Jika Berencana Liburan ke Timor Leste, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Menarik dan Populer di Timor Leste. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Berlibur.

Timor Leste adalah salah satu Negara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Berbatasan dengan Nusa Tenggara Timur, Negara ini wajib dikunjungi karena memiliki beragam tempat wisata yang sangat menarik. Beragam jenis destinasi, mulai dari wisata alam seperti pantai, danau, dan gunung. Ada juga wisata budaya dan sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Situs religi di Negara ini pun juga banyak yang dijadikan sebagai destinasi wisata karena memiliki nilai historis tersendiri. Pemandangan objek wisata di sini bisa membuat setiap pengunjungnya lupa untuk pulang. Apalagi pemandangan dunia bawah laut, tak heran jika banyak penyelam yang datang dan berlama-lama di tempat ini.

Agar tidak bingung tempat mana saja yang bagus untuk dikunjungi. Berikut ini ulasan singkat beberapa tempat wisata menarik dan terkenal di Timor Leste dengan ciri khas tersendiri dan wajib untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Cristo Rei

Cristo Rei
Image Credit: Youtube.com (Ronny Mintjens)

Destinasi yang patut untuk dikunjungi saat ke Timor Leste adalah Cristo Rei. Ini merupakan sebuah situs religi yang sangat mudah ditemukan di Negara ini. Hal ini karena penduduk di Timor Leste setidaknya 97% menganut agama Katolik Roma. Tak heran jika situs religi ini mudah sekali ditemukan.

Situs religi ini adalah sebuah patung Yesus yang diberikan Pemerintah Indonesia sebagai hadiah untuk para penduduk Timor Timur. Hadiah ini diberikan pada tahun 1996 ketika masih menjadi bagian tanah air. Tinggi patung mencapai 27 meter. Pemandangan di sekitar situs ini adalah pantai lepas dari Semenanjung Fatucama. Keindahannya sangat menakjubkan dan tidak ada duanya.

Lokasi: Fatucama, Timor Leste.

2. Pasar Tais

Pasar Tais
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Timor Leste memiliki ciri khas tersendiri yakni kain Tais. Salah satu wujud dari budaya yang ada di Negara tersebut. Kain dengan warna yang beragam namun sangat cantik untuk dilihat. Corak yang ada pada kain ini sendiri memiliki filososfi yang cukup dalam. Dimana corak kain Tais menyiratkan status sosial.

BACA:  10 Makanan Khas Timor Leste yang Lezat & Wajib Anda Coba

Kain ini dulunya digunakan sebagai pengganti uang dalam membeli hewan ternak. Jadi semua wanita di Timor Leste ini diwajibkan untuk bisa menenun kain Tais demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pasar Tais ini tempat untuk melihat proses tenun kain Tais yang sangat berharga ini. Produknya sudah beragam dari selendang, tas, hingga pakaian jadi. Untuk harga tidak akan bikin kantong bolong.

Lokasi: Nr.D’Luis Dos Reis Noronna Kolmera, Dili, Timor Leste.

3. Pulau Atauro

Pulau Atauro
Image Credit: Wikimapia.org

Pulau yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan. Letaknya tidak jauh dari Dili. Udaranya di sini cukup sejuk dan memiliki biota laut yang sangat beragam. Tak heran jika para penyelam betah untuk berlama-lama di pulau cantik ini. Terumbu karang sudah bisa dilihat dari permukaan air karena air laut di sini sangat jernih.

Terumbu karang yang sehat membuat banyak ikan yang bisa hidup di dalamnya. Banyak sekali jenis ikan unik di Pulau Atauro ini. Alam bawah laut di sini sangat dijaga kelestariannya. Peraturan yang ketat namun tetap bisa menikmati keindahan pulau ini. Bahkan pengunjung bisa memancing lho.

Lokasi: Dili, Timor Leste.

4. Gunung Ramelau

Gunung Ramelau
Image Credit: Pesonawisatatimorleste.wordpress.com

Wisata lain ada Gunung Ramaleu. Gunung yang memiliki tinggi 2986 mdpl ini merupakan daratan tertinggi di Timor Leste. Saat sudah sampai di puncak, ada tempat untuk melihat matahari terbit atau sunrise yang sangat indah. Akan ada pemandangan lautan awan yang menyelimuti bukit yang akan tersibak dengan sinar matahari pagi.

Jika ingin mendaki gunung ini, perjalanan dimulai dari Desa Hatubuilico. Jarak desa tersebut dari kota Dili sekitar 3 jam perjalanan. Di puncak gunung ini juga terdapat patung Virgin Mary dengan tinggi 3 meter yang biasa digunakan untuk memanjatkan doa. Selain itu jika ada hari besar keagamaan Katolik, di sini sudah pasti dipenuhi para peziarah.

Lokasi: Tatamailau, Timor Leste.

5. Pemakaman Santa Cruz

Pemakaman Santa Cruz
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Di Timor Leste ada juga destinasi wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi. Tempat itu adalah pemakaman Santa Cruz. Pemakaman yang menjadi saksi peristiwa berdarah di tahun 12 November 1991 silam. Ini merupakan awal mula Negara Timor Leste berdiri sendiri. Peristiwa ini dinamai dengan Insiden Santa Cruz.

BACA:  10 Makanan Khas Timor Leste yang Lezat & Wajib Anda Coba

Pemakaman yang berada di pusat kota Dili ini tidak menyeramkan sama sekali. Makam di sini terlihat unik dan ceria. Hal ini karena warna dan properti yang digunakan sangat meriah. Tidak ada salahnya saat ke Negara ini menyempatkan diri untuk berkunjung. Selain untuk wisata juga untuk mengambil pelajaran dari peristiwa Santa Cruz.

Lokasi: Dili, Timor Leste.

6. Air Panas Marobo

Air Panas Marobo
Image Credit: Timorleste.tl

Timor Leste juga memiliki pemandian air panas yang terkenal yakni pemandian air panas Marobo. Jika sudah berkeliling Dili, baiknya ke Maliana yang ada di ujung barat Negara Timor Leste. Lama perjalanan dari Dili sekitar 4 jam. Pemandangan selama perjalanan tidak jauh dari sawah dan pohon yang rimbun.

Jika sudah sampai di pemandian air panas Marobo nanti akan ada 3 kolam renang. Kolam dengan warna biru adalah kolam air panas, dimana airnya langsung dari gunung. Berendam di sini sangat nyaman dan aman. Untuk kolam warna putih isinya air dingin dengan campuran kapur. Kalau yang warna hijau adalah kolam air panas namun dengan suhu yang cocok untuk berendam lama.

Lokasi: Bobonaro, Timor Leste.

7. Pulau Jaco

Pulau Jaco
Image Credit: Timoroman.com

Ini adalah salah satu tempat andalan Timor Leste yang lain. Katanya keindahan pulau ini tidak jauh beda dengan Raja Ampat. Pulau ini memiliki luas 11 kilometer. Tak ada manusia yang tinggal di pulau ini. Hal ini membuat pulau ini selalu bersih dan bebas dari sampah. Keindahan dan kelestariannya selalu terjaga.

Meski perjalanan yang harus dilalui cukup jauh dan memakan waktu yang cukup lama. Semua itu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang diberikan pulau eksotis satu ini. Kejernihan air laut dan juga kebersihan tempat ini akan membuat setiap pengunjung lupa untuk pulang. Jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Lokasi: Tutuala, Timor Leste.

8. Bukit Tasi Tolu

Bukit Tasi Tolu
Image Credit: Pesonawisatatimorleste.wordpress.com

Selanjutnya ada danau yang bisa dinikmati keindahannya yang letaknya berada di bukit Tasi Tolu. Jaraknya hanya sekitar 8 km saja dari pusat kota. Di puncak bukit ini akan ada patung Paus Paulus Yohanes II berdiri sebagai wujud penghormatan masyarakat atas kunjungan beliau di tahun 1989 silam.

BACA:  10 Makanan Khas Timor Leste yang Lezat & Wajib Anda Coba

Jika sudah sampai sini pengunjung bisa melakukan trekking setidaknya 30 menit untuk mencapai pucuk bukit dan melihat pemandangan yang luar biasa. Ada beberapa danau yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya dari tempat ini. Sangat cocok untuk melihat matahari terbenam atau sunset.

Lokasi: Dili, Timor Leste.

9. Selat Wetar

Selat Wetar
Image Credit: Instagram.com @samuelpasaribu

Bagi pecinta hewan lumba-lumba tempat ini wajib untuk dikunjungi. Di sini adalah tempat dimana para lumba-lumba berenang dengan bebas dan riang. Selat Wetar ini sendiri adalah perbatasan wilayah Timor Leste dengan Maluku. Jadi destinasi wisata yang istimewa karena pemandangan yang indah.

Jika kesini pada bulan Oktober hingga Desember, lokasi ini menjadi rute migrasi utama lumba-lumba dan paus. Bagi yang suka mengambil gambar dari hewan-hewan laut khususnya lumba-lumba dan beragam jenis paus. Maka tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi utama saat mengunjungi Timor Leste.

Lokasi: Perbatasan Indonesia, Timor Leste.

10. Taman Nasional Nino Konis

Taman Nasional Nino Konis
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tempat ini memiliki luas mencapai 1236 km. Gunung Paitchau pun masuk pada area Taman Nasional ini. Selain itu ada Danau Ira Lalaro serta pulau Jaco yang juga masih bagian dari taman nasional. Taman ini adalah rumah bagi beragam spesies burung langka di Timor Leste. Sedikitnya 200 spesies burung cantik dan unik yang ada di sini.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam dan juga fauna yang unik dan cantik. Taman nasional ini juga memiliki bangunan sakral dan bersejarah yang juga memiliki pemandangan indah dan sayang untuk dilewatkan. Jika ke Negara Timor Leste, taman nasional ini harus masuk pada list destinasi karena dijamin asyik dan seru berkunjung ke sini.

Lokasi: Tutuala, Lautem, Timor Leste.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Timor Leste yang populer. Banyak destinasi yang indah dan cantik di Timor Leste yang bisa dimasukkan pada list destinasi saat berlibur di Negara ini. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk liburan Anda.