Ingin Liburan ke Pulau Bali? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Ubud, Pulau Dewata Bali. Beragam Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Unik & Terhits yang Layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia yang namanya sudah cukup tersohor di kancah internasional. Pulau dewata ini memang menawarkan berbagai destinasi wisata yang sangat indah dan menarik untuk ditelusuri, terutama pada kawasan Ubud. Daerah ini sudah seperti surga wisata, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ubud juga terkenal sebagai pusat kerajinan tradisional khas Pulau Dewata. Berikut deretan tempat wisata di Ubud Bali yang menarik dikunjungi untuk liburan yang berkesan.

1. Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud
Image Credit: Instagram.com @lorenaprm

Kawasan Ubud di Bali terkenal sebagai pusat kerajinan tradisional, jadi tak heran bila di sini salah satu destinasi yang hits adalah pasar seninya. Letak dari pasar ini tepat berada di pusat kota, jadi sangat mudah untuk mengunjunginya. Anda bahkan bisa ke sana dengan transportasi umum yang ada, bila tidak membawa kendaraan pribadi.

Di Pasar Seni Ubud Anda akan menjumpai berbagai barang kesenian, aksesori, serta buah tangan yang bisa dibawa pulang. Selain itu di depan pasar tradisional yang termasuk dalam cagar budaya ini, terdapat Puri Agung Ubud. Puri Agung tersebut adalah bangunan bekas pemerintahan dari kerajaan Ubud pada masa lampau.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

2. Ubud Monkey Forest

Monkey Forest Ubud
Image Credit: Instagram.com @monkeyforestsanctuaryubud

Destinasi lainnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Ubud yaitu Ubud Monkey Forest. Karena termasuk ke dalam kawasan hutan lindung, di sini Anda akan menemukan banyak pepohonan hijau yang menjulang tinggi dan subur. Oleh karena itu, suasana di sekitar Ubud Monkey Forest menjadi sangat sejuk dan menyegarkan.

Sesuai dengan namanya, di dalam hutan tersebut Anda bisa menemukan banyak kera yang hidup di dalam hutan. Di bagian pintu masuk juga terlihat banyak pedagang yang menjajakan pisang, apabila Anda berminat untuk memberi makan kera kera tersebut. Anda tidak perlu khawatir, karena cukup banyak petugas yang berjaga dan mengawasi kera kera ini.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

3. Goa Gajah

Goa Gajah
Image Credit: Instagram.com @lalo_gar_journey

Bali, terutama daerah Ubud sangat kental akan budaya. Oleh sebab itu Anda tidak boleh ketinggalan untuk berkunjung ke Goa Gajah ini. Goa Gajah diduga berasal dari kata Lwa Gajah, yang memiliki arti wihara tempat pemujaan para Biksu. Tempat yang berjarak sekitar 26 kilometer dari Denpasar ini berada di tepi jurang, dan terdapat sungai kecil di sekitarnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ubud Bali yang Murah & Enak

Selain sungai di sekitar goa juga terdapat patung petirtaan, ada sekitar 7 buah patung dari widyadara dan widyadari yang tengah membawa air suci di tangan. Jumlah dari ketujuh patung tersebut merupakan simbol dari 7 sungai yang terdapat di negara India, yang merupakan tempat kelahiran dari agama Budha dan Hindu.

Lokasi: Desa Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar.

4. Puri Saren Agung

Puri Saren Agung
Image Credit: Instagram.com @sevenstonesindonesia_listing

Puri Saren Agung merupakan objek wisata berada tepat di depan Pasar Seni Ubud. Puri ini dulunya adalah tempat tinggal dari raja Ubud yaitu Tjokorde Gede Agung Sukawati. Kini puri ini menjadi salah satu wisata unggulan di daerah Ubud, hampir setiap malam Anda bisa menemukan pentas kesenian tari di sini seperti tari Barong Ubud contohnya.

Selain pentas kesenian yang diadakan di sana, para wisatawan yang berkunjung juga kerap kali memburu keindahan dari Puri Saren Agung. Puri ini begitu unik karena memiliki berbagai benda yang sarat akan estetika dengan nilai tinggi, bangunannya pun terlihat megah dengan unsur tradisional yang artistik dan menawan.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

5. Green Village

Green Village Bali
Image Credit: Google Maps (Green Village Bali)

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang unik di Bali, maka Green Village merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa bermalam di sini, dimana tersedia sekitar 13 rumah yang semuanya memiliki struktur bangunan dari bambu. Mulai dari atap, tiang, bahkan lantai dari rumah rumah ini semuanya terbuat dari bahan dasar bambu.

Karena terbuat dari bambu, rumah rumah ini terasa sangat sejuk dan dingin. Selain itu suasana di sekitar juga begitu menyegarkan, sebab terdapat banyak sekali pepohonan hijau yang tumbuh subur di sekitarnya. Ada juga sungai Ayung yang berada tepat di samping Green Village, yang membuat daerah ini semakin nyaman dan khas pedesaan.

Lokasi: Jl. Tanah Ayu, Sibang Gede, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

6. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati
Image Credit: Instagram.com @pasos_x_el_mundo

Selain Pura Saren Agung, ada lagi pura yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan di daerah Ubud yakni Pura Taman Saraswati. Pura ini sebenarnya dikhususkan sebagai tempat untuk memuja Dewi Saraswati untuk masyarakat Hindu. Namun Anda diperkenankan untuk masuk ke dalam, dengan syarat tetap menjaga sopan santun selama berada di tempat.

Daya tarik yang membuat banyak pelancong datang berbondong bondong kemari, adalah karena adanya kolam penuh teratai yang mengelilingi pura. Teratai yang mekar dengan indah menyulap Pura Taman Saraswati menjadi spot foto instagramable yang sangat menawan. Selain itu ada juga pementasan Tari Kecak yang bisa Anda saksikan setiap dua hari dalam seminggu.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

7. Agung Rai Museum of Art (ARMA)

Agung Rai Museum of Art (ARMA)
Image Credit: Instagram.com @bali_guide_agrotour

ARMA atau Agung Rai Museum of Art ini wajib dikunjungi bagi Anda yang menyukai budaya, atau ingin mengetahui tentang kesenian Bali. Museum yang ada di pusat jantung pariwisata Ubud ini menyimpan berbagai koleksi kesenian, salah satunya karya master bali seperti Ida Bagus Made, I Gusti Nyoman Lempad, dan lain sebagainya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

8. Museum Antonio Blanco

Museum Antonio Blanco
Image Credit: Google Maps (Chaya Manob)

Museum lain yang tak kalah menarik di Ubud yaitu Museum Antonio Blanco. Bangunan museum ini dimiliki oleh maestro pelukis terkenal asal Spanyol yaitu Antonio Blanco, yang dijadikan sebagai nama museum. Objek wisata yang menyuguhkan berbagai karya seni lukis ini tidak pernah sepi akan pengunjung setiap harinya, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

9. Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo

Bali Zoo
Image Credit: Google Maps (dora Grevelink)

Apabila Anda mencari tempat liburan keluarga di Ubud, maka Bali Zoo bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini putra putri Anda bisa berlibur sekaligus belajar mengenai suaka margasatwa, ada juga beberapa binatang yang hampir punah yang dikembangbiakan di sini. Suasananya juga sangat nyaman, karena terdapat banyak sekali pohon rindang sejauh mata memandang.

Lokasi: Singapadu, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

10. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Google Maps (Chandan Ghosal)

Tidak hanya di Bali Zoo saja Anda bisa berlibur bersama keluarga dan melihat berbagai satwa, di Bali Safari & Marine Park Anda juga bisa melakukan hal serupa. Di taman safari ini Anda bisa menemukan berbagai jenis satwa langka yang berasal dari tiga negara, yakni Afrika, India, dan Indonesia. Dari Indonesia sendiri terdapat 60 jenis spesies dan 400 ekor satwa langka.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.km 19,8, Serongga, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

11. Mason Elephant Park & Lodge

Mason Elephant Park & Lodge
Image Credit: Google Maps (Elephant Safari Park & Lodge)

Anda tidak perlu jauh jauh pergi ke Taman Nasional Way Kambas, agar bisa melihat gajah sekaligus menaikinya. Sebab di Ubud Anda bisa merasakan pengalaman tersebut, tepatnya di Mason Elephant Park & Lodge. Di sini Anda bisa berkeliling area objek wisata dengan menunggangi gajah, bahkan ikut serta memandikannya.

Lokasi: Desa Taro, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.

12. Museum Seni Neka Ubud

Museum Seni Neka Ubud
Image Credit: Google Maps (Rizalina Zarcilla)

Ubud memang terkenal dengan museumnya yang begitu apik di bidang kesenian dan budaya. Salah satu yang juga sangat populer yaitu Museum Seni Neka, yang memiliki koleksi utama berupa karya lukis dari berbagai pelukis terkenal baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu yang banyak dipuji oleh pengunjung yaitu lukisan Tari Barong & Rangda karya Affandi.

Lokasi: Jl. Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

13. Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk
Image Credit: Google Maps (Wangse TV)

Campuhan Ridge Walk menjadi salah satu destinasi baru yang sangat populer di Ubud. Bukit ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, dimana sang fajar mulai muncul di balik view landscape hijau Ubud yang sangat mempesona. Pengunjung yang datang biasanya memanfaatkan jalan setapak, yang ada di bukit untuk melakukan aktivitas jogging.

Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

14. Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi
Image Credit: Instagram.com @krys_km

Destinasi selanjutnya yang juga tidak kalah populer yaitu Candi Gunung Kawi. Situs candi ini diperkirakan telah dibangun sejak abad ke 11 masehi, pada pemerintahan Raja Udayana. Untuk memasuki situs candi ini, Anda harus menuruni kurang lebih 300 buah anak tangga. Suasana yang ditawarkan oleh objek wisata ini sangat tenang, dengan udara yang begitu sejuk.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bali yang Murah & Enak

Lokasi: Banjar Penaka, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.

15. Bali Bird & Reptile Park

Bali Reptile Park
Image Credit: Google Maps (Bali Reptile Park)

Bali Bird & Reptile Park adalah salah satu objek wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga ketika musim liburan tiba. Dengan luas sekitar 2 hektar, taman burung dan reptil ini menyuguhkan kurang lebih 1000 ekor burung dari 250 jenis yang berbeda. Untuk reptilnya Anda bisa menemukan hewan langka seperti komodo, buaya, ular, dan kadal.

Lokasi: Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

16. Teras Sawah Tegalalang

Teras Sawah Tegalalang
Image Credit: Instagram.com @rzkirinaldihadid

Objek wisata selanjutnya ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menyegarkan mata. Teras Sawah Tegalalang ini ada di Desa Tegallalang, dan merupakan sawah hijau dengan bentuk bertingkat tingkat dan tersusun rapi. Kawasan ini menjadi destinasi yang digemari oleh para pecinta fotografi karena keindahan yang ditawarkannya.

Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.

17. Pura Kehen Ubud

Pura Kehen Ubud
Image Credit: Google Maps (Indra Sanjaya)

Pura Kehen merupakan pura yang berbentuk bangunan candi, yang dipenuhi dengan ukiran cantik nan rumit. Dibangun sejak kisaran tahun 1206, membuat bangunannya terlihat tua namun masih tetap kokoh berdiri. Kesan tua tersebut malah menjadi daya tarik dari pura ini, yang berhasil menghadirkan cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kab. Bangli.

18. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul
Image Credit: Instagram.com @tribdapp

Jika Pura Kehen diminati karena keindahan ukirannya, maka Pura Tirta Empul memiliki daya tarik yang terletak pada kolam airnya. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air di kolam ini merupakan air suci. Jadi mandi menggunakan air suci tersebut bisa membersihkan dan merawat diri. Tidak heran banyak orang yang datang ke Pura Tirta Empul dengan tujuan untuk mandi di kolam.

Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.

19. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Instagram.com @pergidulu

Ubud ternyata juga memiliki wisata alam berupa air terjun yang sangat cantik, yaitu Air Terjun Tegenungan. Lokasinya strategis dan mudah untuk dijangkau, bahkan hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer dari kota Denpasar. Destinasi ini menawarkan pemandangan indah dari air terjunnya yang mengalir dari ketinggian 15 meter, lengkap dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

20. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung
Image Credit: Google Maps (Ayung River Rafting Bali)

Terakhir ada destinasi wisata Arung Jeram Sungai Ayung, yang patut dikunjungi bagi Anda yang menyukai tantangan. Arung jeram satu ini masuk ke dalam kategori kelas II dan III, sehingga sangat cocok untuk pemula. Selain itu pemandangan cantik yang ada di sepanjang aliran sungai juga mampu memanjakan Anda selama berwisata.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

Pulau dewata memang tidak ada hentinya menawarkan keindahan wisata termasuk pada wilayah Ubud. Daerah yang kaya akan budaya ini, memang dilimpahi dengan keindahan alam serta peninggalan peninggalan dari masa lampau yang tidak ternilai. Sehingga sangat sayang sekali untuk Anda lewatkan, jadi liburan berikutnya siap untuk menjelajah di Ubud?