Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Vietnam. Objek Wisata Terbaik, Populer dan Paling Hits untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Vietnam merupakan termasuk Negara yang paling sering dikunjungi di Asia Tenggara. Selain memiliki letak yang cukup strategis, Vietnam juga menawarkan destinasi wisata yang murah. Meski low budget, obyek wisata di Negara ini mampu memberikan pengalaman yang tak kalah seru.

Selain itu, pemerintah Vietnam sendiri telah ikut campur dalam proses revitalisasi tempat-tempat wisata. Maka tak heran jika Vietnam kini tampak lebih eksostis apalagi infrastruktur dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap sehingga para wisatawan akan dimanjakan begitu sampai ke lokasi ini.

Tak hanya sampai situ saja, Anda akan menemukan banyak sekali kejutan begitu sampai ke Negara ini. Penasaran apa saja tempat wisata yang menarik dan populer di Vietnam?. Berikut ulasan selengkapnya.

1. St. Joseph Cathedral

St. Joseph Cathedral
Image Credit: Originvietnam.com

Wisata bangunan arsitektur Joseph Cathedral merupakan bangunan tertua yang sudah menjadi ikon di kota Hanoi, Vietnam sejak lama. Catedral telah dibangun pada abad ke 19. Meski terlihat sudah tua bangunan ini memberikan nuansa bergaya gotic yang cukup indah. Dengan gaya goticnya, para wisatawan dibuat terkagum-kagum begitu sampai ke tempat ini.

Selain itu, terdapat patung bunda maria yang berdiri di halaman luas depan cathedral. Tempat wisata ini hanya dibuka ketika perayaan agama dan misa. Ketika cathedral dibuka, pengunjung diperbolehkan masuk untuk melihat seluk beluk gaya arsitektur tempat ini.

Lokasi: 40 Nha Chung Hang Trong, Hoan Kiem, Hanoi 100000, Vietnam.

2. Kota Tua Hoi An

Kota Tua Hoi An
Image Credit: Azamara.com

Tak hanya sekedar kota tua, obyek wisata yang satu ini menyajikan bangunan-bangunan bernuansa klasik. Dulunya tempat ini pernah menjadi penghubung pusat perdagangan antara Eropa dan Asia. Ketika menelusuri tempat ini, Anda akan menemukan beberapa bangunan yang didirikan oleh Jepang, China serta ada juga bangunan Perancis.

Selain itu, di tempat ini banyak sekali ditemukan jalan yang sempit. Sambil menikmati pemandangan sekitar, tak ada salahnya mengunjungi toko pernak-pernik yang berada di kota ini. Mulai dari baju tradisional, keramik dan aksesoris lainnya bisa Anda temukan disini. Apalagi jika Anda menyusuri old town hoi pada malam hari akan terlihat beberapa lampion cantik.

Lokasi: Hoi An, Quang Nam, Vietnam.

3. Ha Long Bay

Ha Long Bay
Image Credit: Wikipedia.org

Berikutnya ada destinasi wisata yang telah lama menjadi ikon di Negara ini yaitu Ha Long Bay. Sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan kepulauan kapur dan keindahan laut yang tampak menawan. Terdapat lebih dari 1600 pulau batu, gua-gua dan hutan belantara yang menghiasi tempat wisata ini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Vietnam yang Paling Hits

Terpaan angin dan gelombang laut yang dahsyat membuat tempat ini semakin luar biasa. Ha Long Bay terletak di Vietnam utara yang dekat dengan perbatasan China. Lebih kerennya lagi, tempat wisata ini telah menjadi warisan situs dunia UNESCO sejak tahun 1994.

Lokasi: Ha long Bay, Quang Ninh, Vietnam.

4. Sa Pa Terraces

Sa Pa Terraces
Image Credit: Wikipedia.org

Sa Pa Terraces merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan hamparan sawah hijau yang luas. Terletak tak jauh dari perbatasan China, Anda dapat menemukan terasiring sawah serta terdapat gunung Fansipan dengan latar belakang hutan bambu lebat.

Serunya, tempat wisata ini harus dilalui treking dan lembah yang curam. Tentunya hal ini menjadikan pengalaman yang cukup seru dan menantang. Selain itu, begitu sampai disana jangan lupa untuk mengambil foto dengan latar belakang sawah hijau yang indah.

Lokasi: Sa Pa, Lao Cai, Vietnam.

5. Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc
Image Credit: Vietnaminsider.vn

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Vietnam memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik salah satunya pulau Phu Quoc. Pulau ini bersebrangan dengan pantai Kamboja dan termasuk pulau terbesar di Vietnam.

Selain menyajikan hutan tropis yang eksotis, pulau ini juga memiliki pantai-pantai yang cukup indah diantaranya ada pantai Bai Dau atau yang biasa dikenal Long Beach.

Menariknya, batu karang di pulau ini masih belum terjamah. Apalagi pantai-pantai tersebut sangat bersih dan indah. Tak heran jika banyak orang-orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Lokasi: Phu Quoc, Kien Giang, Vietnam.

6. The Sand Dunes

Image Credit: Journeywonders.com
Image Credit: Journeywonders.com

Berikutnya ada salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi yaitu The Sand Dunes. Obyek wisata dengan keindahan perbukitan gurun pasir menjadi destinasi yang cukup berbeda dari yang lainya. Bukit pasir berwarna coklat ini bagaikan gurun sahara dari kejauhan.

Terdapat 2 tempat yang bisa Anda kunjungi, yaitu white dunes dengan pepohonan pinus serta red dunes dengan pasir merah kecoklatan dan menjadi spot favorit bagi wisatawan. Tentu Anda tak perlu jauh-jauh ke gurun sahara, karena The Sand Dunes mampu memberikan pengalaman yang tak salah seru.

Lokasi: Mui Ne, Phan Thiet, Vietnam.

7. Ba Na Hills

Ba Na Hills
Image Credit: Fareastour.asia

Ba Na Hills merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Vietnam. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, masih banyak obyek-obyek menarik di dalamnya. Seperti jembatan emas, desa perancis dan masih bayak lagi. Di jembatan emas pengunjung dapat melihat keindahan seluruh kota Da Nang.

Selain itu, di desa perancis terdapat bangunan kuno ala perancis diantaranya ada mobil antik, tiang lampu, gereja. Bahkan, terkadang juga ada pertunjukan karnaval. Tak hanya itu saja, masih ada lagi spot romantis yang terkenal di Ba Na Hills yaitu taman Le Jardin D’amour.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Hanoi yang Paling Populer

Lokasi: Hoa Phu, Hoa Vang, Da Nang, Vietnam.

8. Monument Hue

Monument Hue
Image Credit: Vietnamvisacentre.com

Berikutnya ada destinasi wisata yang cukup bersejarah di Negara ini yaitu Monument Hue. Monument ini terletak di kota Hue yang dulunya merupakan ibukota Vietnam pada tahun 1802 hingga 1945. Menariknya, monument ini telah menjadi warisan atas situs-situs bersejarah dan makam raja-raja kuno.

Selain itu, ada juga situs bersejarah lainnya seperti pagoda, kuil, perpustakaan dan menara bendera. Tak hanya menyajikan arsitektur yang menawan saja, tetapi ada juga pemandangan alam yang menjadi pelengkap situs bersejarah tersebut. Lebih kerennya lagi, monument Hue telah menjadi warisan situs UNESCO.

Lokasi: Thanh Pho Hue, Thua Thien Hue, Vietnam.

9. Marble Mountain

Marble Mountain
Image Credit: Hiddenhoian.com

Marble Mountain merupakan destinasi wisata yang terdiri dari 5 bukit batu dan marmer. 5 bukit batu tersebut melambangkan elemen logam, air, kayu, api dan bumi. Serta terdapat gua yang di dalamnya terdapat patung Buddha. Tidak hanya itu saja, masih banyak elemen bersejarah seperti kuil, lorong-lorong dan gua. Marble Mountain juga dikenal sebagai wisata situs religi

Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus mendaki gunung dengan cara menaiki tangga batu yang tersedia. Selain itu, bagi pengunjung yang tidak kuat mendaki tersedia fasilitas lift yang dikenakan biaya.

Lokasi: 81 Huyen Tran Cong Chua, Hoa Hai, Ngu Hanh Son, Da Nang, Vietnam.

10. Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem
Image Credit: Ilmugeografi.com

Menyusuri indahnya kota Hanoi masih belum lengkap jika belum berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Danau Hoan Kiem menjadi tempat yang tepat untuk menyepi atau istirahat sejenak. Hoan Kiem melambangkan “pedang yang dikembalikan” karena menurut legenda disinilah tempat pedang Thuan Thien dipulangkan.

Di dekat danau ini terdapat kuil yang bernama Ngoc Son. Selain itu, di tempat ini terdapat jembatan berwarna merah yang menghubungkan pulau kecil di danau tersebut. Yang dimana terdapat temple Ngoc Son di tengah-tengah danau.

Lokasi: Hanoi, Vietnam.

11. Nha Trang

Nha Trang
Image Credit: Jonnymelon.com

Nha Trang merupakan kota resor pantai yang cukup terkenal di Vietnam. Pantai dan pulau di dalam kota tersebut menjadi daya tarik wisatawan luar. Berlokasi di sepanjang teluk membuat panorama pantai ini semakin menarik. Disini Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang telah disediakan seperti snorkeling, diving, berlayar, kite boarding dan masih banyak lagi.

Lebih kerennya lagi, disini juga terdapat sebuah taman hiburan. Anda bisa menaiki rolles coster atau merasakan waterboom di tempat ini. Tak hanya sampai sini aja, Anda juga bisa menikmati aneka wisata kuliner menarik di sepanjang kota ini.

Lokasi: Khanh Hoa, Nam Trung Bo, Vietnam.

12. Hutan Xeo Quyt

Hutan Xeo Quyt
Image Credit: Ttnotes.com

Hutan Xeo Quyt menjadi destinasi wisata yang cukup unik. Dimana Anda akan menjelajahi hutan sambil menaiki kano. Hutan seluas 52 hektar ini menyajikan pemandangan yang sangat asri dan menyejukkan. Selain itu, Anda juga akan menemukan bunker-bunker yang sudah lama dan lading tambang yang berada di area kanopi hutan ini.

BACA:  10 Makanan Khas Vietnam yang Lezat & Wajib Anda Coba

Menariknya lagi, petualangan tur hutan Xeo Quyt ditawarkan dengan harga murah. Hanya dengan membayar 15000 VND atau yang setara dengan 9000 rupiah. Anda dapat menikmati petualangan tur yang sangat menyenangkan.

Lokasi: Cao Lanh, Vietnam.

13. Pagoda Jade Emperor

Pagoda Jade Emperor
Image Credit: Pinterest.com @jooliecoolie

Dengan penduduk yang mayoritas beraga Buddha, Negara ini memiliki banyak sekali wisata religi bagi agama Buddha. Pagoda Jad Emperor merupakan salah satu wisata religi yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Begitu sampai ke tempat ini, Anda akan dimanjakan oleh bangunan arsitektur yang sangat indah dan menawan.

Pagoda Jade Emperor diperuntukkan menghormati para dewa tertinggi. Selain menyuguhkan keindahan arsitektur, Anda juga menjadi lebih tahu tentang ajaran Buddha dan tao dari berbagai macam situs patung yang berada di sekitar kuil ini. Tak hanya itu saja, di bangunan ini juga terdapat patung jenderan yang sedang mengalahkan naga dengan tinggi 4 meter.

Lokasi: 73 Duong Mai Thi Luu, Da Kao, Quan 1, Thanh Pho Ho Chi Minh, Vietnam.

14. Thien Mu Pagoda

Thien Mu Pagoda
Image Credit: Youtube.com (Andy’s Awesome Adventures)

Berikutnya masih dengan wisata situs religi umat Buddha yaitu Thien Mu Pagoda. Hampir sama dengan kuil-kuil lainnya, di tempat ini juga menyajikan situs-situs bersejarah yang menjadi bukti perkembangan ajaran umat Buddha di Negara ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat sendiri dan mempelajari bukti-bukti bersejarah lainnya yang terdapat di arsitektur bangunan ini.

Bangunan pagoda ini terlihat cukup tua, namun itulah yang menjadi daya tarik hingga saat ini. Sambil melihat seluk beluk pagoda, Anda juga dapat melihat-lihat obyek wisata lainnya seperti jembatan berarsitektur Jepang kuno, tempat makan para raja dan situs-situs bersejarah lainnya.

Lokasi: Huong Hoa, Thanh Pho Hue, Thua Thien Hue, Vietnam.

15. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang
Image Credit: Versesofuniverse.blogspot.com

Yang terakhir ada tempat wisata yang harus Anda datangi ketika berliburan ke Negara ini yaitu Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Tempat ini menjadi situs warisan UNESCO. Menariknya, tempat wisata ini merupakan hasil dari pengembangan kulit bumi kurang lebih selama 454 juta tahun dan telah membentuk formasi karst tertua dan terbesar di Asia.

Selain itu, di tempat wisata ini Anda akan diajak berpetualang menjelajahi gua-gua dan zona kapur yang mencapai 70 km. Hal ini tentunya telah menjadikan gua Hang Song Dong menjadi gua yang terbesar di dunia. Fitur geomorfik juga bisa Anda jumpai mulai dari gua dendritick, gua kering, gua bertingkat bahkan ada juga di sungai bawah tanah.

Lokasi: Phong NHA, Bo Trach, Quang Binh, Vietnam.

Itulah daftar tempat wisata menarik dan populer di Vietnam yang bisa Anda kunjungi untuk liburan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Vietnam?