Temukan Tempat Wisata Terbaik di Temanggung, Jawa Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian, Populer & Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Berlibur adalah waktunya untuk melepaskan penat di pikiran dengan berbagai cara, salah satunya dengan berkunjung ke Temanggung untuk menikmati sajian alamnya yang begitu mempesona. Mulai dari wisata di dataran tinggi sambil menyaksikan pepohonan rindang, hingga wisata air dan taman tersedia disini, dijamin wisatawan akan dibuat jatuh hati sejak menginjakkan kaki di kota ini. Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Temanggung yang layak Anda kunjungi.

1. Curug Onje

Curug Onje
Image Credit: Instagram.com @roysaptoko

Bertandang ke Temanggung tentu belum lengkap sebelum mengunjungi Curug Onje. Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, karena wisatawan bisa memanjat tebingnya dengan mudah ketika musim kemarau tiba. Namun jangan pernah berniat mencobanya ketika musim penghujan telah tiba, karena debit airnya sangat deras dan berbahaya.

Lokasi: Tanjungsari, Duren, Kec. Bejen, Kab. Temanggung.

2. Curug Titang

Curug Titang
Image Credit: Instagram.com @habriawan_

Curug Titang akan menjadi tempat terbaik bagi Anda yang rindu akan kesejukan dari jatuhan air yang terjun dari atas ketinggian tebing. Ketika sampai di lokasi wisata, Anda akan dibuat tak bergeming dengan keindahan air terjun tunggal satu ini. Tidak berada jauh dari lokasi wisata utama ini juga ditemukan air terjun yang tidak kalah indah untuk dikulik.

Terdapat sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan selagi berada di kawasan wisatanya. Salah satunya mencoba kesegaran airnya secara langsung, dengan cara berenang atau bermain air di sekitar kolam alaminya. Sedangkan pemandangan di sekitar air terjunnya tidak kalah indah, sehingga tidak perlu heran jika Curug Titang masuk dalam rekomendasi wisata alam yang wajib dikunjungi.

Lokasi: Ketitang, Nampirejo, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

3. Curug Trocoh

Curug Trocoh
Image Credit: Google Maps (RIDHO)

Mencari destinasi wisata alam yang dapat mendatangkan rasa damai dan tenang di hati, sepertinya Anda harus mencoba berkunjung ke Curug Trocoh. Disini pengunjung akan dibuat takjub tiada henti dengan adanya tebing tinggi yang dihiasi dengan air terjun. Tebing yang tampak gagah tersebut juga ditumbuhi berbagai pepohonan rindang yang menambah kesan menawan.

Seusai dengan pemberian namanya sendiri, disini air tampak mencuat tanpa henti walaupun memasuki musim kemarau sekalipun. Debit air yang begitu deras seakan tidak terpengaruh oleh pergantian musim inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Jatuhan airnya juga berubah menjadi kabut yang siap membasahi tubuh para pengunjung.

Lokasi: Dadapan, Tawangsari, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung.

4. Curug Guwung

Curug Guwung
Image Credit: Google Maps (WONG JOWO)

Salah satu destinasi wisata air yang sayang dilewatkan adalah Curug Guwung. Air yang terjun memang tergolong kecil dan juga tidak terlalu tinggi, namun keunikan inilah daya tarik utamanya. Kawasan wisata alam ini masih asri terjaga, sehingga udara di sekitar terasa sangat sejuk dan sedap dipandang berlama lama.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Paling Populer

Lokasi: Gunung Payung, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

5. Curug Lawe

Curug Lawe
Image Credit: Google Maps (Arya The Sneakerhead Pirate)

Waktu berlibur akan terasa paling pas jika berkunjung ke Curug Lawe. Wisata alam ini masih kental dengan nuansa alam yang masih terjaga dan alami bak belum tersentuh manusia. Di tempat ini pula, Anda tidak akan menemukan sampah sedikitpun yang menandakan bahwa ekosistem sekitar masih terjaga. Hanya dengan duduk di sekitar air terjunnya sudah berhasil meleburkan pikiran penat.

Lokasi: Muncar, Kec. Gemawang, Kab. Temanggung.

6. Hutan Rasamala

Hutan Rasamala
Image Credit: Instagram.com @alfanyachmad

Suasana hutan selalu berhasil menyajikan kedamaian di dalam hati, salah satunya bisa ditemukan di Temanggung. Hutan bernama Rasamala ini memiliki keunikan, dimana wisatawan bisa menemukan sebuah pohon walitis berukuran sangat besar dibandingkan dengan pohon lainnya. Di tempat ini pula, Anda bisa menemukan mata air yang begitu menyegarkan.

Lokasi: Tanggulanom, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung.

7. Embung Kledung

Embung Kledung
Image Credit: Google Maps (Luna House Yogjakarta)

Embung Kledung sebenarnya sebuah waduk berukuran kecil yang memiliki fungsi utama sebagai tempat menampung air bagi warga setempat. Sebelum dikenal sebagai tempat wisata hits seperti sekarang, dulunya Embung Kledung dimanfaatkan warganya sebagai sumber air alternatif terutama ketika musim kemarau telah tiba.

Selain dimanfaatkan airnya, lambat laun masyarakat menyadari bahwa Embung Kledung memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Sejak saat itulah Embung Kledung berubah menjadi tempat wisata baru yang berhasil menyita perhatian. Disini pengunjung bisa menyaksikan pesona alam bak Gunung Fujiyama yang begitu terkenal.

Lokasi: Jl. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

8. Kledung Pass

Kledung Pass
Image Credit: Google Maps (riski amaliah)

Sebelum dikenal seperti sekarang, dulunya Kledung Pass dikenal sebagai perkebunan teh dan tembakau. Lambat laun lokasi ini pun dikenal sebagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, mengingat sajian alamnya yang begitu mempesona. Akses menuju lokasi wisata juga tergolong mudah dilalui, sehingga jangan buang kesempatan emas untuk mengunjunginya segera.

Lokasi: Kledung, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

9. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Embung Tlogopucang adalah destinasi wisata yang tidak kalah menarik dikunjungi ketika menginjakkan kaki di daerah Temanggung. Telaga buatan ini sebenarnya tempat untuk menampung air hujan dan dijadikan sebagai sumber air ketika memasuki musim kemarau. Pembuatannya sendiri diakibatkan oleh faktor kekeringan yang kerap melanda tempat sekitar.

Perlahan namun pasti, telaga cantik ini pun diubah menjadi destinasi wisata hits yang kini semakin ramai diperbincangkan. Selain menikmati nuansa sekitar dan dijadikan sebagai sarana berlibur, tempat ini juga seringkali dijadikan sebagai spot terbaik untuk menghasilkan foto ciamik nan keren. Bahkan beberapa pengunjung mendirikan tenda sebagai cara menikmati sajian alamnya.

Lokasi: Tlogopucang, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

10. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Image Credit: Instagram.com @arimion96

Selain wisata alam, Temanggung juga memiliki destinasi wisata sejarah bernama Candi Gedong Songo yang tidak kalah menarik dikunjungi. Bukan hanya menyajikan kemegahan bangunannya semata, disini pengunjung juga bisa menikmati nuansa sekitar yang begitu menyejukkan. Kadangkala kabut turun yang membuat pesona keindahannya semakin terpancarkan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

11. Gunung Kendil

Gunung Kendil
Image Credit: Instagram.com @herry_prasetyo_utama

Jika dilihat sekilas, banyak wisatawan yang mengira bahwa Gunung Kendil adalah sebuah bukit biasa. Meski ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan gunung pada umumnya, kawasan wisata ini mampu menyajikan pemandangan indah yang akan membuat wisatawan duduk terdiam melihatnya. Keindahannya semakin terlihat jelas jika Anda menyaksikannya dari puncak gunungnya.

Lokasi: Sibajag, Sikatok, Canggal, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

12. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong
Image Credit: Instagram.com @dibadibu.id

Hutan Pinus Sigrowong adalah destinasi wisata terbaik bagi Anda yang mencari spot foto kekinian dan instagramable. Lokasinya sendiri cukup dengan pusat kota Temanggung, sehingga wisatawan tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk bisa menikmati udara segar yang masih belum tercampur dengan polusi udara.

Lokasi: Kandangan Rowo Seneng, Gesing, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

13. Wisata Alam Posong Kledung

Wisata Alam Posong Kledung
Image Credit: Google Maps (Mada Krisna)

Beberapa waktu belakangan, masyarakat Temanggung digemparkan oleh destinasi wisata alam terbaru bernama Wisata Alam Posong Kledung. Di tempat ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam khas pegunungan yang akan membuat siapapun takjub dibuatnya. Lokasinya cukup strategis membuatnya tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Sore hari adalah waktu terbaik mengunjunginya, karena disinilah Anda bisa menyaksikan golden sunset yang terlihat membelah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Pengunjung juga dimanjakan dengan adanya gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sejenak, sambil memandang pepohonan di setiap mata memandang.

Lokasi: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

14. Watu Layah

Watu Layah
Image Credit: Google Maps (Bekti Elmi)

Jika Anda tertarik mengunjungi destinasi wisata Temanggung yang sedang hits dikunjungi anak muda, maka Watu Layah adalah jawabannya. Sejak menapakkan kaki di kawasan wisata tersebut, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan berupa pegunungan serta hamparan pepohonan berwarna hijau segar yang berasal dari hutan pinus asri.

Pengunjung bisa merasakan betapa memukaunya kawasan wisatanya ketika fajar telah terbit di ufuk timur. Pada saat itulah, Anda bisa menyaksikan sinar mentari perlahan masuk ke celah celah kabut tebal yang mengelilingi perbukitan sekitar. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, sehingga Anda akan dibuat betah berlama lama disana.

Lokasi: Tlogopucang, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

15. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto
Image Credit: Instagram.com @aextee

Monumen Meteorit Wonotirto termasuk destinasi wisata yang sayang dilewatkan. Bangunan ini dibangun khusus untuk mengenang peristiwa dimana meteor jatuh di area ladang persawahan Desa Wonotirto, Temanggung. Peristiwa yang berhasil menggemparkan warga tersebut kemudian diabadikan, dimana bongkahan meteor kemudian dimuseumkan.

Lokasi: Wonotirto, Kec. Bulu, Kab. Temanggung.

16. Wisata Alam Mijil Loka

Wisata Alam Mijil Loka
Image Credit: Google Maps (Ade Fauzi)

Wisata Alam Mijil Loka tergolong destinasi wisata baru di Temanggung, namun sudah berhasil mencuri perhatian masyarakat lokal. Selama berada disana, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau dari atas ketinggian. Di tempat ini pula, pihak pengelola menyediakan gardu pandang yang menjadi spot terbaik menikmati sajian alam sekitar.

Lokasi: Candisari, Kec. Bansari, Kab. Temanggung.

17. Gunung Prau

Gunung Prau
Image Credit: Instagram.com @hardolinprawira

Jika tertarik menyaksikan keindahan matahari terbit dari atas ketinggian, maka berkunjung ke Gunung Prau adalah keputusan tepat. Bahkan puncak Gunung Prau digadang memiliki pesona terindah se Asia Tenggara. Tidak heran jika para pendaki menjadikannya sebagai destinasi wisata alam andalan untuk melunturkan rasa penat di pikiran.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Paling Populer

Lokasi: Kab. Batang, Kab. Kendal, Kab. Temanggung dan Kab. Wonosobo.

18. Batu Rananggana

Batu Rananggana
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Bosan dengan destinasi wisata alam biasa ? Cobalah bertandang ke Batu Rananggana sebagai alternatifnya. Disini pengunjung harus melakukan pendakian ke Gunung Candil untuk bisa sampai di kawasan wisatanya. Perjuangan pendakian akan terbayar lunas ketika berhasil sampai di puncak Batu Rananggana.

Lokasi: Canggal, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

19. Alam Sewu

Alam Sewu
Image Credit: Google Maps (Wynesa Arum Sulistyaninggrum)

Alam Sewu termasuk destinasi wisata alam yang sangat menarik dikunjungi oleh para pecinta alam. Sejak memasuki kawasan wisatanya, terlihat hamparan pemandangan berupa pegunungan serta perkebunan tembakau yang siap memanjakan mata. Di tempat ini pula wisatawan bisa menyaksikan Desa Pring Sewu dari atas ketinggian tertentu.

Lokasi: Giripurno, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

20. Pikatan Waterpark

Pikatan Waterpark
Image Credit: Google Maps (Muhammad Malthuf Khabibie)

Temanggung tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya semata, karena di tempat ini pula wisatawan bisa mencoba berbagai wahana permainan air yang cukup seru untuk dicoba. Air yang mengisi kolam tersebut merupakan air alami dari alam, sehingga Anda bisa merasakan kesegarannya secara langsung.

Lokasi: Jl. Raya Pikatan, RT.5/RW.5, Mudal, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

21. Candi Pringapus

Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps (Aryadi Darwanto)

Berkunjung ke Candi Pringapus adalah keputusan tepat bagi Anda yang ingin menikmati hari libur sambil belajar sejarah arkeologi dengan santai. Situs peninggalan sejarah ini sudah ada sejak 850M dan dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa agama Hindu. Selama berada disana, Anda tidak akan berhenti takjub dengan bangunan yang sudah cukup tua tersebut.

Lokasi: Pringapus, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

22. Taman Kartini

Taman Kartini
Image Credit: Google Maps (aris amro)

Berlibur ke Taman Kartini akan menjadi rencana liburan seru bagi si kecil. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari lapangan tenis, lapangan basket, kolam renang, dan masih banyak lainnya. Tidak jauh dari titik Anda berdiri terdapat pujasera yang menyediakan aneka kuliner lezat untuk disantap bersama keluarga. Dengan kata lain, berlibur ke Taman Kartini membuat perut dan hati senang.

Lokasi: Jl. Secang – Temanggung No.119, Kauman, Kowangan, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

23. Alun-Alun Temanggung

Alun-Alun Temanggung
Image Credit: Tribunnews.com

Bertandang ke Temanggung tidak pernah lengkap jika belum mengunjungi Alun Alunnya. Lokasinya yang berada di tengah kota, membuatnya terpilih menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya warga lokal, wisatawan dari luar daerah kerap menjadikannya sebagai tempat menghabiskan waktu luang sambil menikmati suasana sekitar.

Lokasi: Suronatan, Temanggung II, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Temanggung yang bisa dijadikan referensi liburan Anda. Daerah ini bisa menjadi tempat terbaik untuk melepaskan penat di pikiran. Bertandang ke kota indah tersebut tidak akan pernah membosankan, mengingat kekayaan alam yang dimilikinya berhasil menghibur hati dan jiwa yang lelah. Selama berkunjung kesana, jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya agar lingkungan tetap bersih dan nyaman.