Inilah Pilihan Tempat Wisata Populer di Ternate, Maluku Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Berlibur ke Indonesia bagian timur memang tak pernah bosan, terutama saat Anda ke Maluku Utara. Ternate salah satu kota yang ada di provinsi ini dengan anugerah keindahan alam yang luar biasa. Suguhan keindahan pantai, air terjun, gunung, hingga wisata sejarah pun melengkapi lokasi yang sangat kental dengan religinya ini dan wajib Anda kunjungi saat liburan. Berikut daftar tempat wisata terbaik di Ternate yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha
Image Credit: Instagram.com @indahnyalamindonesia

Salah satu pantai cantik yang ada di Ternate ini memiliki julukan yang sangat unik, yaitu wisata perahu melayang. Sebutan ini bukan tanpa alasan, karena bentuk perahu yang dipakai di sini unik tak biasa yang membuatnya terkesan melayang. Selain itu, air laut di pantai ini sangat jernih sehingga seluruh perahu yang melintas terlihat secara jelas bayang bayangnya.

Yang tak kalah menarik, yaitu para wisatawan dapat snorkeling di bawah air laut laut yang jernih untuk melihat kekayaan biota laut Sulamadaha. Anda bisa menyewa alat snorkeling beserta pengamannya dengan harga terjangkau, sehingga liburan terasa lebih berkesan. Para pengunjung juga bisa berswafoto untuk mengabadikan biota laut yang ditemuinya.

Lokasi: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

2. Pantai Bobane Ici

Pantai Bobane Ici
Image Credit: Google Maps (Dicky Zahkria Iman)

Daya tarik utama yang disuguhkan untuk para pengunjung, yaitu adanya batu karang cukup besar di tepi pantai. Pemandangan ini semakin indah saat ombak besar menerjangnya, sehingga tercipta percikan air yang sangat indah bila dipotret dengan kamera. Suasana ini semakin menyenangkan karena adanya pepohonan rindang di tepi pantai.

Bagi para pecinta wisata kuliner tentu tak boleh melewatkan makan siang di tepi pantai. Tersedia banyak warung di pantai ini yang menyuguhkan kuliner khas Ternate dengan harga terjangkau. Anda bisa mencicipi beberapa olahan hasil laut sambil beristirahat setelah bermain air di sekitar pantai yang sangat cantik ini.

Lokasi: Dorpedu, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

3. Batu Angus

Batu Angus
Image Credit: Google Maps (Muadzin Afidiansyah)

Seperti namanya, Anda bisa melihat melihat sederet bebatuan yang ada di tempat ini berwarna hitam pekat layaknya angus. Menurut warga setempat, bebatuan ini dulunya dialiri lava dari letusan gunung Gamalama. Oleh sebab itu, berakhir dengan warna hitam pekat serta letaknya yang tidak beraturan setelah bencana alam.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ternate yang Murah & Enak

Kondisi ini membuat pemerintah setempat membenahi lokasi tersebut, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Bebatuan yang berserakan telah tertata rapi, agar panorama di sekitarnya cantik dan eksotis. Selain tata letak di sekitarnya, pemandangan yang disuguhkan kepada para pengunjung membuat siapa saja terhipnotis dibuatnya.

Lokasi: Jl. Batu Angus, Kulba, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

4. Pulau Maitara

Pulau Maitara
Image Credit: Instagram.com @pulaumaitara

Lokasi ini tentu sangat familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, karena lanskap pantai ini diabadikan dalam uang kertas Indonesia. Mata uang kertas senilai 1000 rupiah memakai pantai Maitara sebagai latar belakangnya, mengingat keindahan pantainya yang luar biasa. Anda juga bisa melihat perbukitan di kejauhan yang membuat pantai tampak semakin indah.

Tak hanya keindahan pantai yang membuat kawasan ini dikunjungi oleh banyak wisatawan. Keramahan warga sekitar juga membuat banyak orang betah berlibur di tempat ini. Warga Sekitar pantai dengan suka rela mengemas kisah kisah yang beredar dengan sangat menarik. Selain itu, mereka juga bersedia menjelaskan keindahan pantai dengan sangat sabar.

Lokasi: Pulau Maitara, Kec. Tidore Utara, Kota Tidore.

5. Danau Tolire

Danau Tolire
Image Credit: Instagram.com @abu_azzam86

Anda akan disuguhi danau yang berair hijau pekat, karena banyaknya tumbuhan hijau di sekitarnya. Warna hijau dari dedaunan ini ditangkap langsung oleh air danau yang dulunya sangat jernih. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai jenis ikan dengan ukuran yang beragam, tetapi jangan membawanya pulang karena dipercaya terdapat siluman buaya di sini.

Lokasi: Takome, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

6. Benteng Kastela

Benteng Kastela
Image Credit: Google Maps (Wahyudi Lapuna)

Banyak yang belum mengetahui destinasi satu ini, lantaran lokasinya yang cukup terpencil. Anda perlu menempuh perjalanan yang jauh dari pusat kota Ternate, tetapi dipastikan tidak akan menyesal mengunjunginya. Selain pemandangannya yang sangat indah, kawasan ini masih asri dan terjaga sehingga para wisatawan yang datang pun sangat betah.

Selain jauh dari pusat kota, para pengunjung juga harus melalui medan yang cukup menantang. Konturnya berbatu terjal dan curam, sehingga harus berhati hati saat Anda mendaki ke lokasi tersebut. Setelah sampai di lokasi wisata, Anda akan disuguhi bangunan yang terawat lengkap dengan patung selamat datang dari berbentuk cengkeh.

Lokasi: Kastela, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

7. Danau Laguna Ngade

Danau Laguna Ngade
Image Credit: Youtube.com (IndonesiaKaya)

Pengunjung dijamin betah berlama lama di Danau Laguna Ngade, karena tepian danaunya dihiasi pepohonan rindang yang mampu menghalau terik matahari. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kepanasan meskipun matahari bersinar terang. Selain itu tersedia pula tempat duduk panjang di tepi danau yang cocok untuk tempat melepas penat.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Ternate yang Paling Populer

Selain itu, para wisatawan juga akan disuguhi panorama Danau Laguna Ngade yang asri. Anda bisa merefresh pikiran dan melipir dari padatnya aktivitas sehari hari karena suasana di sekitar danau yang sangat tenang. Liburan ini akan terasa semakin lengkap karena banyaknya spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen spesial.

Lokasi: Danau Ngade, Kec. Ternate Selatan, Kota Ternate.

8. Masjid Raya Al-Munawar

Masjid Raya Al-Munawar
Image Credit: Twitter.com @Sony Herdiana

Keunikan dari masjid yang ada di Ternate ini karena dekat dengan bibir pantai, sehingga para pengunjung bisa menikmati dua pemandangan sekaligus. Megahnya bangunan serta keindahan arsitekturnya juga jadi daya tarik yang tak dapat dilupakan. Tak heran, masjid satu ini selalu ramai oleh pengunjung baik musim liburan maupun tidak.

Lokasi: Jl. Tapak II No. 1, Gamalama, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate.

9. Taman Nukila

Taman Nukila
Image Credit: Google Maps (Supri Yatno)

Seolah menyuguhkan taman kota yang bisa dikunjungi dengan mudah, taman satu ini justru menjadi destinasi wisata yang berbeda. Para pengunjung yang ingin melihat secara langsung keindahannya, harus menyelam lebih dulu. Anda akan dilengkapi dengan alat selam serta pelampung yang mampu mengamankan perjalanan untuk melihatnya dari jarak dekat.

Daya tarik utama yang membuat para pengunjung penasaran, yaitu adanya bangkai kapal yang karam di sekitar taman. Anda dapat menyelam dan berfoto dengan latar kapal tersebut, bahkan dapat melihat ikan ikan yang mendekati bangkai kapal. Tak hanya itu, ekosistem bawah laut juga suguhan yang sangat cantik hingga mampu memanjakan mata.

Lokasi: Jl. Sultan Muhammad Iskandar Djabir, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate.

10. Fort Oranje

Fort Oranje
Image Credit: Google Maps (Muhammad Yusuf, ST.)

Ingin menyelami Ternate di masa silam seolah dibawa dalam mesin waktu? Anda dapat berkunjung ke Fort Oranje untuk merasakannya secara langsung. Lokasi ini dulunya adalah pusat pemerintahan Belanda selama di Negeri Rempah Rempah ini. Akan tetapi, saat ini telah diubah dan difungsikan menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang sangat ikonik.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui seputar Ternate, terutama kebudayaannya. Tak hanya itu, para wisatawan juga dapat mengagumi keindahan bangunan yang dipakai karena gaya Eropa klasik masih sangat terjaga. Daya tarik lainnya yang tak kalah menarik, yaitu banyaknya wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah anda.

Lokasi: Jl. Hasan Boesoeri, Gamalama, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate.

11. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama
Image Credit: Instagram.com @yyuuzz28

Para wisatawan tak boleh melewatkan keindahan Negeri Rempah Rempah dari ketinggian, yaitu dari puncak Gunung Gamalama. Mendaki hingga puncak gunung ini memerlukan tubuh yang prima dan tenaga yang ekstra. Akan tetapi, perjuangan tersebut akan terbayar tuntas saat Anda berhasil menaklukkannya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ternate yang Murah & Enak

Akan tetapi, terdapat beberapa mitos yang berkembang di masyarakat dan dipercayai hingga saat ini. Konon katanya rombongan pendaki tak boleh berjumlah ganjil agar tidak terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan jumlah rombongan genap agar selamat hingga turun dari puncak.

Lokasi: Maliaro, Kec. Hutan Lindung, Kota Ternate.

12. Pulau Hiri

Pulau Hiri
Image Credit: Instagram.com @dedinurani

Pulau satu ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, mulai dari pantai yang berombak sedang hingga bongkahan batu yang ikonik. Di Pantai Tomajiko, Anda bisa bermain di bibir pantai secara aman tanpa khawatir tersapu ombak. Para pengunjung juga bisa menikmati segarnya air laut dengan cara berenang di jarak aman.

Yang tidak kalah menarik, para pengunjung juga bisa berswafoto di spot alami yang disuguhkan Pulau Hiri. Selain foto dengan latar belakang bongkahan batu, Anda juga bisa mengabadikan momen di terowongan raksasa di samping pantai. Lokasi ini cukup eksotis sehingga cocok sebagai latar foto yang cantik.

Lokasi: Togolobe, Kec. Pulau Hiri, Kota Ternate.

13. Telaga Nita

Telaga Nita
Image Credit: Google Maps (Dwi Sri Wahyuningsih)

Destinasi satu ini menyuguhkan fasilitas yang tidak biasa untuk para wisatawan, yaitu diving di malam hari. Biasanya para pengunjung dapat melihat keindahan biota laut di siang hari, tetapi lain dengan telaga satu ini. Anda akan dilengkapi perlengkapan yang memadai untuk menyelam dan melihat kecantikan biota laut di kedalaman air laut yang sangat eksotis ini.

Lokasi: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

14. Kedaton Sultan Ternate

Kedaton Sultan Ternate
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Wisata sejarah di salah satu kota di Maluku Utara ini cukup menarik, karena masih ada Kedaton Sultan Ternate. Lokasi satu ini masih sangat terjaga lengkap dengan barang barang peninggalan di masa silam. Tak hanya melihat barang bersejarah, Anda juga bisa menikmati suguhan bangunan klasik yang megah di lokasi tersebut.

Lokasi: Jl. Sultan Khairun, Sao-Sio, Kec. Ternate Utara, Kota Ternate.

15. Ziarah Makam Sultan Babullah

Ziarah Makam Sultan Babullah
Image Credit: Facebook.com @indonesiaituasik

Menutup liburan di Negeri Rempah Rempah dengan wisata religi yang tak biasa, yaitu ziarah ke makam Sultan Babullah. Jasa Sultan Babullah sangat besar untuk kota ini, sehingga tak heran menjadi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Tak hanya masyarakat lokal, lokasi ini juga dikunjungi masyarakat dari luar Ternate untuk mengenang jasanya.

Lokasi: Foramadiahi,  Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate.

Kota satu ini terkenal dengan rempah rempahnya yang sangat melimpah, tetapi juga dikenal memiliki sederet wisata yang cantik. Mulai dari wisata pantai, gunung, religi, hingga edukasi serta sejarah semua tersedia lengkap. Anda bisa memilih beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Ternate untuk mengisi waktu liburan dengan sangat baik.