam sekitarnya sudah bisa mengobati rasa lelah yang dirasakan. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman tidak terlupa, karena perjalanan akan melewati hutan tropis yang masih alami.

Lokasi: Wanasari, Kec. Margasari, Kab. Tegal.

13. Curug Putri

Curug Putri
Image Credit: Wisatategal.com

Curug Putri bisa menjadi tempat wisata alternatif yang tidak kalah menarik dikunjungi. Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun tidak bisa menutupi keindahan alamnya yang terus terpancar untuk menarik wisatawan datang berkunjung.

Sebelum menikmati keindahannya, kamu perlu melewati tracking yang tidak bisa dikatakan gampang agar bisa sampai di lokasi utamanya.

Lokasi: Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes.

14. Gunung Tanjung

Gunung Tanjung
Image Credit: Forsitsolved.blogspot.com

Mempunyai jiwa bebas dan senang dengan katifitas hiking, maka Gunung Tanjung bisa menjadi tempat pertama yang wajib dikunjungi. Selama perjalanan berlangsung, para pendaki akan disambut dengan keindahan alam berupa hamparan sawah nan hijau hingga aliran air dari Sungai Gung yang tampak sejuk dipandang. Di tengah perjalanan, pengunjung juga bisa menemukan Jembatan Sunglon yang bisa menjadi spot menarik untuk berburu pesona alam.

Ketika merasa lapar dan haus, tidak ada salahnya mampir sebentar ke warung makan yang ditemui di tengah perjalanan. Menyediakan berbagai kuliner lezat yang siap memanjakan perut yang sedaritadi keroncongan, dijamin rasanya tidak bisa dilupakan begitu saja. Bahkan di tengah perjalanan bukan tidak mungkin untuk menemukan area pemancingan yang bisa dijadikan sebagai lahan berburu ikan untuk dikonsumsi.

Lokasi: Lebaksiu Kidul, Kec. Lebaksiu, Kab. Tegal.

15. Wisata Konservasi Karang Jeruk

Wisata Konservasi Karang Jeruk
Image Credit: Jelajahkhatulistiwa.com

Seperti nama yang diberikan, tempat wisata ini merupakan wilayah khusus konservasi aneka ragam hayati yang berada di lautan lepas dan masih berada di wilayah perairan Tegal. Sejumlah jenis ikan menggemaskan dan tampak lezat dikonsumsi bisa kamu temukan disana, seperti ikan kerapu hingga tenggiri akan menghiasi lautan lepasnya. Banyaknya jenis ikan yang bisa dikonsumsi, tempat ini pun bisa menjadi tempat favorit untuk memancing.

Aktifitas seru lainnya yang bisa dilakukan disana yaitu diving serta snorkeling, mengingat keindahan bawah lautnya tidak kalah menarik untuk dikupas. Selain menikmati keindahan bawah lautnya, secara tidak langsung kamu bisa mempelajari ekosistem biota laut yang berada di dalamnya. Dijamin hari liburmu akan menjadi lebih berwarna dan bermanfaat dalam sekali gayung.

Lokasi: Desa Munjungagung, Kec. Kramat, Kab. Tegal.

16. Bukit Bintang Guci

Bukit Bintang Guci
Image Credit: Infotegal.tumblr.com

Dinamakan sebagai bukit bintang, pasalnya pengunjung bisa menikmati indahnya kelap kelip cahaya yang berasal dari lampu rumah masyarakat Tegal yang dilihat dari ketinggian tertentu. Sedangkan pemberian nama Guci sendiri, berasal dari lokasi dimana bukit tersebut berada. Berkat namanya yang unik namun mudah diingat ini, membuatnya semakin ramai dikunjungi wisatawan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Paling Populer

Lokasi: Ladang,Hutan, Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

17. Bukit Cepu Batumirah

Bukit Cepu Batumirah
Image Credit: Ellencindywidianty.blogspot.com

Senang berkeliling bukit sembari menikmati udara sejuknya ? Sepertinya Bukit Cepu Baturmirah bisa menjadi tempat wisata favorit yang sayang dilewatkan begitu saja. Agar sampai di lokasi tersebut, dibutuhkan tenaga dan ekstra hati hati karena medannya yang hanya berupa jalan setapak. Sedangkan kendaraan pribadi akan dititipkan di parkiran yang berlokasi di bawah Bukit cantik satu ini.

Meski dibutuhkan perjuangan untuk bisa sampai di puncaknya, selama perjalanan kamu tidak akan berhenti takjub dengan keindahan alam yang disuguhkan. Usai beberapa lama melintasi bukit tersebut, kamu juga bisa menemukan sejumlah anak tangga yang wajib dilewati. Setidaknya ada 950 buah anak tangga, sehingga pengunjung yang berniat menjelajahinya memang harus menyiapkan tenaga lebih dan pastikan tubuh tetap prima.

Lokasi: Batumirah, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

18. Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi
Image Credit: Infotegal.com

Bukit yang tidak kalah indah untuk dikunjungi selama berada di Tegal adalah Bukit Rangkok Pagerwangi. Sebenarnya tempat wisata alam satu ini berua bebatuan yang dilengkapi dengan ilalang yang tumbuh subur di puncak bukitnya.

Selama berada disana, pemandangan alam sekitar tampak jelas dan berhasil menyihir pandangan siapapun yang melihatnya. Sunrise disebut sebagai momen terbaik selama berada di puncak bukit cantik ini.

Lokasi: Pagerwangi, Kec. Balapulang, Kab. Tegal.

19. Rita Park dan Rita Mall

Rita Park dan Rita Mall
Image Credit: Wisatakaka.com

Tertarik menikmati aneka wahana seru bersama dengan keluarga tersayang maupun kerabat terdekat? Tampaknya liburan selanjutnya bisa mengunjungi si Rita Park dan Rita Mall sebagai pilihannya. Salah satu alasan mengapa tempat wisata ini begitu digandrungi yaitu banyaknya wahana yang bisa dipilih baik khusus untuk anak-anak hingga permainan menantang adrenalin untuk orang dewasa.

Lokasi wisata pun berdekatan dengan Mall, sehingga tidak ada salahnya untuk mampir sebentar sembari mencuci mata.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No.155, Kemandungan, Kec. Tegal Baru, Kota Tegal.

20. Sulaku Bumi Jawa Park

Sulaku Bumi Jawa Park
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Selain wisata alam, ternyata ada sejumlah wisata buatan yang tidak kalah seru untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Sulaku Bumi Jawa Park. Selama berada disini, pengunjung dapat merasakan airnya yang sejuk sembari mencoba berbagai wahana permainan yang telah disediakan. Lebih menariknya lagi, pengunjung juga suguhkan dengan pesona alam sekitar yang mampu memanjakan mata.

Puas mencoba berbagai permainan, jangan lupa untuk mencoba pemandian uap sembari ditemani dengan jamu rebus. Hanya dalam beberapa menit saja, tubuh terasa lebih rileks nan segar serta mampu menghilangkan rasa pegal pegal. Bayangkan saja jika aktifitas ini bisa dilakukan secara rutin, kemungkinan besar tubuh akan menjadi sehat dan bugar untuk menjalani hari.

Lokasi: Jl. Wredameta No.444, Pagupakan, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

Tawarkan segudang tempat wisata menakjubkan dan memanjakan mata, Tegal pun menjadi kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan. Beruntungnya, sebagian besar objek wisata yang direkomendasikan dapat ditempuh menggunakan berbagai moda kendaraan baik umum maupun kendaraan pribadi. Sehingga para pelancong yang berasal dari daerah yang jauh, bisa dengan mudah mengakses jalur menuju tempat wisata dengan mudah.