Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Tulungagung, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kaya Pesona dan Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan.

Tulungagung menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keunikan tersendiri. Dikenal dengan kota yang memiliki banyak warung kopi ini, disini Anda juga bisa menikmati berbagai macam panorama dan wisata dengan pemandangan yang memukau. Mulai dari wisata alam hingga wisata alam kekinian tersedia secara lengkap. Tertarik untuk berjalan-jalan di Tulungagung? Simak rekomendasi tempat wisata hits berikut ini.

1. Jambooland Water Park

Jambooland Water Park
Image Credit: Google Maps (Tri Sutrisno Nusantara)

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Jambooland Water Park. Disini, Anda akan merasakan sensasi berlibur dengan tema air yang pastinya seru sekaligus menyenangkan. Wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan Anda.

Berada di kawasan perbukitan membuat Anda bisa mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata ketika berada di lokasi ini. Saat Anda berada disini, pastikan untuk mengunjungi wahana roller coaster yang menegangkan. Adrenalin Anda pun pastinya akan tertantang ketika mencoba wahana satu ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Srabah No. 1, Srabah, Karanganom, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

2. Hutan Pinus Nyawangan Park

Hutan Pinus Nyawangan Park
Image Credit: Google Maps (Yana Winardi)

Ingin merasakan keindahan alam dari ketinggian? Hutan Pinus Nyawangan Park dapat menjadi salah satu jawabannya. Hal ini dikarenakan salah satu spot wisata yang kekinian tersebut memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Anda bisa melihatnya melalui gardu pandang untuk mendapatkan panorama yang menakjubkan.

Ketika berada disini, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi Bukit Cinta Nyawangan. Bukit satu ini merupakan salah satu spot favorit yang banyak diburu oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan disini Anda akan disuguhkan dengan bunga bunga indah. Pastinya tempat satu ini akan menjadi lokasi foto yang cukup instagramable.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nyawangan, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

3. Dokar Dreamland

Dokar Dreamland
Image Credit: Google Maps (Vinni Erlita Febriani)

Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2017 silam juga bisa menjadi rekomendasi destinasi selanjutnya. Wisata edukasi yang populer ini cocok untuk Anda yang ingin belajar atau melihat lebih jelas bagaimana proses pengolahan dari biji kopi tersebut hingga nantinya disajikan dalam bentuk minuman.

Selain itu, disini Anda juga akan bisa menikmati indahnya panorama alam yang sangat mempesona. Bahkan terdapat beberapa spot foto yang keren bisa Anda nikmati di lokasi satu ini. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah rumah hobbit, spot jembatan kayu lengkap dengan air terjun mini dan juga spot foto 3D.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Gondang No.54, Srabah, Karanganom, Kec. Kauman, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

4. Sungai Niyama

Sungai Niyama
Image Credit: Facebook.com @handro.dirgantara

Berkunjung ke tempat yang eksotis juga bisa Anda lakukan ketika berada di Tulungagung. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Sungai Niyama. Disini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang masih sangat asri tentu saja akan memberikan rasa tenang tersendiri ketika mengunjunginya.

BACA:  10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

Hal yang menjadi daya tarik dari sungai ini adalah batu batuan yang bisa Anda temui disini. Pasalnya, bebatuan tersebut memiliki pahatan alami yang terbentuk sangat unik dan cantik. Anda bisa mengunjunginya ketika musim kemarau tiba. Sebab, saat waktu tersebut Sungai Niyama tidak memiliki volume air yang cukup besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tumplak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

5. Kedung Tritis

Kedung Tritis
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Wisata alam yang mempesona tampaknya menjadi daya tarik tersendiri yang dihadirkan oleh kota Tulungagung. Salah satunya, Anda bisa berkunjung ke Kedung Tritis yang mempunyai kedalaman yakni sekitar 10 meter. Anda pun bisa berenang di air yang jernih ini dan merasakan secara langsung kesegarannya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorejowetan, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

6. Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo
Image Credit: Twitter.com @puspitafm

Tempat yang instagramable dengan memiliki view berupa danau dengan air yang jernih juga wajib masuk ke daftar kunjungan Anda saat berada di Tulungagung. Di Ranu Gumbolo, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dan tentu saja sangat indah nan memanjakan mata.

Hal ini dikarenakan udara semilir dengan panorama hijaunya pepohonan dan bukit akan bisa Anda nikmati saat berada disini. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. sebut saja seperti berkemah dan menginap. Anda juga bisa melakukan outbond bersama dengan keluarga dan sahabat ketika berada di lokasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

7. Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata alam ini juga menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi saat berada di Tulungagung. Bagi Anda yang mencari lokasi wisata dengan pemandangan alam yang indah dan cocok untuk melepas penat, maka Air Terjun Alas Kandung dapat Anda jadikan pilihan.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan air terjun yang memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang berbeda beda. Tentunya airnya yang jernih akan membuat siapa saja ingin berendam dan merasakan kesegarannya. Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di lokasi ini. lantaran air terjun tersebut memiliki kedalaman yakni 4- 8 meter.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanen, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

8. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Image Credit: Google Maps (Yan Raditya)

Belum puas bermain air di alas Kandung, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Air Terjun Lawean. Destinasi yang berada di lereng Gunung Wilis ini menawarkan keindahan tersendiri. Dimana didominasi dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat siapa saja betah menghabiskan waktu di lokasi ini.

Perjalanan menuju ke lokasi yang cukup menantang dan memacu adrenalin tak membuat Anda menyerah. Hal ini dikarenakan pemandangan yang Anda dapatkan sesampainya di lokasi tersebut sangatlah indah. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Tulungagung dengan ketinggian yang mencapai 100 meter.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Paling Populer
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Geger, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

9. Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Destinasi berupa tebing ini memiliki hamparan rumput hijau yang sangat indah. Lokasinya sendiri berada di Pantai Dadap dan Pantai Coro sehingga Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini. tak hanya pemandangan di tebingnya saja, sepanjang perjalanan menuju ke lokasi ini Anda akan disuguhkan dengan panorama yang luar biasa indahnya.

Perpaduan rumput yang hijau dan air laut yang biru menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat pengunjung betah. Saat menghabiskan waktu di lokasi ini, Anda pun juga akan bisa melihat ombak yang menghempas tebing. Fenomena ini akan menyebabkan efek pelangi yang sangat cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Popoh, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

10. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
Image Credit: Detik.com

Saat berada di Tulungagung, kurang lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi salah satu pantai yang ada di kota satu ini. Pantai Brumbun menjadi salah satu destinasi pantai yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. hal ini dikarenakan setiap sudut pantai memiliki panorama yang indah.

Bagi Anda yang suka menjelajah, Anda pun bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi setiap sudut pantai. Untuk Anda yang suka berswafoto, ada banyak spot menarik di lokasi satu ini yang bisa Anda kunjungi. Pertama, Anda bisa berpose di gardu pandang ataupun sangkar burung. Pastinya akan membuat hasil foto Anda instagramable.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngrejo, Kec. Gunung Tanggung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

11. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Image Credit: Twitter.com @inijatimdotnet

Pantai yang identik dengan pasir putih dan air lautnya yang biru ini juga tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja. hal ini dikarenakan pemandangan yang luar biasa indahnya bisa Anda dapatkan di lokasi ini. memiliki letak yang tersembunyi, tak menyurutkan niat wisatawan untuk menjelajah destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

12. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
Image Credit: Twitter.com @diniisetiawan

Keindahan dari Pantai Lumbung memang tak perlu diragukan lagi. Dengan memiliki ombak yang begitu besar, tentunya tak memungkinkan untuk melakukan aktivitas berenang. Akan tetapi, Anda masih tetap bisa bermain di pinggir pantai terutama ketika air sedang surut. Pantai ini tentunya akan menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

13. Pantai Coro

Pantai Coro
Image Credit: Twitter.com @soloinfoid

Salah satu pantai yang ada di Tulungagung ini memiliki keindahan tersendiri. Identik dengan hamparan pasir putih dan ombaknya yang besar, Anda pun bisa bermain di pinggir pantai sembari memetik senar gitar. Anda juga bisa piknik di pinggir pantai bersama dengan keluarga dan sahabat ketika berada di lokasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

14. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Twitter.com @zabhiesites

Pantai satu ini dikelilingi dengan tebing batu karang sehingga akan terlihat cukup unik. Dinding dari batu karang tersebut lambat laun terkikis oleh ombak. Anda pun akan melihat laguna yang dilengkapi dengan air biru nan jernih. Untuk bisa sampai ke lokasi laguna ini, Anda diharuskan untuk berjalan kaki dengan medan yang cukup curam namun akan sebanding dengan pemandangan yang Anda dapatkan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Paling Populer
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

15. Pantai Molang

Pantai Molang
Image Credit: Twitter.com @indolah_id

Bagi Anda yang ingin memburu sunset, Pantai Molang yang ada di Tulungagung ini dapat menjadi lokasi yang pas. Pemandangannya yang eksotis dan juga sejuknya udara khas pantai akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. keindahan pantai yang indah tersebut juga bisa Anda nikmati dari atas bukit.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

16. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Image Credit: Twitter.com @cikguaremanita

Ingin berwisata ke pantai sekaligus air terjun mini? Di Tulungagung, Anda bisa mengunjungi Pantai Pacar. Hal ini dikarenakan pantai dengan pemandangan yang eksotis ini memiliki keunikan tersendiri. Dimana Anda akan menemukan air terjun mini yang mengalir dekat dengan bibir pantai. Walau luas pantai ini tidak begitu besar, keindahan pesonanya akan mampu membius Anda.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung , Jawa Timur.

17. Pantai Sine

Pantai Sine
Image Credit: Twitter.com @rizhal046

Apabila Anda menyukai pemandangan matahari terbit, maka Pantai Sine yang ada di Tulungagung akan menjadi tempat terbaik untuk berburu sunrise. Hal ini dikarenakan disini Anda bisa menikmati indahnya panorama naiknya matahari di pagi hari. Disini, Anda juga bisa untuk menjelajahi berbagai macam hal. Sebut saja seperti hunting foto hingga memancing.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

18. Bukit Jodho

Bukit Jodho
Image Credit: Google Maps (Ndr Prs)

Tempat wisata yang cukup populer ini menyajikan suasana alam khas pegunungan yang membuat Anda betah. Ada banyak hal yang bisa Anda eksplore di lokasi ini. sebut saja beberapa spot foto keren seperti jembatan cinta, lorong asmara hingga kupu kupu raksasa bisa Anda temukan di lokasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Campurdarat, Kec. Campur Darat, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

19. Batu Gedong

Batu Gedong
Image Credit: Google Maps (Galih Prihantoko)

Destinasi yang tergolong baru di kota Tulungagung ini juga wajib untuk Anda singgahi. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih akan membuat Anda ingin bermain air dan berenang. Ditambah lagi suasana alamnya yang masih asri dan sejuknya udara membuat Anda betah untuk berlama lama di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebalor, Kec. Bandung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

20. Watu Payung

Watu Payung
Image Credit: Google Maps (Nur Sapto)

Batu yang memiliki bentuk layaknya jamur ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang ramai diperbincangkan oleh pelancong. Bagi Anda yang penasaran dengan keberadaan batu tersebut, Anda pun bisa mengunjungi lokasi satu ini ketika akhir pekan. Keunikannya tersebut membuat lokasi ini banyak diburu oleh wisatawan yang penasaran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pelem, Kec. Campur Darat, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Saat Anda berada di Tulungagung, ada berbagai macam destinasi wisata yang bisa Anda jadikan tempat untuk berlibur. Tempat wisata tersebut memiliki pemandangan yang indah dan tentunya sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk melepas penat akan aktivitas harian yang menjemukan.