Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Tuban, Jawa Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Paling Hits yang Menarik Dikunjungi Ketika Berencana Liburan ke Tuban.

Jika selama ini Anda mengira bahwa Tuban adalah Kabupaten kecil, maka dugaan Anda akan daerah ini ternyata salah. Pasalnya, Tuban memiliki sejuta keindahan serta pesona alam yang memanjakan mata. Berkunjung menikmati waktu libur di objek wisata yang berada di kabupaten ini adalah solusi paling tepat. Bukan hanya wisata alamnya saja yang menarik disaksikan, tapi peninggalan sejarah yang memukau juga tidak boleh terlewatkan. Berikut beberapa tempat wisata hits di Tuban yang menarik untuk dijelajahi.

1. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse
Image Credit: Google Maps (Yanto Hadi)

Tepatnya di Kabupaten Tuban, terdapat destinasi wisata yang memiliki sajian air bersih yang diberi nama air terjun banyu langse. Adanya air bersih yang mengalir di antara berbagai bebatuan alami serta hijaunya pepohonan, memang terasa begitu menyejukkan untuk semua wisatawan yang datang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Banyu Langse I, Boto, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

2. Pantai Kelapa Atau Panyuran

Pantai Kelapa Atau Panyuran
Image Credit: Facebook.com @pantaikelapapanyurantuban

Pantai yang satu ini terletak di Desa Panyuran yang memiliki lokasi cukup strategis. Alhasil banyak wisatawan yang dapat dengan mudah untuk menemukan wisata bahari ini. Di sekitar pantai, Anda bisa melihat deretan pohon kelapa yang menjadi ikon utama dari Pantai Panyuran yang ada di Tuban.

Bahkan banyak masyarakat pula yang mengakui bahwa Pantai Kelapa atau Panyuran juga menjadi ikon Kota Tuban. Bagaimana tidak, pasalnya melalui pengembangan pemerintah, pantai ini sukses menjadi wisata andalan yang mampu menarik minat para wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara sekalipun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kab. Tuban, Jawa Timur.

3. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih
Image Credit: Twitter.com @hildamadventure

Masih di kabupaten Tuban, disini Anda bisa menikmati keindahan dari Goa Putri Asih yang mampu membuat siapapun menjadi takjub. Sebab, adanya ornamen dari goa yang berupa stalaktit dan stalagmit mampu memberikan nuansa alam yang mempesona dan sangat mengagumkan. Karena keindahan inilah, banyak wisatawan yang datang selalu menghabiskan waktu untuk berburu foto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nguluhan, Kec. Montong, Kab. Tuban, Jawa Timur.

4. Pantai Sowan

Pantai Sowan
Image Credit: Google Maps (Fajar Hengki Wijaya)

Berbeda dengan rangkaian objek destinasi wisata lainnya, Pantai Sowan mampu memanjakan Anda dengan hamparan pasir dan juga bentuk batuan karang yang begitu unik. Bahkan tidak jauh dari lokasi pantai Sowan, Anda juga bisa menikmati hutan hijau dengan luas berkisar 32 hekter yang dipenuhi dengan banyak tanaman tropis.

Di Pantai Sowan ini, Anda bisa melihat hamparan laut lepas yang kebersihannya tak perlu diragukan lagi. Untuk wisatawan yang berkeinginan untuk mengabadikan momen foto, Anda bisa memotret keindahan alamnya dengan rangkaian spot foto yang mudah ditemukan di kawasan Pantai Sowan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban, Jawa Timur.

5. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih
Image Credit: Google Maps (Monica)

Diperuntukkan bagi wisatawan yang tertarik dengan wisata sejarah, sudah sepatutnya Anda berkunjung ke Museum Kambang Putih. Karena ada beragam koleksi benda yang sarat akan nilai nilai sejarahnya. Tidak hanya itu, di ruangan pertama Museum, wisatawan akan diperlihatkan beberapa benda Koes Ploes bersaudara yang merupakan anggota grup band legendaris di tanah air.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kartini No.03, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

6. Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo
Image Credit: Google Maps (Hasyim Asyari)

Pemandian yang berada di Kecamatan Semanding ini, merupakan tempat wisata yang memiliki dua jenis kolam, yaitu Sendang Lanang dan juga Sendang Wadon. Pemandiannya bersumber dari mata air alami dengan penampilan air yang sangat jernih. Tidak hanya melakukan kegiatan air seperti berenang, tetapi Anda juga bisa mencoba banyak wahana permainan yang telah disediakan pihak pengelola.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

7. Mangrove Center Tuban

Mangrove Center Tuban
Image Credit: Twitter.com @fadelabuaufa

Jika dilihat dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa wisata yang ada di Tuban ini berupa hutan mangrove yang subur dan hijau. Pada mulanya, ditempat ini ditanam ribuan pohon bakau guna menanggulangi bibir pantai yang mulai terkikis. Namun seiring dengan berjalannya waktu, area hutan tersebut berubah menjadi objek wisata yang memukau.

Nilai eksotisme dari kawasan wisata mangrove juga bisa diperoleh dengan deburan ombak yang bisa disaksikan dari pinggiran pantai. Tidak hanya itu saja, Mangrove Center Tuban ini memiliki beberapa fasilitas yang mungkin akan sulit ditemukan di daerah lainnya. Di antaranya seperti fasilitas camping ground, laboratorium alam, taman baca, dan beberapa fasilitas lainnya yang bisa dinikmati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek okasi
Alamat: Jl. Raya Tuban – Semarang, Kajenom, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur.

8. Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban

Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban
Image Credit: Google Maps (Rumah Pohon)

Konsep wisata alam selanjutnya ini memiliki ragam fasilitas memadai untuk menciptakan spot wisata yang menarik, agar terus dikunjungi oleh para wisatawan. Baik dari kota Tuban itu sendiri, ataupun beberapa kota lainnya. Adapun beberapa wahana wisata yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung di Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban. Di antaranya flying fox, serta wall climbing.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Barat No.01, Sadang, Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Jawa Timur.

9. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang
Image Credit: Twitter.com @GunRomli

Sebagian orang mungkin sudah tahu betul bahwa Kota Tuban juga terkenal dengan wisata religinya. Salah satu wisata sejarah yang cukup terkenal yaitu Makam Sunan Bonang yang dahulunya merupakan tokoh Wali Songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Tidak hanya berupa makam saja, tetapi objek wisata ziarah ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Tentunya semua sarana dan prasarana yang telah disiapkan bertujuan untuk menjamin kenyamanan setiap pengunjung. Tidak jauh dari lokasi tempat ziarah, Anda bisa menemui rest area yang juga dilengkapi dengan warung warung kecil di sekitarnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kh Mustain, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

10. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban
Image Credit: Google Maps (Henri Winandar)

Berkunjung ke Tuban tidak akan lengkap tanpa singgah di Masjid Agung Tuban, terlebih bagi mereka yang senang menjelajahi wisata religi. Jika ditelisik dari segi arsitekturnya, bangunan Masjid Agung Tuban dilengkapi dengan berbagai ornamen yang indah. Tidak ketinggalan pula aneka warna cantik dengan polesan yang mempesona.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Nganjuk yang Murah dan Enak

Perlu diketahui pula, bahwa masjid megah ini memiliki desain bangunan yang hampir mirip dengan masjid di Irak. Maka tidak perlu heran jika banyak wisatawan yang penasaran ingin melihat keindahannya. Selain berjalan jalan, umat Islam juga diperbolehkan untuk melangsungkan ibadah sholat di dalam Masjid Agung Tuban.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bonang, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

11. Danau Njowo

Danau Njowo
Image Credit: Facebook.com @JAMALUDDIN.SH.MH16

Danau Njowo adalah bekas galian tambang kapur yang menyimpan ragam pesona alam yang indah dan wajib untuk dinikmati. Pada kawasan ini, wisatawan akan dimanjakan dengan suasana alam yang membuat pemandangan sekitar semakin sejuk dan dingin. Adapun pemandangan memukau dari danau yang berwarna hijau alami, menambah kesan eksotis dari Danau Njowo.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samben, Kec. Plumpang, Kab. Tuban, Jawa Timur.

12. Kampung Warna

Kampung Warna
Image Credit: Dictio.id

Sesuai dengan namanya yakni Kampung Warna, di tempat ini Anda bisa melihat kampung dengan warna warni yang menghiasi setiap dinding rumah warga. Dengan menciptakan keunikan dari warna warna ini, mampu membuat kampung terlihat lebih bersih dan juga menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samben, Kec. Plumpang, Kab. Tuban, Jawa Timur.

13. Pantai Remen

Pantai Remen
Image Credit: Google Maps (Bahaqi Ramadhan)

Masih di kota Tuban, Anda bisa menikmati keindahan pasir putih serta garis pantai yang terbilang cukup panjang. Pantai Remen mulai resmi dibuka pada tahun 2015, dan hingga saat ini masih banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati pesona alamnya yang memanjakan mata.

Apabila Anda datang berkunjung di Pantai Remen saat sunset atau matahari tenggelam, Anda bisa memanfaatkan suasana indah tersebut untuk membidik foto ataupun sekedar berswafoto bersama keluarga ataupun teman teman terdekat. Pastinya pemandangan ini menjadi liburan yang sulit dilupakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur.

14. Air Terjun Lembah Bongok Tuban

Air Terjun Lembah Bongok Tuban
Image Credit: Google Maps (Achmad Sholehan)

Air terjun Lembah Bongok memiliki ketinggian berkisar 4 meter, dengan aliran air yang bertingkat tingkat. Meskipun ukuran tersebut tidaklah terlalu tinggi jika dibandingkan dengan air terjun lainnya, namun Lembah Bongok memiliki suasana yang tenang. Alhasil tempat ini akan sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai melepas lelah.

Di bagian bawah atau pangkal alirannya, terdapat areal kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk berenang ataupun sekedar bermain air. Jika Anda berniat untuk menikmati Lembah Bongok Tuban, ada baiknya untuk berkunjung saat musim kemarau. Sebab saat memasuki musim hujan, aliran air terjun ini akan berwarna keruh dan menjadi kurang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetak, Kec. Montong, Kab. Tuban, Jawa Timur.

15. Goa Kancing

Goa Kancing
Image Credit: Google Maps (Noer Nasikhin)

Sebenarnya Goa Kancing ini lebih cocok disebut sebagai sumur. Mengapa? Sebab ukurannya tidaklah terlalu besar, dan juga kedalamannya pun hanya berkisar 5 meter saja. Namun yang membuat goa ini menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, yaitu keindahan alam yang mengelilingi sekitar Goa Kancing.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Magetan yang Murah & Enak

Yang mana saat Anda menginjakkan kaki di areal ini, akan ada banyak tebing yang sangat indah. Karena keindahan itulah, banyak pengunjung yang sengaja datang ke goa untuk sekedar berfoto dengan latar belakang tebing tebing yang indah. Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, daerah wisata ini dapat dikunjungi kapan saja dan tidak perlu membayar tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jarum, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

16. Watu Ondo Tuban

Watu Ondo Tuban
Image Credit: Google Maps (Ahmad Bagwi Rifai)

Destinasi wisata di Tuban selanjutnya adalah Watu Ondo. Tempat wisata berbentuk batu tebing ini menawarkan daya tarik utama yang mencakup panorama alam dari atas ketinggian bukit yang luar biasa keindahannya. Hanya dari atas batu itulah, Anda bisa melihat indahnya alam Kabupaten Tuban dari atas ketinggian sambil menikmati sejuknya udara khas perbukitan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

17. Pondok Pesantren Perut Bumi Al-Maghribi

Pondok Pesantren Perut Bumi Al-Maghribi
Image Credit: Google Maps (Aiziuss 2161)

Pondok pesantren ini dijadikan tempat wisata karena memiliki keunikannya tersendiri. Sangat berbeda dengan beberapa pondok pesantren yang mayoritas didirikan diatas permukaan tanah, namun Pondok Pesantren Perut Bumi Al-Maghribi justru didirikan di bawah permukaan tanah. Tepatnya berada di dalam goa dengan atap berupa sajian stalaktit dan stalagmit yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

18. Pegunungan Kuwasen Tuban

Pegunungan Kuwasen Tuban
Image Credit: Tempatwisataseru.com

Saat ini, Pegunungan Kuwasen menjadi salah satu tempat wisata yang terbilang baru di Tuban dan sedang hits di kalangan anak muda. Yang mana destinasi satu ini menawarkan daya tarik utama berupa pesona alam yang menjanjikan. Keindahan ini pula yang menjadikan Pegunungan Kuwasen Tuban sebagai lokasi untuk berkemah bersama dengan teman ataupun kerabat dekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Singgahan, Kab. Tuban, Jawa Timur.

19. Bukit Kapur Tuban

Bukit Kapur Tuban
Image Credit: Google Maps (Fitryana MD)

Khusus untuk wisatawan yang hobi berfoto dan senang dengan dunia fotografi, di Tuban terdapat objek wisata berupa bukit kapur yang cocok dijadikan spot berburu foto. Bukit cantik ini merupakan tempat alami yang mayoritas arealnya belum tersentuh dengan aktivitas penambananga. Karena itulah, maka bukit kapur memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Banjarjo, Banjaragung, Kec. Rengel, Kab. Tuban, Jawa Timur.

20. Mata Air Krawak

Mata Air Krawak
Image Credit: Google Maps (Sek Mbah Jazzy)

Destinasi wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi saat singgah di Tuban, yaitu Mata Air Krawak yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati waktu bersantai, bermain air, berendam, dan juga mandi sepuasnya. Tidak perlu khawatir dengan kondisi airnya, sebab di Mata Air Krawak menyajikan sumber mata air alami yang sangat bersih dan jernih.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Guwoterus, Kec. Montong, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Itulah ulasan seputar tempat wisata populer di Tuban yang menarik untuk dikunjungi saat Anda memiliki waktu luang untuk berlibur. Mengajak keluarga ataupun teman dekat tentunya menjadikan liburan Anda semakin menyenangkan. Pastikan juga untuk tidak lupa membawa baju ganti jika ingin menikmati wisata air yang mempesona.